Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Air Terjun Bajuin

Happy Weekend Bloggers!

Weekend ini saya gak kemana-mana sebenarnya, cuma saya sekarang mau cerita sedikit tentang jalan-jalan dadakan hari senin yang lalu. Pagi-pagi saya dapat sms dari teman lama sewaktu SD, Puput, yang tiba-tiba ngajak saya jalan-jalan ke Air Terjun Bajuin. Tentu saja saya menjawabnya dengan jawaban: YES!

Berangkatlah kita menuju tempat tersebut dengan membawa mobil. Singkat cerita gak ada teman lain yang bisa ikut, walhasil cuma kita berdua yang berangkat. Si Puput ini masih lengkap dengan baju rapi ala orang kantoran plus tas laptop, hahahhaha…karena sebenarnya siangnya dia harus segera back to work. Well, jam 10 kita berangkat dari Kota Pelaihari menuju ke Desa Bajuin.

Kira-kira 5 km (mungkin lho ya) jarak dari kota Pelaihari ke tempat wisata tersebut, 30 menit perjalanan dengan mobil (karena plus 4 kilo dari rumah ke kota, plus jalanan yg ancur :P). Saya sendiri sudah lupa seperti apa air terjun ini, terakhir saya kesana sewaktu SD, itupun rasanya tidak sampai puncak tempat air terjunnya.

Bajuin (2)

Ini salah satu gambar yang saya ambil sepanjang perjalanan menuju ke sana. Full dengan pemandangan pegunungan.

Sesampainya di tempat wisata itu suasana begitu sepi. Beberapa wisma penjaga atau pelayanan informasi juga seperti tidak terawat bahkan tidak ditempati, tetapi terdapat warung-warung penjual makanan yang masih tutup, maklum hari senin. Ya beginilah nasib pariwisata daerah, serba pas-pasan dan kurang dikelola dengan baik.

Bajuin (4)

Bajuin (11)

Di sekitar sini kami parkirkan mobil kami.

Wah, ternyata di dekat tempat ini ada sungai, yang merupakan aliran dari air terjun tersebut.

Bajuin (3)

Bajuin (5)

Bajuin (6)

Bajuin (7)

Bajuin (9)

Bajuin (8)

Bajuin (10)

Hmmmm….segar sekali rasanya menyentuh air pegunungan ini… tapi kami tidak bisa berlama-lama, perjalanan ke atas masih jauh. Kamipun segera bejalan menuju air terjun di bagian atas.

Bajuin (16)

Hehehehhe..itu Si Puput, saya adalah orang yang mengambil gambar sepanjang perjalanan ini.

Bajuin (13)

Ada Musholla… Perjalanan masih berlanjut…

Bajuin (12)

Bajuin (14)

Bajuin (15)

Sangat tropis guman saya…

Tidak sampai 100 m kami menemukan tangga menuju ke atas, jalan tanjakan di mulai dari sini.

Bajuin (17)

Bajuin (18)

Bajuin (19)

Tersedia tempat duduk jika kita merasa lelah di tengah jalanπŸ˜€

Bajuin (20)

Ups, setelah 200 m, tidak ada lagi jalan bertangga, kami harus melanjutkan perjalanan di jalan setapak yang licin…

Bajuin (21)

Bajuin (22)

Bajuin (23)

Bajuin (24)

Wow, di tengah jalan saya diberikan pemandangan yang tidak kalah indah, saya langsung mengambil gambar…

Bajuin (25)

Pohon besar dan pipa saluran air yang berasal dari air terjun…

Kira-kira sudah setengah perjalanan, kami menemukan tebing yang memberikan pemandangan yang indah…

Bajuin (26)

Bajuin (27)

Bajuin (28)

Sayapun mengajak Puput untuk bernarsis ria di tebing ini…

Bajuin

Wak!!!! Tiba-tiba apa yang saya takutkan terjadi!

Baterai kamera saya habis!😯

Duh, inilah akibat karena rencana dadakan, jadi saya lupa mengecek kondisi baterai kamera…
Maka sahabat, sampai sini saja gambar yang bisa saya ambil, saya sendiri tidak sempat bernarsis ria😦

Fiuhhh…sebenarnya perjalanan sempat dilanjutkan ke atas, hanya saja tidak benar-benar sampai di puncak. Kami memutuskan pulang karena melihat kondisi langit yang sepertinya akan hujan. Mungkin lain kali saya akan kembali dengan baterai kamera yang full dan jalan sampai ke puncak air terjun. Semoga.

Bajuin - Borneo

Pemandangan khas hutan hujan tropis di Kalimantan.
Gambar ini adalah gabungan dari dua photo yang digabung dengan fungsi Photomerge pada Photoshop.

Well, sampai di sini dulu jalan-jalannya.
Salam hangat dari pedalaman Kalimantan! πŸ˜€

46 responses

  1. ni buka pake hp prim, berat ambil foto2nya, jadi belum sempat liat foto2nya deh…πŸ˜€
    Pasti keren… Bsk deh kalo pas pake komptr kunikmati foto2mu yg pasti kereeeen…
    Btw, 5km naik mobil 30menit? Lama amat Prim?

    20 November 2010 at 10:38 PM

    • sebenarnya ada tambahan 4 kilo dari rumha ke kota mbak, plus jalanan kesana ancur, jadi gak bisa ngebut lurus, wkakakkakak….jadi waktu ke sana kira-kira2 abis kurang dari atau sama dengan 30 menit, halah, kaya matematika ajaπŸ˜›

      21 November 2010 at 6:02 AM

  2. ternyata kutinggal ngetik komen, foto2mu muncul satu2 di atas….
    Waaaaah kereeeen…
    Airnya, batu2nya…segeeerrrr…
    Pemandangannya…hijauuuu… Keren..
    Eh si Puput beruntung betul masih sempat dapat foto dgn view yg TOP…
    View terakhir juga mantabh….

    20 November 2010 at 10:43 PM

    • iya, T_T I feel like a lame without battery that time…
      Thanks mbak…
      BTW mbak titi jadi komentator pertama terus, ngejar PERTAMAX ya? GakGaKgAkkkkk…

      21 November 2010 at 6:07 AM

      • ah gk juga…
        sy masih pake premium kok…. πŸ˜€

        *dipentung Prima*

        22 November 2010 at 9:49 AM

  3. Once again, you’ve put some amazing pictures, just like last time.πŸ˜€

    20 November 2010 at 10:53 PM

    • Thanks Andrew! I knew You would understand though you might not understand the story. Picture is one of universal languages…πŸ™‚

      21 November 2010 at 6:12 AM

  4. Liburan yang indah….

    Hari ini liburan Hani habiskan tidur makan tidur n makan, sampai ada 2 sms yang bilang “jadi mikir2 apa jadinya kalau kamu kaya gini terus ” please dech, maksud hatiaku mau nonton anime Jepang kiriman Mas Prima apa daya sifat pikun n selalu terburu-buruku membuatnya tertinggal di kantorπŸ˜₯

    Sekarang kesini malah dipamerin foto2 kaya gini….

    *ngusap air mata*

    Kapan-kapan ajakin dunk…

    20 November 2010 at 11:01 PM

    • Bali lagi panas….airnya sangat menggoda untuk di cemplungin…..

      *ngayal nyeblung di air*

      20 November 2010 at 11:03 PM

      • Hahhahaah…seharusnya dimasukin ke tas langsung, jadi ingat gak ingat tetap ke bawa, saya juga suka lupa, jadi ketika ingat langsung masukin ke tas, berhubung pas pulang/berangkat lupa, sudah gak sengaja terbawa.πŸ˜€ Sabar ya… hhihiihhi

        Iya, saya juga tau gt bawa salin baju, mau nyebur, apa daya…πŸ˜›

        21 November 2010 at 6:15 AM

  5. Kayanya perjalanannya melelahkan yah…tapi terbayar dech dengan pemandangan yang subhanallah….keren banget…

    20 November 2010 at 11:05 PM

  6. Tari-ssi

    inet saya lemot, sayangnya gak isa liat poto2nya, loadignya lamaaaa……

    21 November 2010 at 9:22 AM

    • seems like we got a term “be patient by flickr”πŸ˜†

      21 November 2010 at 5:03 PM

  7. wah. .
    kalo ini mah seru abis.. wkwkwk
    mw dunk kesana

    21 November 2010 at 9:44 AM

    • thanks..salam kenalπŸ™‚

      21 November 2010 at 5:04 PM

  8. JIaaaaahhh …
    Tiwas nungguin foto air terjun nyaaahhh ..
    gak taunya Batere abis …
    Ah elu Prim …
    Bisa aja buat gua penasaran …

    But …
    Saya bisa bayangkan betapa menyegarkannya pemandangan di Alam sana
    Saya bisa merasakan melalui foto-fotonya
    (ini kekuatan Blog Kamu yang selalu saya pujikan …)

    Salam saya Prim

    21 November 2010 at 10:06 AM

    • Wah om…berarti utang liat gambar ya…Gakgakgak….
      Makasih om…jadi tambah semangat saya…

      Ntah kenapa ya semenjak pake flickr buat pasang gambar, byk yg ngeluh lambat… tapi harus mulai dibiasakan biar gak ngabisin jatah memori di blog.

      21 November 2010 at 10:27 AM

  9. Subhanallah, keren bang’getz ……..asli………
    bener2 terbayar kelelahan menuju air terjun dgn view yang Masya Allah …….betul2 indah ya Prim……..
    beruntungnya dirimu , bisa menyaksikan view indah tsb, walaupun gak bisa bernarsis riaπŸ˜€πŸ˜€
    Bunda suka banget kesini, selalu lihat foto2 yg keren2…..πŸ™‚
    salam

    21 November 2010 at 10:24 AM

  10. Hahahhaha…thanks bunda, iya bunda alhamdulillah saya di beri kesempatan, meskipun nganggur, tapi ada hikmahnya, saya jadi bisa jalan2, hehehehe…

    Iya bun, saya mau blog ini jadi tempat saya dan teman-teman untuk bisa bersantai…πŸ™‚
    Salam

    21 November 2010 at 10:36 AM

  11. Subhanallah.
    Sungainya itu lho mas, membuat hati ingin bemain kecik-keciknya yg tampak segar.
    ingin rasanya menginjakan kaki-kaki ini sambil berlari-lari kecil di sana..Rasanya seger bannget

    21 November 2010 at 10:36 AM

    • Iya mas cyber (jiaaahhh “mas cyber”) saya juga pengen, sayang gak bawa salin…

      21 November 2010 at 10:49 AM

  12. indah nian di sana

    Maaf baru sempat blog walking lagiπŸ™‚

    21 November 2010 at 11:58 AM

    • Salam kenal kang Achoey…πŸ˜›

      21 November 2010 at 4:57 PM

  13. thereean

    pemandangan hijau dan sungai yang bersih..

    keren……………
    jadi pengen………..

    21 November 2010 at 3:59 PM

  14. pemandangan hijau dan air sungai ynag jernih..

    keren…
    jadi pengen…

    21 November 2010 at 4:03 PM

    • moga bisa kapan2 berkunjung ke pedalaman kalimantan ya…πŸ™‚

      21 November 2010 at 5:05 PM

  15. wah….
    baru BW dan menemukan pemandangan indah ini,,
    foto..foto lo selalu keren coy,, (^_^)
    tapi emang bener sich,,,
    daerah tuch pemandangannya bagus,,
    tapi pengelolaannya gak bener,,
    semua sibuk sama urusan pendanaan aja,,
    indonesia tuch indah lagi,,, (^_^)
    kita aja yang ngak menyadarinya,,,

    21 November 2010 at 7:20 PM

    • Iya, gw berasa tempat ini indah pas udah gede, pas kecil kemana aja gw???πŸ˜€

      22 November 2010 at 9:48 AM

  16. xpo_aruna

    saya suka sentuhanmu yg bsa mnghidupkan hasil jepretan prim..gr8 job!!
    happy blogging deh
    kapan2 jalan lagi yakπŸ˜›

    21 November 2010 at 8:42 PM

    • thanks put, I am learning…πŸ™‚ sip saya siap sedia!πŸ˜€

      22 November 2010 at 9:49 AM

  17. kapan kapan blue mau dong diajak kesana
    salam hangat

    21 November 2010 at 11:18 PM

  18. lho udah pergi ya
    kok ga ngajak-ngajak?
    padahal udah siap-siap bawa bekel kuaci sekarung buat cemilan
    heheheh

    22 November 2010 at 8:36 AM

    • wakakkakak…kok kuaci? harusnya bekal ayam panggang ma nasi uduk!πŸ˜€

      22 November 2010 at 9:51 AM

  19. Pelaihari????
    ….ups…satu kota yang tak terlupakanπŸ™‚

    Jadi pengen cerita ttg pelaihari ah … ^_^

    Prim, baca judulnya saya langsung kebayang lemes…
    Entah kenapa, setiap kali berkunjung ke yang judulnya pake ‘air terjun’ saya selalu pingsan di tengah jalan…pernah sih nggak pingsan, tapi klenger habis, sampe muntah2….kenapa ya?

    Makanya, kebayang deh tangga2 yg harus dilewati….meski kalo dah sampe tempatnya, rasanya ga pengen pulang, bukan karena indahnya, tp karena perjalanan naiknya…hiks…

    22 November 2010 at 11:14 AM

    • Wah, mbak pernah kesini???? ckckcck…dunia begitu sempit, hihihihihi….
      Iya mbak, tapi saya pengen ke sana lagi, mau liat atasnya kaya apa…one day…πŸ˜€ untungnya saya gak cepet capek…

      22 November 2010 at 1:23 PM

  20. wah,, bagus banget pemandangannya… semoga alamnya tetep lestari.. go green ..
    trees for life.. hehe

    semangat mas!!

    22 November 2010 at 12:10 PM

    • Iya mbak, memanjakan mata banget… semangat juga! Salam kenal!

      22 November 2010 at 1:25 PM

  21. Waduhh.,.. sangat disayangkan, padahal aku penasaran banget pengen lihat puncaknya, dilihat dari perjalanannya indahnya seperti itu, pasti puncaknya jauh lebih indah.
    kalo lihat air jerjih mengalir seperti itu, rasanya aku jadi pengen nyebur disitu. hmm…
    Bali Villas Bali Villa

    22 November 2010 at 12:58 PM

  22. Yah Prime,, tak pelototin atu2 sampai bawah nyariin air terjunnya,,
    niatnya narsis sih, jadi baterenya ngadat:mrgreen:
    tapi sungainya benar2 menggoda untuk main sembur2an..

    22 November 2010 at 10:02 PM

  23. waaaaw keren…
    bisa ngebayangin adem dan semilir angin di sana deh…
    pasti sejuk nian…

    udah jarang yah kita bisa ngerasain alam yang masih murni begituh.. terakhir kapan coba saya jalan2 ke daerah yang masih asri?

    23 November 2010 at 9:04 AM

  24. kirain puput itu cewek wkakaka..
    mantap mas..poto potonya bagus..berapa Mp itu kameranya ? ^^

    28 November 2010 at 7:19 AM

    • cuma 6 mpix kok kang…hehehehhe… kecil kan.. saya yakin kang ian punya lebih gede pixelnyaπŸ˜€

      28 November 2010 at 12:24 PM

  25. Pingback: Pelaihari dalam ingatan | Belajar dari anak-anak

  26. wow photo2 nx mengagumkan,jalan2 ktemu ama blog kk prime,teringat kmaren,cuma pemandangan air terjun bajuin level satu ngga ada.

    3 January 2011 at 12:52 PM

  27. Eka

    Selalu kalo buka blognya ka eh mas Prime ni, mulut nganga liat hasil jepretan kameranya yg uapikk tenan,, msh bnyak yg blm ditampilkan ya??? Ingin sekali nanti kapan2 mesan minta di fotoin sama mas hoho,,
    Air Terjun Bajuin,,, salah satu kebanggaan kita warga Pelaihari namun syg kondisinya kurang begitu terawat, belum soal keamanannya lg. Dan tidak jarang tempat2 di sana yg tujuannya untuk wisata namun krn sepi justru digunakan sbgai tmpt mojok anak abg. Semoga wisata kita jadi lebih baik lagi dan menambah pemasukkan bagi warganya.

    19 February 2011 at 12:27 PM

  28. ina irene

    saya udah kesini,,,,,,,,,,,,,, seruuuuuuuuuuuuu banget…. kebetulan ada keluarga disana di sungai bakar jd ke bajuin cuma 1 km doang,,,,, klo lg kunjungan disana tiap hari mandi di bajuin,,,,, tp sayang,,, kurang di kembangkan padahal salah 1 objek wisata yang oke punya,,,,,

    22 January 2012 at 5:25 PM

Leave a Reply

