Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Si Bungsu: Salah Ujian

Masih ingatkan adik bungsu saya Danang, yang sempat saya tulis di postingan sebelum ini.

Di sana saya sempet menyebutkan kalau si bungsu ini anaknya cenderung cuek dan menggampangkan hal-hal penting. Kalau sudah musim ujian, bisa terlihat bahwa Mama adalah orang yang justru lebih stres dibandingkan si bungsu sendiri.

Gimana gak mau stres, lha dia musim ujian bukannya belajar, sore-sore malah main bola, kalau sudah begini malemnya matanya sudah 5 watt, belajar juga seadanya. Gak heran Mama yang tadinya kasih nasihat dengan lemah lembut bak ibu peri berubah menjadi Mama tiri yang ngomelnya dari sabang sampai merauke, lengkap dengan acara “membandingkan” si bungsu dengan kakak-kakanya yang jelas-jelas lebih gak bikin stres. “Udah tau nilai pas-pasan, belajar harus lebih tekun! Lihat Mas Prima, Mbak Ega!” Begitu kira-kira kalo si Mama udah ngomel.

Saya yang tadinya adem ayem jadi ikutan stress. Saya jadi ikut-ikutan ngingetin dia buat belajar dan silahkan bertanya jika ada hal yang tidak tahu. Intinya ya saya juga jadi turut peduli dan secara gak langsung ikut memikirkan bagaimana keberlangsungan prestasi adik saya yang unik ini. Saya memang baru beberapa bulan terakhir ini ada di rumah, jadi sebelum-sebelum ini saya gak tau bagaimana tabiat si bungsu yang ternyata cukup membuat pening.

 

OK, singkat cerita, beberapa bulan yang lalu,  musim ujian tiba, adik saya mengurangi kegiatan mainnya dan mulai terlihat lebih rajin belajar dan membuka buku.

“Besok ujian apa?”

“PPKn”

“Satu aja?”

“Iya”

 

Si Bungsu terlihat lebih giat memang setelah mendapat omelan dari Mama dan sedikit bantuan belajar dari saya. PPKn untuk kelas 6 ternyata meliputi juga ilmu sejarah. Saya beberapa kali dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan seputar persiapan kemerdekaan dan lembaga-lembaga kenegaraan. Susah juga rupanya.

Kali ini si bungsu seringkali menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang dia tidak tahu jawabannya atau sekedar berdiskusi dengan saya. Intinya dia terlihat lebih aktif dan tekun. Saya merasa jauh lebih tenang.

**

 

Pagi pun tiba. Si bungsu sibuk berpakaian, sarapan dan menyiapkan tasnya.

Mama tiba-tiba berteriak sambil sibuk dengan urusan dapur “Nang, Ibu Adit tadi malam bilang ke Mama, kalau kamu salah belajar, soalnya Adit belajar Muatan Lokal, yang tentang pernikahan adat istiadat itu, katanya kamu malah belajar PPKn?”

“Ah, gak kok… orang hari ini PPKn  jadwalnya!”

“Yakin kamu???” Mama memandang curiga.

“Yakin lha, aku udah belajar sama mas Prima, pasti bagus nilainya!”

**

 

Pulang sekolah setelah ujian, seperti biasa: “Mamaaaaa… Makaaaaannnnn” si bungsu dah datang, melepas bajunya dan mengambil piring.

“Gimana nak tadi ujiannya? bisa?”

“Bisa!”

“Keluar gak yang belajar sama mas Prima tadi malam?”

“Hmm… tadi ujian Muatan Lokal ma, PPKn nya besok…”

Si bungsu masih makan dengan santai.

 

 

Mama terdiam.

Saya yang berada di kamar juga mendegar percakapan itu ikut terdiam, tepatnya melongo.

Beberapa detik kemudian terdengar lolongan-lolongan panjang yang berasal dari dapur. Koookkkkk bisaaaaaaaaaaaaaaaaaa?????? Ya, itu suara Mama yang ngomel, dan saya bisa dibayangkan bagaimana kelanjutannya.

 

Saya langsung menelpon adik perempuan saya, Ega, dan menceritakan kejadian luar biasa ini. Si Tengah ini cuma bisa ngakak koprol sepanjang telepon, dan menjelaskan ke saya seolah-oleh dia sudah maklum dengan kejadian seperti itu.

“Makanya mas, aku dulu males banget kalo ngasih tau dia, suka bikin emosi! Hahahhahaa…”


Ya ampun si Bungsu ini ternyata benar-benar unik bin ajaib…  (- -‘)

Si Bungsu lagi pamer kebolehan main Yoyo! 🙄

 

Happy Blogging!

33 responses

  1. Danang, kok cuek banget ya. Jadwal ujian anak2 kutempel di dinding biar bisa dipantau dan nggak ada kejadian spt Danang.

    30 March 2011 at 9:18 PM

  2. huahahahahahahahhahaa.. kok isyoo? emang dia gak punya jadwal opo piye?
    kek nya sebagai kakak, mas prim harusnya megang jadwal ujian nya deh dulu itu
    😛

    30 March 2011 at 9:20 PM

  3. Terpaku pada kalimat Mas Prima, :Susah juga ternyata.”
    Mungkin karena susah Si Bungsu lebih baik salah jadwal. Hahahaa

    30 March 2011 at 10:34 PM

  4. kalau aku baru merasakan anak ujin di TPA nya, malah mamanya yg repot ikut2 belajar 🙂

    30 March 2011 at 10:36 PM

  5. namanya anak kecil sob,
    susah ditebak ..

    30 March 2011 at 11:32 PM

  6. huahahaha
    tapi dia dengan pedenya bilang bisa pula ya.
    jangan2 emang jenius dia prim. gak usah belajar ya tetep bisa ujiannya…. 😀

    31 March 2011 at 12:08 AM

  7. Ha ha ha … itu sikap yang baik ..
    Ujian jangan belajar ekstra .. wong itu sudah dipelajari setiap hari ..bikin susah diri saja ..
    Salah jadwal tak masalah … lha memang sudah tahu isi pelajarannya ..

    Bravo Danang!

    31 March 2011 at 1:33 AM

  8. hehehehe. kalo yang pelajaran muatan local udah belajar kalik di mimpi tidur nya. nah kalo yang ppkn emang harus belajar lagi.

    yah mungkin jadwal ujiannya emang harus di pegang semua keluarga. hihi

    31 March 2011 at 1:54 AM

  9. hahhahhaahhhahah ikutan ngakak ahh aku 😆
    Danang emg okee :p
    pengen nyubit pipinya Danang deh. gemeeeeeeeeessss >.<

    31 March 2011 at 7:01 AM

  10. duh, Danang……….. benar2 cerdas, buktinya tuh, biar salah belajar, tetap kan bilangnya bisa 😀 😀
    mudah2an Mama gak nambah deh stress nya krn Danang ujian 🙂
    salam

    31 March 2011 at 8:04 AM

  11. tenang aja prim…hehehe itu kan urusan dia 🙂

    tp aku tau banget deh perasaanmu…la adikku bungsu juga begituh…sekolah, tasnya ketinggalan…
    ujian, salah belajar….kadang malah ga nyadar kl hari itu ujian, parah….

    sabar kawan hehehe …tos dulu kite ya, selisih umurku juga jauh, maklum, tapi emang jengkelin sih….

    31 March 2011 at 9:05 AM

    • hahhaa..whuahaa..kalo sekolah tas ketinggalan mah itu Olive ..
      *emaknya tandukan* Olivveee..mau sekolah apa ke Mall..

      31 March 2011 at 10:20 AM

  12. ash

    si bungsu yang menggemaskan >.<

    jadi inget, dulu aku juga pernah. iya aku, kelas 2 sma.
    ujian semerter, kirain matematika, ternyata bhs.inggris.. D8
    untung bisa, hehe.

    ash @ orangecakes

    31 March 2011 at 9:39 AM

  13. Danang ..cakep..sayang..belajar sama tante nchie aja yuk..
    Kalo Danang udah belajar,nanti mau kue apa aja tante nchie bikinin deh..
    Deal kan..

    31 March 2011 at 10:19 AM

  14. cowo emang rata2nya cuek gtu sih 😦

    31 March 2011 at 11:38 AM

  15. i didn’t understand all that text in indonesian, but it’s ok… i’m just dropping by to say that i miss you! ^_^

    31 March 2011 at 11:42 AM

  16. cuek itu lho,,g nguatin..hihi

    31 March 2011 at 12:33 PM

  17. Orin

    hahahaha….lucu pisan Danang hihihihi…. Ayo Prim, jgn kalah sama si bungsuuu *lho?* 😛

    31 March 2011 at 1:23 PM

  18. ya ampun danang,,, unik bgt sih kamu. Ehh btw namanya sama dengan nama ayahnya shishil nih, hehehe…

    Ga apa2 ya salah belajar, yg penting kan tetap bisa 🙂

    31 March 2011 at 2:15 PM

  19. wkwkwkwkwk keknya dia cocok itu prim sama aku
    soalnya aku kalo ujian nya banyak misal 2 matapelajaran
    lebih milih gak belajar ajaaaaa 😀

    31 March 2011 at 2:47 PM

  20. Haaa haa haa haa haa
    *ngakak guling guling*
    Emang lo kecilnya gak pernah kaya gitu yakkkk
    Hee hee hee
    Gw sering banget begitu
    Gw suka lupa hari ini ada mata pelajaran apa ‎​ƪ(‾ε‾“)ʃ ‎​ƪ(‾ε‾“)ʃ

    31 March 2011 at 8:53 PM

    • gw juga dulu gt, tapi situasinya gak pas ujian kaleeee…. wkakakakak

      4 April 2011 at 8:36 AM

  21. …..rasanya ini tanda2 bahwa dia anak jenius.. 😛

    Biasanya anak jenius itu begitu, suka bertingkah lain dari anak2 yang lain (aneh), suka (tampak) gak belajar pas mau ulangan, tapi tahu2 nilainya bagus. 😀

    ….eeeeh tapi gimana dengan nilai muloknya yang dikira PPKn itu, Mas Prim? 😀

    31 March 2011 at 10:33 PM

    • aku ndak merhatiin nilainya… syukurnya dia tahun ini amsuk 10 besar, wuakakak… dulu2 masuk 20 besar aja dah untung!

      4 April 2011 at 8:35 AM

  22. Eh… sama kayak daku… Dulu pas daku EBTANAS SD sempet salah ujian. Syukurlah nilainya pas-pasan. Kalau enggak kan bisa ndak lulus. Hihihi…

    1 April 2011 at 7:30 AM

    • buset! ^^ pinter banget mas dewo ini…kalo aku dah pingsan kali, wkakakak

      4 April 2011 at 8:34 AM

  23. Tenang aja Prim,, belajar itu bukan hanya dibangku sekolah,, itu cuma formalitas,, yang penting bisa ngikutin,, juara dipelajaran, bukan berarti juara dalam menghadapi kehidupan,, sapa tau justru Danang yang ngalahin kakak-kakaknya 🙂
    buktinya Danang jago main yoyo dan bersosialisasi,, anak kreatif

    1 April 2011 at 8:12 AM

    • hmm… info yang bagus mbak, iya juga sih, kadang kita harus lebih bijak memandang sesautu… thanks mbak!

      4 April 2011 at 8:32 AM

  24. Adeknya Mas PriM kok mirip saya pas seusia dia ya? hehe…

    1 April 2011 at 8:24 AM

    • serius masbro? hihihiihhi..

      4 April 2011 at 8:31 AM

  25. wahhh adiknya mas prima bener2 unik, kayaknya emang tipe anak yg jenius yg seperti ini….mamanya udah kebingungan dia nyantai aja hehehe…..nanti diposting lagi yach kalo udah bagi rapot. Jadi pengen tahu nilainya berapa……….

    1 April 2011 at 10:51 AM

  26. r10

    yang penting lulus….! iya ga? :mrgreen:

    3 April 2011 at 7:28 AM

  27. punya adik kayak gitu disyukuri Wan.. mumpung masih kecil…. masih imut…. 😀 ntar gede sedikit dah susah biasanya dibilangin 😀

    6 April 2011 at 7:21 PM

Leave a comment