Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

TLPC : Pameran Foto Perdana

Ini tulisan dadakan!

Hi pembaca setia blog ini, hahaha… maaf ya sudah lama tidak menulis, alasannya akan saya ceritakan nanti di postingan selanjutnya, yang pasti saya menulis kali ini sifatnya dadakan tapi harus, karena ini bentuk apresiasi saya terhadap keberhasilan sesuatu, bentuk rasa bahagia dan juga rasa haru…

Hari ini TLPC (Tanah Laut Photo Club), komunitas fotografi di kabupaten tempat saya tinggal yang sempat saya ceritakan disini dan disini melaksanakan pameran foto perdananya! Bertajuk “Wajah Tanah Laut” mengangkat hal tentang sumber daya alam, wisata dan sosial budaya di kabupaten tersebut. Pameran foto ini tentu tidak hanya menguras tenaga dan pikiran, tetapi cukup menguras biaya dan juga perasaan tentunya. Ada sebuah perjuangan yang tidak mudah di balik kesuksesan acara ini, ada sebuah cerita dan ada sebuah lika-liku panjang sebuah organisasi baru yang mengawali langkahnya dengan bermodal sebuah tekad… “Kita harus tunjukkan bahwa ada TLPC di kabupaten Tanah Laut”

“Langkah pertama ini pasti akan sangat sulit, tetapi setelah ini langkah-langkah selanjutnya pasti akan lebih mudah” begitu saya pernah bilang ke teman-teman, dan untuk itu, kita butuh tangan dan kaki yang 100 kali lebih kuat untuk menjadikan acara ini terwujud. Dalam keterbatasan kekompakan, keterbatasan dana, dan keterbatasan waktu kami seperti para pemimpi kecil sederhana yang tak putus asa. Jatuh bangun dalam kegiatan ini dan masalah-masalah datang silih berganti memecut kami untuk berjuang lebih keras.

Kini semua berbuah manis, kegiatan pameran foto tersebut terbilang sukses.

Sebuah sms meluncur ke HP saya:

“Acara dibuka oleh Bupati dan unsur muspida, Kapolres mau ikut bergabung sebagai Pembina/ Penasihat, Ketua DPRD Tanah Laut akan jadi ketua kita, Bupati dan Wakil Bupati interest sekali sama hasil karya kita dan membeli salah satunya dengan harga fantastis, dan banyak orang yang datang untuk melihat..”

Bergetar hati saya membacanya, mengetahui perjuangan selama ini tidak sia-sia, ada genangan tipis di mata saya, “Selamat teman-teman atas kesuksesan kita”  dalam hati saya.

Hari ini saya hanya diam di kamar saya di Bogor, ribuan kilo dari tempat acara berlangsung. Hari ini saya menuliskan status di FB tentang suasana Bogor hari ini yang panas, kering dan barangin, mengingatkan saya tentang Pelaihari, tempat acara tersebut berlangsung, dan saya benar-benar ingin berada di sana hari ini.

Berbagai ucapan terimakasih, ungkapan syukur dan kebahagiaan datang silih berganti malam ini, seolah sudah cukup membuktikan kepada saya bahwa acara tersebut berjalan sukses meskipun saya tidak melihatnya dengan mata dan kepala sendiri. Hari pertama puasa ini seperti penuh dengan rahmat dan rasa syukur yang teramat, khususnya saya yang sedang jauh dari teman-teman seperjuangan. Hari ini hari pertama puasa ramadhan, hari ini hari ulang tahun anggota kami, Bagus, dan hari ini pula hari pameran perdana kami yang sukses. Tuhan sungguh perencana yang ulung. Alhamdulillah.

Sedikit flashback tentang saya dan TLPC…

Saya adalah “anak baru” di lingkungan Pelaihari, Kab. Tanah Laut, saya dipertemukan oleh anak-anak TLPC melalui sebuah grup di FB sekitar Januari 2011. TLPC berkembang pesat sampai akhirnya terbentuk organisasi dan rencana kegiatan, yaitu pameran pertama ini.

Saya yang seorang pengangguran tentu saja seperti menemukan tempat pelarian untuk mengamalkan kapasitas saya, semampu yang saya bisa. Berbekal sedikit ilmu dari bangku perkuliahan saya ikut aktif dalam persiapan kegiatan, mulai dari nol sampai sekarang, itulah mengapa saya tau persis betapa beratnya perjuangan kami.

Saya tahu bahwa saya tidak akan lama berdiam di tempat ini, maka saya pernah menolak saat ditunjuk untuk menjadi pengurus, saya tidak bisa menjamin sampai kapan saya masih ada di Pelaihari, sedangkan cepat atau lambat waktu perpisahan itu akan tiba, dan saya sadar akan itu.

Teman-teman di TLPC adalah orang-orang yang optimis dan penuh semangat, dan saya percaya itu, saya bisa merasakannya, dan saya memutuskan untuk “bergembira” bersama mereka, karena saya tau, ada potensi di dalamnya, ada cahaya kesuksesan yang belum tampak, maka dari itu saya tidak main-main di dalamnya. Saya bergembira, tetapi tidak main-main dalam bergembira🙂

Persiapan pameran seperti  menuntut kami untuk lebih kreatif dan kritis mencari objek foto. Kegiatan hunting bersama seperti tidak ada habis-habisnya menghiasi hari-hari saya dua bulan terakhir, belum lagi kegiatan menyebarkan proposal yang kejar-kejaran dengan ketatnya waktu yang tersisa. Awalnya acara ini akan dilaksanakan sebelum bulan puasa, tapi sempat tertunda sampai akhirnya terlaksana hari ini (1 Agustus 2011). Kami melakukan yang terbaik yang kami bisa, sampai di hari-hari terakhir saya di sana…

Akhirnya kurang lebih satu minggu sebelum tanggal pelaksanaan acara pameran, saya harus meninggalkan Pelaihari, untuk kembali meniti karir saya kembali. Sebuah moment yang saya tunggu tetapi tidak saya inginkan.  Berat, tetapi harus. Ada rasa sedih dan “tanggung” karena harus meninggalkan acara yang hampir selesai ini. Saya terbang ke Jakarta dan stay di Bogor untuk sementara waktu. Maaf teman-teman, saya tidak bisa berpamitan ke setiap orang saat itu.

Sekarang,

Saya tahu ada senyum di setiap wajah teman-teman TLPC, hari ini, sebuah langkah pertama, sebuah langkah besar untuk keberlangsungan organisasi kita telah terlaksana. Doa dan air mata itu terjawab sudah. Harapan dan cita-cita semakin jelas terlihat.

Saya bangga pernah menjadi bagian dari kalian, dan saya jujur berat sekali harus meninggalkan TLPC, karena saya sudah merasa memiliki dan menemukan wadah yang membuat saya “berarti”. Kenangan dan persahabatan yang kita jalin selama ini tentu saja sangat terukir di ingatan saya, saya menghargainya dan tidak menyangkal bahwa semua sangat berarti bagi saya.

Sahabat dan rekan-rekan TLPC,

Saya mungkin akan berada jauh dan sangat jauh dari Pelaihari, tetapi saya tentu akan terus mendukung TLPC. Hehehhe, kan masih ada internet. Mohon jaga dan terus kembangkan komunitas ini menjadi komunitas yang baik, produktif dan berkualitas. Kekompakan, kerja keras, dan rasa memiliki adalah kunci keberhasilan langkah-langkah kita ke depan. Saya turut mendoakan dari sini.

Ah, sudah cukup menjadi sentimental! Mari bergembira atas kesuksesan ini! Saya terharu bahagia malam ini, karena kita berhasil! Well done! Terus semangat!

This slideshow requires JavaScript.

“Saya datang ke TLPC tanpa membawa apa-apa, tetapi saya pergi membawa ribuan kisah dan kenangan, terima kasih TLPC”

Salam Jepret!

27 responses

  1. Alhamdulillah, akhirnya Mas PriM nulis lagi hehe..

    Sukses ya Mas acara pameran TLPC nya. Berarti sampean sekarang masih di Bogor Mas?

    Ohya, hepi ramadhan ya Mas, mohon maap lahir dan bathin..

    2 August 2011 at 12:44 AM

  2. Bundo

    hey..! bagi bundo TLPC itu adlh tentang Prima dan Tanah Laut, meskipun dirimu merasa tidak hadir pada hari penting tsb, tapi spirit seorang Prima Hutabarat hadir nyata disana.. tak bisa dipungkiri🙂

    mungkin seperti Walt Disney yang tak hadir pada saat Disneyland diresmikan.. *halah😛

    2 August 2011 at 6:03 AM

  3. wuih…kayaknya ngilang dari dunia maya menghasilkan banyak cerita baru ni…slamat ya buat kesuksesan acara dan karir barunya….

    2 August 2011 at 6:38 AM

  4. mantap.. jadi foto2 lu juga ikutan di pamerin ya prim?
    hebat.. sukses terus ya!

    2 August 2011 at 6:51 AM

  5. ifeh

    hiks..hiks…habis tisu q prim..

    2 August 2011 at 7:07 AM

  6. wow…
    1…nangis deh aku bacanyaaaa
    2. hebat…selalu ada jalan utk sebuah kesungguhan dan kesabaran🙂
    3. smg gambar2 kalian sebentar lg muncul di postcard dan perangko Indonesia…
    4. keren…keren…ikut bersemangat dan bahagia sedalamnya buat kalian semua….
    5. ayoookkk promosikan selalu keindahan Indonesia🙂

    2 August 2011 at 7:23 AM

  7. sedih gw bacanya ..
    finally setelah satu bulan lo menulis kembali..
    ayo pim kembalilah menulis..
    ceritakan kembali dunia dengan cara lo bercerita..
    ada banyak orang yang menanti crita lo…

    teruslah menulis..
    teruslah.. berkarya….
    teruslah bermimpi….

    SEMANGAT!!!!!!

    2 August 2011 at 7:29 AM

    • Put…segera meluncur ke blog ms arman…ada smurf di sana qiqiqi

      2 August 2011 at 1:19 PM

  8. Selamat ya, rintisannya sudah selangkah lebih maju. Semangat prim

    2 August 2011 at 8:14 AM

  9. Sukses untuk TLPC nya Prim …

    Salam saya

    2 August 2011 at 9:47 AM

  10. ahirnya mas prim hadir lagi…😀

    selamat puasa mas prim,
    terharu saya bacanya, dan semoga sukses terus untuk TLPC

    2 August 2011 at 10:51 AM

  11. wow keren
    selamat ya sob🙂

    2 August 2011 at 1:09 PM

  12. sukses masnya🙂

    2 August 2011 at 2:22 PM

  13. Inilah salah satu enaknya fotografi, “dipamerkan”, agar banyak orang, bahkan dunia tahu foto kita.🙂

    2 August 2011 at 4:40 PM

  14. Agung Rangga

    wiiih~
    pasti sangat membanggakan ya kak, bisa buat pameran hasil karya sendiri~😀
    salut deh~😉

    2 August 2011 at 6:12 PM

  15. Ikut bahagia dengarnya. Apalagi segala jerih payah dan kesabaran berbuah manis..🙂

    3 August 2011 at 1:12 PM

  16. Wah, tema yang unik
    jarang2 ada tema yang mengangkat wajah tanah laut..
    rame juga ya ms yang nonton…
    sukses selalu…

    4 August 2011 at 1:29 AM

  17. ibnu

    Sebuah awal yang luar biasa . . .
    Sukses buat sahabat-sahabat TLPC . . .

    Wabil khusus . . . sukses buat mas prim

    4 August 2011 at 3:08 PM

  18. Prima pa kabarnya loh..
    Sukses deh ma PAmerannya..
    Smangat..

    5 August 2011 at 1:03 AM

  19. sukses

    5 August 2011 at 11:27 AM

  20. Wah, akhirnya poto2 di blog ini muncul dalam pameran. Senang rasanya sudah mencapai kesuksesan🙂

    6 August 2011 at 12:15 AM

  21. Mantab. Semoga ke depannya semakin banyak perkara yg sukses.
    Salam

    8 August 2011 at 10:07 AM

  22. Seneng dengernya. Event yang sangat bagus. Sukses trus..

    8 August 2011 at 10:27 AM

  23. Semoga akan ada acara serupa di tahun2 mendatang ya…🙂

    8 August 2011 at 12:37 PM

  24. Hebat….! Aku patut acungi jempol untuk capaianmu ini Prim…
    Semoga suatu saat aku dapat undangan menghadiri Pameran Tunggal Prima Hutabarat… Amin…

    9 August 2011 at 6:10 AM

  25. wow … mantap, kerja keras membuahkan hasil sempurna
    bukan hal yang mudah membuat pameran, apalagi bisa sampai dapat apresiasi dari petinggi daerah, .. two tumb up

    13 August 2011 at 12:58 AM

  26. ariek b setiawan

    Salut prim, memang terkadang hasil itu berbanding lurus dg doa dan ikhtiar. Smga nilainya jauh lebih besar dari sekedar rasa bangga.., manfaat, ya semakin byk memberikan manfaat, semakin bernilai keringat kita, capek, dan pengorbanan finansial kita. Selamat brjuang prim.!!

    2 September 2011 at 2:11 PM

Leave a Reply

