Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Hunting bareng Komunitas

Hmm, another report about photography…

 

Seperti judulnya, kali ini saya akan cerita tentang hunting pertama saya dengan komunitas fotografi di sini, Namanya: Mata Lensa Tanah Laut. Tanah Laut itu nama kabupaten tempat saya tinggal sekarang.

 

Pertama kali liat: Nice! Jujur saya baru tahu ada komunitas foto-foto di kota ini, dari “gerak-geriknya” komunitas ini termasuk masih baru terbentuk, saya mengenalnya dari FB teman. Langsung aja saya klik “Join”, gak lama saya di confirm! Yes! Saya mulai lihat-lihat isinya…πŸ™‚ Lumayan lho.. jangan disangka komunitas ini cuma komunitas lokal dengan SDM yang pas-pasan, justru hasil-hasilnya lumayan bagus! Meskipun saya lihat interest mereka lebih kepada human, alias model-model bertebaran di mana-mana..πŸ˜€

 

Anggotanya juga beragam dari pelajar, mahasiswa, hobiis, sampai pelaku bisnis photography. Nah, saya bisa belajar di sini nih, hihihihii.. lumayan kan daripada saya hunting sendiri gak jelas, mendingan ngikut komunitas ini, syukur-syukur dapat ilmu dan menambah teman, oh ya selain itu saya bisa ikut jalan-jalan kan, hahhahaah… *ini yang paling penting sebenernyaπŸ˜‰

 

OK, langsung aja. Jumat kemarin saya ikut komunitas ini hunting di tepi pantai Suarangan, salah satu pantai dekat sini yang ditempuh dengan 1-1,5 jam dengan motor. Acara hunting kali ini gak terlalu rame, saya dan 4 teman lain berangkat dari Pelaihari sekitar pukul 2. Naasnya, kita kejar-kejaran dengan hujan, alhasil baju dan celana basah semua, hiks-hiks. Di tengah jalan, kami menjemput anggota lain, 2 orang, dan 4 orang model! jadi lumayan rame lha.

 

Yang bikin seru sebenarnya bukan acara hunting di pantainya, tetapi justru perjalanan menuju ke sana yang penuh dengan jalan berlubang dan track berlumpur dan penuh genangan, plus hujan rintik-rintik! Ini outbond apa hunting ya..? (- -‘) what a perfect day for sleep!πŸ˜†

 

Ini juga merupakan hunting pertama saya dengan komunitas fotografi, karena sebelumnya saya gak pernah tuh ikut-ikut komunitas beginian, apalagi hunting bareng! Kalo hunting makanan sih iya sering,,, hihihihi…

Sampai di lokasi, Wow, sebenernya banyak tempat bagus buat di foto, cuma cuaca gak mendukung banget, mendung, angin kencang, dan rintik-rintik. Para model mulai ganti baju dan lenggok kesan-kemari udah kaya haus jepretan, saya cuma berdoa moga mereka gak masuk angin aja.. wkakakaka…

Nah berhubung saya amatir banget *baca: katrok), saya justru bingung how to handle human in capturing! Kalau yang lain seperti sudah biasa mengarahkan gaya para model, saya malah bengong memperhatikan tingkah para senior, wuakakakak… Saya kayanya gak bisa atau gak bakat ya? mengucapkan kata-kata : kepala agak nunduk, bahu miring, angkat paha, mata liat sini, liat sana, merem, melek, juling dan sebagainya… yang ada malah: foto bareng yuk! *Haiyah!

 

We don’t have much time pim! Saya pun akhirnya pede ikutan moto-moto di belakang para senior, karena gak berani manggil2 modelnya akhirnya jepretan saya kebanyakan ya candid gitu, artinya mata model melihat kamera tetangga, wkakakak… tetapi para model juga sempet bergaya sendiri, sadar kalau saya akan menjepret mereka, lumayan kan, untungnya mereka kreatif bisa gaya-gaya sendiri tanpa disuruh… hihihihi, meskipun beberapa kali saya lihat hasil jepretan saya: OMG, jelek! wkakakaka… gelap! Dan kenapa ya waktu pake flash bukannya bagus, malah jayus! (- -‘) I hate my flash.

 

Berhubung hujan makin lebat dan angin bikin suasana makin dingin parah, belum lagi kita bolak-balik ngelap lensa gara-gara basah, gak sampai 30 menit, kita memutuskan untuk berteduh dan acara pun udahan, kita balik. Sedikit mengecewakan, tapi emang cuaca kan susah diatur, artinya next time harus liat juga kondisi cuaca atau bawa pawang! Wakakaka…

 

Ini foto saat kita berteduh di bawah terpal yang lagi nganggur di tepi pantai ituπŸ˜€

Hehehehe… saya yang dibelakang pake kacamata silau sebelah, kerah kebelek…wkakakakka..

 

 

Dan berikut ini beberapa hasil jepretan saya di sana. Ini juga pertama kalinya saya ngedit pake Adobe Lightroom, Nice and simple software! bagus banget buat yang gak mau ribet sama Photoshop!

Memancing di Kala Hujan

Pantai dan Mendung

Dapat nggak ya?

 

Kenapa ada karung-karung berbaris?

 

Jejak apakah ini?

 

Terdampar...

 

Untuk pemandangan saya edit tetap dengan warna, tapi untuk model, karena saya gak pake flash dan hasilnya gelap, saya jadiin aja sekalian black and white…*ngelesπŸ™‚

 

Untuk foto-foto dengan model saya coba pakai slideshow… *asli saya baru tau caranya, wkakakaka…

This slideshow requires JavaScript.

 

 

Nah, saya jujur jarang foto-foto orang/ model yang dengan sengaja meliuk-liuk di depan kamera, hehehehe… Mudahan lain kali lebih baik lagi… katanya sih saya harus lebih banyak belajar moto potrait! Sip deh!πŸ˜€

 

Salam Jepret!

51 responses

  1. Hasil foto yang pemandangan itu keren loch….tapi kalo moto model knapa kurang bagus? hayo ngga fokus yach? apa grogi hihihihi……..sayang yah udah jauh2 tapi alam tdk bersahabat…..

    5 April 2011 at 4:00 PM

    • begitulah mbak… harus lebih banyak belajar lagi…πŸ™‚

      5 April 2011 at 6:25 PM

  2. Sumpah! keren banget mas!!!
    Sudut pengambilan gambarnya oke banget!πŸ˜€
    sayangnya semua foto serba hitam putih, agak membosankan melihatnya…
    *sok tahu ah! hihihi…πŸ˜†

    5 April 2011 at 4:47 PM

    • Hahahhaha… iya beberapa sebenernya bagus pake warna, cuma daripada ntar keliatan belepotan, saya tabrak semua pake BW..πŸ˜€ makasih ya mas!

      5 April 2011 at 6:26 PM

  3. keren sob…

    5 April 2011 at 5:25 PM

  4. rumahlidya

    terlihat bagus ya hasilny. mau coba Adobe Lightroom nya

    5 April 2011 at 6:04 PM

  5. software Adobe Lightroom nya free?

    5 April 2011 at 6:06 PM

    • Hehehhee, gak mbak… aku juga pake yanga da crack-nya…πŸ˜€

      5 April 2011 at 6:24 PM

  6. Lumayan juga tuh hasil jepretannya.. ^ ^

    5 April 2011 at 6:51 PM

  7. waahh..boleh donk ajarin cara motret dg SLR? hehe..
    pngen banget deh…

    5 April 2011 at 7:16 PM

    • sering2 aja motret…πŸ˜€

      5 April 2011 at 7:54 PM

  8. keren mas Prim…

    ooiya mas, saya baru mulai mau belajar make kamera pro. ada rekomendasi? heheheπŸ˜€

    5 April 2011 at 7:29 PM

    • Hmmm.. canon mbak, yang paling murah, apa ya serinya… that one is nice!πŸ˜€

      5 April 2011 at 7:54 PM

  9. h

    pasti asyik nih hunting di pantai, kayaknya pas mendung ya cuaca mas…

    5 April 2011 at 7:29 PM

    • Iya mbak… pulang pergi basah!

      5 April 2011 at 7:53 PM

  10. Bagus !!!
    (Prim, kenalin dong sama model-modelnya ….hi hi hi)

    5 April 2011 at 9:01 PM

    • Serius mas… >,< Thanks, wkakakak..

      modelnya anak sma semua itu… free, bahkan mereka bawa motor sendiri, wkakaka… aku juga baru kenal disitu, hihihihi…

      5 April 2011 at 10:18 PM

  11. yustika

    aq ngakak bacanya….
    emg ngarahin model ada aba2 “angkat paha” sama “juling”, yak? wkwkwk….
    mas prim grogi kali ya kalo musti ngasih aba2 : “mbak, tolong ya angkat paha dikit dunk”
    wakakakak…

    5 April 2011 at 9:17 PM

    • hhihihhii… mbak yus, gak tau aja waktu ada senior disini, tiba2 menguak selendang pantai punya model sehingga kebuka pahanya… wkakkakaka… si model sempet keki dan gugup, wkakaka… aku dalama ati: buset dah, sabar mas, sabaaarrrr…

      5 April 2011 at 10:20 PM

  12. ada waktu nganggurnya juga ya?!?!??! hmm… kalau ada saya.. dari pada nganggur, mending saya di pijitin aja kali ya?!?!? xixixixixixix…

    5 April 2011 at 9:29 PM

    • (- -‘) gak ngerti apaan sih mbak maksudnya…

      5 April 2011 at 10:21 PM

  13. Wehehehe, gak masalah mau komunitas dari kota mana, dari daerah mana, yang penting sih kumpul2nya.πŸ˜€ Saya yakin, sesama anggota komunitas pasti bisa saling belajar dan memberi ilmu fotografi.πŸ˜‰
    *saya sendiri gak gabung kkomunitas apa2* >.<"

    Saya juga gak biasa ngefoto objek manusia, Mas Prim…😐 Saya sukanya memang ngefoto benda mati…πŸ˜€ Tapi bukan berarti saya gak mau disuruh ngefoto manusia..:mrgreen:

    Pastinya, kalo untuk foto wajah atau separuh badan, pakai mode portrait lebih mantab.πŸ˜€

    5 April 2011 at 10:01 PM

    • hihihihi.. mudahan mas, niatnya emang belajar, lumayan banget lho, belajar gratis!πŸ™‚

      5 April 2011 at 10:51 PM

  14. duuuuh…
    selalu sirik sama orang yang bisa motret deh…

    eh..eh..tapi emang beneran lho Prim…
    motret benda bergerak pastinya lebih susah deh…

    Kayaknya Prima harus latihan motret anak kecil dulu deh,
    Gimana kalo nyobain motret bocah usia 6 tahun dan 2 tahun Prim???
    buat ngelatih kesabaran ajaaaah…hihihi…

    Hayu atuhπŸ™‚
    *ini komen apaan sih?*

    5 April 2011 at 10:14 PM

    • wuakakakakk… langsung bilang aja mbak, suruh motoin kayla sama fathir…πŸ˜›

      5 April 2011 at 10:22 PM

  15. uenaknya…punya hobby yang mengasyikan….saya masih dalam impian nih untuk beli Digital SLR

    5 April 2011 at 10:17 PM

    • Nah, mas Necky jangan gitu, di postingan saya : “(Whatever) shoot!” gak perlu kok pake dslr untuk jepret2, saya malah suka kalo liat orang pake kamera pocket tapi hasilnya okeh..πŸ™‚ ayo mas, kita berjepret ria, gak harus ber DSLR ria…πŸ™‚

      5 April 2011 at 10:24 PM

  16. seru juga ya hunting foto bareng2 gitu…
    bagus2 fotonya prim!

    6 April 2011 at 1:16 AM

  17. Beruntunglah kamu bergabung pada komunits itu. Paling tidak akan menunjang aktivitasmu di dunia maya alias penulisan blog ini. Kan yang paling orang tunggu dalam suatu tulisan di blog adalah foto2nya.

    Hmm…nggak menyangka ya kalau Pelaiharai sbg salah 1 kabupaten Di Prov Kalsel berkembang pesat juga sampai ada komunitasnya segala. Kirain di Banjarmasin aja. Kan selama ini kalau bicara tentang Kalsel, orang pasti berpikir kiblat perkembangannya ya pasti Kota Banjarmasin

    6 April 2011 at 3:51 AM

  18. keren foto nya bro. wih coba ahh software nya. eh slide show nya pake apa tuh bro. keren.

    6 April 2011 at 4:52 AM

  19. riez

    keren semua kog…salam jepret

    6 April 2011 at 9:37 AM

  20. Ssstttt …
    Prim …
    Itu slait sow gemana cara bikinnya yak ?
    πŸ™‚

    Salam saya

    (BTW …
    Saya suka foto yang mancing …)

    6 April 2011 at 10:25 AM

    • dipostingan selanjutnya ya om… udah publish tuh!

      7 April 2011 at 10:15 AM

  21. fotonya bagus2… kpakai kamera apa ya?

    6 April 2011 at 1:00 PM

    • nikon d40 mas…πŸ™‚

      7 April 2011 at 10:15 AM

  22. Terpesona dengan ciptaanNYA yang tertangkap dengan indah dengan lensa… Hanya bisa menikmati…

    Mantap MasπŸ™‚

    6 April 2011 at 2:54 PM

  23. Terpaku pada sang model. Hihiiii.
    *dasar

    6 April 2011 at 3:21 PM

  24. Hmm.. meskipun masih belajar, tapi hasilnya ga ngecewakan banget kok Mas Prim..
    Oya, itu pke camera yang khusus buat photografi itu yah, yang gedhe trus lensanya bisa diputar2? klo pke camdig bisa begitu ga yah hasilnya? *hahayy.. pertanyaan katrok*

    6 April 2011 at 4:20 PM

  25. selalu keren dan bagus2 , tiap kali lihat hasil foto2 nya PimπŸ™‚
    bunda suka semua nya……….
    dan yang paling suka itu, yg terdampar……..πŸ™‚
    boleh minta gak yg foto terdamparnya itu Pim?πŸ™‚
    salam

    6 April 2011 at 4:35 PM

  26. modelnya yang belakangan kok itu mulu yang difoto? hayoooooooooooo ada apaaaa??? *ih, mbak iyha penasaran,, hahah*

    keren bener foto2nya mas, mau berapa jempol nih, *siap2 kasih jempol*

    moga lancar deh kegiatannya sama komunitas..πŸ™‚

    6 April 2011 at 5:00 PM

  27. yg penting modelnya om… kwkwkwkwkwkw

    hasilnya lumayan tuh…
    perspektifnya ok.
    :bd

    6 April 2011 at 7:24 PM

  28. eh itu jejak apaan tuh??? mirip jejak ayam raksasaπŸ˜›

    6 April 2011 at 9:47 PM

  29. kayaknya mmg spesialis pemandangan alam.

    6 April 2011 at 10:35 PM

  30. wah..keren foto-fotonya.. terus berkarya MasπŸ˜€

    7 April 2011 at 7:59 AM

  31. Ann

    Sudah tau kan, kalau foto bisa berbicara dan menurutku itu kekuatan dari foto primeedges (yg bikin aku kagum)
    Kalau foto objek manusia aku juga lebih suka yang candid lebih ‘jujur’

    8 April 2011 at 9:54 PM

    • bener mas… cari candid yang bagus itu susah ternyata…πŸ˜€ I’ll do my best!

      9 April 2011 at 7:38 PM

  32. Pingback: Ada Apa dengan April? « PrimeEdges

  33. bagus-bagus fotonya…
    saya jadi pengen punya kamera pro

    2 May 2011 at 12:10 PM

    • masa sih? *gak yakin aku…

      pake kamera pocket juga oke kok…πŸ™‚

      5 May 2011 at 7:25 AM

  34. Pingback: TLPC : Pameran Foto Perdana « PrimeEdges

Leave a Reply

