Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Sayuran Merah

Sayuran atau bahan makanan berwarna merah memang terlihat menarik mata dan mengundang perhatian. Merah atau merah keunguan tentunya bukan warna “biasa” untuk sayuran. Berbeda dengan buah-buahan, warna merah adalah warna yang memikat orang untuk segera merasakan kesegarannya.

Kata info yang saya dengar dan baca, sayuran atau makanan merah umumnya lebih kaya vitamin, mineral, anti-oksidan, bahkan protein yang lebih tinggi daripada versi non-merahnya.

Nah, mungkin bagi Ibu-ibu yang suka bergelut dengan pasar dan dapur, sayuran dan makanan merah terdengar biasa, tapi bagi saya yang masih belia ini *halah* tentu aja terdengar “wow”. Saya sedikit cerita tentang beberapa sayuran merah yang saya temui di sekitar saya…

BERAS MERAH

Sewaktu bayi Mama bilang saya selalu makan bubur instant rasa beras merah.. tapi toh akhirnya sampe mahasiswa saya baru pertama kalinya makan beras merah ini saat jalan-jalan ke Lembang dengan teman saya yang asli orang sana. Saya ingat, kita lari pagi naik turun bukit, sampe akhirnya sampe pada sebuah warung yang menjual nasi merah dengan ayam goreng dan sambal lalapan! Mantap!

Rasanya? biasa aja kok… hehehehhe… mungkin karena ngerasa beras merah lebih banyak vitamin, saya lebih semangat makannya!๐Ÿ˜€

BAYAM MERAH

Kalo yang ini, semenjak kecil sudah pernah saya lihat, rasanya sama persis dengan bayam hijau. saya selalu semangat kalau Mama pulang ke pasar beli bayam merah, sedangkan yang hijau saya sudah kaya gizi, apalagi yang merah ya??? Mantap!

JAGUNG MERAH

Hihihihihhi… kaya mainan ya? Saya jadi ingat dulu ada praktikum biologi jaman kuliah yang pake jagung mainan warna loreng2 kuning merah, eh ternyata ada beneran!๐Ÿ˜† Saya sih belum pernah makan, katanya jagung merah tergolong jagung manis, sering dijual di supermarket-supermarket. Ada yang tau rasanya??? Kayanya enak! ^^

KOL MERAH

Kalo ini sebelumnya saya sudah pernah ngelirik di supermarket, cuma ngelirik doang gak beli, heheheheh… Justru pertama kali makan waktu di US, temen dari eropa suka banget beli kol ini, padahal kol putih yang sering saya beli lebih murah a.k.a. ngirit๐Ÿ˜› Satu kali saya iseng minta kol merah punya dia… rasanya… hmmm… mirip, cuma agak pahit2 dikit. wkakakkakak…. jadi pengen nge-sup pake kol itu, gimana jadinya ya???

KACANG PANJANG MERAH


Nah kalo ini baru sebulan yang lalu nangkring di dapur rumah! Wkakakakaakak… Jujur that’s the first time I saw it! Mama ujug-ujug pulang dari pasar bawa sayur ini dua ikat, saya bengong sebentar, kabur ke kamar, ambil kamera dan jepret!๐Ÿ˜€

Mama bikin sayur asam pake kacang panjang merah ini, warnanya jadi merah gelap saat sudah masak…hmmm… rasanya?? Lebih renyah dan tebal kulitnya, sisanya sama dengan kacang panjang hijau… dan saya yakin gizinya lebih banyak dari yang hijau.

Nah sahabat, apa sahabat sudah mengenal sayuran-sayuran merah ini juga?

Ada pengalaman memakannya?

Ayo di sharing di sini!๐Ÿ˜€

Happy Blogging!

Sumber gambar Beras merah, bayam merah, jagung merah, kol merah.

39 responses

  1. beras merah sama bayam merah pernah makan, kol merah sama jagung merah baru pernah liat doang, blm pernah nyoba. nah, malah yg baru tau itu kacang panjang merah, ada yah?๐Ÿ˜ฎ

    eh, mama nya mas prima bikin sayur asem juga? di kalimantan ada juga yah? hehehe

    21 April 2011 at 9:41 AM

    • iya sayur asem bukan yang jakarta, yang bening gt, sayur asem jawa… heheheh

      21 April 2011 at 10:02 AM

  2. riez

    baru tahu ada kacang panjang merah

    21 April 2011 at 10:06 AM

  3. sayuran yg berwarna merah memang lebih bergizi
    wah jadi pengen bubur beras merah nih๐Ÿ˜€

    21 April 2011 at 10:29 AM

  4. yustika

    kalo beras merah, bayam merah, kol merah sdh srg liat..
    kalo jagung merah sama kacang panjang merah blm pernah.. itu kcg pjg merah kekurangan klorofil atau apa sih? hahaha..

    beras merah katanya (kata temen saya yg anak gizi) bagus utk pengganti nasi bagi yg sdg diet glukosa..

    21 April 2011 at 10:31 AM

  5. Alhamdulillah…semua yang tertulis diatas saya sudah pernah memakannya.

    Bahkan untuk beras merah, sudah hampir 2 tahun menjadi makanan pokok, tp tetap mencampur beras putih untuk memasaknya, karena kalo hanya beras merah waktu memasak, nasinya terasa keras.

    kalo untuk sayurannya yg berwarna merah, tergantung musim.๐Ÿ™‚

    21 April 2011 at 11:16 AM

  6. jagung merah sama kacang panjang merah baru kali ini liatnya
    pake apa ya nanemnya bsia gitu?

    21 April 2011 at 11:16 AM

  7. hanya jagung merahyang belu pernah saya temui

    21 April 2011 at 11:23 AM

  8. di kampung saya kebanyakan para petaninya nanam padi jenis beras merah mas…
    rasanya sih ya sama aja, cuman bener kata mas tadi, lebih banyak vitaminnya katanya..๐Ÿ˜€

    21 April 2011 at 11:31 AM

  9. kalau kacang panjang merah belum pernah lihat dan makan Pim
    ( minta kirimin sm Pim)๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    what an amazing look this one in red color !

    jagung merah, malah pernah makan sewaktu di korea, dan kayaknya blm pernah nemu juga di supermarket di negeri kita.
    rasanya sama aja kok Pim dgn jagung biasa, cuma agak lebih legit lah๐Ÿ™‚
    salam

    21 April 2011 at 11:47 AM

  10. Prim, kok ga ada kacang merah? Aku paling suka tuh sayur kacang merah, disop atau di sayur asem, enaaaakk *halahhh…

    21 April 2011 at 12:02 PM

  11. Oh ya, berarti bener ya yang saya baca di koran hari ini, ubi yang warna ungu itu (apa sih namanya) memang bergizi banget.๐Ÿ™‚

    21 April 2011 at 12:02 PM

  12. blum baca postingannya cuma mau mamer…
    avatar gw lucu ya..๐Ÿ˜›

    21 April 2011 at 12:10 PM

  13. beras merah pernah makan. kalo kacang panjang merah belum pernah. ehhh pernah makan juga terong merah.
    kalo cabe merah bergizi juga ngak tuh broo??

    21 April 2011 at 12:18 PM

    • cabe merah mengandung vitamin C loh mas

      21 April 2011 at 12:24 PM

      • tinggi pula kandungan vit C-nya.. (denger2)

        21 April 2011 at 3:28 PM

  14. bayam merah suka banget…

    21 April 2011 at 12:20 PM

  15. Beras merah aku makan tiap hari dirumah Prim … yang lainnya jarang liat .. apalagi kacang panjang merah malah baru tahu

    21 April 2011 at 12:31 PM

  16. Mama seris

    Sbenernya merahnya asli bukan sih…… Ada yg bilang bayam merah’asli’ itu kalo di sayur warna kuahnya tetep bening dan kalo brwarna merah sampe epkat gitu katanya pake pwarna? Duh yg bener yg mana yah? Jd takut kl mau nyoba bayem merah…

    21 April 2011 at 12:45 PM

  17. hanya satu yang kurang sebagai pelengkap sayuran yaitu CABE MERAH …how..pedasnya he..he

    21 April 2011 at 12:59 PM

  18. Beautiful food photos.

    21 April 2011 at 1:03 PM

  19. Lha kok warnanya merah semua. Saya pikir mas prima sedang menunjukkan keahlian dalam mewarnai gambar, padahal saya sudah siap-siap untuk minta diajarin.
    Ternyata ada juga toh sayuran warna merah itu. dari semua yang ditampilkan di atas, hanya beras merah saja yang pernah makan.
    (biasa, pake nama samaran buat nyari link)

    21 April 2011 at 1:10 PM

  20. r10

    yang merah2 pertanda lebih kaya gizi, berarti cabe merah juga dong๐Ÿ˜€

    21 April 2011 at 1:19 PM

  21. kacang panjang merah? Ada ya?? Kok aku baru tahu ya, heheh

    21 April 2011 at 2:59 PM

  22. cuma nomer satu dan terakhir kayaknya mas Prim.. untuk yang lainnya malah baru sekarang ngeliatnya… hem kira-kira wortel merah ada enggak ya

    21 April 2011 at 3:16 PM

  23. kalo mkn beras merah rasanya cepet kenyang.. (entah beneran, entah sugesti)

    jagung merah & kacang panjang merah baru liat ini…

    21 April 2011 at 3:30 PM

  24. tiba2 ngeliat kacang panjang warna merah pasti udah seperti nemuin permata warna merah pula…

    tp boleh tuh kapan kapan kirim kerumah prim… tar aq awetin secara disini kan jadi yang pertma pula.. hehehehe

    21 April 2011 at 7:05 PM

  25. jagung merah ya.. mau donk mbakar itu..

    22 April 2011 at 12:40 AM

  26. beras merah : setiap hari sudah mkn nasi dari beras m erah

    jagung merah : blom, tp kemarin di supermarket ada jagung item juga lho. tadinya pengen beli, tp liat harganya mikir lg, gimana klo g kemakan? Sayang kan hehehe

    bayam &kol merah : blom nyobain

    kacang pjg merah: udah tau rasanya, cuma susah nyarinya๐Ÿ˜ฆ

    22 April 2011 at 1:27 AM

  27. Saya pernah makan buah naga merah..๐Ÿ™‚

    22 April 2011 at 3:47 AM

  28. baru kali ini liat jagung merah. lucu banget ya…

    22 April 2011 at 4:14 AM

  29. Seumur hidup, saya belum pernah makan kacang panjang merah. Saya baru tahu sekarang bahwa ada jenis kacang panjang merah. Terimakasih infonya ya. Mudah-mudahan suatu hari nanti saya bisa menemukan sayur kacang panjang merah ini. Semoga.

    Salam
    Puri Areta
    http://www.puriareta.co.cc

    22 April 2011 at 4:22 AM

  30. Terus terang saya baru tahu ada kacang panjang merah. Dimana belinya ya?

    Salam kenal
    Puri Areta
    http://www.puriareta.co.cc

    22 April 2011 at 4:24 AM

  31. Ann

    Beras merah memang lebih baik buat kesehatan.
    Kalau jagung dan kacang panjang merah belum pernah lihat.

    22 April 2011 at 11:35 AM

  32. bit…kol ungu…bayam merah…beras/nasi merah…sukaaaa semua…apalagi kalo yang masak ibukku sendiri…mantep lah…

    23 April 2011 at 1:25 AM

  33. saya cuma pernah makan beras merah…..yang rasanya ga ada. Sama bayam merah yang rasanya seperti bayam hijau….selebihnya ga pernah bro

    24 April 2011 at 4:27 PM

  34. lisna

    haloo mas,,wah aku bru tau blognya nieh..kebetulan bgt tulisan ini jd inspirasi buat skripku mas…bude dimana ada beli kacang panjang merah????d plhari ada ta???kok aku gak pernah liat…:)

    8 May 2011 at 12:37 AM

  35. lisna

    o iya jagung merahnya juga ada dmn????
    \

    8 May 2011 at 12:45 AM

    • Hi Lisna,
      Kalo kacang panjang merah dulu beli di rumah temennya mama (orang desa gunung makmur), kayanya nanam sendiri dia…

      kalo jagung merah, adanya di supermarket besar di jakarta, sepertinya barang import… aku juga belum pernah ngerasain, hihhihiihii…

      8 May 2011 at 5:58 AM

Leave a Reply

