Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Pedas!

Habis baca artikel kuliner Om Iksa tentang Nasi Goreng Kambing pake Rawit saya langsung keliyeng-keliyeng atau bahasa ngetrendnya sekarang, cenat-cenutπŸ˜›. Mungkin bagi sahabat yang suka pedas ini bisa jadi salah satu kuliner yang patut dicoba di daerah kebayoran. Sebagai bocoran nih saya kasih satu contoh penampakannya! *minjem fotonya ya om..πŸ™‚

Chili Lovers! Here we go!

 

Saya sendiri gak suka pedes! Itulah kenapa saya takjub dengan makanan ini… Kok kuat ya???😯 Semenjak kecil mama sudah hafal sama gelagat saya yang standar pedesnya di bawah rata-rata. Pada dasarnya saya masih bisa makan pedes, cuma memang gak bisa banyak dan akan stop pada “level” tertentu. Level dimana orang lain masih anteng dan adem ayem sambil bilang: kurang pedes nih! *halah

 

Waktu kecil saya pernah maksain ikutan rujakan buah, entah kenapa nafsu saya seperti tak terbendung, saya bolak balik makan, tanpa peduli lagi rasa pedas itu, alias ketagihan… hingga pada suatu titik tertentu zat-zat capsaicin dalam cabe itu seperti terakumulasi di mulut dan kerongkongan pastinya, dan saya seperti mendidih! Muka merah, keringat tidak berhenti mengalir, hidung meler dan yang terparah, telinga saya sakit bukan main. Saya lari ke kamar dan menangis sejadi-jadinya… berguling-guling di kasur seperti orang gila, nahan sakit di telinga yang teramat sakit! terdengar lebay ya? tapi memang gitu kejadiannya.

 

Mamah sampe shock, dan tidak menyangka “efek”nya bakal sesadis itu, hahahahah… sampai sempat mau di bawa ke mantri, terus diminumin air panas, sampe dijejelin gula pasir, tapi telinga tetep sakit. Sejak itu saya tau diri, saya akan stop jika merasa pada “level itu” sebelum “terlanjur”. Intinya saat orang lain belum merasa pedas, saya sudah pedas duluan, dan saat orang lain sudah kepedesan, saya pasti sudah pingsan!:mrgreen:

 

Kelemahan ini tentu berpengaruh pada hidangan di rumah. Tentu saja, sayur-sayur akan dikurangi tingkat pedasnya, bumbu kacang dan sejenisnya juga tidak terlalu pedas. Kalaupun ada, pasti sudah ada yang spesial buat yang gak suka pedes, heheheh… Thanks Mom!

 

Kalau jaman di kampus, Mbak warnas sebelah kostan sudah hafal kalo saya beli nasi gak perlu pake sambel, kalaupun ada, tentu saja teman kostan saya yang akan dapat hibah sambel tersebut.πŸ˜€

 

Pernah satu kali sayaΒ  bertamu ke rumah teman yang orang Palembang, dan entah kenapa rendang yang dihidangkan super pedas! Melihat gelagat ini, dengan sopan saya minta piring kecil, meletakkan rendang itu di piring kecil, memisahkan bumbunya sedikit-sedikit dari dagingnya, dan sedikit disiram dengan kuah sayur, wkakakaak… aman deh! konyol sih tapi at least tidak sepedas awalnya.

 

Kisah lain lagi saat di Brunei, teman saya Hady yang juga orang Indo, mengajak saya makan gado-gado di sebuah resto kecil, mirip warung, cuma agak luas dengan beberapa meja. Di sana ada beberapa masakan Indonesia, dan makan basic khas di sana, seperti Nasi Katok (nasi, ayam goreng dan sambel yang tidak terlalu pedas). Tentu saja saya memesan yang khas indo, gado-gado! Tanpa curiga saya tidak memberi komando “jangan pedas” karena saya pikir standar pedas orang lokal di sana juga gak sedasyat orang indo.

 

Ya, ternyata saya salah! Gado-gadonya pedes, pedes banget malah! Hady saja yang doyan pedas bilang: “pedes juga ya” tapi masih santai..

 

Saya mulai prasangka buruk, tapi tetap stay cool. Memasukkan sedikit demi sedikit gado-gado ke mulut, dalam hati saya: sudah tanggung, mau gak mau harus habis, lagian saya lapar, tahan aja bentar! Saya melirik es teh manis saya yang tinggal 1/4, alamak! Meskipun di depan saya ada teko air tapi itu ternyata bukan air putih sodara-sodara! Itu kobokan! *nunjuk gambar…πŸ˜†

Sumber gambar di sini

 

Whatever, intinya saya gak bisa minum air itu, dan saya mencoba mengirit es teh manis yang tersisa. Waktu berjalan, saya coba untuk sok kuat, telinga saya mulai cenat-cenut dan saya merasa tidak bisa lagi melanjutkan penderitaan ini.

 

Hady kaget saat menyadari muka saya penuh keringat. “Buset! Lu kenapa prim??? Kaya mau mati!”

“Iya nih, pedes, gue butuh minum…” saya kelabakan, tolah-toleh mencari mbak pelayannya, gak ada satupun yang terlihat!

Saya langsung lari ke arah dapur kaya orang kesetanan, dan meminta air putih. Si Pelayan bukannya cepet keluar, malah lama di dapur, ntah lagi ngapain.

 

“Waduh mas, kepedesan ya??? Kok sampe begitu??? Bentar-bentar…” Si Mbak kaget liat muka saya!

 

Si Mbak memberikan saya satu botol besar air mineral yang langsung saya minum setengahnya. Si Mbak, sampai bolak balik minta maaf karena dia tidak tahu kalau pedasnya gado-gado itu sampai membuat saya mau nangis, hahahha…

Gado-gadonya baru termakan 1/3, dan saya mengganti menu makan saya dengan yang lebih normal, Nasi Katok!

 

Yang bikin lebih konyol lagi, semua tamu tentu melihat adegan ini, semua mata terdiam, menatap ke muka saya, menatap ke arah gado-gado beracun dan meja makan saya yang dipenuhi tisu-tisu bergelimpangan bekas keringat dan ingus. Hahahahah… Jadi gak enak juga kan sama resto itu, kalo semua tamu berpikir: Gila, gado-gadonya bikin orang itu sampe kaya gitu, saya gak bakal milih menu gado-gado! Padahal saya aja yang lebayπŸ˜€

 

Pelajaran buat saya untuk selalu memastikan makanan yang saya pesan sudah di wanti-wanti: “jangan pedes” atau ntar malah bikin repot orang lain dan diri sendiri.

 

Jadi kalau ada yang tanya: Suka pedas?

saya jawab: Sedikit! Hheehehehe…

 

Ada yang juga seperti saya?πŸ™‚

 

Happy Blogging!

60 responses

  1. halo bro. wahhhhh ingat di brunei dulu. gw juga pecinta nasi katok. nasi nya murah meriah tapi mantap. cuma nasi ama ayam goreng doang sih sebenr nya. cuma 1 dolar kalo ngak salah gw. uhui.

    wahh kalo pedas mah gw jago nya. ngak bisa ngak makan kalo ngak pake sambel. udah kebiasaan dari dulu. ampe makan pisang goreng aja pake sambel gw. untung ngak makan coklat pake sambel. hihi

    14 April 2011 at 1:17 PM

    • hihihihi… ada fans nya nasi katok juga rupanya… ^^

      widih, asal jgn kolak pisang pake sambel aja ya….πŸ˜›

      16 April 2011 at 8:37 AM

  2. hehehe itu namae penyakit Mas Prim.. Lombokphobia…

    dalam keadaan darurat sipil, disahkan kok minum air kobokan hahahaha

    14 April 2011 at 2:26 PM

    • wuakakakkakak…. aku emoh kalo kobokannya bekas!

      16 April 2011 at 8:35 AM

  3. saya juga tidak suka pedes.:mrgreen:

    14 April 2011 at 2:34 PM

  4. InVinciBle TeTik

    Salam Mas

    Saya suka pedes tapi juga sakit perut setelah itu huft padahal kan saya pengennya tuh pasti yang pedes…😦

    14 April 2011 at 3:02 PM

    • hiihihihih… aku sih untungnya gak sampe sakit perut…πŸ™‚

      16 April 2011 at 8:34 AM

  5. jiaaaahh…………bunda sekeluarga itu rajanya makanan pedas Pim
    ketika harga cabe sempat naik smp rp100ribu per kg, waduuuhh….kyk udah gak mungkin bisa makan kayaknya kalau tanpa cabe.
    oh ya, ada obat yg gampang banget ngilangin kalau kepedesan, yaitu minum susu putih Pim, dijamin, langsung hilang itu rasa pedesnyaπŸ™‚
    salam

    14 April 2011 at 3:28 PM

    • ngemut garam katanya juga ya Bun?

      14 April 2011 at 5:16 PM

      • aku mending ngemut permen mbak… ^^

        16 April 2011 at 8:23 AM

    • udah keliatan bund… padang gt lho… wukakakakakaka…..kalo aku cukup dikasih es krim bund… *ngarep!

      16 April 2011 at 8:32 AM

  6. lah kok efeknya ke telinga? baru denger deh aku….

    14 April 2011 at 3:30 PM

    • belum pernah ya mbak? (- -‘)

      16 April 2011 at 8:31 AM

  7. Ya ampun kasian banget dikau Prim ga suka pedes he he. Tapi sama sih, ‘standar’ pedesku jg masuk kategori terendah kyknya, tapi ga sampe mo pengsan gituπŸ˜›

    14 April 2011 at 4:07 PM

    • wkakakaka…. iya nih aku kok ajdi kaya penghancur reputasi resto!πŸ˜€

      16 April 2011 at 8:31 AM

  8. walaah ati2 mas… sangking pedasnya nanti lambungnya luka loh… btw ini sy lagi makan siang nasgor rawit, buatan sendiri sih… tapi lauknya pake paha ayam KFCπŸ˜† hahaha…

    14 April 2011 at 4:22 PM

    • wkakakakaakak… kreatif!

      16 April 2011 at 8:29 AM

  9. gila! sampe segitunya lo bang hahahahah gue sih malah doyan banget sama cabe sampe mencret :))

    14 April 2011 at 4:58 PM

    • lu mah keliatan… asal gak ikut kaya cabe tuh bibir… *baca: judes… hihihihiih…

      16 April 2011 at 8:28 AM

  10. Oh ya, aku tau rasanya pedas sampai ke kuping. Itu kalau makan gulai ikan limbat sale. Kl nggak sampe kuping nggak afdol he..he.. Tapi itu dulu. Waktu kecil tanteku suka ngerjain nyuruh ngumpet dibawah meja sambil makan gula he..he..

    14 April 2011 at 5:27 PM

    • Hahhahaha… nah bunda monda pernah juga ngerasain kuping cenat-cenut…πŸ˜€

      16 April 2011 at 8:23 AM

  11. yustika

    Ngledek cerita yg semalem nih postingan-nya… hahahaha….

    14 April 2011 at 5:59 PM

    • iyo mbak…

      16 April 2011 at 8:21 AM

  12. Aku suka pedaaaas….
    Bapaknya burjo udah apal kalo aku pesan mie rebus dia bakal kasih ‘irisan cabe rawit’ di mie rebusnya… Hahaha….

    btw, itu rendang dicuci ya Pim? Hihihi…

    14 April 2011 at 6:03 PM

    • terus bagaimana dengan nasib pedesmu di jepang mbak-e???

      iya, sebernya sih kalo ada wastafel, tuh rendang bsia aku cuci! wkakakakak…

      16 April 2011 at 8:21 AM

  13. Tenang aja, Prim. Daku juga ngga terlalu suka pedas. Pernah dibuatin gado2 kepedasan trus ngga kuhabisin. Dari pada diare, hehehe…

    14 April 2011 at 7:03 PM

    • Oh iya, daku itu kalau sedang sembelit gampang banget obatnya, tinggal makan pedas banyak-banyak. Habis itu pengeluaran limbah jadi lancar jaya. Hehehe…

      14 April 2011 at 7:05 PM

      • wuakakakakaka…. kepedesan sebagai terapi sembelit… berbahaya tuh mas, abis pup, pasti panas2 gimana gt… wuakkakakakaka

        16 April 2011 at 8:20 AM

  14. bagus dong klo ga doyan pedes, jadi klo cabe mahal ga ambil pusing, beda sama penggemar cabe yang pasti langsung klimpungan hehehe

    14 April 2011 at 7:19 PM

    • betul2… cukup beli sambel abc botol, awet lama banget! soalnya ambilnya dikit, secukupnya!πŸ™‚

      16 April 2011 at 8:19 AM

  15. bacanya langsung pedes nih gimana yg makanπŸ™‚

    14 April 2011 at 9:24 PM

    • hahahahha… aku yang lebay kok mbak…πŸ˜›

      16 April 2011 at 8:18 AM

  16. pedas itu tetap nikmat walau menyiksa. tetap bikin semangat walau menyayat-nyayat

    14 April 2011 at 9:37 PM

    • haiyah… pleasure in pain! wkakakaka…

      16 April 2011 at 8:18 AM

  17. klo saya malah kurang bereselara klo makan makanan yg gak pedes. Hampa dunia ini tanpa cabe:mrgreen:

    14 April 2011 at 9:49 PM

    • hemat lha cabe mas…πŸ˜€

      16 April 2011 at 8:18 AM

  18. Padahal pedes itu nikmuat Mas PriM, hehe…

    14 April 2011 at 10:01 PM

    • nikmat kalo pake nasi, tahu, dll, coba kalo cabenya mas makan langsung… nikmat sampe ke ujung kaki! wuakakakkaka….

      16 April 2011 at 8:17 AM

  19. Setelah ngliat nasi goreng, walah … perutku yang baru saya isi serasa pengen diisi lagi ni,Mas.

    14 April 2011 at 10:47 PM

    • hiihihih….

      16 April 2011 at 8:16 AM

  20. sama prim. gua juga ketahanan terhadap rasa pedes nya cuma level rendah. hahaha.
    dulu pas kecil malah gak bisa sama sekali.
    belakangan udah mendingan lah… walaupun tetep level rendah. hahaha

    15 April 2011 at 12:47 AM

    • hihihihih… padahal kalo di US, aku juga beli tuh sambel botol yang made in china gambar ayam jago, pedes banget kan… tapi ya gak abis2… karena kadang kangen juga rasa2 pedes itu…

      16 April 2011 at 8:16 AM

  21. kalo prima bertamu ke saya, gak bakal dikasih hidangan pedas…πŸ˜€
    saya suka pedas, tapi sebelumnya udah memastikan ada persediaan air mineral yang mengatasi hidung dan mata berair .

    15 April 2011 at 5:17 AM

    • asik2… hahahaha… sebenernya pedas itu enak kalo dikit, kalo lebay jadi menyakiti diri sendiri…

      16 April 2011 at 8:15 AM

  22. ada..ada..ada.. Suamiku persis seperti itu. Beneran ga suka pedes. Baru makan cabe seiprit, mulutnya sudah sibuk mendesah, hidung berair dan bibirnya jadi merah kepedesan. haha.. Padahal bagiku itu masih taraf normal. Alhasil tiap kali masak, selalu dipisahin.
    Dulu sebelum menikah, kecap manis 1botol besar ga habis dalam 1bln. Setelah menikah, 2botol besar kecap manis habis dalam 1bln. Kl udah bikin yg manis2 akunya yg musti bikin sambal terpisah. Katanya gini, “kan jadi hemat bun. Cabe kan mahal”..hehehe.. Ternyata suamiku punya temen.

    Jadi ikutan cerita.. :p

    15 April 2011 at 8:04 AM

    • hihihihih… tos dulu ah sama suami nya mbak… hidup kecap! ^^

      16 April 2011 at 8:14 AM

  23. mas prima sama kayak akuuu!
    aku jg ga tahan sm pedes. sebenernya suka sm sambel, tp ga tahan pedes.
    temen2ku udah hafal kalo aku pesen makanan, pasti ga pedes. kalo pedes dikit aja, efeknya bisa lebay (mata berair, hidung jg, pusing2, keringet dingin) seperti itulah. ahhahaah
    makanya, saya jg kalo mesen sesuatu pasti bilang “jangan pedes”
    pernah saya bilang gitu, tp ternyata tetep dikasih cabe dan alhasil makanan saya ga abis, gara2 kepedesan -.-‘

    15 April 2011 at 8:12 AM

    • kalo aku makan pedes itu kaya makan di kejar setan… gak tenang! wkakkkaka… gak elegan banget!

      16 April 2011 at 8:13 AM

  24. hahhaha gw banget sih lo prim
    paling ga bisa makan pedes
    kalo kata temen2 ku pas ngeliat aku makan dan kepedesan itu kayanya pedeeesss banget
    nah pas mereka rasa pasti bilang gini
    “gak pedes koq”
    sementara wajahku udah yang merah dan berurai air mata lebayyyπŸ˜€

    15 April 2011 at 10:49 AM

    • iya, membuat orang tersugesti untuk ajdi pedes… wkakakakkaa… padahal mah palsu!πŸ˜€

      16 April 2011 at 8:13 AM

  25. Ho ho ho … belum ketemu istriku yang BorNeng ya Prima .. makannya jaug lebih pedas lagi dia .. aku dah megap-megap dia masih santai saja …

    15 April 2011 at 2:04 PM

    • *doeng!πŸ˜›

      16 April 2011 at 8:05 AM

  26. Ann

    Kok bisa sampai seperti keracunan gitu ya.
    Kalau aku, begitu terasa pedas pada dua suapan pertama ya mendingan gak dilanjutin.

    15 April 2011 at 2:15 PM

    • bener mas… heheheh… saya juga sekarang tau diri aja lha, daripada menyiksa diri sendiri.. mendiangan say NO!

      16 April 2011 at 8:02 AM

  27. Pedas ?
    mmm … bisa …
    cuma tergantung lauknya …

    Pedas Bakso saya tidak kuat
    tapi kalau pedas gado-gado … ketoprak … somay … maybe I can handle it …

    salam saya Prim

    15 April 2011 at 2:54 PM

    • saya mah apa aja om! pasti cabenya dikit aja… yang penting kerasa dikit2…πŸ˜›

      16 April 2011 at 8:01 AM

  28. r10

    sama saya juga ga suka pedas….. kalau ke pesta2 saya pilih makanan aman sajaπŸ˜€

    16 April 2011 at 5:58 AM

  29. Haaa haaaa haa haa haa
    Sumpah lebay,,,
    Lo tahu kan kalau gw orang padang,, dan orang padang itu terkenal suka pedasnyaaa
    Entah kenapa gw gak suka pedes,, sama kaya lo,, kena cabe dikit aja gw lebay mampus,,
    Kalau waktu kecil,, gw kalau makan dagingnya di cuci dulu,,kebayang gak sich lo
    Kalau yg lain makannya,,
    Nasinya warna warni ama lauk
    Dan gw cuma makan nasi putih dengan daging yang udah dicuci
    *anehh banget*
    Tapi sekrng gw udah mendingan
    Kalau mama masak gw udah bisa makan,, tapi gak pake kuah,, cuma dagingnya aja

    Temen temen kantor juga suka complain ama gak doyan pedasnya gw,, kta mereka lebayyyy

    16 April 2011 at 11:15 AM

  30. hafidh

    mas prima ini yg kerja di KN Nurse** dulu bukan?
    kalo iy,haha salam kenal.
    aq jga di KN per feb 2012.

    15 February 2013 at 7:16 PM

  31. hafidh

    mas prima ini yg dlu krja di KN nurse** bukan?kalo iya,,haha salam kenal.aku jga di KN per feb 2012..mumet.

    15 February 2013 at 7:25 PM

Leave a Reply

