Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

HUT Tanah Laut (Part 1)

Sebenarnya saya tidak mau membuat part 1, part 2, hanya saja banyak foto yang sayang sekali jika dilewatkan, tetapi jika ditampilkan dalam satu post, rasanya berat sekali untuk membuka halamannya. Maka saya suka membaginya menjadi beberapa bagian post.

 

Tanggal 8 Desember 2010 ini Kabupaten Tanah Laut, Kal-Sel, tempat saya tinggal sekarang, merayakan ulang tahunnya yang ke 45. Hari Ulang tahun ini dirayakan dengan acara semi formal yang diadakan di jalan didepan Balairung Kota Pelaihari. Upacara ini dihadiri oleh Gubernur, Bupati, Camat-camat, para wakil rakyat, ย tokoh masyarakat, pegawai negeri, dan pastinya warga masyarakat yang datang dengan penuh antusias. Undangan acara ini sebagian besar menggunakan kain Sasirangan sebagai batik khas dari Kalimantan Selatan.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WITA. Yuk ikut saya melihat-lihat jalan acara…

 

HUT Kab. Tanah Laut (2)
Suasana pagi sebelaum acara dimulai, rumah adat di belakang itu adalah balairung.

 

HUT Kab. Tanah Laut (3)
Anang-Galuh tingkat Kabupaten, kaya abang none jakarta gitu…bersiap-siap menyambut Bupati dan Gubernur.

 

HUT Kab. Tanah Laut (4)
Dateng juga deh beliau-beliau… Kedatangan diarak dengan grup tari dan musik rebana khas banjar, Yang di depan itu muter-muter payung, entah apa maknanya, hahahhaha…

 

HUT Kab. Tanah Laut (5)
Nah ini wajah pak Gubernur Kal-Sel dari dekat. Maaf ya sodara-sodara, saya masih gak pede foto dekat-dekat ala wartawan, takutnya dikira photographer incert inpestigasi!:mrgreen:

 

HUT Kab. Tanah Laut (7)
Suasana panggung dan para undangan, Bapak Gubernur dan Bupati di sambut dengan tarian Pendet dari daerah Bali. Lho kok Bali???

 

HUT Kab. Tanah Laut (6)
Ini melambangkan bahwasanya di Kab Tanah Laut ini banyak sekali pendatang atau transmigran dari luar daerah, salah satunya dari Bali. Warga bali yang hidup dan berkembang pada salah satu kecamatan di kabupaten ini tetap mengusung budaya dari daerahnya. Tari yang melambangkan kesukacitaan ini ditampilkan sebagai salah satu bentuk keragaman budaya masyarakat.

 

HUT Kab. Tanah Laut (8)
Setelah tari Bali, acara di ramaikan dengan vocal group lokal ibu-ibu yang menyanyikan lagu Hymne Tanah Laut, dan satu lagu daerah banjar. Hahhaha…jujur awalnya false, cuma lama-lama udah gak grogi, jadi false nya berkurang๐Ÿ˜›

 

HUT Kab. Tanah Laut (9)
Suasana bangku undangan. Full of Sasirangan! Saya pribadi baru sadar bahwa kain ini sekarang semakin berkembang dari motif dan warna. Nice…

 

HUT Kab. Tanah Laut (10)
Ada perwakilan dari anak-anak sekolah juga…

 

HUT Kab. Tanah Laut (11)
Bapak Bupati memberikan sambutan dan pidato mengenai perkembangan di segala bidang yang diraih oleh Kabupaten Tanah Laut. Utamanya dalam bidang ekonomi dan industri. Memamng hasil utama dari kabupaten ini adalah tambang (bau bara dan bijih besi) dan pertanian (sapi potong dan jagung).

 

HUT Kab. Tanah Laut (12)
HUT Kab. Tanah Laut (18)
Rumah jagung! hasil kreatifitas petani jagung…๐Ÿ˜€

 

HUT Kab. Tanah Laut (13)
Nah ini lokasi acara bakar jagung yang akan dilaksanakan setelah acara berakhir. Tempatnya tepat di seberang Balairung, di Taman Tugu. Sempat turun hujan sekitar 5 menit, untung saja reda.

 

HUT Kab. Tanah Laut (14)
Sambil mendegarkan pidato Gubernur (setelah pak bupati pidato), si Ibu sudah bersiap-siap dengan jagungnya. Duh bu..udah gak sabar ya…๐Ÿ˜€

 

HUT Kab. Tanah Laut (15)
Acara ditutup dengan doa dan bunyi-bunyian dari alat yang saya juga tidak tahu namanya, hahahahah….

 

HUT Kab. Tanah Laut (16)
Prinsip alat musik ini sama seperti angklung, tetapi dipukulkan ke tanah, setiap orang memainkan nada sendiri-sendiri tetapi menjadi harmoni yang menciptakan suasana pedesaan, kata teman ini salah satu alat musik orang dayak, saya juga tidak tahu pastinya๐Ÿ™‚

Dan acara jagung bakarpun di mulai!
*
*
*
Eits! Foto-foto acara bakar jagung ini saya skip! Sengaja untuk part 2, karena banyak gambar seru!!!

*

*

HUT Kab. Tanah Laut (19)
Selain itu tampil juga grup tari Reog Ponorogo yang diawali dengan tarian kuda lumping.
Kok jadi Reog?
Asal sahabat tahu, di kabupaten ini orang keturunan dari Jawa Timur tinggi sekali populasinya, pantas saja grup tari ini berkembang dari orang-orang lokal. Lha saya juga orang jawa timur lho rek!๐Ÿ˜€

 

HUT Kab. Tanah Laut (20)
Reognya muncul!

 

HUT Kab. Tanah Laut (21)
Yang mainin musik…

 

HUT Kab. Tanah Laut (17)
Sepuhnya tim reog…heheheheh…

 

HUT Kab. Tanah Laut (22)
HUT Kab. Tanah Laut (25)
HUT Kab. Tanah Laut (24)
Nah, sekarang reog-nya ada dua…

 

HUT Kab. Tanah Laut (23)
Mulai atraksi jatuh bangun yang melambangkan pertarungan…๐Ÿ˜€

 

HUT Kab. Tanah Laut (26)
Seksi kan rambut si reog…:mrgreen:

 

 

HUT Kab. Tanah Laut (27)
Nah ini grup tari yang lain, lebih kepada eksploitasi anak-anak, hahahahah….

 


HUT Kab. Tanah Laut (30)
Ternyata penari dewasanya masih dandan, hahahaha…cape deh…

 

HUT Kab. Tanah Laut (29)
HUT Kab. Tanah Laut

HUT Kab. Tanah Laut (31)

Nah berhubung matahari sudah terik dan saya lapar berat, jadi saya putuskan untuk pulang, kelamaan sih nunggu si om dandan, hahahahha…

***

 

Sahabat, nah penasaran kan bagaimana serunya suasana bakar jagung yang saya skip foto-fotonya?

Nantikan di postingan selanjutnya: HUT Tanah Laut (Part 2): Jagung Bakar!

 

Salam Jepret!

41 responses

  1. terimakasih ya Prima utk tulisan yang bener2 bikin nambah wawasan baru utk bunda๐Ÿ™‚

    plus foto2nya yg seperti biasa, selalu kerrrreennn…………..๐Ÿ™‚

    baju2 sasirangannya mirip batik juga ya Prim, tapi motifnya khas sana lah pastinya ……..

    dgn setia msh menunggu jagungnya dibakarin sama Prima..,………. hehehe……๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    kebagian gak ya ? ๐Ÿ˜›
    salam

    13 December 2010 at 7:40 PM

    • Thanks Bund… Iya, share wawasan itu bikin seneng bunda, berpahala lagi!

      Iya bunda, untung sasirangan ini gak di klaim ma negara sebelah, btw saya pernah lho bunda bikin sasirangan cara tradisionil, hahahahaah…๐Ÿ˜€

      OK, besok ya bunda…jagung bakarnya…

      13 December 2010 at 8:26 PM

  2. Yustika Muharastri

    Yaaahh masss,, pdhl yg ditungguin justru jagung bakarnyaaaa….
    hahahaha…..

    Saya baru tahu kalo disana ada Anang-Galuh,,
    soalnya kalo disini taunya cuma Anang-Syahrini, hehehehe….

    13 December 2010 at 7:54 PM

    • Kayanya tiap daerah pasti ada deh.. hehehehe..

      Ya besok ya

      13 December 2010 at 8:31 PM

  3. Mr yuteberet
    Ha ha ha ha ha ha
    Gw sukaaaaaaaaaaaaaaaa
    Foto-fotonyaaaaaaa
    Keren,,,keren,, keren,,,
    Bagus pisannnnnnnnnn
    Top markotop

    Itu bapak2 palanya botak ya
    Oh iya gw mau nanya
    Tapi lo jangan ketawak yak (^_^)
    Emang ada ya propinsi kalsel apa ini propinsi baru he he he
    Gw ips dulu kagak lulus:mrgreen:

    13 December 2010 at 8:17 PM

    • Parah…. ngakunya anak Bunda, wkakakakak…. Kal Sel itu dari jaman SD kaleeeeee…..๐Ÿ˜€

      Thanks…

      13 December 2010 at 8:32 PM

      • ha….ha…..ha…ha
        gw kan bwnya dari hape gw lupa ganti nama..
        abis bw dari rumah bunda lily…

        he…he…he..he..
        kenapa lo gak kirim liputan lo ke blog pelesiran pak de..
        kan lumayan bisa dapet buku..
        ntar bukunya gw pinjem dah..
        he….he…he..

        atau yang lebih keren lagi…
        lo kirim ke artikel pariwisata..
        pasti di muat…
        commonnnn Mr Yuteberet….
        lo tuch hebat…
        dan liputan lo juga keren…
        ayooooooooo๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ :D:
        kan klo di muat..
        gw bisa minta traktiran..๐Ÿ˜›

        14 December 2010 at 9:20 AM

      • ya bener juga tuh yg Putri bilang, Prima
        kirimin aja ini tulisan ke Plesiran nya Pakdhe…………
        pasti dimuat n dpt buku pulak………….๐Ÿ˜€

        krn foto2nya keren semua
        Prima dirimu tuh hebat…………
        ayo dong, kalau gak kirim ke kompasiana khusus pariwisata,
        yakin pasti dimuat…………๐Ÿ™‚
        salam

        14 December 2010 at 9:29 PM

  4. Keren keren potonya Sob, ditunggu episode jagung bakarnya.
    Salam.. .

    13 December 2010 at 9:03 PM

    • Thanks ya…
      Ok, besok2…

      13 December 2010 at 11:45 PM

  5. wahhh..bagus banget acarahut tanak laut ya..
    fotonya juga bagus-bagus…

    13 December 2010 at 9:23 PM

    • Makasih mbak fitri…๐Ÿ˜€

      13 December 2010 at 11:46 PM

  6. Pernah denger juga cerita kaya gini, tapi lihat fotonya, baru kali ini….keren….

    Kebetulan hani punya satu teman dekat anak banjar pas di Malang, sampai sekarang kami juga masih keep in touch sih…setiap habis pulkam dia selalu punya oleh2 cerita yang seabreg! Seru dengernya….

    tapi di sana udaranya panas yah????

    13 December 2010 at 10:40 PM

    • Hohohohhoho…. sebenarnya rame di malang ceritanya, hahahaha… biasanya rumput tetangga lebih hijau dr rumput sendiri, hihiihiihiihi….

      Tempat saya di pelaihari Hani, sedikit lebih dingin dari banjarmasin, hahahah…kalo banjarmasin emang panas parah!!!! Hhahaha… di pelaihari ini banyak gunung๐Ÿ™‚

      13 December 2010 at 11:48 PM

      • Pagi!!!

        Wah, Nggak bilang lebih ramai di Malang, tapi Malang kota kecil yang emang sangat padat dengan catatan tidak pada hari libur, karena kebanyakan adalah pendatang a.k.a mahasiswa/i.

        Sama dengan Malang klau gitu, dingin….

        MakaHani juga nggak menyanggah meski disebut anak gunung, heeee
        Anak gunung kan juga manis-manis (glodak!) he he he

        Selalu semangat๐Ÿ˜‰

        14 December 2010 at 6:36 AM

      • hahahahah…iya saya percaya hani manis kok..๐Ÿ˜›

        Disini mirip2 Bali kali ya, udaranya kering, panasnya lumayan, tapi angin kenceng..hehehhe…

        Sama malang ya dingin malang, eh saya sudah bilang belum, saya kan kelahiran malang, wkakakakaka…๐Ÿ˜€

        14 December 2010 at 9:57 AM

      • Ya ALLAH…kenapa harus lahir di Malang.??
        he he eh

        Kesimpulannya teman2 yang meski bilang orang banjar itu semua lahir di Malang, karena si dodol itu juga lahir di Malang, ha ha ha ha

        kagak nyangka…..

        14 December 2010 at 9:58 PM

  7. bagus2 fotonya… very colorful!

    14 December 2010 at 12:48 AM

    • Thanks mas arman…๐Ÿ™‚

      14 December 2010 at 9:58 AM

  8. kakaakin

    Wah… ternyata dirimu lagi di Kalsel ya…
    Keluargaku juga pada suka sasirangan, karena keluarga dari ibuku adalah orang banjar๐Ÿ™‚
    Hayuk, kalo sempat ke Samarinda๐Ÿ˜€

    14 December 2010 at 6:31 AM

    • Hohohohoho..iya mbak, saya malah belum punya sasirangan…๐Ÿ˜›

      Kapan ya bisa ke samarinda, kalo jodoh pasti kesana mbak…๐Ÿ™‚

      14 December 2010 at 9:59 AM

  9. Oooo..Mas Prima itu arek suroboyo yang merantau ke KalSel to? Ngeces kiat hasil jepretan nya. Makin pengin belajar fotografi tapi belum punya kamera yang OK hehehe. Ditunggu foto2 yang ciamik lainnya๐Ÿ™‚

    14 December 2010 at 1:39 PM

    • Bukan arek suroboyo juga sih mbak, cuma emang keluarga mama asli malang๐Ÿ™‚
      Ayo mbak, apke kamaera compact juga bisa kok, ditunggu ya…๐Ÿ™‚

      14 December 2010 at 8:43 PM

  10. kulanuwun….
    Maafkan lama gk bw..
    maklum cuma bisa inetan pake hp..
    bw di sini sedikit lama karna banyak fotonya, padahal syg kalo melewatkan foto2 di sini dengan mengeset inet tanpa foto…

    masih kenal sy kn Prim..๐Ÿ˜€

    Salam.

    14 December 2010 at 1:48 PM

    • Hahahaha… mana mungkin lupa mbak tik…

      Gak papa mbak, moga segera bisa buka pake PC, biar puasssssss๐Ÿ˜€

      14 December 2010 at 8:44 PM

  11. wah……kita tetanggaan kalo gt..
    tetanggaan pulau๐Ÿ˜†

    potonya keren2…๐Ÿ™‚
    pengen dipoto juga sm prima hahaha๐Ÿ™‚

    14 December 2010 at 3:54 PM

    • Lho mbak kodok dimana?????

      Hahahah…ayo kesini biar saya potoin๐Ÿ˜†

      14 December 2010 at 8:45 PM

      • di pulau seberang, makassar..
        agak sedikit dekat bukan??? hehehe

        15 December 2010 at 5:23 PM

  12. kereeeeennn , dan gak cuma adat banjar aja yang ditampilkan, itu reog dan kuda lumping juga ikut nampang,,๐Ÿ™‚

    dirimu kok gak berpose sih mas??? kirain jadi anang – galuh kabupaten, hihihihi

    14 December 2010 at 4:49 PM

    • Wakakakaka… maunya gitu mbak, cuma naluri tukang poto, lupa narsisssssss….

      Mbak iyah nih pasnya jadi galuh-nya… pasti saya poto terus๐Ÿ˜›

      14 December 2010 at 8:46 PM

  13. Kain sasirangan itu motifnya bagus dan berwarna warni ya Prim …

    and as ussual …
    Foto-fotonya … PRIMA punya !!!

    salam saya Prim

    14 December 2010 at 5:05 PM

    • Iya om, saya juga baru ngeh, udah makin bagus sekarang…

      makasih om,๐Ÿ™‚

      14 December 2010 at 8:47 PM

  14. Jagungnya itu yang ga nahan,,
    btw reportasenya lengkap,, serasa ikut ada di acar hutnya, padahal lihatnya cuma lewat jepretannya Prima,, mantap Prim…

    14 December 2010 at 5:52 PM

    • Hahahah… mbak udah ada part 2 nya! makin ngiler deh!

      Thanks mbak, saya senang bisa berbagi kebahagiaan lewat gambar๐Ÿ™‚

      14 December 2010 at 8:48 PM

  15. Pabrik gulanya masih beroperasi gak mas…
    Saya dulu pernah ke daerah yang namanya Tajau Pecah,

    14 December 2010 at 7:33 PM

  16. Pingback: Sumarak Jam Gadang « nakjaDimande

  17. Prim, Reog juga mulai sering tampil di ranah minang
    hebat euy..๐Ÿ˜€

    15 December 2010 at 2:45 AM

    • Iya, Bundo, mau ke TKP ah…๐Ÿ™‚

      15 December 2010 at 12:07 PM

      • mets

        Prim,km dulu sekolah dimana? di SMP berapa?

        15 September 2012 at 2:03 PM

  18. Pingback: Sumarak Jam Gadang | Lisa Sugeha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s