Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Impian Bungkus Sugus

When a dream comes true…

Apa sahabat tahu permen Sugus? Sekitar tahun 1990-2000-an permen lunak ini sangat populer dan banyak variannya. Mulai dari satu rasa, dua rasa, tiga rasa, sampai mix dengan yogurt, kesemuanya rasa buah-buahan. Dulu permen ini bisa ditemukan hampir di semua warung, tetapi sekarang saya sudah jarang melihatnya, mungkin mulai tergeser oleh permen-permen lain.

Saya bukan mau nostalgia dengan permen ini, tetapi saya teringat sebuah cerita masa kecil saya tentang permen sugus. Cerita tentang mimpi yang menjadi nyata. Mimpi Bungkus Sugus! 😀

 

Saya lupa tepatnya mungkin sewaktu saya duduk di bangku SD kelas 4, ada undian permen sugus yang hadiah utamanya jalan-jalan ke Disney Land. Ntah Disney Land yang di negara mana, pokoknya Disney Land. Iklan-iklannya banyak tersebar di majalah anak-anak, terutama Bobo langganan saya.

Memandang iklan undian berhadiah itu berkali-kali membuat saya bertekad kuat mendapatkan hadiah tersebut. Paling tidak dapat hadiah hiburan saya pikir. Undian itu mengharuskan peserta mengirimkan bungkus permen sugus sebanyak 10 buah (kalo tidak salah) dalam amplop, dikirim sebanyak-banyaknya.

Dimulai lah perburuan bungkus permen sugus. Setiap hari saya membeli permen sugus. Tidak sampai di situ, saya juga minta bungkus sugus ke teman, mencari di tempat sampah, sampai minta dibelikan permen sugus satu pack.

 

Awalnya semua berjalan lancar. Bungkus sugus yang mulai banyak saya simpan di bekas kotak sepatu. Hingga kotak itu terlihat penuh saya mulai menata satu demi satu, mengelompokkan 10 bungkus, kemudian mengikat dengan gelang karet, sampai banyak sekali, saya lupa berapa yang pasti saya optimis akan menang 😆 *optimisme anak-anak*

Rupanya gerak-gerik mengumpulkan bungkus sugus ini tercium si mamah. Mamah awalnya diam, cuma tanya buat apa. Hingga suatu hari, mamah minta tolong untuk bantu di dapur tapi saya tidak mengindahkan dengan alasan sibuk. Beberapa kali memang sudah terjadi seperti itu. Si mamah kesal dan semakin kesal saat melihat saya malah sibuk menata bungkus  sugus yang ratusan jumlahnya.

Mamah dengan marah mengambil kotak berisi ratusan bungku sugus tersebut, dan mengancam akan membakar semuanya. Saya sontak menangis dan meraung-raung minta ampun.

“Kamu jadi males gara-gara ngumpulin sugus! Mama gak suka!”

“Tapi mah, hadiahnya Disney Land…” saya mulai terisak-isak.

“Kamu mau kirim semuanya? ada ongkos kirimnya???”

Saya cuma diam. Rumah kami memang jauh di Kalimantan. Semua bungkus sugus itu nanti harus dikirim ke Jakarta. Padahal saya gak punya uang untuk beli perangko sebanyak itu. Saya kembali terisak di dalam kamar. Tiba-tiba dari jendela kamar saya bisa lihat bak sampah di depan rumah sudah mengeluarkan asap.

‘Mah, bungkus sugusnya mana?” saya gugup.

“Sudah habis dibakar!” Jawab mama datar.

 

Kaki saya mendadak lemas. Saya menangis sejadi-jadinya di dalam kamar. Perjuangan saya selama ini sia-sia. Impian Disney Land itu pupus sudah. Jangankan Disney Land, Dufan saja saya belum pernah. Saya sedih, seperti kehilangan semangat hidup. Saya merasa mamah jahat pada saya.

**

 

Kira-kira 4 tahun kemudian saya sudah duduk di bangku SMP. Saya sudah lupa tentang tragedi itu. Siang itu, saya membereskan gudang yang kotor di belakang rumah. Banyak kerdus-kerdus lusuh dan barang yang sudah tidak terpakai. Tiba-tiba saya menemukan kotak sepatu penuh debu yang tidak asing. Kotak Bungkus Sugus!

Saya membukanya. Bungkus-bungkus sugus itu masih rapi terikat dengan gelang karet. Sama seperti terakhir saya melihatnya. Mamah tidak pernah membakarnya, dia menyimpannya dengan sangat baik.

Mata saya nanar, mengingat kenangan masa kecil itu, betapa saya sempat membenci mamah. Dia merebut kotak ini agar saya lebih rajin dan patuh pada orang tua, semua demi kebaikan saya. Saya menutup kotak itu sembari tersenyum, sekarang sudah tidak ada lagi undian sugus. Akhirnya saya putuskan untuk benar-benar membuang kotak itu.

**

 

September 2008, akhirnya saya menginjakkan kaki di Walt Disney World, Florida USA. Taman bermain yang jauh lebih besar dari Disney Land di Los Angles. Sebuah rezeki yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya.

Impian bungkus sugus adalah hal pertama yang saya ingat saat pertama kali menginjak Disney World. Tempat yang pernah membuat saya menangis sewaktu kecil. Tempat yang saya hanya lihat di iklan majalah Bobo. Kini saya benar-benar mewujudkan impian itu. Dream really comes true.

 

Terimakasih Tuhan yang telah mewujudkan impian kecil itu.

Terimakasih bungkus Sugus yang membuat saya berani bermimpi.

Terimakasih Mamah yang mungkin telah berdoa saat dia menyimpan kotak itu

“Nak, semoga kelak kamu akan menginjakkan kakimu di Disney Land”

***

 

Sahabat, mimpi seperti mengulur layang-layang, semakin kuat kita mengulurnya ke atas, semakin dekat dia dengan langit, semakin dekat dia dengan Tuhan.

65 responses

  1. hebat kang… iia si mamah yg hebat, juga si akangnya yg hebat…
    kita emang harus banyak bersyukur serta mawas diri… mungkin klu dulu gag di bilang
    uda di bakar sama mamah, belum tentu impiannya ke wald D. kewsampean kali kang iia 🙂
    (soalnya terus2an fokus sma ngumpulin duang… :p)

    29 November 2010 at 12:25 AM

    • Iya, beliau mau saya rajin belajar dan mengerjakan hal lebih berguna 🙂
      Thanks ya. Salam kenal.

      29 November 2010 at 1:43 PM

  2. Ambil no dulu yak

    29 November 2010 at 4:09 AM

  3. Cuyyyy
    Tahu gak apa yang kita ucapkan
    Kita inginkan,,
    Itu adalah bagian dari doa
    Asal kita berani bermimpi
    Mimpi itu akan jadi nyata,,
    Asal kita percaya,,
    Asal kita mau berusaha,,
    SEMANGAT!!!
    Keep Fighting Till The End!!
    Btw fotonya kali ini manisan
    He he he he

    Kaburrrrr

    29 November 2010 at 4:12 AM

    • Hehehheheh…
      itu kan foto jaman muda put…masih anak2 mukanya 😆
      atau lu mau bilang pake ijo manis? :mrgreen:

      29 November 2010 at 5:55 AM

      • ha…..ha….ha….ha..ha.
        gw lagi di kantor,,,
        jadi ketawa sendiri liat foto lo..
        (*tdi kan gw liatnya dari hape…
        bentar biarin gw mikir yak,,,,
        ha…ha…ha…ha.
        tahu gak kenapa gw bilang manis,, 😀 😀 😀
        karena di ambilnya dari jauh,,
        dan lo sedikit lebih manis,, 🙂 (*banyaknya mah tetep di gw.. 😛
        keren coy,,,tangannya ke dalam kantong lagi,,

        29 November 2010 at 8:54 AM

      • gak gak gak…berarti gw far-genic, bukan zoom genic! 😀 😀
        tangan di kantong kan trademark gw, lu dilarang ikut2, wkakakakaka….

        29 November 2010 at 9:48 AM

  4. farus

    salamat pagi sobat
    salam bloger

    29 November 2010 at 4:45 AM

    • Pagi mas, salam kenal…

      29 November 2010 at 5:57 AM

  5. God….
    Rejeki selalu datang pada tempat dan orang yang tepat Mas.
    Hari ini aku sependapat dengan usagi.
    (tumben tuch ponakan, pagi ini kok cerdas amat)

    29 November 2010 at 5:42 AM

    • Iya mas, saya harus banyak bersyukur sudah diberikan banyak rejeki…
      ponakan mas pasti cerdas soalnya tadi malem sikatan gigi… :mrgreen:

      29 November 2010 at 6:00 AM

    • aduh kok tumben,,,
      dari dulu kali om,,,
      gak liat apa,,
      aku manis ramah dan baik hati ini
      ha…ha…ha…ha…

      om aku mau cabut seminggu,,
      jangan kangen yakkk

      29 November 2010 at 8:56 AM

  6. Why do you put, where dreams come true? Just asking. Haven’t talked in awhile eh? 😳

    29 November 2010 at 6:51 AM

    • 😀 let me explain… When I was a kid, I dreamt to get prize of the “sugus” candy lottery, it was going to Disney Land, seems like it was a miracle for me who lived so far away from US. My mom got mad to me coz I was occupied my collecting that candy packs every day, then she dumped it (actually not). I hated my mom that time, but 4 years later I found the dusty box of candy packs in storeroom, but it was late though. I had forgotten that dream for many years, but hey, 2 years ago I’d been in Disney World after all. That forgotten dream came true… that’s all 😆
      In the end I wrote: Dream like flying a kite, the higher you fly it, the closer it will be to the sky. God might be easy to listen it up 😉
      sorry for poor english :mrgreen:

      29 November 2010 at 7:45 AM

  7. waaaah.. senangnya bisa jalan2 ke Disney Land..
    kita boleh selalu bermimpi.. bahwa bermimpi bisa membuat kita semangat dalam menjalani hidup 🙂

    29 November 2010 at 7:51 AM

    • Iya mbak… I live in dreams, and I love to be in… 🙂 Semangat!!!

      29 November 2010 at 9:08 AM

  8. dooohhhh aku ketawa geli nih pagi2 baca ceritamu prim.

    sama banget sama aku, dulu seneng banget punya mimpi.

    kalo bungkus sugus, aku sampe nyari2 ke tempat sampah bukan karena undian, tp buat uang-uangan kalo main jual-jualan.

    kalo undian…aku ngumpulin stiker hadiah chiki…hadiahnya disney land ama dufan….sampai tuker2an stiker lo sama sahabat pena lain pulau…

    pernah juga undian lifeboy…hahaha..wis deh…tapi utk yg satu ini, mama saya ga jengkel…la wong mamku hoby banget ngirim undian ginian…odol, indomi, TTS 🙂 jadi dapet dukungan penuh hahahaa

    29 November 2010 at 8:31 AM

    • Hahhahaah… hihihihihi… suka undian juga rupanya, kalo chiki dulu mahal sih mbak, jadi gak yakin bisa ngumpulin 😦
      Mamah suka kalo undian indomie, solanya kotak undiannya gak usah dikirim, tinggal bawa ke toko deket rumah.

      Masa kecil memang indah ya mbak, banyak cerita lucu 😀

      29 November 2010 at 9:13 AM

  9. Dream really comes true

    Prim …
    Kali ini mata saya berkaca-kaca membaca cerita masa kecil kamu …
    entah kenapa … ?
    saya juga tidak tau …
    it’s just simply touchy …

    Very nice Prim

    Salam saya

    29 November 2010 at 10:21 AM

    • T_T om saya jujur waktu nulis juga sedih…
      Thanks om, jarang-jarang kan trainer tersentuh, soalnya kan seringnya “menyentuh” 😛

      salam juga om

      29 November 2010 at 1:40 PM

  10. mimpi besar yang emnjadi kenyataan… Allah mengabulkan mimpi setiap hamba Nya… saya kuliah juga berkat impian masa kecil saya

    29 November 2010 at 10:58 AM

    • Iya mas, semangat ya. salam kenal.

      29 November 2010 at 1:45 PM

  11. Saya percaya apapun yang saya dapat dan saya alami hariini berawal dari apa yang saya pikirkan, maka itu saya selalu mengupayakan untuk berpikir yang baik, bermimpi yangbaik…yah semua di awali dengan niat yang baik….

    Sip 😉

    Selalu semangat!

    29 November 2010 at 11:09 AM

    • Sip, niat dan cara yang baik, pasti akan mendapat kelancaran…semangat!

      29 November 2010 at 2:05 PM

  12. yup, mimpi seperti benang layang-layang.
    salah satu mimpiku yang terwujud saat ini
    dulu aku pengen punya pasangan yang jauh lebih tua dari aku
    alesannya: biar bisa ngemong
    soalnya bosen pas pacaran ma yang sebaya atau yang umurannya beda dikit, pasti ribut mulu.
    ternyata Tuhan mendengar do’aku
    kini suamiku usianya jauh beda ma aku. dan bener dia ngemong banget ma aku. protek dan care. i love my hubby ^^

    29 November 2010 at 11:20 AM

    • hihihihi…impian dalam bidang asmara rupanya..selamat mbak, semoga tambah leket…halah…. 😀

      29 November 2010 at 2:12 PM

  13. sebuah kebahagiaan/ nikmat yang sangat tak ternilai, impian besar yang terwujud.
    terkadang impian itu yang membuat kita menjadi lebih semangat, tapi juga jangan sampai melalaikan yang lainnya.
    Bali Villas Bali Villa

    29 November 2010 at 11:27 AM

    • sip mas…Thanks ya mas, sudah sering mampir, 😀

      30 November 2010 at 6:11 AM

  14. kali ini, saya gak mau komen apa2, cuma baca, sambil nagis, hiksssssss… 🙂
    salam buat mama, seorang mama selalu berharap yang terbaik untuk anaknya dan mengamini mimpi2 anaknya.. 🙂

    29 November 2010 at 2:29 PM

    • jangan nangiis
      ntar jakarta banjir.. (^_^)

      29 November 2010 at 2:48 PM

    • Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua ya mbak iyha…
      Mama selalu berdoa yg terbaik untuk kita anaknya. 🙂

      29 November 2010 at 3:02 PM

  15. Pingback: Just Believe It (^_^) (*kekuatan dari sebuah DOA « Rumah nya USAGI

  16. hiks…terharuu, semua yang kita ucapkan bahkan hanya sekedar ada dipikiran bisa saja jadi kenyataan jika Tuhan menginginkannya
    maka jaga selalu ucapan kita agar tetap pada jalurnyaa

    29 November 2010 at 3:04 PM

    • 🙂 Salam kenal mbak Ida…

      30 November 2010 at 6:08 AM

  17. wahh.. artis mana tuh yang mejeng di foto??

    hmm.. mimpi ini yang belum aku tau darimu.. *biz gak prnah cerita c hehe* dan kau telah wujud kannya..
    sahabtmu ini aq suka mimpimu.. suka semangatmu..
    sukses slalu prim..
    jangan berenti bermimpi..

    lalu lalu.. mimpiku apa y???
    wkwkwkwkkk

    29 November 2010 at 5:03 PM

  18. oy satu lagi…

    kangen ama mama mu.. hahaah boleh yak..

    salam dari hendro ya prim, jangan kamay gak kenal ntar wkwkwkw

    29 November 2010 at 5:04 PM

    • Hahhahahha… hampir setiap anak bermimpi ke tempat itu kayanya dro…cuma punya cerita sendiri-sendiri di balik impian 🙂
      OK, nanti aku salamin ya… 🙂

      30 November 2010 at 6:15 AM

  19. Semua kita memang wajib punya mimpi Mas, karena mimpi adalah visi…
    Salam Kenal…
    Nyasar kesini dari blognya Om NH…

    29 November 2010 at 7:41 PM

    • Wah, maaksih mas Marsudi sudah mampir kesini… 😀 dapat kunjungan dr blogger terkenal nih!

      30 November 2010 at 6:17 AM

  20. Kira-kira pas di DisneyLand dibawa enggak bungkus sugusnya, kalau dibawa wah lengkap wes critane kayak pilem-pilem..

    29 November 2010 at 9:10 PM

    • Hahhahaah..gak lha mas… kecuali saya syuting disana, wakakakakakak…. salam kenal

      30 November 2010 at 6:35 AM

  21. Jumialely

    Jd jangan pernah menahan mimpi mu. Karena tidak ada kata terlambat untuk blajar dan berjuang meraih mimpi, itulah dream. Ko kya webku sih prim

    29 November 2010 at 11:50 PM

    • Eh? masa mbak? Ya udah aku mau BW ke sana ah…heheheeh…pagi mbak!

      30 November 2010 at 6:37 AM

  22. memang selalu ada kebaikan dibalik wejangan seorang mama ya…
    jadi terharu

    30 November 2010 at 7:24 AM

    • hahahaha…iya mas…salam kenal ya gecko!

      30 November 2010 at 8:27 AM

  23. Wah… keren..
    Dream comes true..

    Ceritanya benar2 menggugah mas.
    gimana kabar Mama-nya sekarang?
    kayaknya harus minta maaf deh, hehehe…

    30 November 2010 at 7:49 AM

    • Hahhahaha…cuma cerita masa kecil saja… Mama sehat mas, hahahaha…. beliau mah suka lupa sama cerita beginian…hahahahah 🙂

      30 November 2010 at 8:41 AM

  24. He he he he h
    Kunjungan pagi pagi di kereta
    Ternyata yang punya rumah masih ngebabu
    Ha ha ha ha
    Wisma sandat jangn lupa di pel ya coy

    30 November 2010 at 8:43 AM

  25. Sahabatku, kau telah memberikan pelajaran yang berharga
    Bahwa mimpi itu memiliki kekuatan
    Saya bersemangat tuk merealisasikan mimpi2 saya 🙂

    Makasih

    30 November 2010 at 9:17 AM

    • Makasih kang achoey… mari kang, saya senang bisa berbagi semangat!

      30 November 2010 at 8:35 PM

  26. Semoga kelak saya juga menginjakkan kaki saya ke sana…
    Bermain semua wahana yang ada di sana…
    Amin…Amin..Amin…
    *doa-in, yak* 😀

    30 November 2010 at 8:08 PM

    • Amin mbak putri, saya senang jika kelak kita bisa berbagi cerita indah ttg tempat itu 😀
      satu hari tidak cukup mengelilingi 4 kingdoms disney world, hahahahah….

      30 November 2010 at 8:41 PM

  27. Prima, mimpi memang punya kekuatan yang hebat ,
    apalagi tanpa sadar kita selalu memohon dlm hati, agar Tuhan mengabulkannya .

    sungguh beruntung dirimu ya Prima, benar2 mimpi itu semua jadi kenyataan……
    so…….marilah meraih mimpi, jangan takut punya mimpi, krn kitapun bisa mimpi tanpa harus tidur lebih dulu.
    salam

    30 November 2010 at 8:29 PM

    • 😀 senang bunda bisa komen disini… siap bunda, saya akan berjuang demi mimpi saya yang lain…semangat!

      30 November 2010 at 8:45 PM

  28. Konon ada ilmu namanya materialisasi. Jika kita mempunyai keinginan mempunyai mobil maka kita bayangkan bahwa kita sedang mengemudikan mobil itu. Demikian berulangkali, sambil berdoa dan tentu saja sambil berusaha sekuat tenaga.

    Salam hangat dari Plesiran- blog untuk mempromosikan pariwisata daerah anda secara gratis. Jika artikel dimuat maka pengirimnya akan mendapatkan tapi asih berupa sebuah buku yang menarik dan bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Plesiran.
    Terima kasih

    1 December 2010 at 7:36 AM

    • makasih pakde… 🙂

      1 December 2010 at 9:38 AM

  29. Pingback: NINE FROM THE BOYS (#1) | The Ordinary Trainer writes …

  30. Helo… Salam kenal ya!! Blogwalking dari blog nya om NH nih. 🙂

    Sebagai sesama penggemar disneyland, saya jadi merasa harus komen. Hehehe.

    Soalnya saya juga udh bermimpi pengen ke disneyland dari sejak SD. Tp gak pernah tau tentang undian sugus sih. Coba kalo tau, pasti sama2 mau ikutan! Hahaha. Soalnya bener2 terobsesi pengen ke dinseyland sih. 🙂

    Sampe akhirnya umur 31 th baru saya berkesempatan menjejakkan kaki di disneyland LA. Wuiii rasanya gak terkatakan. Norak abis emang. Tapi gimana gak norak, mimpi selama puluhan tahun akhirnya tercapai… Ya udh pasti norak dong ya. Hahaha.

    Sampe sekarang saya masih merasa disneyland is always a happy place. Tiap taun pasti ke disneyland dan acara ke disneyland selalu jadi acara yg saya tunggu2 banget. Udh gak ada bedanya ama anak saya. Hahaha.

    5 December 2010 at 10:51 PM

    • Thanks mas udah main ke rumah saya… 😀

      Hahahhahahah….. mas harus cobain ke Disney World di FL, hahahhaha…pasti lebih “where dremas come true”. Saya pengen kesana lagi, always and always. Pengen liat acara malam disemua kingdom…hehehehehe

      Mas tinggal di CA ya? saya belum pernah ke westcoast…pengen cuma belum ada jodoh ke sana… semoga kapan-kapan y, biar bisa nginep :mrgreen:

      Salam dari ujung selatan kalimantan…

      6 December 2010 at 6:32 AM

      • iya pengen banget ke disneyworld… tapi gak tau kapan. hehehe.
        untuk sekarang, disneyland juga udah menyenangkan banget. 🙂

        6 December 2010 at 7:18 AM

  31. aku pengen bermimpi juga nih Prim,, 🙂

    6 December 2010 at 2:29 PM

  32. ceritamu hampir2 mirip dengan ceritaku.

    7 December 2010 at 12:23 PM

  33. Pingback: 2010 in Review « PrimeEdges

  34. Pingback: Kalimat Inspiratif « PrimeEdges

  35. nyampe sini gara2 search permen sugus, he
    kangen ngunyah permen manis aneka rasa

    nice reflection
    salam kenal
    🙂

    26 February 2014 at 4:53 AM

Leave a comment