Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Kisah Desktop dan Laptop

Alkisah tersebutlah sebuah komputer tua yang tinggal di sebuah rumah. Komputer tua itu terdiri dari monitor, keyboard, mouse, CPU (mesin computer) dan kabel-kabel yang menghubungkannya. Mereka memanggilnya Desktop. Tepat di sebelah rumah itu, tersebutlah sebuah rumah lain yang dihuni oleh sebuah komputer model baru yang lebih praktis, berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Mereka memanggilnya Laptop. Si Desktop dan Si Laptop hidup bertetangga.

 

Suatu hari Si Desktop dan Si Laptop bercakap-cakap dari jendela rumah.

“Hey, Laptop! Mujur benar nasibmu kawan.” Seru Si Desktop.

Si Laptop tidak mengerti “Mengapa kau berkata begitu, Desktop?”

“Jelas saja, lihat dirimu, indah, menarik, cerdas, badanmu juga ringan sehingga sering diajak jalan-jalan oleh pemilikmu.” Jelas Si Desktop dengan pandangan iri.

“Lalu apa bedanya?” Si Laptop rupanya masih kurang puas dengan penjelasan Si Desktop.

“Lihatlah diriku, aku sudah tua sekali, kerjaku agak lambat, badanku kusam dan penuh debu, banyak lecet dimana-mana, keyboardku saja sudah hampir hilang tulisannya, belum lagi badanku yang berat dan penuh kabel ini, tidak mungkin ikut jalan-jalan dengan pemilikku. Aku bosan diam di sini. Aku iri kepadamu, Leptop.”

“Aku ingin menjadi sepertimu…” Lanjut Si Desktop bergumam.

 

Si Laptop tiba-tiba terdiam sambil menunduk. Wajahnya mengisyaratkan kesedihan. Si Desktop merasa heran dan bertanya.

“Mengapa kau bersedih Laptop? Bukankah hidupmu bahagia?”

“Aku justru iri padamu Desktop, setiap hari aku lihat kau bekerja dengan pemilikmu, siang malam pemilikmu menggunakanmu dengan penuh semangat. Dia menulis blog, menulis cerita dan mengedit foto untuk lomba-lomba, mencari informasi dan ilmu pengetahuan di internet, mengerjakan tugas kantor, membantu mengerjakan PR anak-anak dan kadang menuliskan artikel untuk surat kabar. Lebih jauh lagi pemilikmu terkadang mengajarkan tentang komputer dan internet kepada tamu-tamu yang datang, sehingga ilmu yang dia punya bermanfaat untuk orang lain.” Laptop menjelaskan dengan mata berkaca-kaca.

 

“Bagaimana dengan pemilikmu, Laptop?” Tanya Si Desktop lagi.

“Pemilikku sering mendiamkan aku saja. Dia hanya sering bermain game berjam-jam dan menggunakan internet hanya untuk bersenang-senang dan melihat situs-situs yang tidak berguna. Belum lagi dia selalu memamerkan diriku di depan teman-temannya. Aku hanyalah barang pameran yang sering di bawa kemana-mana hanya untuk kepuasan semu belaka, tanpa ada manfaat yang berarti. Padahal aku mampu melakukan lebih banyak daripada itu. Aku ingin sepertimu, Desktop” Jawab Si Laptop lirih.

 

Desktop tertegun mendengar penjelasan Laptop. Ia termenung membayangkan kondisi Si Laptop.

“Sekarang, apakah kau mau menjadi seperti aku?” Tanya Laptop, memecah lamunan Desktop.

 

“Tidak, Laptop. Aku kini bersyukur bahwa ternyata pemilikku menggunakan aku dengan sangat baik, meskipun aku sudah tua dan lambat, tetapi aku sering melakukan hal-hal bermanfaat dan banyak membantu orang.” Desktop tersenyum.

 

“Kau benar Desktop, apalah arti sebuah penampilan, merk, dan segala kecanggihan yang aku punya, jika ternyata tidak mampu bermanfaat bagi banyak orang. Aku tidak lebih baik darimu.” Kata Laptop dengan bijaksana.

 

Si Desktop kini tersenyum. Komputer tua itu kini menyadari, yang terpenting bukanlah sebaik apa penampilannya, melainkan sebesar apa manfaat yang bisa dia lakukan.

**

 

Pesan moral:

1.       Gunakanlah dan hargailah suatu barang bukan semata-mata karena penampilan fisik belaka, tetapi karena manfaatnya bagi diri sendiri dan orang lain.

2.       Lebih baik menjadi seperti alat sederhana yang berguna bagi orang lain, daripada menjadi seperti alat canggih yang tidak berguna.

 

Cerita ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Cerita Anak Sarikata.com 2011.

40 responses

  1. huwaaa,,, bener juga yak.. yang penting berfungsi aja deh..

    23 March 2011 at 2:50 PM

  2. ada kontes lagi ya, coba2 liat dulu

    23 March 2011 at 3:17 PM

  3. wah ternyata Mas Prima pinter mendongeng yachhh……smoga sukses di kontesnya….

    23 March 2011 at 3:22 PM

  4. Uhuuuuuuuuuuuuyyyy.. okey punya nih ceritanya Om Pim… nanti bikinin adek bayi cerita yang bagus-bagus ya Om..🙂

    gambarnya, ow..ow..ow.. aku tersepona.. hihihi…
    sip, hikmah yang bagus dari cerita yang superbagus.🙂
    moga sukses dikontes ini mas…

    23 March 2011 at 3:32 PM

  5. Mulai suka menulis Cerita Anak…
    Jangan2 sudah pengin punya anak.
    Semoga lombanya sukses ya Mas Prim

    23 March 2011 at 3:38 PM

  6. Pesan moral yg singkat namun padat berisi mas prim. Bagus ceritanya, keren pula gambarnya. Good luck ya mas🙂

    23 March 2011 at 3:45 PM

  7. Mantaffff… moral story-nya keren.

    23 March 2011 at 3:49 PM

  8. paling suka pesan moral nomor 1😀
    jgn terpaku sm merek dan pgn dianggep gahul dgn punya barang tersebut😀

    23 March 2011 at 4:12 PM

  9. Orin

    Ah, keduluan Prima nih, padahal ideku soal ini juga hihihihi.. Baiklah, harus cari ide lain.
    Wish us luck ya, Prim? ^^

    23 March 2011 at 4:44 PM

  10. pesan moralnya kena banget untuk kondisi saat ini Prim,,
    idiom yang dipakai juga cucok,,
    sukses berkontesnya🙂

    23 March 2011 at 5:03 PM

  11. suatu cerita yang mendidik..
    dan settingnya sesuai dengan keadaan sekarang ini
    smoga menang dalam kontesnya

    23 March 2011 at 10:06 PM

  12. Wow… oke, masing2 benda yang tercipta di dunia ini punya fungsinya masing2, kalo pake istilah manusia, “punya kodratnya masing2”.😆

    Moga berhasil di kontes, Mas Prim!🙂

    23 March 2011 at 10:26 PM

  13. prima saja bisa, aku juga pasti bisa…🙂

    23 March 2011 at 11:53 PM

  14. mandor tempe

    wah ada kuis kah? kok saya kesalip di tikungan yang ini …. halah
    Ceritanya bagus mas prima, pembawaannya mudah dimengerti bagi saya yang berumur 5 tahun😀 . Semoga sukses ya mas

    24 March 2011 at 12:56 AM

  15. kalo laptop gua dipake buat kerja kok.. hehehe😛

    24 March 2011 at 1:29 AM

  16. Mohon sarannya untuk weblog baruku,
    sebagai anak putra daerah Dabo Singkep
    Kepulauan Riau hanya itu yang bisa
    aku persembahkan buat kampungku yang tercinta…

    24 March 2011 at 2:12 AM

  17. Hee heee heee
    Gambarnya keren,, ceritanya juga
    Anak-anak banget yakkkk
    Bener banget cuy,,
    Jangan kepaku sama Merk,,atau Model,
    Percuma punya yang canggih kalau gak ngerti cara pakainya
    Cuma buat dipamerin doang
    Kadang gw suka miris,,
    Liat bocah2 ababil yg sibuk pamer gadget,,padahal mereka gak memaksimalkan fitur yang ada,,
    Cuma sibuk berlomba siapa yg paling update

    24 March 2011 at 7:32 AM

  18. manggut-manggut. Bener banget cerita mas Prim ini.
    Smoga beruntung y mas..

    24 March 2011 at 9:01 AM

  19. Yups… And klo sesuatu yang menjadi milik kita sudah nggak begitu bernilai, terkadang masih sangat bernilai saat diberikan orang lain…

    24 March 2011 at 11:18 AM

  20. Semoga laptop aku gak kayak begitu..
    Karena laptop ku ini telah mengajarkan aku banyak hal tentang dunia..😀

    24 March 2011 at 12:31 PM

  21. woww… ide nya keren.
    dan pesan nya dapet banget. sukses yah mas prim buat kontesnya🙂

    24 March 2011 at 12:33 PM

    • makasih mbak ais..🙂

      26 March 2011 at 7:25 PM

  22. kalo gw labtop yang buat main game, buat kerja, buat blog, buat nonton. buat pacaran juga. hihi.

    24 March 2011 at 12:53 PM

  23. Bener banget, buat apa keren klo gak kepake yah🙂

    24 March 2011 at 2:18 PM

  24. menarik dan unik…
    apalagi ada gambarnya yg luchu ituuu..
    semoga sukses mas di kontesnya

    25 March 2011 at 2:43 AM

    • makasih mbak…🙂

      26 March 2011 at 7:19 PM

  25. Pesan nya, mari kita mengutamakan fungsi..

    25 March 2011 at 10:30 AM

  26. He he pesan moral fabelnya bagus, mas..

    25 March 2011 at 4:51 PM

    • Makasih mas!🙂

      26 March 2011 at 7:16 PM

  27. hikmahnya bagus banget Pim,
    dan ceitanya mudah dicerna , dgn nuansa modern , ada internet dan laptop
    juga🙂
    sesuai dgn kehidupan anak2 zaman sekarang🙂
    Semoga sukses di lomba ini ya Pim
    salam

    25 March 2011 at 7:13 PM

    • Makasih Bunda, amin…🙂

      26 March 2011 at 7:15 PM

  28. keren ceritanya mas. menarik. smoga sukses dah kontesnya

    26 March 2011 at 7:21 AM

    • Thanks!😀

      26 March 2011 at 7:12 PM

  29. Kalau netbook gimana dong?

    26 March 2011 at 12:54 PM

  30. desktop dan laptop…yang penting fungsinya ya prim,,,bukan gayanya,,,sukses ya prim,,,

    29 March 2011 at 2:09 PM

  31. MT

    kreatif banget, mas…🙂
    salam kenal

    29 March 2011 at 8:51 PM

  32. inspiratif. makasih partisipasinya…

    2 April 2011 at 12:26 PM

  33. terima kasih atas ikut sertanya ya Prim😀

    4 April 2011 at 12:01 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s