Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Ngemeng Doang!

Sahabat,

 

Tau TOEFL kan? Test of English as a Foreign Language itu salah satu standar penilaian kemampuan bahasa Inggris seseorang yang ditunjukkan dengan nilai yang memiliki range tertentu.

Untuk bekerja di luar negeri, beasiswa, sekolah, dan tujuan lainnya, umumnya disyaratkan untuk mempunyai nilai TOEFL yang sesuai standar national atau international. TOEFL ini bisa menjadi masalah terakhir bagi seseorang jika nilainya tidak sesuai dengan harapan, artinya memang kita harus belajar lebih giat lagiโ€ฆ

 

 

Dilema TOEFL ini pernah terjadi juga pada saya setahun yang lalu.

 

Setelah kembali ke tanah air, banyak sekali rencana ke depan yang terlintas di kepala, salah satunya mendapat beasiswa. Pastinya sahabat sudah tahu standar TOEFL beasiswa di luar negeri, syarat nilai TOEFLnya cukup membuat megap-megap. Termasuk saya!

 

 

Saat itu saya cuma waktu sedikit untuk menyiapkan nilai TOEFL. Dengan ilmu nekat akhirnya saya daftarkan diri untuk ikut TOEFL institusional di kampus saya. Saya pikir, seharusnya tinggal di luar negeri at least memberikan sedikit progress, ditambah dengan belajar dalam waktu seminggu sebelum tes.

 

 

Hasilnya. Jeng-jeng-jengโ€ฆ

 

 

Wak! Nilai saya gak nyampe seperti yang diharapkan๐Ÿ˜ณ

 

Sahabat tahu kan, nilai TOEFL itu umunya terdiri dari 3 bagian, Listening, Structure dan Reading. Dulu di kampus saya pernah dengar pernyataan seorang dosen Bahasa Inggris bahwa nilai ketiganyaย  biasanya akan sama rata. Karena kemampuan ketiganya akan saling support satu sama lain.

 

Kenyataanya, tidak berlaku untuk saya! Nilai Listening saya jauh melesat melampaui ย standar nilai yang diharapkan, kemudian nilai Structure lebih rendah, dan akhirnya nilai Reading saya amblas! Hahahahaha.. apa-apaan ini? Kalo di bikin grafik maka akan menjadi grafik menurun.

 

Awalnya saya tidak terpikir tentang gejala nilai ini. Tanpa prasangka apa-apa, saya akhirnya ikut TOEFL lagi. Cerintanya pantang menyerah nih! Tapi hasilnya lagi-lagi sama, tidak terjadi perubahan yang nyata. Kemudian saya mulai membandingkan nilai TOEFL pertama dengan yang kedua. Barulah saya tahu gejala aneh itu. Listening saya selalu lebih baik daripada dua nilai lain. Ada apa ya?

 

Saya kemudian mulai menelaah gejala ini. Mungkin ini disebabkan karena selama tinggal di US saya hanya bicara dan mendengarkan tanpa ada pembelajaran terhadap stucture atau grammar. Ya saya akui selama disana saya gak pernah menyentuh buku-buku grammar apalagi TOEFL. Jadilah hanya nilai listening saya yang lumayan, sisanya masih mengecewakan. Begini lha akibat kalo cuma sering ngemeng*) doank!

 

Pada akhirnya, saya memang harus kembali belajar tentang Stucture, Writing dan Reading lebih giat. Biar nanti nilai TOEFL sebaik Listening saya. Mudahan TOEFL berikutnya tidak terlalu mengecewakan!๐Ÿ˜€

 

Apa sahabat juga punya dilema yang unik denganTOEFL?

***

 

*ngemeng = ngomong

PS: thanks doanya buat temen-temen, I feel much better today… (kan ceritan sakit kemarin2)๐Ÿ˜€

53 responses

  1. Mau testing dulu Pak….

    Inetnya ngadat….

    29 December 2010 at 12:00 PM

  2. Jiaaaah…sama….selama ini aku nggak pernah kursus bahasa inggris, trus masuk perusahaan ini nggak tahu apa tujuannya si boss masukin aku buat kursus di lembaga Bahasa Inggris Indonesia – Australia, dan masaallah hasilnya…..sungguh memalukan…nilai listeningku jelek banget…..
    apakah aku ini emang punya gangguan telinga??ternyata tidak….
    Nggak pernah focus, katanya, heeeee

    Sudahlah,
    Dengan inocentnya aku bilang “kursusin lagi dooong!”
    *pengajarnya cihui-cihui* he eh eh eh

    Ayo, ayo semangat!
    Orang yang semangat rejekinya lebih besar!

    29 December 2010 at 12:07 PM

    • OOT: Gambarnya keren๐Ÿ˜†

      29 December 2010 at 12:07 PM

      • Hhahahaha… semangat terus belajar! Thanks hani..๐Ÿ˜€

        30 December 2010 at 9:11 AM

  3. Wow…. ternyata benar ya kata orang…
    Orang jago ngomong bahasa asing, belum tentu ujian tertulisnya bagus…
    Begitu pula sebaliknya, jago menulis dengan bahasa asing (tahu grammar dsb) belum tentu jago ngomong…๐Ÿ˜€

    Saya….
    Ehem…..
    Selama TOEFL sebelum2 ini, bisa dibilang sukses melewati passing grade minimal….
    Tapi kalo diajak percakapan…
    Jangan harap lancar…๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    *tersipu malu*๐Ÿ˜ณ

    29 December 2010 at 12:15 PM

    • suiiitttttt….. keren, hihihiihihh… belajar lagi ah๐Ÿ˜›

      30 December 2010 at 9:13 AM

  4. kalo saya sih belum pernah ikut ujian TOEFL….. kayaknya juag g aja lah, soale udah tahu kemampuan bahasa inggrisku g ada apa-apanya….

    29 December 2010 at 2:53 PM

    • Hahhahha… jgn ngomong gt mas, semua bisa terjadi, ayo semangat!

      30 December 2010 at 9:15 AM

  5. Noup … Cijak pernah …
    Saya belum pernah ikut test seperti ini …

    Namun demikian menurut pendapat saya …
    Untuk penggunaan di dunia nyata … kerja …
    ngemeng dan listening itu penting …

    grammar dan sebagainya kurang begitu …
    Nyeng penting … Ai ngarti … You ngarti … You and Ai ngarti-ngartian …

    salam saya Prim

    29 December 2010 at 4:44 PM

    • Wuakakkakkkka…om nih komennya bikin ngakak aja…๐Ÿ˜€

      Iya juga om, saya juga ke US karena modal pede ngemeng doank, wkakakaka…

      pokoknya you and Ai ngarti-ngatian,,,waakakakka….

      30 December 2010 at 9:17 AM

  6. Deny Setiyadi

    Wah saya juga baru kemarin ikut TOEFL. Hasilnya kurang memuaskan.
    Btw, salam kenal yah๐Ÿ™‚

    29 December 2010 at 6:03 PM

    • salam kenal๐Ÿ˜‰ ayo berjuang bersama!

      30 December 2010 at 9:17 AM

  7. TOEFL saya berapa ya?
    Kayaknya punya tapi kecil…
    Ijasahnya juga sudah lupa ditaruh dimana…

    29 December 2010 at 7:37 PM

    • hihihiihhi… yang anti biasa pasti mas… hahahahahah… *masa TOEFL anti biasa? gimana coba???๐Ÿ˜€

      30 December 2010 at 9:18 AM

  8. gua pernah ngambil TOEFL dulu karena mau apply AUSAID. eh tapi gak dapet AUSAID nya. akhirnya TOEFL nya mubazir dah, gak pernah dipake lagi. hahaha.

    pas akhirnya pindah ke US, gak perlu TOEFL tuh. apply2 kerjaan gak pernah dimintain TOEFL kok.๐Ÿ™‚

    30 December 2010 at 3:00 AM

    • Huhuuhuhuhuhuh… iya mas, saya juga mau apply itu dulu,๐Ÿ˜›

      walah mudahan bisa kerja di US lagi mas, mas arman doain ya!!! *lebay bener sih… wkakakakaaka….

      30 December 2010 at 9:20 AM

  9. syarat TOEFL di Eropa itu 550 kan? kalau di US berapa prim? saya ga pernah cari tahu yang untuk US, karena emang ga minat, hehehe :p

    kalau saya kebalik, malahan struktur saya nilainya paling gede, listening paling kecil…. tapi setelah gawe sama bule belum pernah tes lagi sih..

    kayanya kalau kamu lebih bagus di verbal, mungkin kamu harus coba IELTS juga๐Ÿ™‚

    30 December 2010 at 7:45 AM

    • sama mbak…segitu juga…๐Ÿ˜ฆ

      belum eprnah tes IELTS, kapan2 lha… belum butuh sekarang, cuma lagi pengen rajin belajar lagi aja, wkakakakak… sapa tau ntar tes lagi๐Ÿ™‚

      30 December 2010 at 9:23 AM

  10. kalo saya test TOEFL entah berapa nilainya
    ancuuuuur abis๐Ÿ™‚

    30 December 2010 at 10:25 AM

    • aaahhhh bohong ya…๐Ÿ˜€

      31 December 2010 at 11:51 AM

  11. Saya belum pernah ikutan TOEFL. Tapi kalau mas PriM aja gitu (padahal cas cis cus), apalagi saya. Ampun wes, nggak toefl2an,,haha..

    30 December 2010 at 10:32 AM

    • hihihihihihii… saya juga masih belajar nih mas… kata om NH yang penting ai ngerti, yu ngerti…๐Ÿ˜€

      31 December 2010 at 11:53 AM

  12. hahaha…..

    orang US alias native speaker pasti nilai TOEFL nya juga
    gak bagus2 amat mas, sama aja kayak di sini,
    coba aja perhatiin nilai UAN anak2 sekolah,
    nilai bahasa Indonesia ada gak yang 10?
    maksimal nilainya 9 (kalau ada ya)

    artinya grammar itu emang butuh dipelajari lebih serius,
    tapi gak mutlak diperlukan untuk bisa berkomunikasi,
    asal listening dan speaking lancar, structure gak masalah..

    grammar hanya dipelajari jika dibutuhkan (sertifikat TOEFL)
    atau untuk writing skill…

    itu pendapat saya, kalo salah tolong dikoreksi

    30 December 2010 at 11:43 AM

    • hmmm…mungkin bener juga kali ya mas…secara mereka juga jarang tes toefl, kakakakaka…

      Nah masalahnya dalam dunia pendidikan, ketrampilan menulis ilmiah membutuhkan grammar itu mas… fiuhhh…

      31 December 2010 at 11:55 AM

  13. jangankan TOEFL ngomongnya aja saya masih memalukan …. kepengen banget bisa!!!!!

    30 December 2010 at 1:00 PM

    • omiyan jgn malu kalo mau bicara, makin salah, makin bisa lho…hahahahha… tips dari saya๐Ÿ˜›

      31 December 2010 at 11:56 AM

  14. kalo saya lom pernah….pengen tahu juga sih ampe dimana levelnya…

    30 December 2010 at 2:04 PM

    • Hahhahahah..kalo mas yang satu ini kayanya pasti dah lolos…๐Ÿ™‚

      31 December 2010 at 11:57 AM

  15. Kosa kata baru, apa tu “ngemeng” ??
    Haha,,, saya baru denger..๐Ÿ˜€

    Saya belum pernah tes TOEFL, masih kuliah kok, lagian gak jamin nilainya bisa ngalahin punya mas Prim! hehe,, maklum, English ku biasa2 aja,,๐Ÿ˜†

    30 December 2010 at 2:57 PM

    • kata itu dapet di kampus dulu…๐Ÿ˜€

      Jamin pasti bisa… english saya juga biasa kok…

      31 December 2010 at 11:58 AM

  16. Udah lama banget ikutan TOEFL, kalau dites sekarang mungkin nggak lulus juga he..he.. Udah banyak banget yg lupa

    30 December 2010 at 3:20 PM

    • Mudahan saya tetep semangat nih Bunda Monda…๐Ÿ™‚

      31 December 2010 at 11:59 AM

  17. Ann

    TOEFL, gak pernah ikutan, dan kalau di test nilai grammer pasti hancur.

    30 December 2010 at 4:10 PM

    • tos mas…wkakkaakkakaakk

      31 December 2010 at 12:00 PM

  18. saya udah pernah tes TOEFL,
    nilainya lumayanlah
    tapi justru Listening saya yg nilainya rendah..
    mungkin kalo structure saya bisa tapi kalo ngemengnya itu yang susah..
    wkwkwk :))

    tetap semangat!!!๐Ÿ™‚

    30 December 2010 at 5:13 PM

    • hiihhihiihih…ketuker tuh ma saya๐Ÿ˜‰ semangat!

      31 December 2010 at 12:01 PM

  19. r10

    saya tidak jago bahasa inggris, ingin ikut kursus sih, tapi saya menggunakan Alat Bantu Dengar, saya lemah di listening๐Ÿ˜ฆ

    30 December 2010 at 5:35 PM

    • Hmmm…. moga bisa dilancarkan mas, meskipun pake ABD tetap semangat ya…๐Ÿ˜€

      31 December 2010 at 12:01 PM

  20. saya hasilnya POOOR mas,..haha dulu waktu tes di kampus.

    30 December 2010 at 6:50 PM

    • semangat! ayo belajar bareng๐Ÿ™‚

      31 December 2010 at 12:03 PM

  21. he..he..he..
    mringis bacanya
    karena…..
    pernah ngalamin juga…>_<

    30 December 2010 at 9:34 PM

    • kok meringis?๐Ÿ˜€

      31 December 2010 at 12:04 PM

  22. Benar tuh bang.
    Abang kan praktisi, jago ngemeng2.
    Orang yang jagoan bahasa Indonesia kalau ujian bahasa Indonesia kan njuga belum tentu nilanya 100. Emak saja pasti nggak tahu apa yang dinamakan subyek-predikat-pelengkap penderita ha ha ha ha.

    Melakukan ” sikap sempurna ” itu kan gampang, tapi diujikan tertulis belum tentu jawaban kita sempurna , karena uraiannya cukup panjang ” Sikap sempurna : badan tegak,pandangan mata lurus kedepan, dada dibusungkan, pundak lurus, dagu ditarik, muut tertutup, kaki lurus, kedua tumit rapat, kedua ujung kaki membentuk sudut 45 derajat, tangan mengepal disamping badan….”

    Saya belum pernah mengikutin TOEFL walau 5 benua sudah tak injak-injak.

    Salam hangat dari Surabaya

    31 December 2010 at 6:42 AM

    • wakakakkaka… iya pakdhe, betapa susahnya mempelajari grammer yang baik, lebih enak ngemeng langsung, hahahaha

      mantap pakdhe, saya kapan tuh injek benua lain… *ngayal deh*

      31 December 2010 at 12:12 PM

  23. kalo belajar inggris malah biassanya dibilang: yang penting berani bicara, masalah grammar & structure belakangan. Yang penting ngerti sama ngerti. Wkwkwk….
    Di sini malah kebalik ya Prim.. Ngomong udah cas cis cus, giliran structure ama grammar, kudu belajar lagi… Hihihi…

    31 December 2010 at 1:14 PM

  24. Akbar Adjie Pratama

    Ganbatte pim,,,coba yang ibt ada speaking and writingnya juga๐Ÿ™‚
    dijamin mantab gan

    1 January 2011 at 1:59 AM

    • Hahahahah…yes, one day…๐Ÿ˜€ Thanks

      1 January 2011 at 8:44 AM

  25. ini g diikutin di kontes?๐Ÿ˜€

    7 January 2011 at 12:39 AM

  26. Pingback: Belajar dengan Telinga « PrimeEdges

  27. Pingback: American English to Sundanese English | kopipakegula

  28. Anugrha13

    wah…saya malah lagi bingung mau ambil toefl (tes langsung apa ikut course dl)?? any idea?

    23 January 2011 at 8:25 PM

    • kursus dulu mas… biar gak ngabis2in duit, wkakakakaak….

      23 January 2011 at 8:39 PM

  29. Saya juga mengalami dilema macam begini. Nyaris lupa sama grammar-grammar-an. Untung tertolong sama aneka report yang harus ditulis dalam bahasa Inggris, jadi paling ngga masih sedikit terselamatkan. Sepertinya semuanya memang mesti balance ya, ga sekedar jago ngomong tapi structure-grammar kacau.

    Saya sering bingung sama past perfect dan teman-temannya๐Ÿ™„ Mesti belajar lagi ini sih๐Ÿ˜€

    25 January 2011 at 11:39 PM

Leave a Reply

