Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Dam Ranggang + Jamur!

Ini cerita jalan-jalan minggu lalu bersama seorang teman, namanya Dwi. Senin, 4/4/2011, saya dan mama pergi ke rumah teman mama, tetangga lama dulu, dan anaknya pun kenal dengan saya, ya Dwi itu. Rumahnya masih di perumahan Ex-Pabrik gula Pelaihari, tempat masa kecil saya dulu, sekarang sudah jadi pabrik sawit dan tidak seramai dulu.

Saya mengajak Dwi ke Dam Ranggang, sebuah bendungan yang mensupport kebutuhan air di pabrik tersebut. Tempatnya indah, dan bisa untuk mandi dan berenang. Untuk foto-foto dan cerita yang lebih lengkap saya sudah pernah posting di sini: Jalan-jalan ke Dam Ranggang

Kali ini bukan cuma melihat-lihat, saya juga sempat mandi-mandi di sana! Yihhhaaaa!

Jadi ada bagian yang bertujuan mengurangi kelebihan air yang keluar dari mata air bendungan tersebut, namanya tempat pembuangan. berbentuk lembah yang mengalirkan air ke sebuah sungai kecil. Daerah pembuangan ini aman, karena tentu saja tidak dihuni oleh tanaman air dan hewan aneh-aneh yang mungkin ada di bendungannya, contoh biawak, ikan emas raksasa atau buaya putih jadi-jadian, wuakakakakaka…

Dulu semasa kecil saya sering ke tempat ini dengan naik sepeda pedal bersama teman-teman, *kok kuat ya? dan pastinya kami mandi-mandi di tempat ini… sebuah tempat penuh kenangan… so sentimental for me…

Berikut slideshow dari foto-fotonya, slideshow ini dibuat dengan Picasa (hosting gratis buat nyimpen foto dari google itu lho) dan bantuan vodpod!ย  coba-coba eh ternyata bisa!๐Ÿ˜€

Vodpod videos no longer available.

Sedikit cerita…

Air bendungan itu sekarang gak sejernih dulu, dan semilir-semilir ada bau ikan… mungkin karena bendungannya sendiri sudah banyak di bangun tambak ikan Nila. Jadi gak semankyus dulu, tapi masih layak kok.. hehehehee…

Sungai kecil di akhir pembuangan itu juga penuh dengan semak-semak, padahal dulu tidak sebanyak itu, dan banyak ikan kecil dan udang yang bisa ditangkap dengan mudah pake baki, seru lho!

Setelah berenang-berenang di sana, saya pulang, di perjalanan pulang, kami melihat Ibu-ibu yang sedang nungging-nungging di antara pohon kelapa sawit, mereka berburu jamur!

Jamur tumbuh di buah sawit yang tidak dipanen dan dikomposkan di antara barisan sawit. Menurut mereka jamur tersebut tumbuh banyak sebulan terakhir ini, dan bisa di buru setiap hari! Gratisan!

Jadi inget dulu, sewaktu kecil saya juga pernah berburu jamur, tetapi dari jamur dari pengomposan ampas tebu yang disebut belotong, ternyata di ampas kelapa sawit juga ada cuma ukurannya agak kecil. rasanya??? saya sempet makan hasil tumisannya, gak beracun dan enak! persis jamur gitu deh…*ya iya lha… hehehehe…

OK, sampai sini dulu laporan jalan-jalannya…

Happy Weekend!

43 responses

  1. jalan-jalan yang menyenangkan.:mrgreen:

    Happy Weekend juga mas Prim….๐Ÿ™‚

    15 April 2011 at 1:11 PM

  2. Lha slide show dari wp kan sama juga Prima…lebih gampang dan gak ribet lagi ..kecuali kalau mau pakai suara atau lagu ya pakai movie maker

    15 April 2011 at 2:02 PM

    • Nah itu dia om, for some reason, saya mau upalod di picasa (ya kan sekalian hemat kapasitas blog), mungkin kalo cuma 10 foto bakal saya tampilin di WP kalo udah lebih dari 20, mndingan pake picasa…๐Ÿ™‚

      16 April 2011 at 8:11 AM

  3. keren pim…eh gimana caranya tuh pim….critain yoooo

    Btw, pim, aku minta foto2 jepretanmu dong pim…yg khas Indonesia๐Ÿ™‚ jangan lupa di bawahnya kasih cerita dalam basa inggris๐Ÿ™‚

    15 April 2011 at 2:03 PM

    • hmmm… gampag2 susah si mbak… gara2nya susah, karena wp gak ngijinin picasa bikin slide show di sana, makanya perlu backingan vodpod!

      Hhahahahah….niat banget mbak… aku jadi berasa ingin bentur tembok!๐Ÿ˜ณ

      16 April 2011 at 8:10 AM

  4. Saya masih belum bisa melihat fotonya …
    mudah-mudahan di rumah nanti bisa …

    i’ll come back to you ya Prim

    salam saya

    15 April 2011 at 2:51 PM

    • Ku nanti dirimu om… ^^

      16 April 2011 at 8:01 AM

      • Mantau Dari Rumah …

        Ada Tiga Hal Prim …

        1. Bentuk
        Ini bentuk damnya asik ya prim … kayak preosotan raksasa … saya belum pernah lihat DAM berbentuk seperti ini

        2. Maintenance
        Iya ya prim … saya tidak bisa membayangkan bagaimana bentuk DAM ini dulunya … pasti menyimpan kenangan tertentu … dulu mungkin masih bersih dan teratur

        3. Prima
        Dari semua foto tersebut …
        Saya paling suka foto Ibu yang dapat jamur itu
        sssoooo National Geographic … So Prima !

        Salam saya Prim

        17 April 2011 at 7:43 AM

      • 1.iya om, itu kasar sebenrnya… kalo pelostan disitu bisa robek2 celana, wkakakakaka… tapi buat tiduran mantep banget!
        2. iya at least dulu kesannya gak serem om… rumputnya gak setinggi itu!
        3. Ah om, aku ajdi pengen jedotin pala ke tembok… hihiihihii

        18 April 2011 at 9:04 AM

  5. napak tilas masa kecil dulu ya Prima. Pastinya sekarang sudah banyak perubahannya ya..

    15 April 2011 at 4:50 PM

    • bener… karena sekarang pabrik itus epi, bendungan ini gak terlalu terawat, dan makin bayk yang bikin tambak ikan,… jadinya agak gak bersih!

      16 April 2011 at 8:00 AM

  6. Nunggu balik ke rumah dulu baru bisa liat slidenya Prim

    15 April 2011 at 5:38 PM

    • keren banget deh Prim foto2nya

      jamurnya jenis jamur merang bukan ya….,
      dan si ibu itu bisa dapat sebanyak itu ya… enaknya langsunu ditumis deh,
      atau disop

      15 April 2011 at 9:23 PM

      • bener bun, ditumis kayanya… paling gampang… bentuknya kaya merang, tapi kecil2…

        16 April 2011 at 7:57 AM

  7. Namanya mengingatkan pada nama wanita, Nyai Ronggeng๐Ÿ˜€

    15 April 2011 at 5:42 PM

    • Haiyah! (- -‘) Nyai ronggeng joget di dam ranggang!

      16 April 2011 at 7:59 AM

  8. Wuiiiih, itu areal pembuangannya kayak seluncuran di kolam renaaang!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    15 April 2011 at 7:59 PM

    • wkakakka

      itu kasar mas, cuma sekarang penuh lumut, licin2 gimana gt…. dulu gak terlalu licin, mau naik ke atas gampang… gampang gelundung maksudnya! wkakakakaka….

      16 April 2011 at 7:59 AM

  9. yang “sedekat ini dengan air” aku senyam senyum.. Biasanya gak deket deket air, hihihihhihi. jah ga mandilah prim๐Ÿ˜€

    15 April 2011 at 8:45 PM

    • “sedekat ini dengan arus air” mbak jum… maksudnya bukan aku, tapi kameranya…๐Ÿ˜†

      16 April 2011 at 7:57 AM

      • pasti melotot๐Ÿ˜€

        16 April 2011 at 9:30 AM

  10. huaa..asik kayanya mandi disana yah mas..

    15 April 2011 at 9:45 PM

    • Iya! apalagi kalo rame2… lebih seru!

      16 April 2011 at 7:56 AM

  11. menjelang tidur mampir kesini dulu ah๐Ÿ™‚
    jamurnya dijadikan apa mas?

    15 April 2011 at 11:46 PM

    • di tumis! pake bawang putih, royco, ma cebe dikit! nyum!

      16 April 2011 at 7:56 AM

  12. fotonya bagus prim. warnanya keluar banget…

    16 April 2011 at 1:53 AM

    • di edit ringan mas… pake LG๐Ÿ™‚

      16 April 2011 at 7:53 AM

  13. ngeliatin foto2 itu bikin makin ngiler untuk punya canggih … ato jgn2 itu foto jadi pada cakep gitu karena ngambilnya pinter, tapi kameranya jadul? NGaruh ga sih๐Ÿ˜€

    Ngeliatin foto2 itu jadi bikin cepet2 mudik, di sana sungainya masih alami dan belum dikomersilkan tentunya๐Ÿ˜€

    Have a nice weekend, Prim!

    16 April 2011 at 7:14 AM

    • Hahhahah… kalo kata saya mbak, makin sering kita moto, makin terasah… sama kaya orang naik motor, makin gesit, ajdi sering2 aja moto, apapun kameranya!

      16 April 2011 at 7:52 AM

  14. Kebayang banget suasananya, mas, adem. ada cuplikan-cuplikan masa lalu yang ternyata aku pun mengalaminya. bendungan semacam itu di kampungku di sebut waduk, dan emang bener ada tempat untuk pembuangan airnya. so beatiful, mandi di sana sampe puaaaas.

    ada kebun sawit? daerah mana ya?
    aku belum pernah jalan-jalan ke kebun sawit. pernah liat di tipi, kayaknya seru banget main petak-umpet di perkebunan sawit. selain teduh, tanah di sekitar pohon sawit keliatannya bersih dari semak-belukar.

    haaa… perempuan yang nunggit-nunggit? wakakakak… apanya mas yang nunggit ke langit?

    16 April 2011 at 8:41 AM

  15. menyenangkan sekali bisa main di air…
    kapan yah bisa ke sana???๐Ÿ˜€

    16 April 2011 at 9:12 AM

  16. lihat fotonya terasa pingin nyebur aja..
    skrng ditempatku jarang trdpt sungai yg airnya bersih seperti di foto itu

    16 April 2011 at 9:36 AM

  17. Ow, jadi ingat dulu saya juga sering cari jamur (sama cari udang di pinggiran sungai bedadung)

    Fotonya keren;

    16 April 2011 at 12:09 PM

    • ๐Ÿ˜€ hihihi.. ayo cerita mas…

      18 April 2011 at 9:16 AM

  18. Foto2nya, kereeeeen banget… Apalagi kalau bisa dilihat yg hi-res.

    16 April 2011 at 3:50 PM

    • ๐Ÿ˜€ masa sih mas??? *jadi malu….

      18 April 2011 at 9:12 AM

  19. Aaahhh…..putu2nya kereeeeennnn

    16 April 2011 at 9:35 PM

    • Thanks mbak…

      18 April 2011 at 9:10 AM

  20. Damnya sepertinya memang menggiurkan untuk bermain air๐Ÿ™‚
    Jamurnya seperti jamur yang tumbuh disawah setelah panen, diantara tumpukan jerami๐Ÿ˜€

    17 April 2011 at 8:15 AM

    • Iya mirip itu jamurnya… baunya searoma dengan merang…

      18 April 2011 at 8:59 AM

  21. Wonderful pictures.

    17 April 2011 at 1:24 PM

    • THanks! I just simply capture whatever things…

      18 April 2011 at 8:57 AM

  22. itu dimana sih Prim? bikin pengen ih..๐Ÿ˜ณ

    19 April 2011 at 12:03 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s