Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Pinching Bunga yuk!

Wah, lama sudah gak posting tentang berkebun, semoga bisa terus semangatย  ngutak-ngatik taneman..๐Ÿ™‚

Hari minggu ini, cuaca lagi cerah di rumah… ngapain yah? saya ambil gunting tua punya si mamah. Sebenarnya itu gunting buat kain, tetapi karena dah usang, si mamah ngijinin saya buat pake berkebun. Hore! hari ini pinching bunga!

 

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa munculnya bunga seperti klimaks dari menanam tanaman berbunga. Ya iya lha, apa lagi yang ditunggu selain kemunculan si bunga yang berwarna indah itu? Tetapi terkadang kita juga perlu melihat kondisi tanaman itu saat berbunga. Tidak selamanya bunga itu muncul pada saat yang tepat!

OK, begini teorinya. Bunga adalah modifikasi daun yang terbentuk sebagai alat perkembangbiakan, pada umumnya bunga akan berubah menjadi buah. Ibaratnya manusia, pasti akan “berat” banget saat mengandung. Sama halnya dengan tanaman, saat berbunga, energi dan segala nutrisi terfokus pada bunga, apalagi saat bunga sudah dibuahi dan menjadi buah, perkembangan buah seperti menjadi penyedot utama nutrisi tanaman sama halnya janin dalam perut ibu yang perlu dikasih nutrisi terbaik, ya kan?

 

Munculnya bunga secara alami dipengaruhi oleh nutrisi dalam tanah dan kondisi cuaca (suhu, cahaya, kelembaban, dsb). Terkadang saat tanaman masih berukuran kecil, karena satu dan lain hal, tanaman sudah berbunga, lebat lagi! Padahal daun masih sedikit, cabang masih bisa diitung jari, lha si taneman sudah berbunga banyak. Cantik memang, tetapi belum cukup umur! Jadi dengan sangat terpaksa, saya akan aborsi bunga-bunga itu alias pangkas! Kejam memang, tetapi ini untuk kebaikan bersama…๐Ÿ˜€

 

Kali ini saya memangkas bunga dan bakal bunga Lantan camara yang saya baru tanam di halaman, daun-daunya masih sangat sedikit, tetapi bunganya tiba-tiba rajin bermunculan.

Saya pinching (potek/pangkas ringan) semua bentuk bunga dan calon bunga. Dengan harapan, pertumbuhan bunga akan terpusat apda pembentukan cabang dan daun sehingga tanaman menjadi rimbun daunnya kemudian baru berbunga dengan lebih lebat. Jadi lebih indah kan? Pengorbanan di awal ini untuk mendapatkan hasil lebih baik di kemudian hari.

Ini adalah contoh Lantana camara yang rajin saya pangkas bunganya. Sekarang sudah mulai lebat dan saya masih perlu memangkasnya sampai daunnya benar-benar lebat dan ukurannya sudah cukup cantik jika berbunga kelak.

 

Jadi, jika sahabat mempunya tanaman kecil yang berbunga, tidak ada salahnya memangkas bunganya sekarang. Karena penampilan bunga dengan daun atau badan yang terlampau kecil akan terlihat tidak segar dan memberatkan tugas si tanaman sindiri. Jadi jangan ragu untuk memangkas bunga!๐Ÿ˜€ Tapi jangan tiba-tiba pangkas bunga tetangga lho ya…๐Ÿ˜†

 

Kapan-kapan saya akan tulis bagaimana memangkas/pruning cabang tanaman untuk meningkatkan jumlah cabang atau membentuk badan tanaman!๐Ÿ™‚

 

Oh iya, masih ingat dengan stek tanaman saya, di postingan ini: Easy Cutting sebulan yang lalu? saya mencoba stek Pseudarentemum jessica dan Lantana camara. Sekarang mereka sudah siap dipindahkan!

 

Meskipun stek Lantana camara gak berhasil 100%, tetapi masih oke lha. Sedangkan si jessica 100% berhasil. Sekarang tinggal cari tempat dimana saya akan pindahkan tanaman ini.๐Ÿ™‚

 

Hmmm… satu lagi, tanaman yang saya tanaman dengan geragihnya, dapat minta di kantor teman sekarang sudah berbunga! Seneng nya! Sebulan aja sudah pada rame bunganya!

Coba tebak apa nama tanaman ini? Next posting tentang gardening saya akan bahas tanaman ini dan bagaimana saya menanamnya, Okeh!๐Ÿ˜€

 

Salam Kebun!

48 responses

  1. estherlina

    hm…pansy yach kak pim?

    6 March 2011 at 11:34 AM

    • estherlina

      see….
      Torenia fournieri๐Ÿ™‚

      6 March 2011 at 11:36 AM

      • Hahahahaha… hampir salah…๐Ÿ˜€ Good!

        6 March 2011 at 7:58 PM

  2. mbacanya seneng pisan…tpi belum tertarik berbunga…eh berkebun prim….

    kapan yak…rasanya waktuku masih aja kurang *sok sibuk*

    6 March 2011 at 11:38 AM

    • sekali2 weekend gt, ngerapihin bunga2 mbak… sekalian biar anak2 cinta tanaman….

      6 March 2011 at 7:58 PM

  3. Wah.. keren infonya!๐Ÿ˜€
    Ohya, bunga yang terakhir itu kayak trompet gitu ya mas?
    Hemm.. namanya apah yah???๐Ÿ˜†

    6 March 2011 at 12:44 PM

    • Next time saya bahas kok… makasih masyhury semoga bisa semangat berkebun!

      6 March 2011 at 7:56 PM

  4. baiklah. Info ini akan sy kasih tau ke my mom. thx y mas..๐Ÿ™‚

    6 March 2011 at 1:30 PM

    • sip!๐Ÿ™‚

      6 March 2011 at 7:55 PM

  5. bagnidilucca

    The first photo – lantana – is classed as a weed in Australia as it takes over everything and is hard to get rid of. Here in Italy it is very popular. It is a very pretty plant, but when it grows to resemble a blackberry bush and takes over farmland it is a nuisance.

    6 March 2011 at 1:56 PM

    • Exactly! I read in some articles Lantana is a weed in Australia, and even they cause harm to cattle since it is poisonous plants. But nowadays, this plants have many various of hybrids with various color of flowers. It’s simply so tropical and easy to grow!

      6 March 2011 at 7:55 PM

  6. dek rmh menone juga byk nich bunga2 bagus namun sayang ga kerawat hehehehehehehehe…….

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    6 March 2011 at 2:53 PM

    • Hahahahah… mas sih gak care!๐Ÿ˜› sekali2 gt disiramin….

      6 March 2011 at 7:51 PM

  7. Hee laah… itu photo yang pertama, saya juga punya puun itu… kalo mo cepet tumbuh dengan baik coba dipasangin CD lagu classic mozart deh mas… menurut penelitian di Inggris bisa bikin tambah sehat, gak tau deh bener apa enggak…

    6 March 2011 at 3:02 PM

    • Hahahhaahha… namanya telekan atau bunga tahi ayam katanya…๐Ÿ˜› iya saya juga pernah denger… tapi jadi kaya orang bego, wkakakakaak….

      6 March 2011 at 7:50 PM

  8. Saya baru ngerti bunga kecil2 agak orange itu namanya lantana camara.
    Saat saya kecil, bunga itu tumbuh ditepi jalan sepanjang desa saya.
    Waktu itu saking seringnya liat dan banyaknya populasi yang ada, sampai2 bosan ngeliatnya.
    Dan sekarang kayaknya sudah hampir nggak ada karena pinggir jalan dikampung saya sudah jadi rumah dan warung

    6 March 2011 at 3:40 PM

    • iya om, katanya namanya telekan, atau bunga tahi ayam, baunya gak enak gt… ini jenis hybridanya mas, jadi daunnya lebih kecil dan cabangnya lebih pendek… dan sekarang warnaya dah macem2 lho… hahahahhah…

      6 March 2011 at 7:49 PM

  9. yustika

    mas prim, pindah ke rumah di malang aja, bantuin emakku ngurusin tanaman2 gak terawat dpn rmh, kalo dah beres ntar boleh balik lg ke kalsel, wakakakak… *sak’wenake dewe, hahaha…

    6 March 2011 at 4:07 PM

    • ๐Ÿ˜€ weleh2… asal ongkos PP gratis mau dah aku…

      6 March 2011 at 7:47 PM

  10. aku sudah melaksanakan perintahmu buat motongin calon bunga yg muncul di tanamanku yg masih kecil2, dan sosok meraka sekarang lebih terlihat kompak, dan proporsinya kyaknya bakalan bagus buat berbunga!

    bdw…itu bunga yg di bawah bagus deh…aku mau๐Ÿ˜ฆ

    6 March 2011 at 6:42 PM

    • Good! Hahahahahaha…. Ntar di foto ya kalo dah berbunga rame!

      Itu dapat di kantor temen, sudah bertahun-tahun tumbuh di antara semak2 dan rerumputan, dua hari kemudian, halaman itu disabit bersih, wkakakakaka… buset dah! untung gw dah ambilin, jadi gak musnah semua!

      temen gw bilang: mas, kok rumput diambilin!
      Gw: gundulmu rumput! ini tanaman hias tau!
      ๐Ÿ˜€

      6 March 2011 at 7:46 PM

  11. Laki-laki pecinta bunga๐Ÿ™‚ lam kenal ya

    6 March 2011 at 7:03 PM

    • Wakakakka.. kesannya gimana gt… (-_-‘) besok2 cari hobby yang lebih macho ah… hobi benerin atap bocor!๐Ÿ˜›

      6 March 2011 at 7:42 PM

  12. Daku pernah dimodalin ibu beberapa pot bunga. Lha sekarang malah sudah lupa nasibnya bagaimana. Itu juga sudah dimodalin yg keberapa kalinya.

    Kalau foto2 sih lebih seneng foto bunga2nya ibu. Ada juga yg berbunga seperti burung. Di sini nih fotonya:

    http://dewo.wordpress.com/2009/08/12/kembang-bonus-burung-2/
    http://dewo.wordpress.com/2009/05/18/kembang-bonus-burung/

    Daku sih lupa namanya, padahal sudah pernah dikasih tahu ibu namanya. Hehehe…

    Eh maaf, kok daku malah promosi kembang di sini. Hehehe…

    Salam

    6 March 2011 at 7:07 PM

    • Burungnya yg ijo di tengah bunga itu loh…

      6 March 2011 at 7:32 PM

    • Aku malah keabisan pot disini๐Ÿ˜ฆ mau beli gak ada bajet…. semua pot terisi!

      Iya aku dah cek, hehehehee…. iya ya aku perhatikan ternyata mirip burung kecil…

      6 March 2011 at 7:41 PM

  13. Wah prima hebat, pantasan jiwa seninya mendalam banget…dapat aura dari tanaman bungan hikhikhik

    6 March 2011 at 7:09 PM

    • Hahahaahhah… eis salah! justru saya obok2 taneman semenjak kuliah… dulunya mah cuek!๐Ÿ˜†

      6 March 2011 at 7:39 PM

  14. trampil juga juga berkebun, ya?

    6 March 2011 at 7:17 PM

    • tuntutan pekerjaan mas… ya kan aku juga belajarnya ilmu beginian… kikikikikiki…. bisa karena biasa๐Ÿ˜€

      6 March 2011 at 7:38 PM

  15. nice info…
    mantabs jaya….

    6 March 2011 at 7:47 PM

  16. Waahh..ajarin berkebun donkk..
    Tapi aku kurang suka berkebun,apalagi merawat tanaman *kecuali nyiram*..
    Ihh..takut ada ulet..
    kenapa yah cowo2 suka lebih telaten dalam mengurus tanaman..

    6 March 2011 at 9:34 PM

  17. Foto2nya keyen..
    lebih suka menikmati bunganya deh,dari pada di suruh Pinching..
    bisa2 ntar di gunduli semua ma daun2nya hahha..wakakak…

    6 March 2011 at 9:36 PM

  18. itu bunga terompet yah mas? saya suka liat2 kebun apa lagi ada bunga2 gt…tp kurang rajin untuk merawatnya alias msh males hehehhe

    6 March 2011 at 10:05 PM

  19. sapa malam aja prim.. ga bisa tidur dan ga baca artikelmu, something happen with me

    6 March 2011 at 11:22 PM

  20. AA

    Selamat pagi kang Prima..(boleh ya saya panggil dg kata kang?)

    hehehehehe…

    Wah, ajib deh..

    Ke tegal aja kang, bantuin ibu saya ngurusin bunga-bunganya biar tambah menawan..siapa tahu bakal dipek jadi mantu buat kkk perempuan saya…hahahhaha..ngaco… Becanda pisssss

    Untung bunga itu suaranya gak kedengaran yah…rasanya dipangkas gmn ya? Sakit…

    hehehehehe…

    Oh ya ngomong2 ttg komen di atas..Hobi benerein genteng keren tuh…

    7 March 2011 at 5:51 AM

  21. prima…gue nyerah kalau udah ada hubungannya dengan berkebun….saya mempercayakan sama istri yang dibantu juga sama kakak….. saya tahunya pohon mangga, pisang dan rambutan doank…. hehehehe…. padahal di rumah banyak banget jenis tanaman yang ada….dari delima hingga mahkota dewa….Sesekali orang yang ngidam minta buah delima yang merah….atau yang sakit minta mahkota dewanya….

    7 March 2011 at 8:46 AM

  22. gimana interview lo bang? maaf oot hahahah anyway gue juga suka berkebun loooh yuk kita berkebun bareng *,*

    7 March 2011 at 9:51 AM

  23. saya lebih tertarik berkebun tanaman buah, namun demikian ada beberapa jenis bunga juga di halaman rumah sebagai penyeimbang

    7 March 2011 at 12:04 PM

  24. kalo ada buku determinasi bisa juga kutebak itu prim
    tapi cantik kali bunganya ya
    salutlah dirimu ini rajin bertanam tanaman apalagi bunga
    bisa kubayangkan halaman rumahmu
    jadi teringat jaman ibuku masih di rumah dulu๐Ÿ˜ฆ

    7 March 2011 at 12:47 PM

  25. Kayanya saya emang gak ada bakat Mas Prim, maslaah potong memotog (walau sedikit)…bakatnya cuma jadi pengamat dan komentator๐Ÿ˜€

    7 March 2011 at 2:08 PM

  26. Sejuk deh kalau ada bunga-bungaan

    7 March 2011 at 4:34 PM

  27. pot-pot ku yang berbunga, cuma tinggal mawar 2 pot,, secara kalo ditinggal pulkam, pada mati,, ๐Ÿ˜ฆ
    dan habis tak pangkasin kemaren2,, sekarang sudah berbunga dengan daun yang muda2๐Ÿ™‚

    7 March 2011 at 5:21 PM

  28. asiknya yg berkebun.
    ajarin, mas. hahhaha๐Ÿ˜€

    8 March 2011 at 7:09 AM

  29. Wah… kalo aku cuma bisa menanam lidah buaya… Nggak perlu dirawat sih…๐Ÿ˜€
    Aku suka banget melihat bunga2 kecil paling atas. Biasanya di kotaku, di rumah gedongan pasti ada bunga ini๐Ÿ™‚

    8 March 2011 at 11:49 AM

  30. Ah, sebagai orang yang gak tertarik berkebun, saya baru denger yang namanya “pinching”…๐Ÿ™‚

    OK, begini teorinya. Bunga adalah modifikasi daun yang terbentuk sebagai alat perkembangbiakan, pada umumnya bunga akan berubah menjadi buah. Ibaratnya manusia, pasti akan โ€œberatโ€ banget saat mengandung. Sama halnya dengan tanaman, saat berbunga, energi dan segala nutrisi terfokus pada bunga, apalagi saat bunga sudah dibuahi dan menjadi buah, perkembangan buah seperti menjadi penyedot utama nutrisi tanaman sama halnya janin dalam perut ibu yang perlu dikasih nutrisi terbaik, ya kan?

    Wah, ternayta begini ya, saya emang payah biologi sejak SMA… (padahal SMP biologi saya lumayan lho…)๐Ÿ˜†

    Tapi, saya suka dengan istilah “mengaborsi bunga”…๐Ÿ˜†

    10 March 2011 at 6:45 PM

  31. Ouw,,gitu ya mas Prim..
    harus terpaksa dipotong ya, kalau belum cukup umur berbunga.
    aku baru tau mas..
    seringnya sih aku kalau tanaman baru ditanan beberapa bulan trus berbunga aku malah seneng banget..
    sempet kepikiran sih, koq cepet banget ya udah berbunga..
    ouw,,taunya belum cukup umur..
    wihhh,,kl gt weekend besok harus siap2 gunting aku mas..
    mau potong2 bungan yg belum cukup umur..
    makasih banyak infonya ya mas prim..

    11 March 2011 at 2:26 PM

  32. Pingback: Torenia yang Rajin Berbunga « PrimeEdges

Leave a Reply

