Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Sapaan Baru

Iseng-iseng kemarin saya mengubah cara sapaan chatting yang biasa menjadi anti biasa, hihihih… ketularan Pak Mars ceritanya.

Mungkin hampir semua orang mempunyai sapaan standar saat memulai chat di media online seperti: Hi!, Apa kabar?, Lagi ngapain?, Dimana nih? dan sebagainya. Sapaan standar seperti itu tentu saja sudah biasa kita dapat atau kita sampaikan. Jawabannya mungkin terlihat standar juga, seperti;  Hi juga!, Baik, Lagi di rumah, Lagi di kantor, Lagi iseng aja, dan lain-lain.

Saya kemudian berpikir untuk membuat sapaan yang tidak biasa. Sapaan yang membuat orang tersenyum membacanya. Sapaan yang menarik perhatian dan mungkin bisa memberikan aura positif. Yup, saya menemukannya!:mrgreen:

“Bagaimana perasaanmu hari ini?”

atau

“Apakah kamu bahagia hari ini?”

atau

“Apa kebahagiaan terbesarmu hari ini?”

*

Sapaan model seperti ini terkesan sangat personal, sangat akrab, right to the point, langsung ke hati si penerima, dan tentu saja membuat penerima tergelitik untuk menjawabnya dengan berpikir: Apakah aku bahagia hari ini? apakah kebahagiaan yang aku dapatkan hari ini? Sudahkah aku bersyukur untuk nikmat dan bahagia hari ini?

Memang terdengar sedikit gagu, tetapi tidak ada yang salah dengan menujukkan “perhatian” untuk sahabat atau teman. Kita bisa menujukkan ke orang tersebut betapa kita peduli terhadap perasaan mereka,  mengharapkan kebahagiaan mereka, dan mengharapkan mereka mau berbagi kebahagiaan meskipun hanya kebahagiaan sederhana.

Tidak semua orang bisa berbagi kesedihan, tetapi sebagian orang selalu ingin berbagi kebahagiaan. Meskipun si penerima sapaan ternyata dalam mood yang tidak baik atau sedang bersedih, sapaan dan pertanyaan seperti ini tentu akan memancing pikirannya untuk berpikir ke arah positif, mencari peristiwa-peristiwa yang membuatnya sedikit bahagia di antara kesedihan yang dia alami sekarang. Karena saat orang merasa sedih dan ditimpa musibah, pikirannya biasanya berkutat pada hal-hal negatif dan hal-hal yang membuat bad mood, lalu kenapa kita tidak memancing mereka untuk melupakan hal-hal buruk itu dan mengajak mereka untuk berpikir hal-hal menyenangkan penuh senyuman?

Setiap orang punya respon yang berbeda-beda, tetapi dari yang saya alami, sebagian besar memberikan respon positif:

*

“Tentu saja, setiap hari harus bahagia!”

“Aku bahagia hari ini karena banyak yang memuji hasil karyaku di FB”

“Aku bahagia karena aku bisa bernafas hari ini”

“Aku bahagia karena bunga di halamanku hari ini bermekaran”

“Aku bahagia saat melihat jagoan kecilku terbangun pagi ini dan bilang: Papa, papa..”

*

Ah, sederhana… tetapi sangat manis, bukan?

Mungkin pembaca ingin mencoba juga sapaan model saya ini? Semoga kita bisa berbagi kebahagiaan hari ini!

Happy Blogging!

29 responses

  1. cumiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    pantes waktu itu lo tanya kabar gw gimana..
    gw malah bingung…
    kan ga biasanya lo begitu ..😛

    18 May 2011 at 2:38 PM

  2. wahhh dapat tambahan ilmu baru nechh……

    kalo misalnya kita nanya di chat begini : ehh dah gajian apa blm loe? boleh dong minjem uangnya heheheh……langsung ditimpuk kali yachh…..

    18 May 2011 at 2:45 PM

  3. kebetulan saya tak suka chatting, hingga amat jarang chat, kalau chat pun cuma sama famili yg beda kota. ga pernah pakai sapaan, paling sering langsung kirim tebakan, biar dia bingung hahaha…

    atau tiba² kirim sms ke kawan, “eh, mau curhat ga? udah lama ga denger orang curhat nih?”. jadilah dia bingung yg terima sms. hahaha…

    tapi kalau sapaan, setiap ketemu kawan yg paling sering saya ucapkan adalah, “sehat aja kan?”

    saia memang sering ngawur. hahaha….

    18 May 2011 at 2:51 PM

    • mandor tempe

      Sebagai orang yang pernah tinggal di Daerah malang tentunya ada sapaan khas yang tidak semua orang bisa menerimanya kecuali sudah benar-benar akrab “Jik urip tah?” Sapaan keakraban bahwa kehidupan itu memang penting dan harus dinikmati.
      “Ayamnya dah dikasih makan belum?” Kalau ayam dikasih makan berarti yang punya sudah makmur dan kelebihan rejeki.

      18 May 2011 at 3:15 PM

      • Hahahahaha iyo lah sek urip.😆

        20 May 2011 at 11:14 AM

  4. kalo aku menyapa di YM biasanya Yuhuuuu atau Oyy🙂

    18 May 2011 at 3:02 PM

  5. Wew… keren banget mas!
    bahasanya alay banget! wkwkwk… *sinting gw!

    Patut di coba kayaknya, tapi aq memang jarang banget mulai chat, so cuma menunggu orang nyamperin aq duluan..
    hihi…😆

    18 May 2011 at 3:09 PM

  6. aku hampir gak pernah chatting sih Prim…
    soalnya suka kagok aja kalo ada yang ngajakin chatting sedangkan Fathir lagi gelantungan di kaki aku sambil jedot jedotin pala ke keyboard..hihihi…

    Tapi kalo ada yang nanya begitu ke aku…ehm…
    aku jawabnya…merasa sangat bahagia…couldn’t ask for more🙂

    18 May 2011 at 3:13 PM

  7. mandor tempe

    Sebenarnya pengenjuga nanya prima seperti itu, tapi apa daya statusnya selalu dipasang offline. Bagaimana saya tahu dirimu sedang beredar saat itu?
    *alesyan*

    18 May 2011 at 3:17 PM

  8. tp kalua belum terbiasa keliatannya masih kaku ya mas,,,🙂

    18 May 2011 at 3:34 PM

  9. “Bagaimana perasaanmu hari ini?”
    “Apakah kamu bahagia hari ini?”

    Menurut saya …
    It’s too far …

    Terlalu personal …
    Sehingga berpotensi untuk membuat orang tidak nyaman

    salam saya

    18 May 2011 at 3:41 PM

  10. bunda mulai dari menyapa Pim disini aja ya dengan sapaan yg tak biasa ini🙂
    sehat2 khan Pim? dan bahagia tentunya ya Pim🙂
    salam

    18 May 2011 at 3:43 PM

  11. baiklah.. besok kucobain deh.. ^^

    18 May 2011 at 3:52 PM

  12. Oke banget sapaan baru-nya Prim, asalkan ditanyain ke orang yg lagi ‘positif’ ya, kalo gi bete khawatir aja malah disemprot “napa lo nanya2?” hihihihi

    18 May 2011 at 4:18 PM

  13. wah, menarik sekali ide itu… memberi sentuhan lebih personal untuk sebuah persapaan yang biasanya dianggap remeh temeh saja ^_^

    18 May 2011 at 5:24 PM

  14. waaaah fatut ane cioba itu mas.. hehe
    bagaimana kabar anda? dahsyat! (kayak acara lagu alay yang ada di tipi)

    18 May 2011 at 5:43 PM

  15. ati2 Prim
    ntar disangka ada hati2
    ato lagi pedekate
    udahannya bingung sendiri lho ntar xixixiix

    18 May 2011 at 9:14 PM

  16. InVinciBle TeTik

    saya agak opposit nih ma om NH
    saya tertarik dengan sapaan yang akrab seperti kadang saya pake “Bagaimana kabar iman hari ini?” tapi memang beda2 sih tergantung forumnya..

    18 May 2011 at 11:12 PM

  17. hihihi..langsung praktek dah.. ^^

    18 May 2011 at 11:39 PM

  18. bagus juga tuh sapaannya…🙂
    iya kalo bahagia bisa ditularkan akan lebih baik ya…

    19 May 2011 at 1:35 AM

  19. Perlu dicoba juga mas, karena saya yakin banyak orang akan terheran2 sendiri dengan sapaan yang tidak biasa ini.

    19 May 2011 at 8:41 AM

  20. :mrgreen: gimana rasanya yah? hihi..

    19 May 2011 at 9:22 AM

  21. klo q pertama yg sll q ucapkan “assalammualaikum” (dah mewakili semua nich)…… hi pa kbr hari ini, kayak sobat hehehehehehehe..

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    19 May 2011 at 9:45 AM

  22. Ann

    Hmmm.. ok juga.
    Tapi aku termasuk orang yang malas dan jarang chatting😀

    19 May 2011 at 10:51 AM

  23. itu pertanyaan para motivator di kelas2nya mereka deh….

    19 May 2011 at 11:10 AM

  24. Agung Rangga

    *buru-buru nyusun daftar pertanyaan*

    19 May 2011 at 11:36 AM

  25. apaan…perasaan kemaren pas chat, kamu nyapa gini :

    Mbak, gimana profilku oke ga?
    qiqiqiqi piiisss pim….

    bagaimana jika dirubah seperti ini aja pim:

    Hai, semoga hari ini menyenangkan bagimu, apa kabar?

    19 May 2011 at 12:42 PM

  26. Saya malah pernah nanya ke rekan ‘jadi cerai ngga sih?’
    Malah dimaki,…
    Habis,… istrinya cantik😀

    20 May 2011 at 9:43 PM

  27. trus kapan kita chatting nih, Mas Prim?

    22 May 2011 at 7:23 AM

Leave a Reply

