Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Kisah Sebuah Nama

 

Dapat ide dari dailypost.wordpress bertajuk What is the story behind your given name?

Saya akan sedikit narsis dengan bercerita tentang arti dan cerita di balik nama saya, hehehehehe…

Di suatu siang tanggal 15 Januari tahun 198x:mrgreen: sekitar pukul 2 siang, di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang lahirlah seorang bayi laki-laki, anak pertama dari pasangan suami istri yang berlatar belakang suku yang berbeda, sang ayah blesteran Batak-Banjar, si Ibu blesteran Jawa, Sunda dan Madura.

Eh tanggal 15 Januari ini bukan murni hari lahir alami, itu tanggal yang bisa dipilih. Saya lahir operasi karena pinggul mama sempit. Jadi dokter bedah yang saat itu sehari-hari berbaju tentara (rumah sakitnya rumah sakit tentara) iseng bilang, “Ibu mau operasi kapan, sekarang?” Mama saya dengan lempeng bilang “OK, siapa takut!” wkakaakakka…

Singkatnya, operasi berjalan lancar dan seorang bayi merah lahir dengan suara tangis kenceng tanpa komando. Kata Mama yang saat itu dibius setengah badan, dia liat saya pertama kaya kodok raksasa, kaki dan tangnnya doang yang besar, wkakakakaka.. udah gitu baru lahir matanya langsung melek! *bikin kaget… wkakakakakakakaka…

Pemberian nama saya terlambat. Mama Papa sepertinya gak kepikiran buat kasih nama apa saat saya lahir. Gara-gara telat itulah urusan kasih nama dan bikin akte kelahiran sampai harus di bawa ke pengadilan segala. Haiyah! Akhirnya biar cepet Mama nyerahin usulan nama ke Mbah Putri aja. Prima Wahyu Kusuma. Jawa banget kan?😛 Nama itupun diboyong ke pengadilan.

Falsafah terbentuknya nama tersebut (berdasarkan keterangan dari Mbah Putri)

“Prima” artinya pertama, yang pertama, utama. Karena saya anak pertama dari Papa dan Mama, sekaligus cucu pertama buat Mbah Putri. Lain-lain prima sendiri berkonotasi baik, sehat dan kuat. Belakangan saya mulai ngeh kalo Prima itu kebanyakan digunakan untuk nama perempuan. Prima sendiri berdasarkan info di internet berasal dari bahasa Latin berarti “pertama”, asal katanya “Primus”, dalam bahasa Inggris merujuk pada kata “Prime”. Lain lagi dengan Spanish, Prima berarti adalah sepupu perempuan, sedangkan Primo berarti sepupu laki-laki. Itulah kenapa Spanish dan Mexican dulu memanggil saya dengan Primo, hehehehe… *kirain mereka cuma sok-sok improve!

“Wahyu” berarti pemberian, ilham, utusan, berkah. Tetapi alasan utama pemberian nama ini bukan karena arti itu, tetapi karena Wahyu adalah nama dokter anak yang merawat saya pasca operasi, hahahahaah… *iseng aja si Mbah kasih nama. Katanya: biar tetap terkenang.

“Kusuma” adalah bahasa sansakerta berarti kembang, bunga. Sederhana saja, harapannya kelak saya bisa tumbuh menjadi anak yang baik, wangi dan indah namanya seperti bunga dan bermanfaat bagi orang banyak. Jiaaahh..

Nama sudah pas dan OK, semua sudah setuju. Lha kok dilalah sampe di pengadilan, jaksa-nya orang batak! dan dia kaget saat Papa saya punya marga Hutabarat. Marga adalah wajib diturunkan bagi orang batak!

“Bapak, saya bersedia menyetujui akta lahir ini asal nama anak ini diberi nama marga di akhirnya, bagaimana?” kira-kira begitu kata si Jaksa.

“Hutabarat” adalah marga batak Toba, turun dari Raja Hutabarat. Selebihnya saya kurang tahu. Huta berarti Desa, Barat artinya arah barat. Jadi kalo dibuat inggris jadinya: Westvillage. Hahahahaha… *plis deh prim!

Papa saya yang belagak pilon manggut-manggut karena gak ngerti apa-apa. Beliau cuma mikir yang penting urusan pengadilan itu segera beres. Akhirnya pulang-pulang akte kelahiran saya bertuliskan: Prima Wahyu Kusuma Hutabarat. Semua orang rumah cuma manggut-manggut sambil komen: “panjang bener namanya…” Mbah Putri jelas-jelas tiba-tiba kaya ketabrak tembok saat tau nama indah bernuansa jawa pemberiannya itu tiba-tiba ditimpa dengan marga batak! terdengar aneh katanya, Wakakakaka…

Nah gitu aja cerita asal-usul nama saya. Sewaktu SD saya mulai ngerasa marga Hutabarat itu benar-benar terdengar aneh di tengah-tengah masyarkat Jawa, jadi saya seringnya menyembunyikan nama itu, kalau bisa sampai tiba masa-masa ujian nasional, hahahaha… Meskipun tidak semua mengolok-ngolok, tapi emang ada aja yang usil mempergunjingkan nama marga itu, hahahahah… sekarang? Justru saya bangga menyebut nama saya Prima Hutabarat, kaya orang luar negeri gitu, nama depan dan nama keluarga, Jiaaahhh… Mantap!

Imut kan???:mrgreen: * Biar narsis, yang penting eksis!😀

Happy Monday!

38 responses

  1. ya ampuun, waktu bayinua imut2 amatt….lucuu…bikin gemes pengen nyubit pipinya……

    tapi mukanya kayak anak cewek yach waktu bayinya hihihih…..

    ternyata mas prima ada darah maduranya yachh….aku juga ada…bapakku asli dari bangkalan hehehe….

    Iya, banyak yang bilang begitu, hihihiihii…. mamaku bilang emang, aku emang lucu waktu bayi,😛 suka ketawa… *sampe sekarang juga sih
    iya kakek madura+jawa, kayanya dari daerah mana ya? aku lupa!😛

    9 May 2011 at 9:34 AM

  2. uhuuyyy…ternyata pertamax

    9 May 2011 at 9:35 AM

  3. Ann

    Kalau orang Karo ngasih nama bisa dari kejadian saat itu.
    Lahir di Metr Mini namanya jadi Angkot Sitepu.
    Lahir waktu pemilu namanya jadi Coblos Ginting.
    Lahir di sungai namanya Gemericik Tarigan….
    tapi itu dulu kalau sekarang lebih modern Bieber Sitepu, Eminem Ginting, Smash Tarigan😀

    Hahahahha.. aku baru tau, ya ampun… untung namaku gak “Operasi” atau “bedah”

    9 May 2011 at 9:41 AM

    • hahahaha …
      numpang ketawa aja dweeeh xixixixi

      9 May 2011 at 10:02 AM

    • bedah hutabarat tuh namanya….hahahaha

      10 May 2011 at 8:28 AM

  4. Foto bayinya masih sebagus itu. *ngiri*

    lho emang punya mbak kenapa?😛

    9 May 2011 at 9:41 AM

  5. Hahaha…
    Keren sejarah namanya! Memang aneh sih nama jawa di campur marga batak! Tapi apalah arti sebuah nama? kwkwkw…😀

    Kalo aku, karena asli jawa, cukup satu kata aja!😆

    ayo mas, kamu juga cerita ttg namamu.. eh, aku pikir kamu orang batak/medan asli.. hehehehe

    9 May 2011 at 9:51 AM

  6. Hahahaha isi postingan kita dapet ide dari sumber yg sama … jadiiii ? liat aja di blog aku hahahaha

    Mbah Putri jelas-jelas tiba-tiba kaya ketabrak tembok saat tau nama indah bernuansa jawa pemberiannya itu tiba-tiba ditimpa dengan marga batak! terdengar aneh katanya, Wakakakaka…

    wkwkwkwkwk….. kaga bisa nahan ketawa dah … xixixi kebayang raut wajah si mbah seperti apa …. xixixixi …. plis deh Prim😀

    heheheheh… iya, kecewa berat beliau… :

    D

    9 May 2011 at 10:01 AM

  7. oh… ada sepenggal nama saia pada tulisan di atas itu, ya sudah, artinya sama dengan di atas itu sahaja.🙂

    eh iy a, “wahyu” ya?🙂

    9 May 2011 at 10:26 AM

  8. yah kata nya nama itu adalah doa orang tua ya. kalo gua kata bokap sih, nama arman itu artinya arsitek dan seniman. apa daya akhirnya gua gak jadi arsitek dan gak jadi seniman. huahaha.

    Hahahahhaha… aku baru tau arti arman itu, aku pikir kaya “army”

    9 May 2011 at 11:01 AM

  9. huwe arema ki, wokokok

    Iyo, arema numpang lahir thok!😀

    9 May 2011 at 11:04 AM

  10. woalah…kirain bataknya bener-bener murni keluarga batak, ternyata cuman dari bapak aja ya….

    hehehhehe…. begitulah, marga kan turun dr ayah…

    9 May 2011 at 11:05 AM

  11. Waktu Bayi kamu capek banget Prim …

    Sumpah !

    salam saya

    Ih…kok capek????🙄

    9 May 2011 at 11:07 AM

    • Om, maksudnya “capek” atau “cakep”?
      Asli saya bingung dengan “capek” ini. Hehehe…

      BTW, imut juga Mas Prim ketika kecil.

      Iya om NH, niat gak sih bilang cakep, wkakakkkaka…

      9 May 2011 at 12:59 PM

    • haghaghag….
      waktu bayi kamu capek banget Pim..
      capek ikut mikirin namamu po? Hahaha…

      Om..Om…

      12 May 2011 at 12:08 PM

  12. Cute baby. My name means industrious.

    yes, I was..😆 Thanks🙂

    9 May 2011 at 11:37 AM

  13. ha,..,ha,,,ga,,ga
    bener kan kata gw nama prima lebih ke cewekk,,
    temen gw cewk namanya prima,,,
    dipanggilnya rima…
    gak salah kan gw kalau awal kenal lo,,gw pikir lo cewek

    Iya, hehehehe… padahal avatar gw jelas gendernya…😛

    9 May 2011 at 11:45 AM

    • untung putri ga manggil ima…yah??

      10 May 2011 at 8:29 AM

  14. wow, bayi sehat..😀

    198X… “X”-nya berapa mas prim??? hehe

    salaam

    Kayanya mudaan aku deh mas…😛

    9 May 2011 at 11:46 AM

  15. “kodok raksasa” ha..ha.ha…. mamamu ok deh Prim

    Iya bund, mama selalu kalo cerita aku waktu lahir kaya kodok, wkakakakaak… kaki dan tangannya besar

    9 May 2011 at 12:04 PM

  16. Wahahaha, cem mana namanya jadi nggak nyambung gitu.

    3 suku kata Jawa, tapi pake marga.😆

    Hhehehehe… begitulah mbak, orang batak nyasar… :

    P

    9 May 2011 at 1:11 PM

  17. Ish…keren banget Mama-nya Prima, mau dioperasi bilang “siapa takut” hihihi…

    Mau ga mau mbak, udah takdir, jadi si mama nerimo aja….

    9 May 2011 at 1:22 PM

  18. Hehehehe ternyata begitu ya…😀
    Panjang juga nama Mas Prim.😆

    Iya… capek nulisnya😛

    9 May 2011 at 1:24 PM

  19. mas prima waktu masih kecil imut deh😀

    hehehehhee… ayo mana fotomu…

    9 May 2011 at 2:41 PM

  20. Sangat bertolak belakang dengan nama saya Mas…
    Nama saya yang hanya satu kata itu bener2 menyulitkan saya ketika harus registrasi, karena salah satu isiannya pasti tanya nama depan dan nama belakang.
    Itulah knapa saya sering nambahi sendiri nama saya menjadi MARSUDIYANTO SAJA, seperti dlm akun facebook saya.
    Belajar dari situ maka kedua anak saya saya beri nama dengan dua kata…😀

    Iya pak… dosenku juga repot, namanya cuma satu kata padahal kalo di visa gitu harus dua suku kata. jadilah dia bikin nama belakang suaminya

    .

    9 May 2011 at 2:55 PM

  21. kalo nama marga gitu jadi keren broo. kan biasanya pake marga gitu pengacara terkenal. semoga jadi terkenal juga. nama gw bayu hidayat aja. biar pas ujian nasional kagak kepanjangan nulis namanya. hehe

    amin, hihihihihi… iya gw waktu ujian lama isi nama doang!

    9 May 2011 at 3:47 PM

  22. waduh, pingin cubit si bayi ….
    hiii….gemesin banget yaaa Pim😀😀
    beneran deh Pim , lutju banget waktu masih bayi …🙂
    salam

    hehehhehe…jangan bund, udah gembil gitu pipinya…:mrgreen:

    9 May 2011 at 4:59 PM

  23. Saya sering di olok2 saat dipanggil periksa di puskesmas, wah nama se RT dibawa semua ya …

    maklum nama saya Thomas Bambang Haris Sugiatno🙂

    Oh pantesan… hehehehehe

    9 May 2011 at 6:13 PM

  24. cie primus.. ihiy.. *apa seh gue*

    itu nama sepanjang itu pas ujian nasional apa ga lama ya ngebuletinnya??

    9 May 2011 at 6:20 PM

  25. mandor tempe

    ternyata sudah cakep waktu masih bayi
    Pantesan aja … (gak berani melanjutkan)

    9 May 2011 at 8:12 PM

    • untung ga disambung…bisa2 prima melayang-layang di udara tuh….

      10 May 2011 at 8:38 AM

  26. temen-temen, aku lagi ikutan lomba blog, mohon bantuannya untuk membaca dan memberikan komentar ya diblog saya. silakan klik http://pelangiituaku.wordpress.com/2011/05/09/hipnotis-fatamorgana/
    makasih untuk kunjungan dan komentarnya, semoga amal kebaikan dibalas oleh Tuhan. amin🙂

    9 May 2011 at 10:03 PM

  27. Berasa tua nih aku, lihat tahun lahirnya Prima😀

    9 May 2011 at 10:53 PM

    • mbak lidya..merasa tua…gimana saya nih??

      10 May 2011 at 8:31 AM

  28. nama elo 4 kata…waktu sekolah di amrik middle namenya ada dua nama donk?

    10 May 2011 at 8:32 AM

  29. whaaaa ppiiimmmm, ini Baby prima?
    aduh, keren euy….(tapi sepertinya ga begitu banyak perubahan ya pim?)====>berarti kamu imut dong? (kudu segera diralat nih komen)

    10 May 2011 at 8:35 AM

  30. iiiiiih….baby Prima lucu bangeeeeeet…*cubit cubit pipi*…

    Tapi namamu emang jadi rada gak matching gitu ya Prim..hihihi…tapi teuteup keren kok…

    Tapi setelah jadi orang tua aku baru bener bener menyadari bahwa ternyata nyari nama itu susah gelaaaaa…

    Nama Kayla dan Fathir itu keluar setelah aku berkontemplasi dan melakukan perang nuklir dulu ama abah…hihihi…

    10 May 2011 at 9:40 AM

  31. gak nyangka, Prima, ada Wahyu Kusuma, ditengah namanya🙂
    dalam kepala:
    Prima Hutabarat = energik
    P.Wahyu K.H. = tenang😆

    10 May 2011 at 8:03 PM

Leave a Reply

