Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Sejenak yang Sederhana

Sahabat,

Pagi ini tidak ada kejadian spesial di rumah saya. Jam menunjukkan pukul 10 pagi. Listrik sudah padam semenjak satu jam yang lalu. Laptop saya pun perlahan menunjukkan ikon low battery tanda bahwa laptop akan juga segera padam. Tidak lama akhirnya si laptop pun menghibernatekan diri.

Saya beranjak dari dalam kamar. Hmmm…sudah lama rasanya saya tidak duduk-duduk di teras rumah. Meskipun belum jenuh rasanya saya bergumul dengan laptop dan internet setiap pagi, tetapi pemadaman listrik ini membuat saya mati gaya, mau tidak mau saya cari kegiatan lain untuk sekedar mengahabiskan waktu. Setelah sekian lama tidak menikmati suasana halaman rumah, jadilah saya putuskan pergi teras di samping rumah.

 

 

Pagi ini, di luar matahari pagi sedang bersinar cerah. Hanya ada sedikit mendung di beberapa titik, tetapi tidak mengurangi birunya langit Kalimantan pagi ini. Saya duduk berselonjor pada lantai yang belapis tikar rotan. Angin berhembus sepoi-sepoi, angin kering yang khas dan sedikit hangat. Saya melihat jauh ke sekeliling, pohon berayun-ayun sesekali, burung-burung hilir mudik sambil berkicau. Pohon kelapa dan daun pisang melambai-lambai seperti sedang memanggil angin untuk datang lagi.

 

Ada aroma seperti asap dan sesekali bau kandang sapi milik tetangga jauh tercium samar-samar, hilang pergi tertiup angin. Angin juga membawa aroma kayu dan pandan wangi yang tumbuh subur di halaman. Wangi khas sebuah pedesaan.

 

Sesekali motor dan sepeda lewat di jalanan depan rumah menghasilkan bunyi raungan mesin dan derit roda. Sekawanan sapi asyik merumput jauh di sana. Adik saya dan teman-temannya asik bermain sepak bola di tanah kosong dekat halaman samping. Teriakan, sorak dan tawa bercampur dengan gemerisik bunyi daun-daun dan gesekan ilalang yang ditiup angin.

 

Saya hanya diam. Sesekali terpejam dan mengambil nafas panjang. Mencoba meresapi, menikmati dan menyatu dengan apa yang ada dengan sederhana.

 

 

Sahabat,

Sudahkan sahabat meluangkan waktu sebentar seperti yang saya lakukan?

Tanpa melakukan apa-apa, hanya duduk dan sejenak menikmati hari ini dengan sederhana.

Hari terakhir di tahun 2010.

Kadang beranjak dari segala perhelatan kerja dan keasikan dunia fana untuk menikmati alam dan segala isinya secara sederhana seperti ini, ย dapat memberikan ketenangan hati, kesegaran pikiran, keinsyafan dan rasa syukur.

Meskipun itu hanya sejenak. Sejenak yang sederhana. Sejenak yang penuh arti.

***

 

Happy New Year 2011!

Semoga tahun yang baru ini memberikan semangat baru dan kesuksesan yang baru!

53 responses

  1. mengulangi kesuksesan menjadi pertamax di blog Prima…๐Ÿ˜€

    31 December 2010 at 1:45 PM

    • jiahahaha….gw berhasil… wkwkwk…
      gw baca dulu ya Prim..
      ntar gw komen beneran deh๐Ÿ˜›

      31 December 2010 at 1:46 PM

  2. menikmati alam di penghujung tahun..
    tentunya sambil merenungi dan mensyukuri nikmat tak terperi yg Tuhan berikan…
    sederhana tapi penuh makna Prim..
    aku kadang menamainya ‘jeda’๐Ÿ™‚

    Selamat Tahun Baru 2011
    Semoga kesuksesan, kebahagiaan, dan kedamaian menyertai langkah kita di tahun yg baru..

    salam dr Jogja ke Kalimantan, Prim๐Ÿ™‚

    *btw, teras samping rumahmu pemandangannya keren…suejuk rasanya…*

    31 December 2010 at 1:52 PM

    • Jeda… kata yang indah dan pas…
      amin mbak, semoga ya sama2…

      hehehhe…padahal aslinya panas lho mbak๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:15 AM

  3. Deny Setiyadi

    Wah keren banget rumahnya. Asri๐Ÿ˜ฆ
    Itu Kalimantan di mananya yah, mas?

    31 December 2010 at 1:53 PM

    • kalimantan selatan, sebenarnya biasa saja… ini hanya kamera saja yang membuat tampak indah…๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:16 AM

  4. hatrikkkkkk…..๐Ÿ˜€

    31 December 2010 at 1:55 PM

    • ๐Ÿ˜€ wkakakakaka…

      1 January 2011 at 12:16 AM

  5. Sungguh suasana yangindah, jadi pengen kesana deh

    31 December 2010 at 2:17 PM

    • semua tempat indah kok mas, asal banyak tanaman dan alami…๐Ÿ™‚

      1 January 2011 at 12:17 AM

  6. Sangat menentramkan, menikmati keindahan alam yang tersaji di penghujung tahun, seperti mencoba memuhasabahi diri…๐Ÿ™‚

    Selamat Tahun Baru mas Prim..
    moga segala keberkahan, kesehatan dan keberuntungan jadi milikmu..
    moga yang diharapkan dapat terwujud…

    eh, halaman sampingnya kok asik bgt sih?? jadi pengen maen2 kesono… hihihihi…๐Ÿ™‚

    salam manis untuk keluargamu mas..๐Ÿ™‚

    31 December 2010 at 3:03 PM

    • owww…. juara KUMAT nyamper!

      iya mbak iyha…bermuhasabah dengan sederhana… cuma diam dan menenagkan pikiran… melepas aura negatif..๐Ÿ˜€

      hahahha…itu lahan kosong, bukan bagian dari halaman saya lho mbak, jd keliatannya lapang…๐Ÿ™‚

      1 January 2011 at 12:19 AM

  7. berkunjung….

    selamat tahun baru 2011๐Ÿ™‚

    31 December 2010 at 6:14 PM

    • selamat tahun baru!๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:19 AM

  8. Selamat tahun baru. Itu beneran pemandangan dari terasmu? Subhanallah, indahnya

    31 December 2010 at 6:53 PM

    • Selamat tahun baru bunda…

      Iya, itu lahan kosong,jadi pemandangannya terkesan lapang, kamera kebetulan menghasilkan gambar yang indah๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:21 AM

  9. tiap hari doooong๐Ÿ™‚

    eh, ada bekantan juga ga? asik banget kayanya kalau dari depan rumah bisa liat bekantan,, hihihi๐Ÿ™‚

    31 December 2010 at 7:26 PM

    • Jiaaahhh…sebagai naturalis, pasti! tiap hari! hahahhaha

      Ya gak lha mbak….wkakakakak…. meskipun begini dekat dengan jalan raya kok…

      1 January 2011 at 12:22 AM

      • ya siapa tau… di sana kan di kotanya masih banyak hutan, hehehe๐Ÿ™‚

        1 January 2011 at 12:27 PM

  10. Menghabiskan pagi dengan hanya tidur – tiduran Sembari melihat – lihat twitterland
    Mumpung Libur๐Ÿ˜€

    31 December 2010 at 8:10 PM

    • salam kenal…๐Ÿ™‚

      1 January 2011 at 12:23 AM

  11. Semoga tahun 2011 dan seterusnya menjadi ajang kesuksesan kita dalam berbagai aktivitas dan kesempatan

    SELAMAT TAHUN BARU 2011

    31 December 2010 at 8:56 PM

    • Selamat tahun baru! amin, amin, amin…๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:23 AM

  12. Sejenak yang sederhana, sungguh indah dan syahdu rasanya bisa meresapi keadaan yang seperti diceritakan. Suasana sekitar rumahnya pun tergambar bagus masih banyak pohon dan tanah lapang.
    Senang rasanya yah bisa menikmati suasana seperti itu.

    Selamat tahun baru kawan, semoga kita bisa lebih baik lagi.
    Salam.. .

    31 December 2010 at 9:44 PM

    • Iya mas, beruntungnya saya masih diberikan tempat tinggal yang masih banyak pohon dan tanaman…

      selamat tahun baru mas!๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:24 AM

  13. Selamat Tahun Baru juga Prima

    Jadilah diri sendiri yang lebih baik
    dari waktu ke waktu

    Bersyukurlah atau berjuta talenta yang kamu punya

    salam saya selalu

    31 December 2010 at 10:25 PM

    • OM! Saya akan menjadi diri sendiri om… (kok kesannya selama ini jdi orang lain aja) wkakakkak…

      Amin om….saya patut bersyukur, meskipun terkadang lupa…

      salam om…dan selamat tahun baru๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:26 AM

  14. Sayang sekali saya tak pulang kampung, kalau pulang pasti bisa duduk di beranda rumah sambil menikmati hembusan angin nan sejuk, menyaksikan pepohonan yg bergoyang, rumput-rumput liar yang menjalar, oh,, desa ku apa kabar ya?

    saya kira mas Prim orang kota loh, rumahnya asri banget..๐Ÿ˜†

    31 December 2010 at 11:00 PM

    • saya anak desa kok, cuma perjalanan hidup membawa saya ke kota, ke desa, pokoknya bolak-balik,,, itu yang membuat saya menajdi saya yang sekarang…

      Jadi gimana? anak desa belum tentu ndeso lho๐Ÿ˜€

      1 January 2011 at 12:28 AM

  15. Ann

    Hahahaa..
    Aku malah sekarang lg duduk diteras, menikmati 15 menit pertama di 2011
    Sehat & sukses selalu

    31 December 2010 at 11:15 PM

    • asik mas…duduk, mencoba menikmati pergantian tahun… apalagi ditemani orang-orang tersayang…

      amin mas, semoga mas ann juga begitu…

      1 January 2011 at 12:29 AM

  16. Aku mengawal Ann dalam memberikan komentarnya๐Ÿ˜†
    pengambaran suasan yang begitu mengena yang membuatku pingin juga mengalaminya di pagi hari yang cerah.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1 January 2011 at 12:05 AM

    • patut di coba mas, meskipun hanya halaman, akan sangat terasa…

      salam hangat mas…

      1 January 2011 at 12:30 AM

  17. gambar & cerita yang sangat indah๐Ÿ™‚ jadi pengen pulang kampung nih!

    1 January 2011 at 1:12 AM

    • Salam kenal ya…๐Ÿ˜€ Makasih mas!

      1 January 2011 at 8:42 AM

  18. kunjungan perdana
    hepi nyu yer 2011…
    salam

    1 January 2011 at 7:00 AM

    • salam kenal๐Ÿ™‚ happy New Year!

      1 January 2011 at 8:48 AM

  19. Coyyyyyyyyy,,,
    Selamat tahun. Baru yyyyyyaaa
    Semoga kita bisa meraih semua mimpi kita
    SEMANGAT!!!!
    Keep Fighting Till The End!!!

    Tumben fotonya dikit,, biasanya banyaakkkkk ampe lemot inet gw ha ha ha

    Kadang kita memang butuh waktu buat sendiri,,mengambil jeda dalam hidup kita
    Karena gw di kota,, gak ada lapangan maka cara yg gw lakukan adalah
    Naek bis kota,,duduk di pinggir jendela,, buka sedikit kacanya,,pasang headset di kuping,, setel musik ipang,, dan ngebiarin pikiran gw terbang kmana aja dia mau,,,

    1 January 2011 at 7:19 AM

    • Hahahahahhaa… gw lagi males banyak2 foto, aka syibbbuuuukkkk…๐Ÿ˜€

      Semangat put… thanks for encouraging, yup, that really helps…

      Happy new Year!

      1 January 2011 at 8:48 AM

  20. Prima,
    Aku sering melakukannya, apalagi saat melakukan kunjungan kedesa-desa dipedalaman, melakukan sesuatu yang menurut orang lain mungkin tidak berguna, tetap terasa tenang dan menyejukan bagi kita.

    Selamat Tahun Baru 2011.

    1 January 2011 at 8:10 AM

    • Ini om aldy bukan…? maaf namanya sama๐Ÿ˜€

      selamat tahun baru…

      1 January 2011 at 8:45 AM

  21. Selamat Tahun Baru 2011
    Semoga jadi tahun yang membawa lebih banyak kesuksesanโ€ฆ
    Salam!

    1 January 2011 at 10:11 AM

    • Makasih mas…amin

      2 January 2011 at 9:35 PM

  22. sejuk banget suasana foto nya mas… kereen…

    1 January 2011 at 6:49 PM

    • sejuk itu cuma keliatannya lho, aslinya baisa aja, malah cenderung panas. hahahahaah….

      2 January 2011 at 9:36 PM

  23. Selamt tahun baru 2011…๐Ÿ™‚

    1 January 2011 at 10:55 PM

    • selamat tahun baru! salam kenal

      2 January 2011 at 9:36 PM

  24. Disini listrik juga sering padam…

    1 January 2011 at 10:57 PM

  25. 2011 milik kita
    Kesuksesan milik kita
    Dan kesuksesan itu adalah keberkahan hidup
    Met Taun Baru๐Ÿ™‚

    1 January 2011 at 11:20 PM

    • amin kang, met tahun baru!

      2 January 2011 at 9:37 PM

  26. he’eh.. bener banget tuh..
    saya jarang tuh hanya sekadar jalan2 menikmati suasana…

    seharusnya kita emang perlu meluangkan waktu.. walau cuma sebentar.

    ohya, selamat taun baru yaa

    2 January 2011 at 6:38 PM

    • ๐Ÿ˜€ maaksih mbak…

      2 January 2011 at 9:37 PM

  27. Happy New Year!!!

    Meluangkan waktu sejenak….semalam saat sebelum tidur dna karena nggak bisa tidur, keluar kamar mencoba mencari-cari bintang….I was lucky! Aku bisa melihat beberapa bintang, padahal sedang mendung…..

    Jadi kangen banget ama kehangatan rumah๐Ÿ™‚

    3 January 2011 at 7:54 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s