Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Aroma Buku

Do you like smell of books?

 

Sahabat, tahu tidak saya salah satu penggemar bau buku atau aroma buku. Ya. Bau buku.

 

Aroma buku dapat membuat saya merasa tenang, merasa klasik, merasa menjadi diri saya sendiri. Semenjak kecil saya suka mencium bau buku, terutama buku baru. Bau tersebut mampu membuat saya berimajinasi tentang hal-hal menarik yang akan segera saya dapatkan dari buku tersebut. Aneh gak ya?

 

Saya ingat saya suka membaca semenjak kecil (itulah kenapa saya sudah rabun semenjak smp!), saya senang jika mendapat satu kardus buku bekas, entah buku pelajaran, buku cerita atau majalah, semua saya lalap habis. Dan tentunya tidak lupa saya menikmati saat-saat membuka kerdus tersebut, mencium bau buku yang menyebar di sekeliling saya… kemudian mulai mengipaskan lembaran-lembaran kertas tersebut ke wajah… seggggggeeerrrrrrrr…😀

Saya senang sekali setiap kali  ikut Pakde saya yang seorang pustakawan di perpustakaan daerah. Seharian itu saya bisa menikmati hari hanya dengan mengambil buku, membacanya sebentar, pindah ke buku lainnya, berjalan melalui rak-rak yang penuh buku dengan perasaan seperti pangeran kerajaan super pintar yang punya banyak buku, hahahahhaah…lebay…

 

Sama halnya dengan pergi ke toko buku. Si mamah dulu mungkin menganggap toko buku adalah tempat penitipan anak yang paling pas buat saya, ketika si mamah berbelanja, dia cukup melepas saya di toko buku, dan saya akan “jinak” di sana, hahahaha… dan bagi saya mama seperti melepas saya di surga, mata saya berkaca-kaca saat melalui tumpukan buku-buku… kalau ada arena bermain “mandi buku”, mungkin saya akan langsung nyebur di dalamnya😀

 

Saking banyaknya saya menerima buku bekas dari teman orang tua atau saudara, saat SD kelas 4 saya sampai bisa membuka taman bacaan di rumah, hahahahaha…tidak besar, tetapi setiap buku ada nomornya. Jika membaca di tempat maka gratis dan yang dibawa pulang harus membayar 50-100 rupiah,😀

 

Tetapi hobi membaca ini tidak terlalu terbawa sampai sekarang, buktinya saya tidak terlalu semangat membaca buku-buku tebal yang tidak jelas bagus tidaknya. Tetapi mencium aroma buku masih saya sukai sampai sekarang. Bau campuran kertas, tinta dan lem tersebut seperti aromatheraphy yang unik bagi saya. Begitu perhatiannya saya dengan bau buku, sampai saya mengamati satu demi satu jenis kertas dan baunya. Dari kertas koran, komik, majalah, dan buku atau novel. Kertas yang agak burem, akan berbeda dengan kertas putih, dan yang paling enak buat saya adalah buku yang kertasnya glossy tebal dan tintanya berwarna. So Yummy…😀 Hanya saja buku dengan kertas seperti itu rata-rata mahal, jadi saya cuma bisa menikmatinya di toko buku.

 

Kemarin saya bertanya-tanya, apa ada orang yang menyukai bau buku seperti saya? Setelah googling, hahahaha..ternyata banyak juga yang menyukai bau buku. Saya bahkan menemukan sebuah produk semprotan aerosol berjudul : Smell of Books, hahahahahah…. Saya tidak menyangka!

 

Produk ini diciptakan bagi mereka yang suka membaca e-book tetapi membutuhkan suasana dengan keharuman buku yang menginspirasi mereka untuk semangat membaca buku😀 Sangat pengertian sekali! Saya tidak tahu bagaimana cara pakainya, saya pikir mungkin disemprotkan pada alat pembaca e-book seperti halnya baju yang disemprot parfum, makan baunya akan bertahan lama dan membuat seolah-olah kita sedang membaca sebuah buku, buka e-book.

 

Lucunya semprotan ini mempunyai varian dengan aroma berbeda. Ada aroma daging asap atau panggang, so hommy. Ada aroma klasik yang memberikan keharuman buku-buku kuno seperti di perpustakaan. Ada aroma rumah perpaduan antara sofa dan aroma kucing peliharaan anda. Yang terakhir aroma yang didesain untuk wanita untuk memicu senstifitas dan imajinasi (gak kebayang gimana baunya???).

Maaf kalo jadi promosi, hehehehe…tapi tidak ada maksud promosi barang di sini:mrgreen:

 

 

 

Nah, bagaimana dengan sahabat disini?

Apa juga suka dengan bau buku?

Atau bahkan sudah addicted? Hahahahha…

 

 

Saya berpikir jika ada parfum yang berbau seperti buku baru, saya mungkin akan membelinya!

It’s truly me! Sangat saya!😀

 

Happy Monday!

 

59 responses

  1. kalau saya udah merasa aleegi nich ma buku😀 hehehe….

    6 December 2010 at 11:29 AM

    • heeheheehe…. kenapa mas? udah eneg ya?😛

      6 December 2010 at 4:51 PM

  2. ambil no dulu…

    6 December 2010 at 11:58 AM

    • he..he…he..he
      gw gak suka bau buku,,
      tapi gw suka baca,,terutama novel..apalagi tentang orang..orang yang meraih mimpinya,,
      kisah klasik,,bukan cuma roman picisan yang bisa di tebak endingnya…
      baca buku tuch seru,,
      kita bisa menciptakan dunia imajinasi kita sendiri,,,
      dan seru aja,,,
      penulis yang baik adalah,,
      penulis yang bisa mengajak pembacanya tersenyum,tertawa dan menangis bersama,,, (^_^)

      6 December 2010 at 4:30 PM

      • waduh… gw belum pernah put baca buku ampe nangis😀 pasti seru banget kayanya… iya gw juga males baca buku yg “paling gitu2 juga”…

        6 December 2010 at 4:54 PM

  3. hahaha ada2 aja tuh… kok ada sih semprotan bau buku?😛

    kalo gua sih ama bau buku baru sih ok lah…
    tapi kalo buku udah lama, gak suka baunya…😛

    6 December 2010 at 12:55 PM

    • Hahhahaha iya mas, saya juga baru tau ada yg begituan…
      seru kayanya …hahahhaha

      6 December 2010 at 4:55 PM

  4. Hani hafal banget mas Prim bagaimana aroma buku yang nggak pernah di baca dan yangs ering di baca:mrgreen:

    Tapi, akhir2 ini jadi jarang baca buku banget….eh, kemarin si Puput ngasih buku, thanks alot…..bulan ini lagi nggak ada budget buat beli buku😆

    Kirain tadi di semprotin di bukunya ternyata buat e-book….udah ngebayangin bukuku di semprot parfum aroma melathi, hmmmmmm

    6 December 2010 at 1:10 PM

    • hihihihhi…ide bagus juga tuh menyemprot buku dengan wewangian favorite, jadi gak bosen…kikikikikiki….

      6 December 2010 at 4:57 PM

  5. bunda juga suka bau buku ,Prima
    tapi hanya bau buku baru, krn buku lama suka bau apek …hehehee… 🙂

    satu lagi yg bunda suka , bau tanah ketika hujan pertama kali turun…….
    duuuuuhhhhh….segerrrr banget ……….haruuummm……🙂
    salam

    6 December 2010 at 1:13 PM

    • Itu maksud Hani Bund…kalau yang nggak pernah di baca pastinya apek, heeeee

      6 December 2010 at 1:48 PM

    • Bau tanah bunda? :mrgreen:

      6 December 2010 at 4:09 PM

    • Buku lama solanya suka dibiarin jamuran ya bun, lembab, udah gt dimakan rayap, halah, pasti baunya gak karu2an….
      kalo bau hujan iya bun, ada aroma khas…. feel nya langsung sejuk…

      6 December 2010 at 5:01 PM

  6. makin canggih aja ya dunia sekarang, sampai utk baca e-book pun diciptakan bermacam aromanya🙂
    sehingga bisa tercipta nuansa harum buku .
    salam

    6 December 2010 at 1:14 PM

    • Iya bun, begitu care nya orang, sampe ebook pun dibikin seperti buku, harusnya kita yg masih bisa pegang buku harus bersyukur, dan masih bisa mencium buku asli, hahahahha…..

      6 December 2010 at 5:03 PM

  7. dari kecil juga suka buku,
    tetapi sekarang untuk membaca yang super tebal seperti Harry potter yang terakhir, saya udah ga terlalu bernafsu lbh memilih membaca ringkasannya, krn kalo udah baca, berhentinya bisa cm diselengi mandi, dan kegiatan yg tdk memungkinkan untuk disambi,, bisa begadang krnnya juga, bisa berantakan kegiatan emak2nya ntar,
    aroma buku,, biasa aja, soale buku yang saya cium, kalo dapatnya gratis isinya bagus lagi,, lha wong dapat buku gratisnya jarang2, otomatis saya jadi jarang nyium buku:mrgreen:

    6 December 2010 at 2:40 PM

    • sama mbak, hahahahhah…rasanya banyak hal yang harus dikerjakan daris ekedar baca buku tebal, fiksi pula… hihihhihiihi

      6 December 2010 at 5:15 PM

  8. Sudah lama tidak bersentuhan dengan buku-buku lain, hari-hari berkutat dengan Peraturan Pemerintah😦

    6 December 2010 at 4:19 PM

    • Waduh mas… pekerjaan yang menyita waktu ya mas? Adakalanya kita harus menyentuh buku, meskipun hanya sekedar membacakan buku cerita untuk buha hati *halah sotoy…😀

      6 December 2010 at 5:18 PM

  9. buku-bukuku bau kamper aka kapur barus

    6 December 2010 at 4:44 PM

    • Pasti udah mulai ilang bau aslinya, tapi better lha daripada bau apek, karena jamur…🙂

      6 December 2010 at 5:20 PM

  10. bau buku baru saya suka
    kalau buku lama yang dah berdebu kan beda
    🙂

    6 December 2010 at 7:25 PM

    • hehhehehe…. bau debu itu bukan bau buku..wkakakakak

      7 December 2010 at 10:25 AM

      • ya juga ya. Bau buku emang beda, menggairahkan untuk dibaca🙂

        7 December 2010 at 5:50 PM

  11. aku suka.. udah dari sd, jadi klo dapet buku baru pasti deh tuh dibuka lembaran dengan cepat biar kecium baunya hhahahaha..

    so yummy juga dech.. wkwkwkwkk

    6 December 2010 at 8:09 PM

    • tos drooo,,,,, hahahahhahah…

      7 December 2010 at 10:27 AM

  12. Bener, saya baru tahu ada orang penyuka aroma buku.😀
    Tepatnya, aroma kertas.😆
    Luar biasa…
    Dan lagi, saya juga baru tahu ada barang pengharum macam itu!:mrgreen:

    6 December 2010 at 8:38 PM

    • Hahhaahha…lumayan kan mas jadi pengetahuan..hehehhehehe… cobain deh, buku itu enak baunya😀

      7 December 2010 at 10:29 AM

  13. r10

    saya juga suka buku, sampai sekarang kalau ke mall favorit saya gramedia atau toko buku, kalau ga bisa baca (diplastik’in) saya pegang2 dan lihat cover buku/majalah/komiknya sudah bikin puas diri:mrgreen:

    7 December 2010 at 10:30 AM

    • hehehheehhe… jgn2 mas yangs uka “bugilin” buku di gramed, wkakakakakka

      7 December 2010 at 11:48 AM

      • Aku suka tuh…pura2 nggak tahu gitu, heeee

        Kalau lagi nggak ada yg bugil, budget tipis dan tertarik bgt…apa mau di kata, heee

        7 December 2010 at 4:18 PM

      • Yustika

        “bugilin” buku2 di gramedia? ckckckck….
        kejahatan berencana…. wakakakak….

        7 December 2010 at 6:48 PM

  14. yup benar mas prim..
    saya juga suka dengan bau buku..🙂
    membuat perasaan berdebar-debar ingin secepatnya memmbaca isi buku tersebut…
    pokok nya prikitiew deh…😀

    7 December 2010 at 10:48 AM

    • Hahhahahaha… berdear-bebar rasanya…😀

      7 December 2010 at 11:50 AM

  15. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——

    Hemh..parah ih…
    Selalu samaan.

    Kecil 4 SD saja juga melakukan yg mas Prim lakukan,w alau agak beda dipit…

    Sekarang, saya jrg megang buku sih..hehehe..

    Tp paling demen bau buku,,,tp saya lebih suka bau buku yg warna krem desain hard cover…sedeeppp

    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    7 December 2010 at 11:17 AM

    • Hhahahhha….kamu latah ya…kan saya lahir duluan, gak gak gak….

      kalo saya suka buku ensiklopdeia yag anak2 berwarna dan tebel, nyam2….😀

      7 December 2010 at 12:06 PM

      • Waduhw..berarti saya yg ngikutin?

        Jyah…

        Oh ya, nanti kalau aku nyelesein tulisa aku, dan lolos di penerbit,,,mas wajib bwli bukune lho…

        wkwkwkw

        wah buku ensiklopedia, saya pling gak demen, gak suka baunya…

        Lebih enakan classic paper…
        mantap..

        Oh ya, pak maaf jika ini berasa spam. mohon deleted saja ^^
        ************************************************************

        Sekalian berbagi informasi:

        Jangan lupa ya…

        Jam. 16.00 – 17.30

        Nonton TV-One

        TABLIGH AKBAR 1 MUHARRAM

        bersama

        MAJELIS RASULULLAH & Habibana Munzir bin Fuad Al Musawa

        Ayo bermuhasabah bersama di sore nan mulia ini

        *** Siapkan tisu di akhir acara, saat acara doa, sungguh hati ini akan malu sampai jiwa ini mencair dari kebekuan nan hina

        Info lebih lanjut: klik http://www.majelisrasulullah.org

        **Ini bukan promosi link lho…
        ***********************************************************************

        7 December 2010 at 3:11 PM

  16. Salam Sahabat Common Cyber
    ************************************

    harganya berapaan tuh spraynya?
    o___o

    7 December 2010 at 11:20 AM

    • gak inget…tapi inget waktu itu mata uangnya euro, jadi mungkin seputar eropa, hahahahha…. kita tunggu aja di indo kapan nyamper, nunggu dr hongkong!😀

      7 December 2010 at 12:08 PM

  17. Kok klo saya suka aroma bensin ya hahahaha😆

    7 December 2010 at 12:38 PM

    • Hhehehhhe….iya saya pernah denger ada yang suka bau bensin, saya suka bau baygon, LOL

      7 December 2010 at 11:54 PM

  18. Ada juga parfume kaya gitu. Jadi penasaran!

    7 December 2010 at 1:27 PM

    • BUkan parfum sih mas, cuma kaya pewangi ruangan, heheheheh…saya juga mau kalo ada parfumnya hahahahhaha…

      8 December 2010 at 12:00 AM

  19. wah mas Prima ini bikin saya mengendus-endus buku saya sekarang

    7 December 2010 at 4:36 PM

    • Hheheheheh… jadi penasaran ya baunya buku kaya apa, wkakakakkaka

      8 December 2010 at 12:02 AM

  20. Yustika

    Hampir setiap hari saya cium aroma buku…hihihi….
    Dari buku2 yg baru dtg, buku2 yg mau di-display, buku2 obralan, sampai buku2 yg mau diretur ke supplier, hehehe…

    Setiap buku punya “aroma”, setiap buku punya “nyawa”, dan setiap buku punya “rasa”…🙂

    7 December 2010 at 7:06 PM

    • Iya, iya… ya iya lha, lha kerja di toko buku, wkakakakkak….
      rasa gimana tuh mbak?
      rasa murah sama rasa mahal ya…wkkakakakakak…. [itu sih harga!]

      8 December 2010 at 12:04 AM

  21. eh..eh..
    serius nih??
    Dikirain orang aneh yang suka bau buku itu…
    cuman daku seorang…hihihi…

    Baunya memang khas banget ya…

    9 December 2010 at 10:43 AM

    • tos dulu mbak…hihihihihi.🙂

      11 December 2010 at 10:11 AM

  22. Kalau saya … ?
    Saya lebih suka aroma duit Seratus Ribuan yang baruu …
    uuuhhh … itu tiada duanya …
    apa lagi kalau ada empat atau lima lembar gituh …

    (Trainer mata dan hidung duitan)
    😛

    Salam saya

    9 December 2010 at 2:29 PM

    • 'Ne

      hahahaha kalo itu mah semua orang juga suka kali Om:mrgreen:

      11 December 2010 at 1:22 AM

    • Wakakkaak…zaman sekarang gak cuma mata yang duitan, idung juga duitan ya om…gak gak gak…

      11 December 2010 at 10:12 AM

  23. 'Ne

    samaaa.. saya suka baca dari kecil, tapi mata rabun dari kuliah.. saya suka tuh nyium buku kalo baru beli. malah kadang pas di toko buku juga suka gak sadar buka dan menciumnya baunya hehe.. kadang ngerasa aneh juga sih hehe..

    11 December 2010 at 1:25 AM

    • Heheheheh…iya kan mbak…bau buku itu enak2 gimana gitu…😀

      11 December 2010 at 10:13 AM

  24. Saya malah kurang memperhatikan tentang aroma pada buku, memang sesekali merasakan baunya, tapi tidak langsung menjadi sebuah kebiasaan untuk mencium bau buku baru😀

    11 December 2010 at 9:55 AM

    • Pasti sekarang lagi nyoba nyium bau buku…hahahahaah….apa iya enak?😛

      11 December 2010 at 10:14 AM

  25. Pingback: Courtesy Books + Slideshow « PrimeEdges

  26. oalahh..baru tahu kalo ams prima suka bau buku? dan baru tau lagi kalo ada produk Smell of Book…wah dunia makin canggih aja yachhh…..aku juga dulu senang baca2, terutama tentang biografi orang2 terkenal….tp utk sekarang gak sempat……waktunya udah habis sama anak2 hehehe…..

    7 April 2011 at 1:10 PM

  27. Pengen beli !😀
    Beli nya dimana yak om ? :3

    18 January 2014 at 3:48 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s