Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

[Film] Grave of The Fireflies

Tada! Happy Sunday Bloggers! Film review time…

Setelah minggu lalu saya membahas film animasi  The Girl Who Leapt Through Time , hari ini lagi-lagi saya akan cerita tentang film, sama-sama animasi, sama-sama diangkat dari sebuah novel. Ntah kenapa animasi atau film yang diangkat dari novel umumnya kualitas ceritanya bisa diacungi jempol. Itulah kenapa saya suka film yang satu ini; realistik.

Grave of The Fireflies yang berarti “Kuburan para Kunang-kunang” ini bukan menceritakan tentang hantu atau misteri, tetapi tentang dua kaka beradik yang berjuang melawan kejamnya hidup pada masa perang dunia II.  Ahli sejarah animasi Ernest Rister menyandingkan film animasi ini dengan film Steven Spielberg: Schindler’s List dan menyatakan:  “It is the most profoundly human animated film I’ve ever seen”. Mantap!

Film hasil adaptasi dari novel semi-autobiografi karya Akiyuki Nosaka ini memang mengambil cerita nyata kehidupannya yang kehilangan adik perempuannya karena kelaparan di jaman perang akhir tahun 1945. See,this is based true story! Film ini diproduksi oleh Studio Ghibli pada tahun 1988, wkakakakakaka…*film lama ternyata, saya masih balita tuh. Studio Ghibli ini memang saya kenal sebagai studio film yang banyak menghasilkan film-film terkenal seperti Spirited Away dan Princess Mononoke, kapan-kapan saya bahas kedua film ini!

Cerita diawali dari serangan pesawat sekutu yang menyerang sebuah kota di Jepang. Bicara sedikit sejarah, pasca serangan Jepang di Pearl Harbor di Hawaii, Amerika menyerang balik dengan melepas bom nuklir yang meluluh-lantahkan dua kota di Jepang, tetapi tidak sampai disitu, Amerika dan sekutunya membabat habis kota-kota di jepang dengan “firebombing” , mereka membakar kota-kota di Jepang yang banyak menimbulkan banyak kematian rakyat sipil, kebakaran, dan kelaparan. Aksi firebombing di Jepang saat itu membuat tanah jepang tak henti-hentinya mengeluarkan asap berbau daging manusia!😯

Peristiwa ini juga membuat kakak beradik Seita dan Setsuko menjadi yatim piatu. Keduanya kehilangan rumah dan mulai menjalani hidup dengan penuh keprihatinan. Berpindah-pindah tempat tinggal, sampai mencuri untuk hanya sekedar memperoleh makanan mereka lakoni. Seita adalah sosok kakak yang selalu ingin melindungi adik perempuannya, Setsuko yang masih polos dan tidak tahu apa-apa. Dalam kehidupan yang sulit pun mereka sempat masih tersenyum dan merasakan indahnya persaudaraan dan kasih sayang.

Tetapi hidup terkadang terlalu kejam untuk anak-anak seumuran mereka. Bagaimanakah Seita dan Setsuko bertahan hidup dalam kelaparan? Sampai kapan Setsuko menyebut batu adalah sebuah nasi kepal? Sampai kapan Setsuko harus menunggu Seita membelikan sekaleng kembang gula untuknya?

Sebuah film kemanusiaan yang sangat menyentuh saya. Jujur saya sempat berkaca-kaca menonton film ini. Film yang mengakat sebuah hal-hal sederhana, realistis tetapi penuh arti. Film yang menggambarkan bahwa perang bukan hanya sekedar adu kekuatan antar bangsa, tetapi menimbukan banyak tragedi kemanusiaan di baliknya. Film yang menggugah hati kita bahwa hidup di negara merdeka adalah sebuah berkah yang tidak terkira.

Tidak banyak dialog dalam film ini, tetapi justru disitulah saya bisa merasakan betapa pedihnya penderitaan keduanya. Jika anda belum pernah menangis saat menonton film animasi, tontonlah film ini. Tapi jangan lalu menyalahkan saya kalau…😀

>>The Quotes<<

Setsuko: Why must fireflies die so young?

*

Setsuko: I lost a shoe!
Seita : Don’t worry, I’ll buy you the better ones!

*

Setsuko : Seita. Have one.
[Holds out rocks]
Seita: Setsuko, what?
Setsuko: Rice balls. I made them for you. Here, have one.
[Seita starts crying
Setsuko: You don’t want them?
Seita: Setsuko.
[Cries]

***

Selamat Menonton!

 

PS: ternyata film animasi ini pernah di film-kan (bukan animasi), cek covernya, saya juga baru tahu😛

>>>Download TORRENT nya di SINI<<<

Sumber: wikipedia and google.

25 responses

  1. wah..jadi penasaran saya pengen menontonnya……

    14 November 2010 at 3:36 PM

  2. Wah pingin juga nontonnya kapan keluar VCDnya

    14 November 2010 at 4:02 PM

    • Teras info+Wardi kayanya fast reading… (-_-‘) *fiuhhh

      14 November 2010 at 4:14 PM

  3. belum sempat nonton film ini ,Prima.
    mungkin besok br di copy , baru ditonton deh🙂
    terimakasih banyak ya Prima utk kirimannya🙂
    semoga DIA menggantikan dgn lebih baik utkmu ,amin
    salam

    14 November 2010 at 4:42 PM

    • Jiaaahhhh bunda lagi nih Komen “layak” yang PERTAMA masuk…hahahahah…emang gak salah DVD nya meluncur ke Bunda dulu, hahhahahaha… Amin Bunda.

      14 November 2010 at 4:48 PM

  4. i like animation movie….. gambar animasinya sangat kerennnnnnnnnnnnn… jiwa design saya langsung membara.. OMG…

    sinopsisnya sangat keren.. apalagi filmnya

    14 November 2010 at 4:50 PM

    • Tada! Selamat Mbak Jum! Sudah saya catat sebagai penerima tali asih!😀

      14 November 2010 at 5:04 PM

  5. wah asik ni kayanya seru ceritanya.. ada donlodnya g yah😀

    14 November 2010 at 10:02 PM

  6. di indowebster😀 biar gampang..

    14 November 2010 at 10:07 PM

    • Saya gak biasa cari di Indowebster, mohon kalau Kang Ian nemu linknya, dipasang di komen ya…Thanks banget…🙂

      14 November 2010 at 10:20 PM

  7. Wah…..saya belum nonton filmnya..tapi baca ringkasan cerita nya di blog ini….berikut quote2 nya…udah bikin air mata saia mau meleleh….

    Ini film kayaknya cakep banget, yak….
    Kalo ada yang punya linknya mohon di share, yak… ^_^
    terima kasih…

    15 November 2010 at 12:19 AM

    • Iya filmnya emang jadul, tapi top buat saya. Layak tonton. Mudahan saya nemu link downloadnya.🙂

      15 November 2010 at 4:49 AM

  8. Sepertinya film yang sarat dengan nilai-nilai humaniora …
    Salam sukses …

    15 November 2010 at 3:31 AM

    • Iya mas, salam sukses juga🙂

      15 November 2010 at 4:50 AM

  9. Mas Prima dapat darimana sih referensi kaya ginian???

    Aku suka film2 yang inspiratif ntah itu animasi atau bukan, di mana banyaknilai moral dapat diambil…

    Jujur aku nggak gitu suka film cinta2an yang lebay, heeeeee

    Semoga harimu senantiasa indah dan penuh makna….

    15 November 2010 at 5:47 AM

    • Awalnya saya juga underestimate sama animasi jepang, selama ini orang sibuk dengan animasi amerika yang memang bagus dan wah. Tapi semenjak saya nonton satu film bertajuk “Spirited Away” saya mulai googling “The best anime film”, ternyata banyak yang bagus! padahal sudah jadul, tetapi anak2 negara kita gak pernah di sentuh film2 ini, ironis memang. Taunya doraemon, dkk.😛
      Dari situ saya bepikir bahwa anak2 Indo juga perlu tahu film aniamsi jepang banyak yang layak tonton! bukan cuma bikin ngakak…
      Semoga harimu juga selalu indah hani…🙂

      15 November 2010 at 6:07 AM

      • Oh, begitu…

        Mungkin aku tak terlalu pandai dalam berselancar mencarinya yah…
        Lagian juga di kostku internetnya kaya putri Solo, heeee

        Seep😉
        Hani lagi bener2 butuh segala sesuatu yang bikin hati ini adem dan labih bergairah, heee

        Selalu semangat, yah!!!

        15 November 2010 at 7:44 AM

  10. Jumialely

    Tali asih apa prim. Dapet mobil ya? Rejeki rejeki. Pingsan. Hi hi hi

    15 November 2010 at 2:12 PM

    • Iya mbak Mobil dari hongkong…wkakakakkakak….😉

      15 November 2010 at 2:37 PM

      • wah.. mana dari hongkong lagi… menanti di gerbang mimpi akhhh.. sapa tau dari hongkong datag artis animasi yag kuerennnnnn

        halahhhh

        15 November 2010 at 7:28 PM

      • Hahahahhahahhaha…. [semaput!]

        15 November 2010 at 7:39 PM

  11. Pingback: [Film] Spirited Away « PrimeEdges

  12. Luly Prastuty

    film yang sungguh luar biasa..
    benar-benar muram..
    saya salut sekali atas adanya film ini.
    menunjukkan kepada kita bahwa peperangan adalah hal yang begitu menyedihkan.

    15 March 2011 at 2:51 PM

    • Iya mbak, makasih…🙂

      15 March 2011 at 9:31 PM

  13. Yup setuju sama masnya… abis nonton niy..

    18 September 2013 at 10:13 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s