Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Kedelai Rebus

Sahabat,

Minggu pagi ini udara sangat dingin di sini, mngkin karena tadi malam hujan, ditambah suasana langit yang mendung.

 

“Prim, mau cemilan?”

“Apa Ma?”

Mama datang ke kamar membawa baskom… Wah!

Kedelai rebus hangat! Senengnya… rasanya sudah lama sekali saya gak makan cemilan ini.

 

Kalau di Bogor dulu saya bisa beli di tukang bajigur, tapi gak bisa sebanyak ini, ya kan dulu ceritanya mahasiswa, ngirit! Kalau di rumah bisa semau kita sampe ludes, Hahahahha…

Kedelai rebus ini menurut saya satu cemilan khas pedesaan yang sehat. Karena kedelai kan sumber protein nabati yang baik, dan saya suka cemilan ini karena mengupas kulitnya gak selama mengupas kacang. Kita cuma butuh menekan bijinya sampai keluar dari kulit, hap! masuk deh ke mulut๐Ÿ˜›

Oh iya, cemilan ini adalah pemberian dari teman mama yang kemarin jalan-jalan ke desa rumah sodaranya. Harap maklum aja, di sini masih pedesaan jadi apa-apa, seringnya “dikasih teman” atau “dikasih tetangga”, hehehehe…

 

Nah sahabat, ada yang suka cemilan sehat ini juga?

Saya sendiri merasa jarang makan cemilan ini, jadi pagi ini rasanya rasa kangen itu terobati…

 

Happy Weekend!

36 responses

  1. Aku cuma mau bilang, Jempolnya keren!!! haha.. (*gak nyambung!!)

    Aku juga suka sih kedelai rebus ini, tapi di kota memang susah nyari kek ginian.๐Ÿ˜†
    kata orang, kampungan!๐Ÿ˜€

    23 January 2011 at 11:33 AM

  2. Saya lebih seneng kedelai yang digoreng Mas. Trus nyamilnya sambil mimik yang manis manis. Kalo saya pilih secangkir kopi, waaah, top rasanya.

    23 January 2011 at 12:21 PM

  3. pertama dan terakhir kalinya…aku cowok mas, jadi jangan dipanggil mbak lagi ya (_ _”)

    eh, kirain makanan kedelai rebus gitu udah punah
    aku dulu dibesarkan di kampung dan hidup diantara keluarga petani tradisional, tp aku gak gitu suka ya ma kedelai rebus, jagung rebus dan makanan umbi-umbian gitu, paling yg suka kacang rebus ma jagung bakar aja , , , dan skr tiba-tiba koq malah jadi pengen ya…hah payah….

    23 January 2011 at 12:22 PM

  4. Kalau di Kendal banyak dijual di lampu merah…
    Satu iket seribu perak.
    Kacang rebus juga ada…

    23 January 2011 at 12:51 PM

  5. saya suka banget kedelai rebus prim,,,
    baru dua hari yang lalu nyemil ini,,
    asyik sendiri, (yang lain kurang berminat),, dan ga bisa porsi sedikit๐Ÿ˜€
    (di bekasi 2 ikat kecil 5ribu,, hiks),,
    ini postingan bikin ngiler aja..

    23 January 2011 at 1:01 PM

  6. Jadi pengeeeeeen… Selain kacang, daku juga suka kedelai rebus.

    23 January 2011 at 2:09 PM

  7. masih banyak kok di Jakarta, abang dorongan jualnya dengan singkong rebus juga,

    aku suka juga lho

    23 January 2011 at 2:09 PM

  8. Saya suka kedelai rebuuus. Di rumah, bapak saya hobi ngemil kedelai rebus. Pas jadi mahasiswi di Jogja, susah nemu tukang kedelai rebus. Di sini ada model cemilan kedelai rebus itu, namanya edamame, tapi lebih hijau dan agak manis. Kalau makan ini, semangkok atau sebaskom juga ga kerasa๐Ÿ˜†

    23 January 2011 at 6:03 PM

    • dear

      mau dong infonya beli edamame di jogja

      10 September 2012 at 5:23 PM

  9. Kalau di daerah saya, orang nyebutnya kacang bulu…. setelah googling, baru sadar bahwa kacung bulu = kacang kedelai.

    tapi kalau ga salah, kedelai asli Indonesia tuh malah ga bagus buat tempe ya? dan orang2 pada heboh pake kedelai impor dari Amerika.

    23 January 2011 at 7:06 PM

    • aduh… itu maksudnya “kacang” bukan “kacung”…

      kok kalau nulis komen di blog Prima saya typo mulu ya?

      23 January 2011 at 10:02 PM

  10. Haduwh.. kok jadi pengen yah…. mantap tuh kedelai rebus, emang maknyus…
    apalagi makannya pas hari hujan… hehehehe….

    23 January 2011 at 7:34 PM

  11. di jogja masih banyak…
    biasanya gerobak dorong dengan asap mengepul, berisi jagung rebus, pisang rebus, ubi rebus, kacang rebus, dan kedelai rebus…. Sebagai manusia tradisional, sy gemar makanan2 beginian…
    dan tiap kali makan kedelai rebus, selalu ingat adegan di film AADC waktu Rangga jalan sama Cinta sepulang dari pasar loak buku…pasti jadi makan sambil senyum2 sendiri, hahaha….

    23 January 2011 at 9:04 PM

  12. Kedele paling cocok untuk cemilan bersama minuman bajigur Sob. Apalagi disaat udara dingin setelah hujan. Sii……p bangeet !

    Salam

    “Ejawantah’s Blog”

    23 January 2011 at 11:40 PM

  13. He he he he he
    Gw baru tahu itu namanya kedelai rebus
    Gw suka lupa itu namanya apa(^_^)
    Gw sukaaa,, biasanya belinya sama bajigur,,
    Enak tenan,,

    Cuy lo di banjarmasin di pusat kotanya bukan,,jauh gak hari hotel R-tian
    Gw lupa soalnya nama hotelnya kalau gak salah itu

    24 January 2011 at 7:54 AM

  14. Wah prim aku seneng banget tuh….

    anak-anakku juga seneng…
    cuman mereka sering beli juga yg di swalayan tuh, namanya edammame kalo ga salah…padahal sih ya kedelai juga.

    di depan kantorku ada yg juwal…

    24 January 2011 at 8:10 AM

  15. belom pernah ngerasain makan kedele rebus..paling yang udah jadi tempe gitu..heheee…. kalo dibagi boleh mas…๐Ÿ™‚

    24 January 2011 at 8:35 AM

  16. ya ampun,Prima….
    itu semua ludes sama kamu?๐Ÿ˜›

    kalau bunda bilangnya ini kacang bulu…๐Ÿ™‚
    tapi sekarang udah gak susah dapetnya, kalau ke tukang sayur hrs pesen dulu, baru ada.
    Prima enak ya, dikasih tetangga …๐Ÿ™‚
    salam

    24 January 2011 at 8:53 AM

    • Bun…itu kan cuman dikit bun? saya lbh banyak lagih (loooo)
      ayok bun main ke lap banteng๐Ÿ™‚ nanti saya belikan kacang bulu๐Ÿ™‚

      24 January 2011 at 2:33 PM

  17. kayaknya enak bgt tuch kedelai rebusnya!
    boleh pesan sebungkus Mas?…
    mohon dikirim ke tempat saya yach! makasih๐Ÿ˜€

    24 January 2011 at 9:37 AM

  18. oh namanya kacang rebus..
    kalo aku bilangnya kacang bulu sama kaya bunda..
    suka ga berhenti kalo makan tuh kacang..
    iya bener biasanya ada di tukang bajigur,huhu..
    jadi mau nihh…

    24 January 2011 at 10:39 AM

  19. mandor tempe

    bukankah itu adalah bahan baku pembuatan tempe?
    *berpikir keras, mendadak lupa bahan baku tempe*

    24 January 2011 at 12:13 PM

  20. Sukaaaaaaa….. suka banget malah..๐Ÿ™‚
    ayo, kirim-kirim kemari Mas, tak tunggu ye,, hehehhe…

    *dari tadi nunggu tukang bajigur buat beli kedelai kok gak lewat2 sih..๐Ÿ˜ฆ *

    24 January 2011 at 1:02 PM

  21. apalagi mam pa hujan2 trs kedelainya hangat n ditemani byk teman waaahhhhh mantap sob hehehehehehee………………………………

    24 January 2011 at 2:51 PM

  22. Ann

    Restoran juga banyak yg jual terutama resto Jepang.
    Siapa bilang ini cemilan kampung?

    24 January 2011 at 4:00 PM

  23. He he he eh

    Hani jarang lihat yah di Bali…biasanya lihat di mana yah….

    *rada amnesia*

    25 January 2011 at 11:10 AM

  24. mau dong..jadi inget jaman dulu hehehe

    26 January 2011 at 1:13 PM

  25. bener2 sehat mas, sekarang udah jarang yang jual kedele rebus, munkin kalah pamor dengan cemilan sekarang.

    OOT, selamat buat kemenangan lombanya ya๐Ÿ˜€

    26 January 2011 at 1:29 PM

  26. r10

    kedelai rebus, belum pernah coba, biasanya cuma minum susu kedelai

    26 January 2011 at 3:23 PM

  27. makan paporit ane.. klo malem minggu ^___^

    btw.. boleh ikutan tukerlink nda… web agan sudah saya addlink..
    (dipastikan owner komputer butut.com akan selalu berkunjung setiap minggu nya ke blog agan)

    27 January 2011 at 1:56 PM

  28. Nah, ini nih baru cemilan yang sehat banget!!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Mantap!๐Ÿ˜€

    Itu ‘edamame’ namanya kalo di restoran jepang.๐Ÿ˜† Dulu waktu di Surabaya sering juga beli edamame beku, pas mau makan tinggal dipanasin aja.๐Ÿ™‚

    29 January 2011 at 7:43 PM

  29. Pingback: Sehat itu Murah « PrimeEdges

  30. Pingback: Jajanan Rumah « PrimeEdges

  31. baru aja makan kedele rebus๐Ÿ˜€ ini mah makanan murah bergisi dan murah yang penting

    27 January 2012 at 9:19 PM

Leave a Reply

