Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Degradasi HP (Part 2)

Tulisan ini adalah kelanjutan dari Degradasi HP (part 1). Silahkan membaca bagian pertama jika belum. ๐Ÿ˜€

Sahabat, setelah saya tinggal di US, keadaan ternyata jauh dari yang saya bayangkan. Di sana penggunaan hp tidak sebebas di Indonesia, di mana kita bisa seenak jidat ganti nomor dan ganti hp. Di sana beberapa provider mengharuskan kita untuk melakukan kontrak tahunan untuk paket pasca bayar atau untuk pra bayar mereka umumnya menjual paket nomor dan hp sekaligus. Registrasi nomor pun juga cukup ribet, tidak semudah di Indonesia.

Setelah melalui pemikiran panjang dan obrolan dengan teman, akhirnya saya mengambil paket prabayar yang dibayar di muka setiap bulan, paket ini juga mengharuskan kita membeli hp dengan nomor yang sudah terinjeksi/terkunci permanen pada hp. Provider itu bernama Metro PCS. Menurut saya biayanya relatif murah meriah.

Itu penampakan fisik hp-nya. Tidak diketahui apa merknya. ๐Ÿ˜†

Setelah saya pindah state, ternyata ย mau tidak mau saya harus mengganti nomor dengan provider lain, karena provider sebelumnya tidak menjangkau state yang dimaksud. Providernya lebih lebih terkenal : AT&T

Ini penampakan hp, yang ย barusan diketahui sebagai Samsung B289.

Kedua hp diatas punya kesamaan yaitu murah meriah dan gak ย neko-neko fiturnya. Saya bahkan tidak pernah menggunakan internet dengan hp ini, selain tidak tahu settingannya saya juga takut biayanya mahal.

Kehidupan per-handphone-an di US ternyata tidak sedasyat di Indonesia, di mana orang berlomba-lomba memiliki hp dengan bajet luar biasa dan fitur yang paling terbaru. Di sana masyarkat tidak terlalu excited menggunakan hp yang wah, bagi mereka yang pentingย call, sms, and gprs.ย Gprs digunakan hanya untuk melihat berita utama dan prakiraan cuaca hari ini. That’s all ๐Ÿ˜€ Mereka gak terlalu excited dengan ringtone super heboh, wallpaper yang tak berhenti beranimasi, apalagi chat! Kata mereka ribet kalo di hp, mereka prefer menggunakan PC.

Di sana mereka juga tidak terlalu memperhatikan merk hp, jika ditanya apa beda Nokia dan Samsung? Mereka menjawab: keduanya bagus. atau: Samsung lebih murah. Mereka tidak membicarakan fitur atau trend saat ini. ๐Ÿ˜€

Saat saya perlihatkan hp yang saya bawa dari Indonesia (w830i dan K850i), mereka tertegun tidak tahu. Mereka bilang pasti hp saya itu sangat mahal dengan fitur yg super rumit ๐Ÿ˜€ Di US orang-orang tidak mempermasalahkan kecanggihan hp, tapi mereka akan ribut kalau tiba-tiba mereka tidak bisa ditelepon karena habis pulsa (fyi, terima panggilan dan sms saja bayar). :mrgreen:

Memang saya akui hp-hp semacam Iphone dan BB sangat banyak di sana, tetapi siapa yang membeli? hanya orang-orang dengan kelebihan uang yang membeli hp-hp itu. Kebanyakan masyarakat di sana lebih concern kepada bagaimana agar hp-nya selalu berisi pulsa. Karena biaya panggilan sangat mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia, mereka tidak sempat berpikir untuk “bergaya”. Isi pulsa saja megap-megap ๐Ÿ˜€

Sepulangnya dari US, saya kembaliย  membawa dua hp saya, tentu saja keduanya masih mulus, karena memang tidak pernah dipakai di sana. Hp dari US? Yang satu sudah saya berikan teman di sana, satu lagi mungkin sudah mati secara automatis akibat out of region.

Dengan ringan saya menjual K850i saya. Harganya sudah terjun bebas dari pertama saya beli. Toh saya tidak membutuhkannya lagi. Mau telepon saya punya W830i, mau moto saya punya kamera, mau video saya punya camcorder, denger musik pun saya punya mp3 player. Satu hp saja cukup.

Beberapa bulan kemudian hp kesayangan saya W830i tiba-tiba mati total (Sekarang sudah OK, dah saya berikan ke adik saya). Saya beranjak ke toko hp dan membeli hp sederhana Nokia 2323. Fiturnya tidak banyak, hanya call, sms, dan gprs. Bisa cek email sudah cukup bagi saya. Sampai sekarang saya masih menggunakan hp yang saya beli dengan harga 450 ribu itu. Murah dan memenuhi kebutuhan saya.

Semakin hari saya semakin sadar bahwa kesederhanaan yang pernah saya alami di US memberikan banyak pengaruh pola pikir saya sekarang. Saya tidak tergiur dengan tawaran teman-teman saya untuk ganti hp, rasanya masa-masa โ€œtergiurโ€ itu sudah lewat bagi saya. Selain berhemat saya juga berpikir apa saya benar-benarย  membutuhkan semua fitur canggih itu? Tidak penting apa hp-nya, tetapi yang terpenting apa fungsinya sudah berjalan dengan baik, apa ada pulsa di dalamnya, apa saya bisa cek email saat jauh dari laptop. Itu saja.

Saya tidak malu saat teman melihat hp saya yang cupu ini, saat mereka berkata sekarang sudah jamannya Andr**d, dan lain sebagainya. Bagi saya kesederhanaan masyarakat amerika membuat saya jauh dari pikiran mengejar trend, fitur super canggih, atau malah sekedar gengsi. Itu semua membuat saya jauh lebih tenang dari segi hati dan pikiran. Dengan hp sederhana ini saya tidak perlu sibuk memperindah tampilan system, mencari aplikasi canggih, atau sibuk membalas Messenger, saya juga gak rugi banyak kalau hp saya ilang dicopet :mrgreen:

Ah! Saya senang menjadi sederhana. Gak capek. Gak repot. Gak stress. Yang penting call, sms, gprs.

Itu mungkin yang pelajaran hidup yang penting bagi saya. Bagaimana dengan sahabat?

 

Happy Blogging!

***

PS: Today, I’d like to wish ย my lovely sister, Ega Nauli Adisti, Happy Birthday and Happy Sweet 17! ๐Ÿ˜€

All I wish always the best for you, and I am going to miss having dinner together here with mom, dad, and our little brother. Please take care and keep the best of you. We’re missing you ๐Ÿ™‚

56 responses

  1. ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
    ——

    Setuja deh..
    Samaan nih di eps.2, saya juga gak minder pake hape jedol yg kursornya udah lepas…
    *pug*

    BTW, pertamax kah?
    Alhamdulillah.

    ——
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

    30 November 2010 at 5:59 PM

    • Hahahha…asal jgn sampe nyetrum ya…itu menzolimi diri sendiri jatohnya…wkkakakaka

      jiah…pada seneng banget pertamaxx…selamat deh

      30 November 2010 at 6:25 PM

      • kezedot

        blue diajarin dong menulisnya,kawan….ehheeh
        salam persahabatan

        30 November 2010 at 10:03 PM

  2. —Salam Sahabat Common Cyber—

    MasyaALLAH, adikya ulangtahun,
    selamat ultah, semog asemakin tua, semakin bijaksana , dan mendapat ridho serta kasih sayang dr ALLAH sangmaha Indah

    Oh ya mas, hp dr US, s/d sekarang masih ada?

    30 November 2010 at 6:00 PM

    • Thanks ya om cyber…amin ๐Ÿ™„

      Hape yg pertama ditinggal, yg kedua di kasih ke temen. Kayanya gak bakal bisa dipake,
      The system will do kind of system suicide automatically if it recognizes that it is out of region for couple days. Maybe, I dont know exactly. ๐Ÿ˜€

      30 November 2010 at 6:33 PM

  3. He he he he he
    Iyaooooo
    Biasanya itu akibat umur
    Semakin kita tua,,
    Semakin kita berpkir untuk hidup sederhaba

    30 November 2010 at 6:26 PM

    • dengan kata lain.. gw…. ๐Ÿ‘ฟ

      30 November 2010 at 6:36 PM

      • **Geleng-geleng aja akh..
        Gak ikut campur.

        30 November 2010 at 7:00 PM

    • Yang sudah tua…..

      Ha ha ha ha

      1 December 2010 at 7:34 AM

  4. Ikutan setuju juga deh…
    salam kenal ya mba..
    Blog nya bagus bangett..
    isi nya juga asik2 untuk di baca..
    Bagi2 ilmu nya donk..
    Tar main2 ke blog ku ya..
    masih pemula nie… ๐Ÿ™‚

    30 November 2010 at 7:12 PM

    • *WAK! Duh! mas saya COWOK ASLI, liat avatar saya, apa saya terlihats eperti ibu2 arisan??? ๐Ÿ‘ฟ

      Hahhahaha…saya juga pemula tau..hahhahaha…lha belum genap 3 bulan,..
      Iya ntar saya kesana ya…

      30 November 2010 at 7:28 PM

      • ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
        ——

        Hemh…
        Wah, serius nih tulen? (ops…)
        Mungkin avataranya kelihatan cantik kali mas..
        Diedit gih….

        Hehehehehe… pemikiranmu sudah dijawab ma CB..ckckkckc

        ——

        ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

        30 November 2010 at 11:12 PM

      • mungkin si mas ini cuma lihat di hp, jadi gak keliatan avatarnya, saya tidak boleh berprasangka buruk ๐Ÿ˜‰ lagian just let you know prima itu artinya sepupu perempuan in spanish, so they always called me otherwise Primo, meskipun nama saya kan mengacu pada “prime” in english ๐Ÿ™‚
        cuek aja lha ๐Ÿ˜›

        1 December 2010 at 5:23 AM

      • wkwkwkwkwkwkwkwk,,,
        ada sanggul di belakang kali Prim,, coba dicek dulu…

        1 December 2010 at 7:00 PM

  5. duh, ternyataa Prima ini sangat bijak, dan sangat mengetahui , apa yg dibutuhkan bukan apa yg diinginkan …. salut bunda pd mu Prima ๐Ÿ™‚

    sementara orang dinegeri ada yg benar2 gadget mania, hingga tdk boleh melihat ada hape baru dgn fitur baru, hrs beli , demi gengsi, bukan krn kebutuhan .
    Salam

    30 November 2010 at 8:19 PM

    • Iya bunda, sudah saatnya memang saya berbenah diri, memprioritaskan yang dibutuhkan daripada yang diinginkan… Saya merasa sudah cukup menjadi AGB, hahahahah…

      Thanks bunda…saya juga geram jaman sekarang teman-teman saya sangat konsumtif… ๐Ÿ˜ฆ

      30 November 2010 at 8:39 PM

  6. Bunda dan keluarga ikut mengucapkan :
    Selamat Ulang Tahun Ega Nauli Adisti.
    Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah swt,amin
    juga selalu dlm berkah dan rakhmatNYA,amin
    salam

    30 November 2010 at 8:20 PM

    • Makasih Bunda. amin. amin. amin. Dia sedang jauh di tanah jawa mencari ilmu, semoga adik saya bisa tersenyum emskipun jauh dr keluarga. amin.

      30 November 2010 at 8:42 PM

  7. Di sana kan hp sudah dengan nomor yang sudah di-lock/terkunci permanen, apakah seperti di sini ada yang memanfaatkannya jadi peluang usaha: cracking lock-nya :D?

    30 November 2010 at 8:28 PM

    • Hahahahha… iya mas, banyak juga yang punya bisnis begitu, cuma ya ilegal, gak mungkin buka toko blak begitu, lewat internet bisanya iklannya. kalau ketauan bisa di gotong polisi, hihihihihi..saya gak ikut nolongin ya… ๐Ÿ˜€ hukum sangat ketat di sana, you have to respect people and law very well ๐Ÿ™‚

      30 November 2010 at 8:47 PM

  8. Datang dengan membawa NDMPILNGIA ๐Ÿ˜€

    30 November 2010 at 9:39 PM

    • Untuk ditukar dengan HP

      30 November 2010 at 9:40 PM

      • Hahahahhaha….akhirnya kebagian NDMPPILNGIA nya mas marsudi ๐Ÿ˜€

        30 November 2010 at 9:52 PM

      • maaf mas sudah abis… ๐Ÿ˜†

        30 November 2010 at 9:53 PM

    • pantesan bau nanas, durian, bandeng, lele, ikan asin, bandeng…ternyata ada Pakdhe Om disini….

      :mrgreen:

      1 December 2010 at 7:33 AM

  9. Saya juga seneng hp yang praktis, ga ribet, ga mendosol saat di saku celana, hp aku Nokia 5000 slim banget …
    Salam dari Solo

    30 November 2010 at 11:06 PM

    • Hahahah…”mendosol”? saya baru tau kata itu… iya mas apapun hp nya asal sesaui kebutuhan gak salah kok ๐Ÿ™‚

      1 December 2010 at 7:49 AM

  10. betul mas.. yang penting bisa call sms gprs.. beres ๐Ÿ™‚

    selamat ulang tahun untuk adek sampean ๐Ÿ™‚

    1 December 2010 at 7:25 AM

    • Sip! Thanks mas azaxs!

      1 December 2010 at 7:50 AM

  11. Mau nitip salam aja ma yang ulang tahun…..happy birthday, semoga usianya menjadi waktu yang di ridhoi dan diberkahi ALLAH…..

    Btw, blh tuh minta hadiah HP sama Mas Prima yang Ulang tahun…

    (atas rekomendasiku :mrgreen:)

    1 December 2010 at 7:32 AM

    • hahahaha…udah saya kasih kok, itu hp saya w830, wkakakakak…yg ultah udah mesem2 gak jelas… ๐Ÿ˜€

      1 December 2010 at 7:53 AM

  12. Saya suka android karena ada aplikasi iQurannya,
    dan ada wifi-nya, jadi kalo ada di lokasi hot spot gratis,
    bisa internetan sepuasnya…

    oh ya, berhubung saya suka belajr bahasa,
    maka android sangat membantu saya dengan aplikasi
    yg bernama Anki…

    1 December 2010 at 7:45 AM

    • Bener mas, jika itu suatu kebutuhan akan berbeda jadinya. Saya senang jika teknologi itu bisa mempermudah kita dalam hal kebaikan. ๐Ÿ™‚ apalagi internetan mahal di indo, kalo bisa dapet wifi gratis, emang harus diberdayakan :mrgreen:
      Saya juga pengn belajar english, cuma saya seringnya pake laptop. kalau hape pasti lebih enak ya, bisa mobile ๐Ÿ™‚
      Thanks mas rama, akhirnya sang inspirator tulisan ini berkunjung ๐Ÿ™‚

      1 December 2010 at 7:57 AM

      • terima kasih yah dah menyertakan nama saya di tulisan sebelumnya, ๐Ÿ˜€
        kemarin dah coba komen di Part-1 pake Z 170, tapi gak muncul-muncul
        komennya, mungkin masuk spam… hehehe..

        1 December 2010 at 8:09 AM

  13. Ya, pada akhirnya kita kan lebih berpikir fungsinya ketimbang kecantikan dan kemewahannya. Bahkan sampai saat ini saya belum menggunakan BB karena belum butuh. Padahal teman2 saya sudah bergaya-gayaan dengan itu. ๐Ÿ˜€

    1 December 2010 at 8:40 AM

    • bener kang… tos dulu kita… ๐Ÿ˜€

      1 December 2010 at 9:08 AM

  14. Saya juga sangat senang menjadi sederhana, karena didalam kesederhanaan kita akan lebih luas dan bebas bergerak tanpa kekangan, tanpa batasan tanpa beban, yang penting ikhlas.. ๐Ÿ™‚

    Hepi B’day for ma Prim’s sister..
    moga semua kebaikan dilimpahkan untuknya,,
    sekarang adiknya lagi ada dimana mas??

    1 December 2010 at 2:38 PM

    • makasih mbak, adik di jawa mbak, sekolah… ๐Ÿ™‚

      1 December 2010 at 2:55 PM

  15. Ann

    Terima kasih sudah mengingatkan.
    Gak jadi beli iPhone4, iPad mau disumbangin sama yang lebih membutuhkan.

    1 December 2010 at 2:54 PM

    • wah…keren, mulia sekali mas, semoga niat bisa diluruskan dan dilaksanakan ya… ๐Ÿ™‚

      2 December 2010 at 6:41 AM

  16. sederhana… slalu.. ๐Ÿ™‚
    klo bicara HaPe tau ndiri kan tipe apa punyaku wkwkwkwkkk.. puol jadul..
    masih setia tuh prim ampe sekarang.. hanya bolak balik ganti baterai wkwkwkkk…

    1 December 2010 at 3:48 PM

  17. oya kelupaan.. met milad buat ega ya..
    sluruh doa kita buatnya ๐Ÿ™‚

    salam

    1 December 2010 at 3:53 PM

    • hah serius? wkakakakakka…. berarti mas kamay ini tipe yg “setia” ya ๐Ÿ˜€
      Makasih ya, amin…

      2 December 2010 at 6:45 AM

  18. ..
    karena aku tinggal di kampung, hp juga menyesuaikan lah..
    gak perlu 3G atau wifi..
    dan yang pasti jangan sampek lebih bagus dari punya pak Boss..
    malu euy..
    ..

    1 December 2010 at 4:47 PM

    • Hhahahahah…. malu kenapa mas? ntar orang salah, mas septa yang dikira bosnya ya, ๐Ÿ˜€

      2 December 2010 at 6:49 AM

  19. Selamat Ultah buat adeknya,, (walau telat),, pasti matany siaga mulu ngelihat co disekeliling si adek ๐Ÿ™‚
    saya ganti Hp masih dgn hitungan sebelah tangan,, bukan apa2 prim ga ada duit dan ga niat nabungnya juga untuk ganti hp baru,, ๐Ÿ™‚

    1 December 2010 at 7:06 PM

    • Hhahahaahh…. makasih ya mbak…udah lama gak BW ke sana saya. ๐Ÿ˜€

      2 December 2010 at 6:53 AM

  20. henpon2 yg lama boleh tuh dihibahkan ke saya aja…. wkwkwk….!
    and hepi bday 4 ur sister bro ๐Ÿ™‚

    1 December 2010 at 10:02 PM

    • Hahhaha…hape-hape sudah di jual lha… kan ceritanya tukar tambah ๐Ÿ˜€ Thanks ya…

      2 December 2010 at 6:56 AM

  21. malam
    blue mau kalau dikasih gpnya…ehhehe
    salam hangat dari blue

    1 December 2010 at 10:07 PM

    • heheehehe…saya juga mau kalo di kasih mas ๐Ÿ˜›

      2 December 2010 at 6:57 AM

  22. kunjungan pertama..salam knal yaa

    ada yang ultah nih,selamet ..
    asik dapet bingkisan hp donk *senangnya*..

    nokia 6610,persis punyaku tuh,masih aku pake pula..hhe

    1 December 2010 at 10:38 PM

    • salam kenal mbak nchie…
      hah? awet juga ya hape itu…wkwkkwkwkw…gak akan trlupa, solanya hape pertama ๐Ÿ™‚

      2 December 2010 at 6:59 AM

  23. Aku juga gak terlalu mementingkan fitur2, percuma saja HP canggih tapi mau nelpon masih minjem teman ๐Ÿ˜† paling banter isi pulsa reguler 5000 itu untuk seminggu. Ups…… ๐Ÿ˜ณ koq jadi curhat gini ya ๐Ÿ˜†Salam hangat serat jabat erat selalu dari Tabanan

    1 December 2010 at 10:44 PM

    • Hahhahaahah… gak papa mas, yg penting gak mubazir dan ngerepotin orang kan…aku juga smenjak pengangguran, pulsa 10 ribu lama abisnya, heheheheh

      2 December 2010 at 7:01 AM

  24. hehe, hp nya sama kayak punyaku mas…..
    Nokia 2323 … sip,

    simple dan enak digunain…

    3 December 2010 at 8:14 PM

Leave a comment