Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Jalan-Jalan ke Dam Ranggang

Hi sahabat Blogger,

Masih ingatkan kisah Dead School di postingan saya beberapa hari yang lalu. Di kawasan (bekas) Pabrik Gula tersebut, kebutuhan air disokong oleh sebuah bendungan besar yang terletak di belakang pabriknya, tidak terlalu dekat sebenarnya. Dari jalan utama pabrik, bendungan itu berjarak kurang lebih 1 km. Saya bahkan dulu sering naik sepeda ke tempat tersebut, lumayan melelahkan 😀 .

Mereka menyebutnya Dam Ranggang, ntah apa artinya. Bendungan ini sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan air pabrik dan ribuan perumahan yang terdapat di dalam kawasan pabrik. Saya cuma berpikir, bagaimana mereka merencanakan sedemikian rupa pembangunan bendungan ini dengan sangat matang, dan pastinya dengan dana yang tidak murah. Meskipun Pabrik Gula Pelaihari sendiri sudah gulung tikar, tetapi bendungan ini masih ada, dan kembali digunakan oleh pabrik sawit yang menggantikannya.

Dahulu tempat ini masih sangat asri, dan lebih alami dari sekarang. Tidak ada penduduk yang tinggal di sekitar tempat ini. Masih banyak batu-batu berwarna-warni berserakan di dekat bendungan ini. Banyak karyawan yang menjadikan tempat ini wahana rekreasi. Kita bisa mandi di saluran pembuangan yang jernih, menangkap ikan dan udang kecil, makan siang di bawah pohon ditemani angin sepoi sepoi dan bunyi gesekan ilalang di siang hari. Semua sangat jelas melekat di ingatan saya.

Kini tempat ini sedikit berubah, banyak penduduk mulai tinggal di tepi bendungan, mereka juga membangun tambak ikan nila, malah saya menemukan ada warung makanan juga. Tetapi tempat itu masih meninggalkan kecantikannya di masa lalu, dan saya tidak henti-hentinya mengambil gambar.

Teman saya : “Jika bendungan ini ada di tanah jawa, tidak akan seperti ini…”

Saya: “maksudnya…?”

Teman saya: “pasti sudah menjadi wahana wisata komersial, restauran di atas air, dan tiket masuk…”

Saya cuma diam, memandang Dam Ranggang dengan mata penuh kasih, mata yang sama yang memandangnya belasan tahun silam…

 

***

Begitulah wajah Dam Ranggang, tempat bermain saya sewaktu kecil. Sampai sini dulu jalan-jalannya.

Salam Jepret!

31 responses

  1. Tari-ssi

    Subhanaullah, Maha Besar Allah. masih ada tempat seindah ini di negeri kita. jadi penasaran ingin berkunjung juga 🙂

    7 November 2010 at 7:29 AM

    • Hahahahha…kalo cuma begini saya rasa di luar jawa masih banyak mbak… tapi saya memang bersyukur tempat ini masih seperti dulu…jernih dan alami… salam kenal!

      7 November 2010 at 7:47 AM

  2. keren bgt pemandangannya…sejuk bgt kayaknya..

    salam kenal ya 🙂

    7 November 2010 at 8:44 AM

    • hahahahha…sejuk karena mendung, kalo cerah panas juga… Iya, salalm kenal juga!

      7 November 2010 at 8:53 AM

  3. Akbar Adjie Pratama

    goot job pim,,, 🙂

    7 November 2010 at 10:22 AM

    • thanks akbar…

      7 November 2010 at 11:43 AM

  4. Nice childhood playground 😀 Pim you should write book – ya i think so cheers

    7 November 2010 at 12:03 PM

    • Yup. hey, you got my nickname, pertamax! 😀

      Should I? lha wongan saya aslinya males nulis, pernah kirim lamaran journalis gak pernah dipanggil (-_-‘), wkakakakakaka…

      Cheers juga! 😀

      7 November 2010 at 12:17 PM

      • Usup Supriyadi

        nanti saya panggil deh…

        selamat diet… 😆

        7 November 2010 at 1:29 PM

      • dipanggil apa dulu nih? wakakakkakkaka…
        Jiaaahhhh,,,hidup berenang! yes!

        7 November 2010 at 4:11 PM

  5. Hey..biarin aja dia seperti itu, jangn dikomersialkan..karena nanti semuanya akan menjadi beda.

    7 November 2010 at 3:12 PM

    • Iya. tapi lambat laun pasti akan berubah, tinggal saya bertanya, secepat apakah perubahannya… hiks2… hehehehe

      7 November 2010 at 4:29 PM

  6. lebih indah begitu, biarkan saja alami, jangan sampai keindahan itu jadi komersil …

    7 November 2010 at 9:46 PM

    • amin…. 🙂

      7 November 2010 at 9:58 PM

  7. Salam kenal……….
    keren pak hasil jepretannya…..

    7 November 2010 at 10:05 PM

    • salam kenal mas Necky, Thanks ya…
      jgn panggil pak…saya belum nikah, belum kerja pula… T_T

      7 November 2010 at 10:17 PM

  8. Panorama alam yang indah…Bagus banget bro 🙂

    8 November 2010 at 7:31 AM

    • Hehhehe…thanks, Salam kenal ya…

      8 November 2010 at 7:41 AM

  9. If a picture paints a thousand words …

    and this is a very good example …
    Fotomu bicara Prim …
    Very nice

    salam saya

    9 November 2010 at 2:11 PM

    • Thanks om… postingan saya “Dead School” itu lebih banyak bicara… bukan berarti cerewet lho ya, hahahahahaha… Salam juga..

      9 November 2010 at 2:28 PM

  10. rury

    (~)​W€eeWww…..ajakin aq kesana prim…..tu bendungan yg duluuuu itukan????

    10 November 2010 at 8:57 AM

  11. Pingback: Dam Ranggang + Jamur! « PrimeEdges

  12. lisna

    kereeeenn….

    17 May 2011 at 11:48 AM

  13. irawan

    dan bendungan ini juga menyimpan kisah tragis…..

    6 July 2011 at 12:24 AM

  14. cahya w

    mas…bagus photonya….
    wah jadi inget bendungan yang dibelakang tipe 36

    5 February 2012 at 2:45 PM

  15. Agus Adimertawan

    halo Prim….terima kasih udah share foto2 yang mengingatkan dengan masa kecil kita dulu…

    kangen ptp, kangen… dan sedih sebenarnya setelah melihat foto2 mu

    26 May 2012 at 10:03 PM

  16. Hendra Saputra

    Saya jadi teringat masa kecil saya dulu di dam ini,bahkan saya pernah mingikat janji dan mengungkapkan cinta saya kepada sese orang gadis di dam ini….Hehe,waktu itu masih pake celana biru pendek alias SMP,kata org cinta monyet,,,,iya monyet lagi kasmaran di dam ini…wkwkwkwk,,,,terus menjelang remaja juga demikian berlanjut menjadi saksi cinta di dam ini…kalo di hitung2,sejak smp ampe sma,,,udah 17x saya bawa cewe ke tempat ini,,dan dari ke 17 cewe tsb takjub dengan tempat ini..kt nya romantis banget tempat ini,,,semua tampak alami walau buatan….bahkan saat saya duduk di bangku kuliah pun 8 cewe juga sempat saya bawa kesini dia bilang subehanallah….nah….betapa…sangat rindu nya aq pada tempat ini,,,kalau punya doraemon aq pasti ingin segera membuka laci meja nya hmmm MESIN WAKTU,ku putar ulang ke era tahun 1990 an…..hehe,,,,, ajibbbb…..thanks PRIMA foto nya,mungkin kamu masih ingat ma saya,kamu dulu angkatan ade q…ok thanks

    16 July 2012 at 9:51 AM

  17. andik purwanto

    Thanks buat postingannya Prim.. jadi ingat ni tempat belajar berenang sama temen2 dulu.. masih ada juga “grojogan” di kolam itu.. saya inget klo ga salah, ini Prima yang rumahnya di Gending ya? Salam jumpa lagi.. saya baru aja baca blog kamu dari share nya ulfie di FB.. thanks a lot ya Prim..

    31 July 2013 at 9:37 AM

  18. Adi Sugiarso

    Salam kenal mas Prima,saya boleh tanya anda pernah tinggal di PG Pelaihari tahun berapa sampai th berapa?saya tinggal di kompleks PG Pleihari th 1986 s/d 1990,tempat penjernihan air itu tempat main saya dulu,dan dulu Dam ini sangat luas,boleh add pin saya 29725291 atau telp saya 085648372586. saya juga punya foto Dam tsb dgn latar belakang pabrik pada saat masih beroperasi sekitar th 86 – 87

    9 September 2013 at 12:31 PM

  19. Adi Sugiarso

    Saya pernah tinggal di PG Pelaihari antara tahun 1986 – 1990,anda pernah tinggal th berapa?Dam tsb (org Banjar Bilang Riam) Ranggang dulu tmpt saya bermain jg.boleh contact saya di 085648372586 atau pin ™ 29725291

    9 September 2013 at 12:48 PM

  20. Nice shoot gan

    http://www.indoplastik.com

    30 June 2014 at 12:55 PM

Leave a comment