Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Hal Kecil yang Merusak Harimu

Sahabat,

Tidak ada yang lebih mengesalkan daripada suatu hari berakhir dengan kesia-siaan dan kesedihan. Banyak hal dalam keseharian kita terjadi di luar rencana dan hal-hal itu bisa jadi sesuatu yang sepele yang membuat runyam satu hari itu, hingga hari itu berakhir. Apa yang kita dapatkan? Tidak ada, kecuali hikmah bagi mereka yang tulus dan melihat (Suhana, 2011).

 

Kemarin hari yang cukup mengesalkan bagi saya. Di saat hari itu saya sudah saya susun sesuai rencana dan rutinitas, tiba-tiba hardisk portable saya tidak bisa terdeteksi oleh laptop! Hah, saya kalang kabut, saya sedang membutuhkan sesuatu di dalamnya yaitu suatu foto yang saya akan pasang di sebuah postingan. Saya stress, dam memusatkan pikiran untuk menemukan solusinya.

 

Siang itu berlalu dengan acara ubek-ubek Google untuk menemukan ada apa dengan si hardisk. Lama sekali dan beberapa cara saya lakukan, tetapi hasilnya nihil. Laptop sudah saya restart berkali-kali, tapi tetap semua berakhir dengan nihil. Mungkin ini akibat saya menginstall ulang windows beberapa hari yang lalu, atau ada sebab lain? Padahal belum selesai kesibukan saya menginstal ulang program ini itu, masalah hardisk muncul tanpa diduga. Saya tidak boleh menyerah!


Saya pergi setelah makan siang ke kantor teman untuk sebuah wifi gratisan berkecepatan tinggi:mrgreen: , maksud hati agar proses perbaikan ini bisa lebih cepat dan gak perlu terhambat oleh masalah internet. Oh iya, sebelumnya saya sempat pergi ke tukang servis dan memeriksa kabel USB hardisk saya yang original untuk diperiksa, dan saya dengan USB pinjaman card reader berusaha sendiri menemukan solusinya *sok ngerti ya…:mrgreen:

 

Hari sudah sore dan suara mesjid mulai berkumandang menyerukan suara-suara orang mengaji, tanda magrib akan tiba. Saya tersadar dalam keputus-asaan dan kenihilan. Apa yang saya sudah lakukan seharian ini? Seharusnya saya bisa lebih banyak mengerjakan pekerjaan rumah, update blog, belajar bahasa inggris selepas makan siang, dan pergi berenang sorenya. Tapi semua lewat begitu saja, hanya karena mood yang tidak nyaman, hanya karena sebuah masalah kecil: hardisk!

Saya terdiam, berpikir dan menyesal.

 

 

Sahabat,

Pasti kita semua pernah mengalami hal yang sama. Di saat mood kita berubah 360 derajat dan semua yang telah kita rencanakan menjadi berantakan satu demi satu, hanya karena ego kita sendiri, hanya karena kita mengikuti emosi sesaat, hanya karena kita merasa masalah itu terlalu penting, dan hari itu semua hanya terpusat pada masalah yang itu-itu saja. Kita terhenti pada satu titik dan meninggalkan semua yang seharusnya bisa kita lakukan. Hal-hal lain yang berguna dan membuat hari kita lebih berharga.

 

Tidak adil rasanya jika kita harus mengorbankan satu hari berharga kita hanya dengan suatu hal yang sepele dan tidak prinsip. Banyak hal dari kegiatan saya yang akan lebih berarti dari sekedar mikirin hardisk! Banyak hal sepele seperti itu terjadi di sekitar kita. Ada seorang yang gila komputer yang melupakan jeritan perut laparnya, hingga melupakan makan siang. Ada seorang ibu yang kehilangan dompet di pasar, kemudian menjadi mengurung diri di kamar dan enggan memasak. Ada yang punya masalah di kantor sehingga malah cepat naik darah saat anaknya berisik di rumah, dan banyak lagi hal -hal kecil yang mungkin merusak hari kita.

 

Seorang teman berkata pada saya, pada saat-saat seperti itu kita perlu yang namanya cuek!πŸ˜€ Profesional dalam melihat masalah rasanya suatu kata yang tepat untuk ini. Kita harus tetap jernih pikiran melihat seberapa penting masalah ini menyita waktu dan pikiran kita. Apakah masalah itu perlu menjadi prioritas kita? apakah ada prioritas-prioritas yang lain? Apakah kita bisa tetap “berjalan ke depan” di saat kita “terluka”? Tetap tersenyum saat masalah menghujani kita, dan mengakhiri hari ini tetap dengan senyuman?

 

“Everything will be just fine, and I’ll find my way”

Tidak ada yang kalah saat kita menyerah untuk sementara pada suatu masalah. Bukan berarti kita menghindari suatu masalah, tetapi hanya menomor 100 kan saja.πŸ˜€ Kita bisa menghentikan semua pikiran negatif, mood yang jelek, dan keras kepala tanpa akhir itu dengan sebuah kesadaran, bahwa segalanya tetap harus berjalan seperti biasa, seperti yang kita inginkan. Kita bia mengumpulkan masalah kecil itu dalam sebuah kotak kecil, menyimpannya di sudut pikiran kita, menutupnya dan berkata: OK, what’s next?πŸ™‚

 

Senja itu saya menutup laptop, menyimpan hardisk itu di sudut tas, pulang ke rumah dengan sebuah senyuman. Bukan karena saya berhasil mengatasi masalah, tetapi karena saya sadar, hardisk itu tidak berhak mengambil keindahan sisa hari saya! Mari kembali beraktivitas! πŸ˜€

 

Sahabat jangan biarkan hal-hal kecil merusak harimu! Kamulah sang tokoh utama, bukan masalah itu!

Semangat!

***

 

Keep Going!

 

Jangan biarkan satu masalah kecil hari ini, melenyapkan semua rencana dan kebahagiaan yang lain… Cukup letakkan di sebuah kotak kecil, dan simpan di dalam pikiran, sambil berkata: “What’s next?”πŸ™‚ (Yesterday’s facebook status of me)

32 responses

  1. Nggak bisa comment apa-apa…berusaha meresapinya aja…intinya SEPAKAT!

    Kok aku banget yah???

    Ha ha ha ha ha ha

    Semuanya akan baik-baik aja kok….jadi selalu ceria yah!!

    Selamat berhari minggu!!!

    19 February 2011 at 9:38 AM

    • 😳
      Sorry…ber akhir pekan aja ….(harusnya hari Sabtu)

      19 February 2011 at 9:39 AM

  2. Wah keren ungkapannya!
    Aku juga sadar nih, masalah yang kecil sering kali merenggut waktu ku yang lain yang pasti lebih berharga dari sebuah keluhan…
    Hemm… Ayo semangat!πŸ˜€

    What’s Next??πŸ˜†

    19 February 2011 at 9:42 AM

    • Sip! gitu dong!

      20 February 2011 at 10:47 PM

  3. joe

    selamat pagi sobat, semoga harimu indah ….

    19 February 2011 at 9:47 AM

  4. Semua yang terjadi sudah dalam skenario-NYA.
    tinggal kita bagaimana menyikapinya.
    Tetap SEMANGAT !!!

    Salam persahabatanπŸ˜€

    19 February 2011 at 10:53 AM

    • iya mas…πŸ™‚

      20 February 2011 at 10:46 PM

  5. He he he he he
    Seperti hari ini,,
    Udah bangun pagii,, niat ke kampuss
    Keretaa eror,, naek bis nunggu lama,, belum lagi macettt
    Alamaakkk rasanya pengenpulang aja,,
    Dan tidurrr
    Tapi gak boleh nyerahh cuma buat hal hal sepele gitu kudu semangatt,,
    He he he

    19 February 2011 at 12:28 PM

    • ayoooo…. kembalikan dirimu sebagai tokoh utama!

      20 February 2011 at 10:46 PM

  6. Kalau dituruti, kita selalu dan selalu ketemu kerikil tajam kayak gitu Mas…
    Tiap saat ada saja.
    Tapi…
    Ya seperti itulah yang namanya kehidupan.
    Kerikil yg bagi kita tajam belum tentu demikian menurut orang lain.
    Artinya…
    Masalah kecil itu akan kecil kalau kita menganggapnya demikian.
    Tapi akan jadi besar manakala kita perbesar sendiri.
    Semua kembali ke kita!!!

    19 February 2011 at 4:03 PM

    • ^^ saya banyak belajar om… makasih2

      20 February 2011 at 10:45 PM

  7. good post!

    iya nih Prim, aku sering kayak gitu, karna moody, biasanya hal sepele yg ngrusak moodku bisa jadi ngrusak hariku…thanx buat postingan ini…

    19 February 2011 at 6:37 PM

    • Makasih grandis… syukur kalo bisa menginspirasiπŸ™‚

      20 February 2011 at 10:45 PM

  8. duh, senengnya dapet pelajran baru disini,
    bagaimana kita menjalani dan memaknai hidup dgn selalu berpikir…….. everything gonna be okay……. πŸ™‚
    so………….don’t let something ruins your time in the whole day, that’s all depend to us………. πŸ™‚
    salam

    19 February 2011 at 7:10 PM

    • bener bunda… thanks lho bund, buat chit-chatnya kapan hari itu ^^

      20 February 2011 at 10:44 PM

  9. masalah hanya ‘aktor figuran’…ok i see!
    Artikel ini kok adem banget, yak? Thx mas prim… Saya belajar dari ini semua… *Foto landscape-nya…t-o-p b-g-tπŸ˜›

    19 February 2011 at 8:00 PM

    • Hah? adem gimana mas… wkakakakakakak… semoga bermanfaat ya mas ^^

      20 February 2011 at 10:43 PM

  10. mantep, pelajaran yang bisa kita petik adalah jangan mengabaikan hal2 yang kecil. trim sobat

    19 February 2011 at 8:34 PM

    • salam kenal mas…

      20 February 2011 at 10:43 PM

  11. le;ihatannya laptop itu perlu dihibahkan Mas Prim. saya senang hati kok kalau jadi caolon nominator penerima hibah hehehe. betul Mas jangan sampai karena nila semangkok rusak susu sepanci..

    20 February 2011 at 3:26 AM

    • Gubrak! wakakakaak… aku nyumbang doa wis…πŸ˜€

      20 February 2011 at 10:42 PM

  12. saya sering ngalamin kayak gitu. kalo udah bad mood, rasanya tuh kegiatan selanjutnya bakalan berantakan.
    tp setelah baca postingan ini, saya semakin berpikir aja. bener kalimat mas prim yg ini “Sahabat jangan biarkan hal-hal kecil merusak harimu! Kamulah sang tokoh utama, bukan masalah itu!” kitalah tokoh utamanya!
    semangaaaaatt!!!πŸ˜€

    20 February 2011 at 10:03 AM

    • Semangat!

      20 February 2011 at 10:42 PM

  13. Hmmm
    Soal Hard disk itu bisa dibuat besar
    bisa pula dibuat kecil
    tergantung bagaimana kita melihatnya …
    bagaimana kita memanagenya …

    yang jelas besar atau kecil masalah …
    seharusnya tidak mempengaruhi mood kita hari itu
    and yes … kita manusia biasa …
    kadang ada masa mood-moodan nya …

    salam saya

    20 February 2011 at 10:32 AM

    • Iya om, salah kalo kita ngikutin mood berlarut2… keep moving! Thanks om!

      20 February 2011 at 10:27 PM

  14. iam

    Saya jg begitu. Dimasa2 uji kompetensi di sekolah saya skg. Saya yg rencananya mau latihan untuk uji kompetensi, jd gak bisa gara2 komputer eror. Huh..

    20 February 2011 at 11:56 AM

    • ^^ focus! masalah cuma tokoh pembantu!

      20 February 2011 at 10:25 PM

  15. pernah prim…kudu presentasi…eh mati lampu, pernah juga LCD-nya yg error…

    bisa kau bayangkan? peserta sudah dateng semua…hiks…kalo fokus ngururs lcd terus ya bubar jalan….

    sejak itu jd kudu sedia 2 media…mau gamau deh…trauma..

    20 February 2011 at 2:10 PM

    • Iya mbak, dari suatu masalah banyak hal yang ajdi pelajaran ya…πŸ™‚

      20 February 2011 at 10:25 PM

  16. prnah dah nyampe kantor lgkap dg smua atribut eh ktinggalan dompet. solusinya : ngutang !πŸ™‚

    22 February 2011 at 12:54 PM

  17. Bahagia dan sedihnya seseorang itu berasal dari pikiran orang itu sendiri. Jangankan harddisk rusak Mas Prim, kadang orang bisa marah2 tanpa sebab.

    Saya pernah dengar suatu kisah ttg tawanan Yahudi yang disiksa oleh Nazi. Dari sekian banyak tawanan yang disiksa, hanya ada 1 orang yang bertahan untuk tetap hidup. Tebak apa rahasinya…. rahasianya adalah terus berpikir bahagia! Orang itu setiap hari mencoba menemukan kebahagian di tengah-tengah siksaan yang dia dapat.

    Jadi, anggapan bahwa “orang yang bahagia itu akan panjang umur” tampaknya memang benar. Tinggal kita yang hidupnya ga selalu mulus ini, yang harus kreatif untuk menemukan kebahagian setiap hariπŸ˜€

    22 February 2011 at 6:59 PM

    • r10

      @ rime:
      ini dari film life is beautiful yah?

      @prima:
      saya juga pernah data hilang gara2 utak-atik ubuntu … data di hardisk hilang semua

      yah akhirnya saya ikhlaskan saja:mrgreen:

      24 February 2011 at 7:16 PM

Leave a Reply

