Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Alergi Teh

Yeah, it sounds weird, but it happened to me…

Hi Sahabat Blogger, siapa yang suka teh? Mungkin hampir semua mengatakan “Iya saya suka”, tidak ada yang salah, saya juga suka kokπŸ˜› Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya kena “alergi” teh! Kok bisa???

Awalnya semenjak saya kuliah di Bogor saya mulai mengenal teh sebagai menu wajib harian. Yeah, sudah budaya orang sunda hampir setiap hari minum teh, mau manis atau tidak, yang penting teh! Makan di warung nasi, teh, makan nasi uduk, teh, sampai jika kita beruntung kita bisa menemukan satu termos berisi teh yang selalu hangat dan standby di dapurnya orang sunda.

Nah, sejak kecil saya tidak dibiasakan minum teh, mungkin sebagian besar masyarakat Β jawa tidak menjadikan teh sebagai menu wajib harian. Minum teh kalau ada makanan serupa pisang goreng atau makan besar, atau ketika sedang bertamu. Intinya tidak sesering orang sunda. Mudahan saya tidak salah yaπŸ˜›

Saat sibuk di bangku perkuliahan itu, pola makan saya sedikit tidak teratur, makan tidak tepat waktu. Saya juga punya kebiasaan beli teh kemasan dalam botol kaca atau plastik, yang saya sering bawa kemana-mana. Apa lagi yang berlabel “green tea”, rasanya segar sekali setelah meminumnya. Tidak aneh memang karena sedikitnya teh mengandung kafein (lebih rendah dari kopi) yang menstimulus syaraf kita untuk bangun! Hahhahaha… Pokoknya saya sempat addict dengan yang namanya teh! Tea Lover!

Memang semua hal yang berlebihan itu tidak baik. Saya kemudian sering mengalami sakit kepala yang tidak jelas asal-usulnya. Makan sudah, istirahat sudah, hujan juga gak, tapi kenapa saya sering sakit kepala?? bahkan sakit kepala ini juga disertai rasa lemah seperti habis bekerja keras, badan saya seperti tidak ada tenaga, kalau sudah begini saya segera tidur.

“Muka loe kok pucet, prim?? Coba liat bawah mata lu, pucet gak?”

Saya periksa dalam kelopak bawah saya, putih! Pucat sekali…teman saya bilang: Itu ANEMIA! Kok bisa?

Saya kemudian pergi ke dokter, memeriksa apa sebenarnya yang terjadi. Dokter bilang saya tidak apa-apa. Tubuh saya normal. Hanya sedikit perlu istirahat dan minum suplemen penambah darah jika perlu. Saya pulang dan pergi ke apotek terdekat, beli vitamin tambah darah dengan inisial: SB*pasti tau lha…

Semenjak itu saya merasa tertolong sekali, setiap saya mulai merasa keliyeng-keliyeng saya langsung minum SB, gak perlu menunggu lama, 10-15 menit saya sudah normal. Tetapi anemia dadakan itu masih sering menjangkit saya, aneh! Di dalam tas saya pasti ada obat SB tersebut buat jaga-jaga maksudnya. Temen cewek saya malah bilang: “Kaya orang lagi haid aja, bawa SB kemana-mana”πŸ˜€

Suatu hari temen cewek saya bilang:

“Loe suka anemia prim?”

“Iya, kenapa ya??”

“Loe suka minum teh ya?”

“Eh? emang kenapa? emang ngaruh?

“Iya lha! teh kan ada tanin-nya, mana boleh orang anemia minum teh!”

 

Saya seperti tersambar petir siang bolong! TANIN? apa pula itu? Jangan-jangan benar apa yang dibilang teman saya itu. Anemia ini karena terlalu banyak minum teh???

Saya pergi ke dokter lagi hanya sekedar konsultasi singkat. Well, kira-kira penjelasannya mirip seperti ini:

Selain rasa nikmat menyegarkan, dalam air teh juga terdapat rasa sepat. Rasa sepat ini timbul karena adanya zat tanin di dalam air teh yang kemudian bereaksi dengan protein mukosa di dalam mulut. Sama halnya bila kita makan buah salak atau jambu biji, kadang-kadang timbul rasa sepat, karena keduanya juga mengandung tanin.

Yang dipermasalahkan dengan adanya tanin dalam air teh bukan rasa sepatnya, tetapi karena sifat zat ini yang dapat mengikat mineral. Barangkali sering kita lihat adanya lapisan tipis di permukaan air teh, bila air yang dipergunakan banyak mengandung mineral (air sadah). Lapisan tipis tersebut sesungguhnya adalah hasil reaksi antara mineral dengan tanin, membentuk tanat. Pabila tanin tersebut bereaksi dengan mineral-mineral dalam makanan, maka mineral tersebut akhirnya tidak dapat digunakan tubuh dan terbuang bersama feses.

Suatu studi yang dilakukan oleh dr.Yona Amitai dari Children’s Hospital Medical Center di Boston, menemukan bahwa anak bayi di Jerusalem yang meminum air teh sebanyak 250 ml per orang per hari, mempunyai kadar besi yang rendah dalam darahya. Disimpulkan bahwa hal ini terjadi karena adanya pengikatan besi oleh tanin dari air teh, sehingga tidak dapat dimanfaatkan lagi oleh tubuh. Ditegaskan bahwa mineral besi yang dapat diikat oleh tanin tersebut adalah apa yang disebutΒ non heme iron, yaitu yang berasal dari serealia, sayuran atau buah-buahan. Sedangkan yang berasal dari daging adalahΒ heme iron, yang dapat segera digunakan oleh tubuh. Mengingat bahwa umumnya di Indonesia konsumsi daging masih sangat rendah, terutama pada golongan kurang mampu, maka pengaruh konsumsi air teh pada bayi/anak patut diwaspadai sebagai salah satu penyebab anemi gizi yang masih merupakan salah satu maslah gizi nasional. (Sumber: http://ipb.ac.id)

Kesimpulan: Teh mengandung TANIN, tanin mengikat zat besi, zat besi dibutukan tubuh membentuk hemoglobin, kekurangan hemoglobin berarti anemia!

Saya mulai kilas balik, ternyata benar, setiap saya pusing, saya minum teh, dan kondisi saya semakin drop. Parahnya lagi saya sudah sangat sensitif dengan tanin! Sedikit saya minum teh, saya segera minum SB untuk mengimbangi teror tanin tersebut. Jika tidak, jalan saya seperti mau roboh persis gejala darah rendah akut. Siapa sangka saya yang seger buger begini “kalah” sama minuman ringan bernama teh! Saya sempat stress karena mau tidak mau saya akhirnya harus STOP MINUM TEH!

Teman-teman dekat saya sudah tahu kalau saya “alergi” teh, mereka seperti sudah hafal slogan “Jauhkan Prima dari Teh!

Satu kali saya ingin sekali minum teh, saya beli satu kotak kecil teh di minimarket, teman di sebelah saya menyindir: “Mau bunuh diri loe???”πŸ˜€ saya pun meletakkan lagi teh itu. Duh, ini rasanya jadi pecandu yang mau sembuh…

Dan setiap kali saya drop dan tiduran saja di kamar, teman saya bilang: “Loe pasti nge-teh…” Yeah, mereka benar. Saya yang tadinya dapat penghargaan “Penggemar Teh” berubah menjadi “Penggemar SB”, ntah sudah berapa kali saya bolak-balik apotek hanya untuk beli SB. It’s suck!

Sahabat, 6 bulan saya puasa teh, kondisi saya kemudian menjadi lebih normal, 6 bulan kemudian, saya mulai minum teh dengan kuantitas yang kecil, bisa cuma berapa sedot, sekali dalam satu minggu. Setahun kemudian saya sudah tidak pernah lagi anemia. saya juga tidak se-addict yang dulu dengan teh. Saya minum teh secukupnya.

Sekarang setiap saya melihat botol teh, saya cuma tersenyum mengingat kisah ini.

Apa sahabat juga pernah mengalami atau mendengar hal ini???

 

Salam Sehat!

 

57 responses

  1. pertamaxxxx

    18 November 2010 at 12:40 PM

  2. he…he…he..
    gw gak suka teh bro,,gw gak bisa minum teh apalagi kalau udah jam 4 sore
    pasti gw insomnia malammnya,,,gak tahu apa sebabnya,,
    yang pasti kalau udah jam 4 sore gw gak boleh kena teh,kopi dan softdrink lainnya,,

    gw alergi mie instan,,
    gara-gara kebanyakan makan mie instan,,usus gw rusak,,
    jadi sekarang gw gak boleh makan mie instan lagi,,
    padahal kepengen banget gw,,
    apalagi kalau hujan,,hujan,,,
    mie instan, rasa soto, pake telor,cabe rawit,,sama coca cola,,,
    ehm,,nikmat,,nian,, (^_^)
    (*jdi laper gw,,

    18 November 2010 at 12:44 PM

    • Doyan makan, masih aja bilang alergy ini and itu, ha ha ha ha ha ha

      18 November 2010 at 3:49 PM

      • wah mis instan emang gak baik tuh… cuma kalo sekali2 emang rasanya maknyus!πŸ˜› bikin mie kuah aaaahhhhh….

        @pendar, wakakkaakaakka….buka aibnya si mput!πŸ˜€ gw gak ikut2an ah…

        18 November 2010 at 5:19 PM

    • Usagiiiiii………khan tiap hari dah dibawain bekel makanan buatan Mama yg bersih, sehat dan lezat.
      makanya gak boleh lagi makan makan kayak mie instant gituh…….πŸ‘Ώ
      salam

      20 November 2010 at 11:51 AM

  3. Yustika

    Kalau begitu ndak usah ngeteh, mas…
    Secangkir cokelat hangat saja…
    Atau segelas susu hangat…
    hehehe…

    Tapi kalau bagi saya, teh hangat terkadang bisa membuat saya merasa sedikit lebih rileks apalagi saat penat melanda. Entah karena sugesti, entah karena apa..

    Jenis teh apa yang mengandung kadar tanin paling rendah sehingga aman dikonsumsi, mas?
    Green tea, black tea, oloong tea, dust tea, atau apa?

    18 November 2010 at 2:15 PM

    • Wakakakaka…kalo susu makin ndut ntar akuπŸ˜›
      Aku ndak tau mbak teh apa yg taninnya rendah, tapi sekarang udah OK…ngeteh yukπŸ˜›

      18 November 2010 at 5:21 PM

  4. Saya suka dengan teh…tapi frekuensi saya minum teh tidak seperti prima [sebelum harus berhenti jadi pecandu teh :D]

    terkadang saya minum teh hangat untuk meredakan perut saya yang kurang bersahabat ato sekedar menaikan energy saya jika saya kurang bersemangat…

    Saya juga punya teman yang tidak boleh minum teh…kadang kalo dia lagi sakit saya bawaannya pengin memberikan teh saja…Padahal dia pribadi tidak boleh minum teh he..he…..[haduh malah curcol he..he..]

    18 November 2010 at 3:28 PM

    • Syukurnya sekarang sudah gak hiper-sensitif… sudah bisa bilang: “es teh manis satu!”

      18 November 2010 at 5:24 PM

  5. Saya suka teh. Tapi jarang-jarang minum mas. Soalnya kalau saya minum teh, tenggorokan rasanya jadi harus minum air putih terus.

    Wah saya baru tahu nih kalau kebanyakan tanin bisa berakibat ‘fatal’ kyk itu.
    Hemh, untung teman-teman mas sering mengingatkan mas untuk gak minum teh ya mas.
    “Mau bunuh diri loe?” kalimatnya berasa peringatan sekali tuh.

    Nah, mas anemia, berarti gak mungkin jadi pendonor darah dong mas?

    18 November 2010 at 3:43 PM

    • Tenang, sekarang udah gak anemia2 lagi, malah agak gendut, wkakakakak… jadi OK buat donor, saya darah 0 (baca: nol), jiaaahhhh…kenapa jadi promosi….

      18 November 2010 at 5:25 PM

      • Wah, saya juga darahnya golongan nol mas.

        18 November 2010 at 10:26 PM

  6. Alhamdulillah saya gak pernah mengalami kejadian macam itu mas.
    Saya doakan semoga mas gak bakal mengalami kejadian itu lagi untuk kali keduanya.

    Coba mas ngikut hobi saya, minum susu kedelai. Lebih enak lho mas. Susu kedelai juga gak berasa amis kyk susu sapi. (promosi.com)

    18 November 2010 at 3:46 PM

    • Wakakakkakaka…mas saya waktu di brunei dulu sering susu kedelai…enak banget emang..tapi hasilnya: GENDUUUTTTTT…wkakakakkaak…

      18 November 2010 at 5:30 PM

  7. Saya suka teh, he he e

    Apalagi kalau di rumah Bunda selalu membangunkan dengan secangkir apa segelas teh….

    *pingin peluk2 Bunda jadinya*

    Rasanya angeeeeet, tapi harus yang manis kalau yg sepat gitu ya sama langsung kliyeng2, heeeee

    18 November 2010 at 3:48 PM

    • Jiaaahhhh ini mah kayanya kangen sama mamah…wkakakakka
      salam buat bundanya ya hani…πŸ˜›

      18 November 2010 at 5:32 PM

  8. Hah …
    Kamu Alergi Teh …

    Kalau saya justru … Tea Lover
    Dimana saja … nggak didalam nggak diluar
    nggak di resto nggak di warteg …

    Teh Panas Manis
    Tetap pilihan utama (dan mungkin satu-satunya

    hahhaa

    Salam saya Prim

    18 November 2010 at 4:21 PM

    • Hhahahha…tenang om, udah gak kok, kapan2 kita makan di luar saya minumnya es lemon tea! Tos dulu om!πŸ˜€

      18 November 2010 at 5:34 PM

  9. Tapi…. Mas Prima gak alergi kopi ‘kan?πŸ˜€
    Kopi adalah salah satu nikmat dunia…😳

    Perihal teh, ternyata benar ya, saya pernah dengar dari orang lain dan baca dari majalah (dulu), bahwa teh membawa dampak buruk juga. Dan setahu saya, selama dikonsumsi normal (gak berlebihan dalam sehari), teh malah menyehatkan.πŸ˜€
    *kopi juga begitu, ada efek sampingnya*:mrgreen:

    Ah, saya semakin melihat betapa adilnya Tuhan. Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini mempunyai dua sisi. Ada enak dan gak enaknya. Ada kelebihan dan kekurangannya. Itu pasti.πŸ™‚

    18 November 2010 at 6:13 PM

    • Gak kalo kopi mas, hehehehe, cuma karena saya jarang ngopi, kalo sekali ngopi jadi gak bisa tidur..manjur banget! Iya bener juga itu, semua ada baik dan buruknya.

      18 November 2010 at 6:49 PM

      • Doyan Latte mas?

        18 November 2010 at 10:28 PM

      • Saya sih mau apa aja sebenarnya, apalagi gratis, wkakakakakak…. kalo yg kopi2 saya suka, cuma saya gak nyari kalo gak ada…πŸ˜›
        pernah makan ice cream coffee?πŸ˜€ enak lhoooo…

        19 November 2010 at 6:38 AM

  10. saya minum teh juga jarang2,, kalau ada permasalahan aja dengan pencernaan, itupun karena saya malas minum obat,, saya pernah drop oleh kopi tapi ga sampai alergi,, sekarang lagi membenahi efek dari pola makan ga benar waktu belia,,

    18 November 2010 at 9:10 PM

    • Wah bener mbak, mumpung masih muda dibiasakan hidup sehat, investasi jangka panjang tuh mbak. MInum secukupnya pasti sehat.πŸ™‚

      19 November 2010 at 6:41 AM

  11. Salam
    Berkunjung dan silaturahmi sekalian menambah ilmu dan pertemanan kawan..
    Fotonya bagus tuh..
    Wah, saya jarang ngeteh tapi ngga alergi dgn teh..
    Malah cenderung sering ngopi…

    Salam kawan

    18 November 2010 at 11:00 PM

    • Salam kenal juga mas bagas… semoga bermanfaat ya.

      19 November 2010 at 6:42 AM

  12. wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

    18 November 2010 at 11:39 PM

  13. Hahahahah..promosi ni ye…πŸ˜›

    19 November 2010 at 6:43 AM

  14. Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih berupa sebuah buku dari manajamen BlogCamp karena berhasil menebak nama dalam kuis Kopdud Bersama mas Agus.
    Silahkan cek di http://abdulcholik.com/2010/11/19/tali-asih-dari-bu-agus/

    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp di Surabaya

    19 November 2010 at 6:58 AM

    • Terimakasih Pakdhe…. yey, yey, yeeeeyyyyy…akhirnya saya bisa dapet buku juga… HAhahahahahhaha…. *lebay

      19 November 2010 at 7:57 AM

      • selamat ya Prima, dah berhasil mendapat tali asihπŸ™‚
        salam

        20 November 2010 at 11:54 AM

      • Hahahhahah..bunda, ini berkat pernah ngirim DVD ke bunda, makanya saya bisa jawab nama bunda lengkap!!!πŸ˜€

        20 November 2010 at 1:25 PM

  15. Salam kawan.. Kalau saya justru kebalikannya saya sangat suka teh.. Sudah berbagai jenis teh saya minum dari teh bisasa sampai teh obat.

    19 November 2010 at 8:02 AM

    • Iya, teh sebenernya sehat ya mbak, kalo diminum secukupnya…hehehehhe…salam kenal.

      19 November 2010 at 8:47 AM

  16. secara awam, orang sering mengatakan kebanyakan minum teh, terutama teh hijau bisa menurunkan tekanan darah… saya kurang suka nge teh.. tapi sekali sekali saya nge teh..

    buruknya saya pecinta kopi.. itupun kopi tanpa gula….

    kebiasaan buruk yang harus diperbaiki sebenarnya..

    pagi sahabat

    19 November 2010 at 8:37 AM

    • Pagi mbak JUm… iya mbak, ngeteh itu enak kalo sekali-kali… kalo kopi saya gak addict, saya addictnya minum air putihπŸ˜€ Saya kalo minum kopi (yg ampasnya masih ada) pasti melek beneran, susah tidurnya, wkakakakaka….
      Mbak Jum cobain es krim kopi…maknyusssssssss….πŸ˜›

      19 November 2010 at 8:50 AM

      • es cream kpi, roti aroma kopi, tinggal pesen saya lho mas.. saya jamin rasanya maknyus…

        es cream kopi, ditambah sedikit rasa jahe… itu lezat.. dan

        sekali-sekali saya kasih tips.. minum cof**mix kemudian iriskan beberapa iris jahe, aduk sampai aroma jahenya terasa, rasakan sensasinya mas prim, coba deh sekali aja, pokoknya sedep bangettttt segerrrrrrrrr dan kalau biasa mual minum kopi, dijamin pake jahe jadi gak lho

        19 November 2010 at 9:10 AM

      • Wah, wah…. nanti malam aku cobain mbak…. Jadi penasaran euy, Thanks resepnya mbak!!!

        19 November 2010 at 9:19 AM

  17. hahay.. ada prim caranya.. agar nyaman minum teh..abis minum teh coba langsung perbanyak makan daging kambing tuh pasti aman wkwwkwkwwwkwkkkk *tidak untuk ditiru*

    alhamdulillah.. minum apa ja aq aman.. hehehe
    aku ada teh enak oh.. mau?? wkwkwkwkwk

    19 November 2010 at 2:17 PM

    • wkaakkakaaka…bangkrut kaleee….πŸ˜€
      sekarang dah gak kok….mana teh-nya?πŸ˜›

      19 November 2010 at 3:35 PM

  18. padahal eropa menjajah Indonesia karena teh lho.. tea time! he he ngak jadi ngajak ke tea addict deh di blok m tuhπŸ˜€

    19 November 2010 at 2:27 PM

    • Yah, yah, yah….jadi aja deh….πŸ˜€ [ngarep]

      19 November 2010 at 3:37 PM

  19. Saya SANGAT TIDAK SUKA TEH mas Prim, gak alergi sih, tapi gak tau kenapa dari kecil gak mau banget minum teh manis. kalo teh ijo, OK deh.. hehe…

    19 November 2010 at 3:52 PM

    • hahahahah…ada temennya ternyata! Tos dulu ah!
      kalo saya sekarang udah gak addict lagi mbak, masih mau ngeteh, tapi gak kalap kaya dulu…πŸ˜›
      duileh,,,teh ijo? makin langsing dan bersinar dehπŸ˜€

      19 November 2010 at 4:57 PM

  20. saya suka teh
    i like tea
    ga banyak sih
    segelas sehari
    gak mesti tiap hari sih
    kadang sehari bisa 2 kali
    haaaalllaahhhh ini sih namanya nyandu juga wahhahha

    tapi ga pernah ada jadwal wajib ngeteh kok.

    betewe mengenai postingan saya, itu belum seberapa, ada lagi kisah dibalik benda-benda sepele di sekitar kita yang ternyata punya kisah dibelakangnya. hehehe

    19 November 2010 at 4:17 PM

    • Kalau gak berlebihan mudah2an sehat kok mbak…
      Hahahahah,,,,iya mbak bintang air ini spesialis kisah penemu benda-benda rumahan…πŸ˜›

      19 November 2010 at 4:59 PM

  21. wah.. saya baru tentang alergi teh..
    ternyata ada juga ya…

    kalo teh tarik alergi juga???😐
    kali aja zat TANIN dinetralisir oleh susuπŸ˜†

    19 November 2010 at 6:49 PM

  22. bused serem amat yaa hahaha mpe segitunya xixi saya urang sunda niii suka juga sm teh apalagi sm teh rini teh rina teh rani wakakaka

    20 November 2010 at 1:47 AM

    • Saya juga suka kalo teh yg itu kang…wkwkwkwkwkkwk….tos!
      @Kodokz; gak tau ya, tapi saya pernah rasain teh tarik, enak, ya iya lha SUSU!

      20 November 2010 at 5:26 AM

  23. wah, kalau bunda tuh bener2 addict banget dgn teh, teh hitam, teh putih maupun teh hijau, pokoknya teh…………nikmat banget.
    dan, ngopi hanya sekali di pagi hari aja.

    Memang segala yg berlebihan akibatnya pasti gak baik ya Prim😦
    jadi yang sedang2 sajalah ( kok kayak lagu dangdut ya? )πŸ˜€
    salam

    20 November 2010 at 11:56 AM

    • Bener bunda, saya suka sekali green tea…segerrrr…cuma gak banyak2…πŸ™‚

      20 November 2010 at 1:27 PM

  24. Saya malah suka air teh. Disajikan tawar dan selagi panasπŸ™‚

    22 November 2010 at 10:18 AM

  25. Chika!

    wah, baru denger nih teh nggak cocok buat penderita anemia. terimakasih share-nya ya..! bermanfaat sekali karena saya juga anemia. makin hari makin sering pusing, mungkin karena teh juga ya… soalnya teh buat saya udah kaya’ air putih bagi atlit aja… tiap minum pasti teh.

    eh, salam kenal ya… blognya rame nih! seneng bacanya.πŸ™‚

    24 November 2010 at 7:11 PM

    • Iya, sebaiknya dikurangi dosis-nya. Di ganti ma sirup atau air putih should be good.
      Salam kenal jugaπŸ™‚

      24 November 2010 at 8:39 PM

  26. nice information…oh iya salam kenal…
    tulisan yang menarik good job.. ayoo perbanyak lagi..

    23 June 2011 at 11:16 PM

  27. vie

    gw lbh aneh lg,, baru 4th nan ini gw tiba” kena asma, kdg klo pas emosi ato kedinginan pasti kambuh, kdg jg tiba” flu pdhl gk minum es tp minum teh panas, klo cuaca lg dingin kdg badan bs gatal bentol” kyk kena ulet, muka jg kdg gatau knp tiba” merah”,, hadeeeeehh gw knp sih?? pnya badan sensitif amat,, akhirnya gw mencoba buat tes alergi ke rmh sakit, nah dokternya mlh bilang,, “knp alergenmu byk bnget??” (alergen = pencetus alergi) nah,, dokternya aja heran apalagi gw,, trnyt dr hasil tes alergi menyatakan ada belasan alergi yg ada dlm diri gw,, diantaranya : alergi teh, kacang tanah, MSG, terigu, bulu kucing, debu, kapuk, tungau, udang,dingin, dll,, untung aja gw gk alergi kopi,, hahaha bs hampa hidup gw tanpa kopi,, tp dr segitu byknya alergi gw gk bs mengenali satu persatu efek nya,, smpe skrg gw msh cuek aja konsumsi terigu, teh, msg, kacang tanah,, cumaaaa,, klo pas kondisi lg gk fit/drop,, tau” muka merah” gt aja, ato,, tau” idung meler,, ato tau” bawah mata bengkak,, tau” body bentol”,,hahaha ntar jg sehari pulih lg,, jd ya bodo amat lah ma alergi,, masa gk boleh makan ini itu,, bs langsing donk gw ntar,, xixixixixi,,

    1 April 2014 at 4:51 AM

Leave a Reply

