Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Jenuh

Sahabat,

 

Sudah hampir 5 bulan saya mempunyai blog ini. Sudah lumayan juga suka duka dilalui. Yah, memang terkesan lebay membahas sesuatu yang baru berumur 5 bulan. Kalau dibandingkan dengan para senior blogger yang sudah malang melintang di dunia maya ini selama selama bertahun-tahun, rasanya masalah saya kali ini tidak ada apa-apanya.

 

Mungkin semua blogger pernah mengalami masa-masa seperti saya, masa-masa di mana menjadi newbie, penuh dengan cerita, penuh dengan semangat menulis, curhat ini itu, dibanjiri oleh komentar, hingga blog-walking sana-sini, meninggalkan jejak meskipun hanya satu kata… Euphoria Blogging mereka bilang…

 

Kemudian akan tiba masanya semangat itu akan turun, gempuran dari dunia nyata, perubahan mood, konflik ini, problem itu, sibuk ini, sibuk itu, semua mewarnai kehidupan kita, khususnya saya. Di tambah lagi rasa jenuh dan ingin sepertinya berhenti sejenak meninggalkan dunia blog dan melihat dunia lain. Hey, bagaimana dengan milis? Apa kabar teman-teman lama saya di FB? Bagaimana dengan kelanjutan belajar bahasa saya? Lamaran pekerjaan apa kabar?

 

Semua blogger mungkin pernah merasakan situasi ini. Menulis seperti menjadi cuma ada di pikiran, tapi tidak diikuti oleh aksi nyata. Saat dimana banyak ide muncul di kepala, banyak sesuatu yang ingin diceritakan di blog, sesuatu yang pantas ditulis, tetapi rasanya malas ingin menuliskannya atau mungkin merasa tidak ada waktu untuk itu, atau entah atas alasan tidak nyata yang melintas di pikiran kita yang membuat kita akhirnya membatalkan untuk menulis. Apakah itu jenuh?

 

Jika otak saya dibelah, mungkin saya akan banyak menemukan lembaran-lembaran draft yang masih tersimpan rapi. Input sudah siap, tinggal bagian menunggu outputnya saja. Kenapa saya tidak semangat? Apa yang menjadi kendala saya? Adakah cara untuk merangsang semangat saya menulis?

 

Di satu sisi saya sedang berjuang untuk mengusir rasa jenuh itu, blog saya semakin di banyak di kunjungi blogger yang baru saya kenal. Mau tidak mau saya seperti mempunyai kewajiban untuk melakukan kunjungan balik, cepat atau lambat, hari ini, besok, atau besoknya lagi. Yah, saya anggap itu sebuah apresiasi.

 

Dulu saya bisa melakukan blog-walking ke setiap orang di blogroll di bar samping kanan ini, tetapi dengan berjalannya waktu, blogroll tinggalah blogroll, untuk mengunjungi blog yang meninggalkan komentar saja rasanya saya sudah kewalahan, saya pun sengaja tidak membalas komentar, untuk mendahulukan kunjungan ke blog lain. Teman-teman, bukan saya tidak membaca atau tidak ingin membalas, tapi jujur saya kewalahan… Saya pasti membaca semua komen yang masuk. Pasti.

 

Sisi lain, banyak blogger senior yang masih setia meninggalkan jejaknya di blog saya ini, meskipun saya sudah jarang berkunjung ke blog mereka terlebih dahulu. Saya menghargai konsistensi ini, saya terharu, terpukul, saya malu, karena tidak bisa se”cekatan” mereka. Orang bilang, jika orang lain bisa, kenapa kita tidak?  Apakah saya kurang keras berusaha? Apa saya saya tidak se”kuat” mereka? Apakah cara blogging saya tidak “sehat”? Apakah saya akan hilang ditelan kerasnya dunia blogging… *asli lebay:mrgreen:

Tidak ada tips, hikmah atau something special di postingan saya kali ini. Saya hanya meminta sahabat menuliskan sedikit komentar. Apakaah sahabat juga menghadapi situasi ini? Bagaimana sahabat melaluinya? Please tell me…

33 responses

  1. off ngeblog paling sering karena kesibukan, jarang banget karna malas/jenuh, yg ada justru kangen dgn dunia blog. Sy nulis krn pgn nulis, bw krn pgn bw, komen krn pgn komen, semua krn sy mmg menginginkannya, bkn krn sebuah kewajiban. Nikmati sj…🙂

    24 January 2011 at 8:04 PM

  2. Sering … !!!
    Tinggal masalah niat aja …
    Mau balance atau tidak …
    Kalau mau hidup seimbang … terus berusahalah ngeblog …
    kalau perlu cari energi dari sahabat …
    dengan berbagai macam cara …

    Salam saya Prim

    24 January 2011 at 9:16 PM

    • pernah menulis tentang jenuh ya pak.. ??

      pernah menulis hanya sebaris.. tapi memuaskan

      26 January 2011 at 12:43 AM

  3. hahaha… itu sudah saya alami puluhan kali… karena sudah ngeblog 8 tahun lebih!
    tapi tetep aku coba nikmatin aja… namanya manusia pasti pernah mengalami kejenuhan!
    dari blog aku belajar tentang kesetiaan… walaupun terkadang malas bahkan sampai “HIATUS” (berhenti ngeblog), tapi suatu ketika aku akan kembali menikmatinya🙂

    24 January 2011 at 9:43 PM

  4. hahah, biasa tu mas.. saya juga kadang seperti itu, tapi melihat gambar mas yang nongol di setiap postingan saya membuat saya semangat terus mas haha,.. tapi kalau lagi kerja sibuk jangan harap dah bisa buka laptop hehe..

    salam persohiblogan !!

    24 January 2011 at 11:47 PM

  5. so far sih gua belum jenuh ngeblog.
    tapi malah seringnya (kayak sekarang ini contohnya), gak ada ide mau nulis apa. hahaha.
    soalnya blog gua tentang kehidupan sehari2 sementara lagi gak ada yang spesial di kehidupan gua. semuanya jalan rutinitas aja…😀

    25 January 2011 at 12:34 AM

  6. Lanjutkan saja, Mas. Easy going saja gitu.

    25 January 2011 at 2:16 AM

  7. Sering sekali prim….
    Semua kan tergantung dengan mood kita. Jangan paksakan saat kita jenuh karena feel tulisan kita akan hilang (ga seperti biasa-red).

    Ada cara yg biasa kulakukan. Saat lagi mood nulis, buatlah beberapa tulisan, lalu atur skedulnya atau simpan di draft, saat kita sedang tidak mood nulis, tinggal di publish.

    Bagaimana dengan ide yg msh lekat di otak? aku ga ngerti ya kalau seusia prima mungkin masih fresh, tp kalo aku memilih buat nyimpen ide di draft meski hanya kata kuncinya saja, biar ga lupa. Ada saatnya kita ngeheng ga punya ide baru, tinggal follow up.

    Soal BW sih…ya sesuaikan dengan waktu saja…easy going prim, jangan anggap beban🙂

    entah disadari atau tidak, dengan nge-blog saya jadi belajar membuat sebuah ‘komitmen baru’ dan berusaha konsisten. Konsisten ternyata sangat sangat susah….yah, prosesnyalah yg membuat kita belajar.

    Ayo prim, tetap semangat yah….
    Boleh jenuh…tapi jangan lama-lama….

    N, cari energi positif dari teman2 bloger seperti kata om NH18…ga harus via blog kan?

    Yakin deh adikku yang oke ini pasti bisa!!!!

    Salam, wedew…maaf ya panjang lebar keliling luas🙂

    25 January 2011 at 7:55 AM

    • hayah…sok-sokan tenan aku yak….kesannya pakar nge-blog….
      (sama2 pemula kita prim..qiqiqi)

      25 January 2011 at 7:58 AM

  8. Yahhh Pim kumaha euy? belum setahun nih…😀 saya juga begitu tapi klo sudah setahun boleh ha.. ha.. jadi 2011 twitter dulu ah.. ngerasain yang baru, tapi tetap link ke blog.. 2012? flickr kaleee.. (beli kamera yang bagus dulu ahh) … upps sudah lebih 140 karakter – salam semangat kawan

    25 January 2011 at 8:57 AM

  9. cuy…tahu gak..
    kenapa gw dari dulu gak mau bikin blog…
    karena gw bukan orang yang konsisten..gw adalah tipikal manusia yang mudah bosan…😀😀
    yang gampang banget ngerasa jenuh sama semua hal dalam hidup gw…

    pada saat gw mulai ngeblog…ada yang bilang sama gw..
    “hati..hati sama dunia blogging yang baru lo bentuk, karena dunia itu membutuhkan konsistensi, membutuhkan ketekunan, bertahan atau tidaknya blog itu pada akhirnya adalah seleksi alam,, setiap hari ada banyak blog baru yang muncul,,,tapi ada banyak juga blog lama yang berguguran..”

    jenuh pasti ada cuy,,,tapi jangan di paksakan lakukan apapun itu karena lo menginginkannya,, jangan di paksakan cuy,,,

    ingat kan teori gw tentang blogger chemistry,,😛

    menulis lah karena lo ingin menulis, bukan karena di paksakan,,,
    karena gak akan ketemu nyawanya..😀

    ntar gw cariin dah nyawanya,,kalau pe-er dari mbak iyha udah selesai.

    25 January 2011 at 9:08 AM

  10. mandor tempe

    Waktu awal-awal ngeblog saya juga merasakan begitu kok. Seminggu bisa apdet 3-4 kali, EUREKA! benar-benar full power kala itu. Namun ternyata power seperti itu lambat laun menurun seiring dengan banyaknya kesibukan yang ada, kesempatan menulis itu menjadi terkikis hingga 1 postingan per minggu. Semoga tetep konsisten.
    Jadi begini mas prima, ngeblog itu masalah keinginan dan kesempatan. Jika keduanya sudah disatukan maka silakan ngeblog. Jangan diselipkan “terpaksa” dalam menulis, takutnya “rasa prima”nya hilang.
    Bagi saya, ngeblog itu ibarat olahraga, sepakbola, futsal. Pada awalnya memang rasanya jadwal main bola seminggu 3-4 kali. tapi kok rasanya badan capek semua, akhirnya saya menyadari kalau kekuatan saya hanya seminggu sekali. Tidak usah memaksakan kekuatan, mengikuti normalnya tubuh saja kalau tubuh itu butuh digerakkan minimal seminggu sekali. Tapi kalau tidak pernah main bola dalam seminggu badan rasanya malah lebih berat, lebih cepat capek. Nah loo
    saya rasa mas prima juga merasakan hal yang sama. kalau tidak nulis tangan pasti gatel melihat tulisan teman-teman, iya kan. Jadi, ngebloglah sesuai dengan kebutuhan, bahwa ide di dalam pikiran itu butuh penyaluran dalam tulisan. Tidak usah memaksakan, kalau ide sudah habis ya sudahlah.

    kalaupun harus berkomen di tempat sahabat, berkomen jangan karena sahabat berkunjung ke tempat anda. Berkomenlah jika dan hanya jika ingin komen terhadap tulisan yang ada, bukan karena terpaksa, bukan karena kunjungan balik. Kalau harus mengunjungi blogroll yang ada, tangan bisa keriting, mata langsung belo karena hampir setiap detik selalu saja ada postingan baru mengisi ranah maya belantara kata ini.

    25 January 2011 at 9:44 AM

    • mandor tempe

      *gelelng-geleng kepala baru bangun langsung kaget*
      Sori mas prima, atas itu lagi kesurupan

      25 January 2011 at 9:45 AM

  11. selamat….anda dapat PR
    http://mylitleusagi.wordpress.com/2011/01/25/sebuah-kisah-tentang-dasrun-sambungin-lgi-ya-fren/

    Kudu di lanjutkan yakkk wajib…

    25 January 2011 at 10:23 AM

  12. Hampir setiap bolgger mengalami masalah yang sama, dan hal itu merupakan situasi wajar dari dampak mood atau belumnya datang dalam pikiran ita untuk berkarya di blog. Semoga hal ini dapat teratasi dengan cara sederhana. Biarkan segala sesuatunya berjalan seperti air yang mengalir hingga mennemukan suasana hati dan waktu yang pas, walaupun hanya sejenak.

    Salam

    “Ejawantah’s Blog”

    25 January 2011 at 11:32 AM

  13. Semenjak minggu ke -3 December asampai memasuki January ini Hani juga mengalamai hal yang sama, bukan seperti yang orang tuduhkan, karena kebanyakan blog….
    Mau punya blog berapapun saya yakin saya bisa eksis kalau emang waktu mencukupi wong blognya juga isinya beda….

    Sungguh kesibukanlah yang membuat saya tak bisa BW atau updated…padahal say punay pekerjaan yang harus saya lakukan via OL, blm lagi kalau internet ngambek padahal waktu sedang ada….

    Kalau begitu saya harus cuti kerja sehari dan seharian ngeblog:mrgreen:

    Tunggu saja tanggal mainnya (semoga di Ok! in, heee)

    25 January 2011 at 1:08 PM

  14. Ann

    Kalau tidak bersemangat menulis atau kehabisan ide, posting foto-foto aja dengan atau tanpa kata2 juga udah keren.

    25 January 2011 at 4:01 PM

  15. Seringkali lah mas Prim, namanya juga orang hidup, pasti ada rasa jenuhnya,,, tapi berusaha lupain jenuhnya dengan negok2 lagi asiknya berbalas komen sama sahabat, asiknya dikunjungi, di apresiasi, padahal tulisan kita bisa2 aja, hehehe… asiknya menang kontes.. *wah ini perlu banget diinget2, karena disitu ada feel tersendiri* dan jangan lupa niatan ngeblog itu sendiri, kan untuk berbagi dan silaturahmi, jadi insyaAllah kalo inget niatnya, semangat gak akan luntur deh, kan kalo semakin kita jalin silaturahmi, semakin banyak persaudaraan tercipta, maka hidup makin indah, dan aktifitas juga makin mudah…

    yang pasti, tetep senyum… kalo gak bisa update tiap hari, ya paling tidak gak berhenti berfikir untuk berbuat yang terbaik..🙂

    santai aja lah, ngeblog kan bukan pekerjaan yang dibayar, jadi gak perlu ngoyo..🙂

    key??
    senyum yuuuuuuuuukkk.. hehe🙂

    25 January 2011 at 4:57 PM

  16. Saya sering jenuh nulis dan bisa ninggal blog saya berbulan-bulan. Malah pernah delete blog sebelum akhirnya pengen nulis lagi😆

    Menurut saya sih, blogging itu dibawa seneng aja, Mas. Ngga perlu membalas semua komen, ngga perlu harus membalas tiap kunjungan, sesuaikan aja dengan waktu dan mood. Kita ngga bisa membuat tiap orang senang dan lagipula hidup kan ga sekitaran di blog aja🙂 Nanti, kalau ada waktu lagi, sudah merasa fresh lagi, baru deh mulai lagi untuk aktif menyapa teman-teman blogger. Selama ga merugikan orang lain kan ga masalah:mrgreen:

    25 January 2011 at 11:47 PM

  17. Tenang prim…. ga usah balik blogwalking ke blog saya.. karena saya ngomen di sini tujuannya buat itu😀

    Jenuh? sudah pasti.. apalagi untuk tipikal orang moody seperti saya. Bahkan saya pernah ninggalin lebih dari 1 tahun.

    Yang penting, ide yang sudah setumpuk itu jangan hilang. Mungkin bisa dicatat di kertas, atau di HP, yang pasti jangan hanya di otak, karenan kemampuan otak kita terbatas🙂

    26 January 2011 at 12:13 AM

    • errrr.. lagi-lagi typo -_-

      ini tulisan yang bener:
      Tenang prim…. ga usah balik blogwalking ke blog saya.. karena saya ngomen di sini tujuannya bukan buat itu

      26 January 2011 at 12:14 AM

  18. terkadang jenuh itu ada.. dan kita butuh istirahat.

    coba lihat tulisan di kategori kata mutiara…… blogku tidak konsisten pada satu

    26 January 2011 at 12:37 AM

  19. ternyata prima manusia seutuhnya yang memiliki rasa jenuh…
    sama aku juga begitu..
    lihat saja kategori kata mutiaraku itu
    singkat.. tapi aku merasa bahagia dengan sebaris kata

    jangan paksakan memberi yang perfect
    nikmati saja..
    jika merasa tak mampu biarkan dia berdiam sesaat saja
    kau pasti akan merindukannya
    merindukan nada-nada dari jemari sahabat di rumah mayamu

    kata siapa sih tulisan ini tak ada hikmahnya
    ada .. sangat
    ternyata…kau membuktikan bahwa dirimu manusia seutuhnya

    Semangatttttt

    26 January 2011 at 12:42 AM

  20. wah, jangan ditanya deh, Prim
    bunda tuh sudah sering banget yg namanya jenuh nuh nuh ngeblog……😦

    biasanya bisa teratasi dgn BW, balas komen , liburan atau jalan2 dulu sebentar dan tentunya suntikan semangat dari temen2 juga ….🙂
    nah, krn senengnya nulis, nulis apa aja, syukur2 kalau manfaat buat yg baca.
    seringnya tuh tulisan dah banyak banget di draft, tapi gak dipublish2 …hahahaha..😀😀

    kuncinya mungkin, nkmatilah ngeblog, jangan ada beban…..
    salam

    26 January 2011 at 6:39 AM

  21. jiiaaah…….bunda tuh kayaknya raja males reply komen deh….. 😳
    bukan, bukan gak menghargai apresiasi temen2……..

    tapi………… bunda lebih suka BW darpiada reply komen
    (hehehe…ngeles.com banget)😦
    dgn BW kadang ada ide utk menulis ,Prima

    jadi, ayo semangat lagi ya …………………………..
    publish foto2 aja juga keren kok ,Prim🙂
    gak harus ada tulisannya, kita udah bisa menikmati blog nya Prima🙂
    salam

    26 January 2011 at 6:44 AM

  22. pagi primmmmmmmmmm

    di Medan mendung lho.. tapi tetep bikin semangat

    26 January 2011 at 7:42 AM

  23. Saya ucapkan banyak terimakasih atas semua komen, dan nasihat yang sangat berharga ini…
    postingan ini akan saya sering baca jika saya down…

    Sekali lagi terimakasih sahabat…

    26 January 2011 at 9:01 AM

    • kembali kasihhhhhhhhhhhhhh *tosssss*

      26 January 2011 at 11:04 AM

  24. g usah ngoyo mas santai saja.. ni blog baru saya. the otherside ^^

    26 January 2011 at 1:24 PM

  25. lah emang wajib gitu ya ngeblog? aku sih kalo pengen nulis apa yg aku lg seneng aja! trus memantau update-an via google reader, jd kalo ada update aja baru maen ke blog temen2😀

    26 January 2011 at 2:10 PM

  26. r10

    saya juga mengalami kesulitan membalas komentar teman2 (kunjungan balik), yang komen diblog aku sangat banyak, sedangkan kesibukan offline bertambah

    26 January 2011 at 3:26 PM

  27. Sering banget Prim🙂

    Apalagi buat emak emak kayak aku…
    Udah curi curi waktu buat nge blog…
    Tapi pas waktunya udah ada…
    ketak ketik gak jelas karena gak mood…

    Masalah waktu juga yang membuatku membatasi diri hanya apdet seminggu sekali saja…
    gak kuat BW nya….
    seminggu sekalipun masih BW dengan ngos ngosan🙂

    26 January 2011 at 8:49 PM

  28. 5 bulan – tapi kaya 5 tahun di atas saya malah ni blog..🙂

    27 January 2011 at 8:03 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s