Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Sehat itu Murah

Sepertinya judul di atas bertolak belakang dengan sebuah petuah umum: Sehat itu Mahal. Bagi mereka yang sedang sakit, tentu saja sehat akan terasa mahal atau tidak dapat diuangkan. Padahal sehat itu relatif murah bagi mereka yang ingin hidup sehat.

 

Dengan segala fasilitas alat olah raga, jadwal fitness, susu bernutrisi tinggi, atau latihan yoga tentu hidup sehat dengan mudah dapat diraih, tetapi bagi saya yang masih belum bekerja dan hidup numpang dengan orang tua, bergaya hidup sehat plus mahal ala majalah “Men’s Health” tentu saja bisa bikin saya megap-megap. Padahal sehat kan untuk semua orang? Tidak memandang usia, ekonomi dan status. Jadi, meskipun kantong kering, kita bisa mulai hidup sehat dengan yang murah meriah.

 

Saya akan share beberapa aktivitas harian saya yang mungkin bisa menginspirasi sahabat untuk hidup sehat yang murah meriah. Syukur-syukur bisa mulai dipraktikkan. Saya sendiri berusaha untuk konsisten dengan “ingin hidup sehat”, berat memang, tetapi jika ingat-ingat banyak keluarga saya yang kena jantung, stroke dan lain-lain, rasanya jadi bangkit lagi! Bangkit karena takut😀

 

Kebersihan

Bangun tidur wajib beres-beres kamar. Membersihan kasur dari debu, kemudian menyapu lantai kamar dan membuka jendela agar udara segar masuk. Sederhana memang, tetapi hal kecil seperti ini awal hidup sehat lho. Kamar adalah tempat kita beristirahat, jika kamar kita saja kotor, pengap, dan penuh baju kotor, rasanya akan sulit untuk menjadi sehat meskipun kita sudah minum susu berliter-liter, hahahahaa…

 

Kebersihan badan tentu saja syarat mutlak bagi kesehatan. Tidak ada salahnya saat weekend kita sedikit berlama-lama di kamar mandi, sabunan dua kali dan shampooan dua kali. Pasti akan terasa beda. Tidak lupa juga menggosok gigi pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Malas? Ya saya juga sering, tetapi bayangkan berapa juta bakteri berpesta di mulut  jika kita tidak gosok gigi sebelum tidur. Apa harus menunggu kecoa datang malam-malam kemudian membersihakan sisa makanan di mulut kita? Hahahahahaa….

 

Pola Makan

Saya suka susu, tapi gak sanggup kalo harus minum susu setiap hari. Tapi saya selalu ingatkan mama untuk selalu menyediakan sayur atau buah. Saya memang pecinta sayur dan buah. Keduanya membuat perut saya nyaman dan tentunya melancarkan rutinitas ke belakang. Jika pada suatu hari mama tidak masak sayur dan tidak ada buah. Saya akan cari timun atau tomat di kulkas, dan saya jadikan lalapan atau dicemil. Timun kan murah!😀

 

Saya secara resmi saat ini tidak makan nasi dalam jumlah banyak. Bukan diet, hanya menyesuaikan dengan aktivitas. Jika dulu saya bekerja di lapang, tentu saja energi yang saya butuhkan lebih banyak dibandingkan hanya diam di rumah. Mengurangi porsi nasi rupanya membuat saya juga tidak cepat gemuk dan tidak cepat mengantuk. Jadi makan nasi itu bukan karena kemauan, tetapi karena kebutuhan. Mau coba? Setelah seminggu anda akan terbiasa.

 

Saya tidak minum suplemen jika badan sedang fit. Saya biasanya akan merasa jika ada yang salah dengan badan saya, saat itulah saya akan segera minum vitamin , minum banyak air dan bersitirahat. Kita wajib tahu sinyal-sinyal apa yang dikeluarkan tubuh kita, lakukan antispasi di awal sebelum semakin buruk.

 

Selain itu saya tidak menyimpan cemilan di tempat terbuka dan mudah dijangkau, karena kebiasan saya, kalau belum habis gak berhenti, hahahahaa… Agar gak kebablasan, ambil cemilan secukupnya saja. Membawa satu toples atau satu bungkus cemilan ke kamar adalah keputusan yang salah😀

 

Latihan

Rasanya kurang bijak bagi saya yang sedang cekak mengamburkan uang di tempat fitness. Maka berenang dan jalan kaki adalah pilihan latihan saya. Berenang di tempat saya tergolong murah, harga tiketnya hanya Rp. 2000, tempatnya pun relatif dekat. Jadi saya biasanya seminggu dua kali berenang, 2000 x 8 = 16 ribu /bulan. Hmmm, tidak mahal kan? Untuk gerak harian saya suka jalan kaki selama satu sampai dua jam setiap hari. Saya gak jogging kok,😀 karena saya gak berjodoh dengan jogging, kaki saya suka sakit, jadi jalan kaki cepat adalah pilihan saya. Kombinasi latihan ringan (jalan kaki) dan berat (renang), sudah cukup buat saya. Oh iya, berenang 30 menit itu lebih baik daripada dua jam bermain air (ya iya lha!) dan sambil jalan kaki kita bisa menghirup udara segar plus hunting photo (itu sih saya banget).

 

Aktivitas pendukung

Berkebun adalah kegiatan yang saya sukai. Mulai dari beres-beres tanaman, menanam tanaman baru hasil minta ke tetangga, sampai siram-siram pot membuat saya berkeringat dan tentu saja sehat dan bermanfaat. Jika malas berkebun membantu mama sapu-sapu rumah dan sikat kamar mandi bisa jadi pilihan lho. Badan sehat, mama senang!

 

Syukurnya saya bukan perokok, dan saya selalu menghindari papa saya yang sedang merokok. Saat beliau merokok saya akan pastikan saya berada di ruangan yang berbeda. Di rumah seperti ada aturan tidak tertulis bahwa papa sebaiknya merokok di dekat pintu atau jendela. Hehehehe…

 

Saya jarang jajan di luar, selain boros, syukurnya mama selalu bisa bikin cemilan sendiri di rumah, seperti tahu goreng atau pisang goreng, kacang atau kedelai rebus, agar-agar, kolak atau bubur kacang ijo, kalau sedang rajin mama bisa bikin kue-kue yang yummy!😀 Makan makanan rumah adalah salah satu cara hidup sehat paling mudah, paling tidak bisa terhindar dari sakit perut dan diare.

 

Sehat Pikiran

Berpikiran positif dan bahagia adalah cara hidup sehat yang paling murah. Hindari penyakit hati, gossip, dan hal-hal yang membuat stress berlebihan. Bergaul dengan orang-orang positif dan penuh senyum bermanfaat untuk menghindari pikiran negatif. Sambil jalan kaki atau jogging, kita bisa berkunjung ke rumah teman dan berbagi cerita penuh tawa, why not?

 

Berinternet dan blogging yang sehat sudah pasti suatu keharusan. Menghindari menulis status yang menyedot kebahagiaan diri sendiri seperti keluhan dan keputus-asaan. Membaca artikel dan buku yang bermanfaat adalah cara menyegarkan sekaligus menyehatkan pikiran. Nonton kartun lucu? Oke juga!

 

Jadi gak perlu mahal kan untuk jadi sehat? Semua orang pasti ingin hidup sehat, tinggal bagaimana mengatur dan membiasakan. Hidup sehat yang mudah dan murah tidak sulit asalkan kita mau. Lakukan hidup sehat sahabat, sebelum sehat itu mahal!

***

Artikel ini disertakan dalam sebuah kontes di Blognya Kakaakin:


48 responses

  1. ikut menyimak🙂

    semoga menang kontesnya😀

    14 February 2011 at 10:09 AM

    • Makasih mas…🙂

      14 February 2011 at 10:31 AM

  2. Bener sehat itu murah,kalo kita peduli sama diri sendiri..
    Yuk marii..kita ber lomba untuk sehat..sehat pikiran juga yah..
    Sukses Prim ma kontesnya..
    Thanx dah mengingatkan kita semua..

    14 February 2011 at 10:15 AM

    • Sip, mari mbak… ayo hidup sehat murah meriah!

      14 February 2011 at 10:32 AM

  3. sssttt di Jakarta, berenang itu mahal prim…🙂

    Kalo jadi mama nih ya, ada juga cara olahraga :
    nyapu, ngepel…berkeringat,
    setrika, anggep sauna…
    nyuci baju…bersihin kamar mandi…maen bola sama anak…ngejer-ngejer anak naek sepedah…

    (tanya..tp kok saya tetep aja overweight ya?)

    14 February 2011 at 10:21 AM

    • hahahaha…iya, di bogor lumayan murah, 7000 kalo gak salah,😛

      masih gendut? mbak nyimpen kerupuk setoples di kamar kali? wkakakakakaka…

      14 February 2011 at 10:33 AM

  4. Adi

    Benar sekali, olahraga sebenarnya murah tidak harus mahal seperti di majalah mens healt, cukup lari atau jalan pagi insy badan sehat.

    14 February 2011 at 10:25 AM

    • Yoi… hihihihihihiii… tos dulu ah!

      14 February 2011 at 10:34 AM

  5. ha…ha…ha…ha..
    gw bukan pecinta sayur dan buah..
    dan itu yang bikin gw sulit sehat..
    sehat itu gampang..kalau kita mau hidup teratur…
    tapi sayang hidup teratur itu susah yakkkk

    suka nyapu ya pakkkk
    rumah akika kotor bowwww..silakan datang..😛

    14 February 2011 at 10:47 AM

    • Jiakakakakka…. gw suka nyapu, tapi kudu diancem pake sapu sama mama, wkakakakakak…

      makanya lu kurus put, makan buah gih…🙂

      14 February 2011 at 11:22 AM

  6. wah…patut dicontoh ini, udah lama banget ini gak olah raga rutin, paling cuman weekend doang…ouke…

    14 February 2011 at 11:09 AM

    • duh, ganti nama asli sekarang? udah selametan? wkakakakka..🙂

      14 February 2011 at 11:23 AM

      • itu salah pencet😦

        15 February 2011 at 7:28 PM

  7. kakaakin

    *Sedang membayangkan kecoa datang malam2 untuk membersihkan sisa makanan di mulut*
    Awww… nggak banget deh !
    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat. Akan dicatat dalam daftar peserta🙂

    14 February 2011 at 11:13 AM

    • Lebih gak banget kalau kita bangun terus berusaha ngelepeh kecoa-nya, eh malah ketelen, wkakakakakaka… *buset dah horor banget ya!😀

      Makasih kaka akin…🙂

      14 February 2011 at 11:24 AM

      • udah dicek ya prima, terima kasih sudah ikutan

        15 February 2011 at 9:11 PM

  8. hahahaa….bersih2 rumah & sikat kamar mandi,…badan sehat…mama senang…betul2 itu mas prima….wkwkwkkk…

    14 February 2011 at 11:37 AM

  9. Aku juga ingin sehat loh primmm

    menikmati tips sehat nya dan semoga sukses

    oh ya..semoga selalu fit.. biar ga perlu suplemen suplemenan

    14 February 2011 at 11:40 AM

  10. kalo aku,,olahraga yang rutin membuat tubuh fit, sehat dan kuat,,walaupun ditengah kesibukan tetap meluangkan waktu untuk tetap olahraga,,,
    semoga menang kontes ya,,,,

    14 February 2011 at 12:16 PM

  11. Sehat itu emang murah yah…belakangan karena aktivitas yang terlampau tinggi pun aku jadi lebih sehat!

    Yup! Gara-gara kekuranga personnel aku harus hand over pekerjaan sales di showroom, alhasil naik turunt tangga….

    Ngos-ngosan tapi jadi doyan makan dech…..

    Sukses kontesnya…

    14 February 2011 at 12:26 PM

    • BTW, kemarin dengerin di Hard Rock radio katanya orang yang yang sehari-harinya minimal berjalan 45 menit itu bisa tambah pintar karena sirkulasi darah ke otak lancar… “”WOW”

      14 February 2011 at 12:28 PM

  12. betul banget tuh… semua itu harus seimbang biar hidup sehat…

    14 February 2011 at 12:43 PM

  13. Latihan alias olah raga.. Ini koq terasa sulit y.. hehe

    14 February 2011 at 2:01 PM

  14. Kita akan tahu betapa mahalnya harga kesehatan ketika sakit. Sudah pasti, sakit itu tak enak rasanya…

    14 February 2011 at 2:07 PM

  15. setuju Prima , sehat itu murah, kalau kita tau kiat2nya .
    bunda setiap hari terserang flu babu aka mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri, dr mulai beberesin kamar, mencuci, cuci piring , memasak, setrika ….dll….dsb….dkk nya…….🙂
    ( kok curcol yaaa… )😛

    buah dan sayur adalah juga menu yg wajib ada di rumah .
    tapi……….krn malas berolah raga………..
    (paling cuma berani jalan pagi ajah)
    maka……….tetap overweight……… haahahha…..😀😀😀
    namun, alhamdulillah, di usia senja gini, bunda tetap sehat…….. 😛
    salam

    Semoga beruntung di acara nya Kakaakin ya Prima sayang …….

    14 February 2011 at 3:43 PM

    • makasih Bunda… ^^

      15 February 2011 at 5:02 PM

  16. asw..i don;t mind..kalo udah sakit baru tahu enaknya sehat..salam kenal mas..main2 kerumah saya

    14 February 2011 at 3:54 PM

  17. sehat gak perlu mahal ya kalo mau menyehatkan diri mulai hal kecil seperti bersih-bersih.
    pola makan: itu yang saya sekarang mulai atur😦
    semoga sukses juga di kontesnya kakaakin 🙂

    14 February 2011 at 5:41 PM

  18. poin diatas mungkin perlu saya tambahi Mas Priem.. yaitu tidak punya hutang, wis tuh dijamin sehat lahir batin

    14 February 2011 at 6:52 PM

    • Hhahahaha.. bener mas!😀

      15 February 2011 at 5:03 PM

  19. sehat itu mahaaallll… saiia pernah patah kaki dan itu merubah semua segi kehidupan saiia😦
    lalu bagaimana mungkin sehat itu murah😦 ?!?!? loh knp jd pseimis gini aiia?!?!?

    14 February 2011 at 8:42 PM

    • iya… berarti buat pelajaran kan mas…🙂

      15 February 2011 at 5:04 PM

  20. ngemeng-ngemeng tentang renang, saya kalau renang pasti lama… kelamaan main air.

    waktu renang di CIFOR, pernah ada bule yang renang cuma nyemplung, gaya bebas 2 x 25 meter, abis itu langsung naik, dan mandi… agak2 aneh memang😀

    btw, kesehatan juga ada hubungannya sama golongan darah dan genetis. jadi ada juga orang yang udah melakukan apa yang dirimu tulis di atas itu, tapi tetap saja kena penyakit, hehehe🙂

    semoga menang kontesnya ya🙂

    14 February 2011 at 11:38 PM

    • betul mbak, kayanya saya kalo makan nasi cepet gemuk.. darah say 0, bener gak tuh?

      15 February 2011 at 5:05 PM

  21. nice posting masbroo.. *jempol*

    15 February 2011 at 2:20 AM

    • kok masbro? masbro=blogger tetangga… wkakakakakak

      15 February 2011 at 5:05 PM

  22. Yaps, melakukan pekerjaan ringan dalam rumah tangga, jika dilakukan secara rutin sudah termasuk olah raga kan …🙂

    Salam sukses

    15 February 2011 at 4:43 AM

  23. Kita baru bisa menyadari pentingnya kesehatan setelah kita sakit ……

    15 February 2011 at 4:56 AM

  24. Anugrha13

    iya murah tapi melakukannya sulit…nah makanya sulit nya itu yg mahal hehehe :p

    15 February 2011 at 9:38 AM

  25. Salam persohiblogan
    Maaf baru posting dan blogwalking lagi nih

    Mulai dengan menyehatkan hati
    Menyehatkan pikiran
    Berbahagia dan nyaman dalam kehidupan
    Kesehatan [un makin terasa🙂

    15 February 2011 at 11:45 AM

    • iya kang… kangen euy sama kang achoey!

      15 February 2011 at 5:06 PM

  26. Wess..
    semoga sukses kontesnya mas!
    salam sehat!

    15 February 2011 at 5:48 PM

  27. Mas Prim.. endi sudah dimintakan krupuk sama Mamanya hehehe… numpang ngiyup aku Mas

    15 February 2011 at 7:04 PM

  28. zee

    Sebenarnya yang termasuk susah dikontrol adalah pola makan ya.
    Karena sudah menyangkut kebiasaan dan kesenangan, seringkali orang suka bolos atau mencuri2 makan makanan favoritnya. Jadi meskipun sudah kontrol sekian lama, tapi begitu saja tiba2 dia makan, bisa colapse mendadak. Jadi harus dibiasakan sejak dini…🙂

    15 February 2011 at 7:45 PM

  29. Intinya sehat itu buth diperjuangkan ya mas..
    heheheh
    sukses dah di kontesnya Kakak Kakaakin

    15 February 2011 at 11:04 PM

  30. ada 2 nikmat yg kebanyakan manusia melupakannya; nikmat sempat, dan nikmat sehat.

    16 February 2011 at 8:19 AM

    • mantap! thx mas…

      17 February 2011 at 8:39 PM

  31. lengkap banget hidup sehatnya Prim,,
    saya tetap memilih sepeda untuk olah raga🙂

    18 February 2011 at 8:08 AM

Leave a Reply

