Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Oleh-Oleh Desa Gunung Makmur

Hah! Akhirnya bisa posting lagi….πŸ˜›

Sebenarnya bukan males, cuma bahan untuk posting baru siap…

Sahabat,

Seminggu yang lalu, sore hari, saya di ajak seorang teman baik hati bernama Eko untuk mengunjungi rumah budhe-nya di Desa Gunung Makmur, 15-20 menit perjalanan dari kota Pelaihari. Awalnya desa ini dulu bernama Gunung Gundul, karena memang gersang dan hanya hutan belantara. Kemudian sekitar awal tahun 80-an, pemerintah mengadakan program transmigrasi besar-besaran dari pulau Jawa, jadilah Gunung Gundul ini dijadikan salah satu tujuan transmigrasi. Lahannya yang luas dan tak terolah menunggu para golden fingers untuk menggarapnya.

Sekian tahun berlalu, kini Gunung Gundul sudah tampak lebih hijau. Banyak bermunculan sawah dan kebun sayur. Masyarakat pun akhirnya mengubah nama Gunung Gundul menjadi Gunung Makmur, menurut saya karena memang gunung itu tak lagi gundul, dan masyarakatnya pun hidup makmur dan berkecukupan (Ini pendapat saya saja, saya tidak tahu pastinya).

Tidak terlalu banyak hal spesial yang saya abadikan dengan kamera. Tetapi seperti yang disampaikan oleh seorang senior, “Sampaikanlah meskipun itu pahit“, eh sedikit maksudnya…πŸ™‚ Yuk ikut saya jalan-jalan…

 


ini baru nyampe di rumah si budhe-nya temen, di seberang ada anak-anak lagi main voli.

 


Jalan-jalan di sekitar rumah nemu objek sederhana yang lumayan…

 

Ada suguhannya lho…

Teh manis…


Donat lokal harga 500-an, alot banget digigit…wkakakakakak…

 


Mulai jalan-jalan ke sekitar persawahan…


Pak Tani-nya…


Jalanan-nya… itu sepeda motor kitaπŸ˜€

 


Sumur tua…


“Ini buat apa pak?” “Buat Tiwul mas…”


sapi kecil…


Jujur saya gak tau ini pembibitan apa… mungkin ini bibit karet…*mudahan benerπŸ˜›


Gak nyangka kan ada rumah gaya joglo begini, artinya desa ini transmigrannya memang berasal dari jawa…


maaf itu helm..hihihihihi…


halaman rumah yang bersih dan asri banget…


ini juga bersih…


Ada yang ingat foto adik kecil ini? Ya, ini gambaran asli dari foto di postingan sebelumnya


Ada rumah yang bagus juga…πŸ˜€


Senja merayap… kami bergegas pulang…


Adik kecil juga pulang dari memancing…

 


Seperti biasa… kameramen narsis dulu… wkakakakaakkaka…

 

 

OK. sampai disini dulu jalan-jalan kita… Moga ada kesempatan jalan-jalan lagi…

Salam Jepret!

42 responses

  1. wah.. bener-bener pedesaan yah..!πŸ˜†
    selain pemandangannya yg bagus, teknik pengambilan gambarnya juga bagus.. keren dah!!!

    yang narsis mana? kok gk keliatan???πŸ˜€

    28 January 2011 at 3:23 PM

    • boong! jelas2 keliatan..wkakakakakka…

      makasih ya mas…πŸ™‚

      28 January 2011 at 9:37 PM

  2. Luckily there is google translate, now I can understand your post. The pictures wanted me to learn more about your story. Great stuff!

    28 January 2011 at 3:34 PM

    • Thanks Tom! Is it? good for you… yes, we can learn each other…

      28 January 2011 at 9:38 PM

  3. Salam Takzim
    Foto-foto keren kang, wadoooh jadi pengen nemenin main voli tuh ce ce nya boleh juga , salam kenal kang
    Salam Takzim Batavusu

    28 January 2011 at 3:36 PM

    • heheheh…anak kecil lho mas…. wkakakakka

      thanks masπŸ™‚ salam kenal

      28 January 2011 at 9:39 PM

  4. di daerah mana sih itu prim? suasananya masih kampung gitu ya…menyenangkan….

    bdw foto yg narsis bagus…

    28 January 2011 at 3:51 PM

    • Pelaihari, kalimantan selatan…

      bagus pemandangannya kan? apa orangnya?πŸ˜›

      28 January 2011 at 9:39 PM

  5. wah mas prima jago motret nechh…keren-keren hasilnya, lokasinya dimana yachh? masih suasana pedesaan, jadi inget kampung ehheeh….

    btw salam kenal yachh…tukeran link juga yachh

    28 January 2011 at 4:18 PM

    • masih belajar mbak…πŸ™‚

      salam kenal. mudahan inget..minggu saya akan review blogroll…πŸ™‚

      28 January 2011 at 9:40 PM

  6. saya agak pusing nih pas baca kalimat ini: “Awalnya desa ini dulu bernama Gunung Gundul, karena memang gersang dan hanya hutan belantara.”

    sebenernya gersang apa hutan belantara?πŸ˜€

    btw, di Kalimantan banyak sawah ya?

    28 January 2011 at 5:03 PM

    • Hahahhaah..salut deh mbak satu ini jeli bener sih…

      Jadi mbak, mungkin dibilang gundul karena, sebenarnya lahan bisa dibilang tandus, ada semak-semak dan pepohonan, cuma didomiansi dengan padang rumput dan ilalang… atau bisa juga karena “gundul rejeki”, karena pada dasarnya orang banjar gak bakat bertani… mereka suka dagang..πŸ™‚

      di kalimantan…beberapa tempat ada, ini buktinya… kecuali daerah pasang surut/rawa, emang gaka da…wkakakaka…

      28 January 2011 at 9:43 PM

    • Yang Hani suka sama Mbak Rime…orangnya teliti…….Hani aja nggak ngeh!

      29 January 2011 at 3:09 PM

  7. ha..ha…ha..ha..
    suka sama foto..fotonya..
    tapi gak suka sama foto terakhirnya
    ha…ha..a..ha.
    kerennnnnnnn..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
    tenang…
    minggu depan lo bakal ngiri sama foto..foto gw..
    gw mau liburan bow..πŸ˜›

    28 January 2011 at 5:45 PM

    • gw tunggu… awas jelek!πŸ˜€

      28 January 2011 at 9:43 PM

  8. Pingback: Oleh-Oleh Desa Gunung Makmur (via PrimeEdges) « Finland on 3 Pix a Day

  9. Pingback: Oleh-Oleh Desa Gunung Makmur (via PrimeEdges) Β« Finland on 3 Pix a Day - Gunung, Extra, Posted, PrimeEdges, Kemudian, Gundul, Leave, Price - Iklan Baris Gratis - Iklan Gratis Tanpa Daftar

  10. jadi kangen kampung…

    semangat lagi ya primmmmmmm.. keren abis bikin kangen kampung… OMG

    salam hangat penuh semangat

    28 January 2011 at 7:37 PM

    • hhihiihhi… kangen di luar tanggung jawab kameramen…πŸ˜€

      28 January 2011 at 9:44 PM

  11. Bunga pasti selalu membuatkuj tergoda.. buset dahhhhhh primmm sumpe deh ah

    cuantikkkkkkkkkkkkkkkk

    28 January 2011 at 7:38 PM

  12. foto2nya keren prim!

    29 January 2011 at 1:21 AM

    • makasih mas arman….

      29 January 2011 at 9:32 AM

  13. bagnidilucca

    Thanks to Tom I have seen your beautiful photos.

    29 January 2011 at 3:19 AM

    • Thanks Lucca!πŸ˜€

      29 January 2011 at 9:35 AM

  14. eh, adik yg naik sepeda ituh…
    langitnya…senjanya…..
    indah…

    29 January 2011 at 6:08 AM

    • Hhahahaah iya..
      πŸ™‚ thanks mbak…

      29 January 2011 at 9:36 AM

  15. woooww!!manstap pim!!!!
    foto2ny bikin ngilerr sumpah…..^_^
    *waaaah jelajah kalimantan nh….lanjutkan….dtggu karya2 trbaik slanjutny….πŸ˜‰

    next post daerh mna lg neeh??heee

    29 January 2011 at 9:55 AM

  16. iiN

    wah, harga donat disana 500-an ya?.. boleh lah nanti usaha donat disana.. hii

    29 January 2011 at 10:36 AM

  17. jadi inget kampung halaman. sayang aku nda punya kemampuan njepret seperti ini, padahal objeknya lumayan banyak

    29 January 2011 at 2:26 PM

  18. Ann

    Sunsetnya bagus, biasanya kalau matahari sudah hilang warna langit juga keren buat difoto
    Foto sawahnya bagus, foto bunganya juga keren.
    Ayam, kucing, sapi, donat, sumur tua, bagus…bagus…bagus…
    Foto yang terakhir? Ok lahπŸ™‚

    29 January 2011 at 2:44 PM

  19. Jiaaahhhh, dia jalan-jalan….banyak wktu luang nie….aku kapan giliran jalan-jalan..hadew..ini hari cerah tapi kok malas buat keluar…alhasil cuma mainan laptop doangh….

    Seperti biasa..aku selalu jatuh cinta sama hasil fotonya..padahal kalau didatangi tak akan seindah itu meski..ya indah….kapan-kapan dech aku main kesana jika Tuhan mengijinkan…aminπŸ˜€

    29 January 2011 at 3:13 PM

  20. huaaa desanya bener2 masih asri banget, adem, tenang gitu ngeliatnya.
    berasa tentram hidup di desa seperti itu..

    gambar2nya jg keren2 mas..

    29 January 2011 at 3:25 PM

    • bunganya, petikkin buat aku satu ajaπŸ™‚

      30 January 2011 at 3:45 PM

  21. wow.. keren banget..
    saya paling suka sama foto pak taninya tuhπŸ™‚

    29 January 2011 at 10:06 PM

  22. Kalau berkunjung kesini, jadi ngiri terus, kapan punya kamera😦
    Foto dan angelnya bagus-bagus mas mantap

    30 January 2011 at 7:55 AM

  23. Usup Supriyadi

    apik tenan.
    ditanganmu, kamera memang tidak salah.
    semakin indah. ^,^

    30 January 2011 at 12:56 PM

  24. Prim…keren fotonya….

    Jadi pengen ke sana lagih huahahahaha (dag punya temen di sana, jd ga bakalan menyun kan? apalagi bisa dipotret2….asyik deh….

    31 January 2011 at 10:06 AM

  25. odeegulmatico

    Hi! Love your photos! They resemble a lot of the Philippines especially the farms and dusty roads and houses and kids… great collection!^_^

    6 February 2011 at 4:27 AM

  26. aku sih juga pernah kesana di tahun 2005 tepatnya di desa gunung makmur rumah boss aku didepan pasar gunung makmur sampai akhirnya perusahaan yang tempat aku kerja dinamakan pt gunung makmur karena kebetulan boss aku dari desa gunung makmur kec, takisung di sana memang asyik dan bikin krasan bahasa disana kebanyakan bahasa jawa dan kebetulan disana banyak orang ponorogo dan kebetulan tempat tinggalku juga di ponorogo jawa timur…….hanya didepan pasar gunung makmur dan srkitarnya aja yang berbahasa kalimantan walau mereka juga bisa bahasa jawa….foto-foto yang aku lihat sepertinay disekitar daerah rombongan 9 daerah transmigrasi rombongan yang ke 9 ( kata orang sana katanya begitu )

    12 February 2012 at 1:17 AM

  27. mantap prime,makasih ya promosikan daerah saya.ngomong2.aku asli orang situ lhoooo.lam kenal

    21 February 2013 at 3:06 PM

  28. doyok

    trims ya dah publikasikan tanah nenek moyangku…. tu daerah rombongan 4 sekarang dimekarkan jadi desa sumber makmur

    13 August 2013 at 10:59 AM

  29. edot

    mana foto desa gunung makmurnya mas bro? seharusnya masjd dijepret,pasar dijepret dan simpang 4 jepret juga. baru maskot gunung makmur,hahaha promosi kampung sendiri.. terimakasih

    28 August 2013 at 3:02 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s