Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Degradasi HP (Part 1)

I had stopped thinking all about those gadget! it’s much better.

Terinspirasi dari sahabat blogger Rama dalam tulisan:ย Sejarah Handphone Anda Pertama Kali Sampai Sekarang. Saya teringat hp-hp yang pernah simpang siur dalam kehidupan saya 6 tahun terakhir. Ternyata di balik pergantian hp-hp tersebut terdapat pelajaran hidup bagi saya, yaitu hidup sederhana.

 

Kira-kira beberapa bulan setelah saya duduk di bangku kuliah di Bogor saya mulai merasa bahwa saya butuh hp. Teman-teman di kelas sebagian besar sudah memiliki hp, sedangkan saya sendiri yang berasal dari kampung tidak mengenal benda ajaib itu๐Ÿ˜€ Didorong oleh kebutuhan komunikasi dan bisikan teman-teman saya akhirnya menabung dan saya membeli handphone pertama saya, Nokia 6610.

Hp ini waktu itu sudah lumayan middle class, karena sudah dibekali layar warna dan suara polyphonic. Gaya euy akhirnya punya hp, bagus lagi!:mrgreen:

Perkembangan hp jaman itu cukup pesat. Saya mulai melirik hp lain yang kelihatan lebih lengkap fiturnya. Saya pun tukar tambah hp saya itu dengan Nokia N-Gage. Hp gamers ini benar-benar membuat hari-hari saya disibukkan dengan bermain game, semua game saya pasang dan hampir semua saya tamatkan.

Tidak lama, muncul N-Gage QD. Versi baru dari hp gamers ini memanjakan pecintanya dengan memaksimalkan fungsi layar, kecepatan kerja, keypad navigator yang lebih empuk dan bentuknya yang lebih nyaman. Saya tergiur! Ya saya pun mengganti hp saya lagi.

Sahabat, semenjak saya makin gila bermain game saya merasakan waktu saya terbuang dengan percuma, saya lupa waktu dan lupa belajar. Nilai ujian saya sedikit banyak turun. Saya sadar saya harus menghentikan kebiasaan buruk ini. saya menjual hp ini, dan membeli hape dengan sangat ceroboh. Sony Ericsson P800.

Ini adalah hp dengan umur paling pendek bagi saya, 5 hari! Bukan karena rusak atau hilang. Hp ini membuat saya stress dengan fungsi touchscreennya yang menurut saya ribet untuk orang seperti saya yang pecicilan. Too complex! Saya pun mengembalikannya dan membeli hp middle class berkamera lumayan SE K500i.

Dari hp inilah saya mulai merasa saya suka PHOTO! Saya mulai suka memotret dan merekam video. ย Tidak lama hp ini hilang di copet di terminal Bubulak!๐Ÿ˜€ Naas nian nasib saya. Di saat saya tidak punya uang saya membeli hp murah meriah untuk sementara. Nokia 6510. hp monokrom pertama saya!:mrgreen:

Tentu saja nafsu untuk berburu hp berkamera handal tidak berhenti begitu saja. Saat tabungan saya sudah cukup, saya segera membeli hp dengan kamera yang keren saat itu SE K750i.

Hobby foto-foto akhirnya berkembang pesat dengan hp ini. Saya juga mulai iseng-iseng belajar cara flash dan mengoprek software hp ini. Gila! saat itu saya sampai bisa mengubah software hp ini menjadi hp type lain, dengan suara keras, kamera super focus, dan tampilan beranimasi yang ajaib. Ilegal prosedur ini saya kuasai dengan begitu mudah, tetapi membuat saya sibuk sendiri dengan dunia gadget, setiap hari selalu berpikir bagaimana dengan ini, bagaimana dengan itu. Saya kan harusnya focus di kuliah!

Tuhan memang tau apa yang saya butuhkan. Sahabat, hp kesayangan saya ini akhirnya hilang di kampus, ntah bagimana caranya. Tuhan seperti mau bilang: “Stop sibuk dengan hp, back to study!”

SE W830i ini yang akhirnya menemani saya setelah kehilangan hp untuk kedua kalinya. Saya menyukainya karena kualitas suara yang memukau. Ini hp yang paling saya sayang dia antara hp-hp yang lain. Kepergian saya ke US membuat saya berpikir bahwa saya membutuhkan dua hp. Tidak tanggung-tanggung saya membeli Sang Jawara hp berkamera SE K850i dengan kamera 5 MPix!

Dengan berbekal dua hp keren ini (SE w830i dan K850i) saya terbang ke US untuk magang selama setahun.

 

Apa yang terjadi setelah itu?

Apakah perjalanan hp saya akan semakin gemerlap atau sebaliknya?

Apa yang membuat semuanya berubah drastis?

Pelajaran hidup apa yang saya peroleh?

 

Cari tahu jawabannya di Degradasi HP (part 2)!

 

Happy Blogging!

35 responses

  1. Ambil no dulu

    30 November 2010 at 11:56 AM

    • ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
      ——
      Ih, mbak usagi dapet PERTAMAX.
      ^^

      ——
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

      30 November 2010 at 1:29 PM

  2. Gaya lo cuyyyyy
    Pake acara bersambung
    Kaya di sinetron
    Gw jitak juga lo
    Ha ha ha ha
    Gw juga dulu
    Ribet bgt pengen hape yang plaing
    Update,, yang paling keren
    Sampaiakhirnya gw bosen sendiri
    Gw ganti sama hp biasa aja
    Yng penting tlp ama sms
    He he he he
    Baru dua bulan kemarin gw ganti
    Si black itu juga di beliin

    30 November 2010 at 12:01 PM

    • Hheehhehe…gw lagi ribet tadi bantuin mama di dapur, jadi gw pikir bersambung aja, biar gw gak acak2an nulisnya๐Ÿ˜€
      Yup, you can get the conclusion in the part 2…

      Put, bagi donk PIN lu…pin ATM…wkakakakakaka….

      30 November 2010 at 6:03 PM

  3. cukup sering juga ya Prima, ganti2 hape๐Ÿ™‚
    kalau bunda hanya pernah dua kali saja ganti hape, dan sekarang masih setia memakai SE K800 dan Nokia E71.
    itu saja sudah lebih dr cukup, krn hanya dipakai utk sms dan telepon saja๐Ÿ™‚

    bunda masih menunggu kisah selanjutnya disini ….
    salam

    30 November 2010 at 12:03 PM

    • catatanbumialfattah

      ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
      ——
      Hanya buat SMS sama telpon bund, gak buat paly ‘music’. Kalau saya plg sering setel musik.
      Ops..tp bukan musik sembarang musik lho..
      Hemh…

      Salam bunda,

      ——
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

      30 November 2010 at 1:28 PM

      • bunda kalau dengerin musik pakai ipod aja kok Bumi๐Ÿ™‚
        salam

        30 November 2010 at 2:04 PM

    • ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
      ——

      Iya nih bunda,
      ms Prim sukanya gonta-ganti istri. ^__^
      MsyaALLAH, sampai 8kali talak, 9 kali nikah….

      Kalau saya ganti istri cuma 2x bund,
      Hehhehe (sadis bener ya omongannya..)
      ——
      ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

      30 November 2010 at 1:31 PM

    • Iya bunda, tapi dah tobat! Wakakakakak
      Keren tuh bunda hapenya, kameranya maknyus!๐Ÿ˜€

      Bunda keren aja…pake ipod…๐Ÿ™„

      30 November 2010 at 6:06 PM

      • untuk bunda sih gak penting keren,Prima
        karena khan gaptek juga๐Ÿ˜ฆ
        yang penting bisa telepon dan sms aja ,udah cukup kok๐Ÿ™‚
        kalau ipodnya, anak bunda yg kasih, diisiin lagu2 Frank Sinatra, Sarah Vaughn, George Benson, pokoknya lagu2 lawas gituh deh… heehhe
        (ketauan seleranya jadul banget ya )๐Ÿ˜€
        salam

        30 November 2010 at 8:24 PM

  4. aku cuma 3 kali ganti HP

    gak terlalu addict jg sama handphone๐Ÿ˜€ jadi santai aja
    mau hp jadul or canggih yg penting bisa komunikasi hehe
    salam kenal๐Ÿ™‚

    30 November 2010 at 1:21 PM

    • Salam kenal melly. Hahahah…iya, baguuuussss๐Ÿ˜€

      30 November 2010 at 6:09 PM

  5. catatanbumialfattah

    ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
    ——

    Maaf lama tak berkunjug kemari.
    Di dunia nyata banyak kewajiban yg harus dilakonkan.
    ^–^

    Masya ALLAH, bekas2 istrinya banyak sekali mas…?
    Saya ajah ganti istri talak-cerai cuma dua kali… (ehmph…)

    ——
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

    30 November 2010 at 1:26 PM

  6. ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
    ——

    Maaf mas, baru sempat berkunjung.
    Hemh….

    Jgn sering gonta-ganti pasangan lho..
    ckckkckck

    ——
    ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ – ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…

    30 November 2010 at 1:32 PM

    • Lama gak papa, saya udah biasa kok, asal jgn lupa, gak gak gak…
      Duh, bukan istri itu…:D tapi sekarang sudah mencoba untuk setia…

      30 November 2010 at 6:11 PM

  7. Keren gaya mempostingnya,,๐Ÿ˜€
    jadi penasaran, gimana sih cara berHP orang US sono, hehe,,
    saya tunggu kelanjutannya…๐Ÿ˜€

    30 November 2010 at 2:17 PM

    • Thank mas… baru tau ada istilah “gaya postingan”๐Ÿ˜€
      Silahkan mas, sudah ada part 2 nya

      30 November 2010 at 6:14 PM

  8. Makin lama HP ku bukannya makin bagus tapi makin turun standard, he he he he

    hanya sesuai kebutuhan aja sih..

    30 November 2010 at 2:40 PM

    • Hahahhha..tos dulu…๐Ÿ˜€

      30 November 2010 at 6:17 PM

  9. Weleh, mas Prim sering bener ganti HP sih?? daku baru berapa kali ya??? yang pasti, yang murni beli sendiri cuma sekali..!! yeaaaaahh,, yang lain boleh dikasih, dapet hadiah n bonus, hehe… asik..

    30 November 2010 at 2:49 PM

    • Iya mbak dulu jaman kuliah membabi buta, wkakakaakak…
      wah enak nya mbak, dapet hadiah dan bonus… resiko orang cantik gt mbak, suka dapet hadiah๐Ÿ˜€

      30 November 2010 at 6:20 PM

  10. Tumben yang punya rumah blum bawellll
    He he he he he
    Kagak. Punya pulsa yakkkk
    Kaborrrrrr (^_^)

    30 November 2010 at 3:47 PM

    • Kita bawelin aja yuk mba?

      30 November 2010 at 4:22 PM

    • buset dah…repot di rumah byk kerjaan dr mama…wkakakakkaka….
      ini lagi si bumi ikut2an …๐Ÿ˜€

      30 November 2010 at 6:22 PM

  11. Pingback: Dehradasi HP (Part 2) « PrimeEdges

  12. weeww…..panjang banget perjalanannya ganti ganti hape..lengkap dengan gambar koleksinya. salut bener hahaaa…. kalo saya seh gak banyak hp…selama hidup kayaknya baru 4 hape saja..itu pun sudah lupa tipe mereknya hahaa… yang terakhir..sony ericson item udah 4 tahun kepegang di tangan ampe skrg :))

    30 November 2010 at 6:35 PM

    • OMG, I thought you’re a girl. Sorry.
      Mas el…hahhahaha… thanks iya, sekarang sudah tobat kok mas…capek!๐Ÿ™‚

      30 November 2010 at 7:06 PM

  13. Dulu…
    Saya yang belikan HP untuk anak saya…

    Sekarang, saya yang diberi HP oleh anak saya.
    Meski bekas tapi saya suka.
    Dialah N73

    30 November 2010 at 9:38 PM

    • anak berbakti…kapan ya saya bisa begitu๐Ÿ˜ฆ

      1 December 2010 at 9:11 AM

  14. saya punya sekitar tahun 1996, bentuknya kayak strika..gede banget. Lalu ganti sana-ganti sini dan sekarang mantap di Nokia.
    Tiap saat HP berkembang bentuk , fitur dan harganya, padahal yang kita butuhkan adalah untuk nilpun dan sms belaka. Namun keinginan kita selalu naik dan naik.

    salam hangat dari Surabaya

    1 December 2010 at 7:25 AM

    • Hahhahha…ya iya lha pakde, 1996, ckckckck….saya malah gak tau kaloa da hape tahun segitu๐Ÿ˜€
      betul pakde, keinginan sih ada, cuma malah ngerasa capek kalo ngikutin keinginan… tobat deh saya๐Ÿ™‚

      1 December 2010 at 9:37 AM

  15. Kalau saya bukan masalah cerita keelokan dan kecanggihan HP nya. Justru dari mana uang untuk mendpatkan HP tersebut.
    Saat awal saya beli HP murni dengan menggunakan uang tabungan saya. Berikutnya saya beli HP di mana sekitar 2/3 adalah adalah dana bantuan dari ayah saya. Selanjutnya malah ayah saya yang beliin HP. Baru terakhir saya total beli HP dengan uang sendiri๐Ÿ˜€

    1 December 2010 at 8:38 AM

  16. weits…ati2 lo prim…sering ganti karena ‘ilang’…(nakut2in…kudu ngebuang sial dengan melimpahkan hp ke orang lain hahaha

    sampai dengan hari ini dah berapa kali ganti ya…14 tahun berarti ya…
    motorola…motorola…sony ericcson…motorola…philip…sony….motorola…nokia…nokia…
    wah lumayan sering juga ya ternyata…malu deeehhhh…

    tp rata2 gantinya gara2 mati tuh hp, kalo nggak dijatuhin anak ya dicelupin aquarium atau gelas๐Ÿ˜ฆ

    selalu ada kok masanya kita selalu ngikutin trend…selalu ada juga titik baliknya๐Ÿ™‚
    sekarang Nokia 3500 sudah cukup deh, meski batere bolak balik ganti gara-gara hamil…….dengan 1000 phonebook, bs internet, chat, sms, mms, telp dah cukup.

    1 December 2010 at 10:45 AM

  17. ..
    wah sering ganti hp juga nih..
    he..he..
    langsung lanjut ke part 2 deh..
    ..

    1 December 2010 at 4:18 PM

  18. Pingback: 2010 in Review « PrimeEdges

Leave a Reply

