Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Cobek Misterius

Ini adalah bagian ketiga dari cerita bersambung “Aku Bukan Bang Toyyib”. Bagian pertama ada di rumahnya Putri Usagi, dan bagian kedua ada di rumah Irvan. Silahkan ke TKP kalau belum baca. Enjoy!

**

 

Nting nyantai di ruang tamu rumahnya sambil ngitung-ngitung duit sisa belanjaan tadi pagi. Matanya sempet ngelirik ke arah rumah Marlina. Biar dia tahu siape Nting binti Haji Mahmud, jangan harap bisa main-main ma gue! Biar tahu rasa! Masih untung cuma cobek gue belah, belum ubun-ubun lu! Nting bergumam sambil tersenyum puas.

 

Beres ngitung duit sisa belanja, Nting pindah duduk di meja riasnya. Tangannya mulai lincah moles mukanya dengan segala peralatan riasnya mulai dari bedak sampai lipstik merah delima made in Dubai dapet minta dari Mpok Rodiyeh. Gue harus tampil cantik terus, biar Bang Toyyib kagak jelalatan ke Marlina mulu, gumamnya mengingat nasihat Mpok Rodiyeh  tentang cara ngobatin suami selingkuh. Jam dinding udah nunjukin pukul 4 teng, artinya Bang Toyyib bentar lagi pulang.

 

Nggak lama, sayup-sayup terdengar deru halus mesin mobil berhenti di depan rumah Nting. Nting sontok loncat dari kursi menuju jendela, ngintip siapa yang datang. Jangan bilang Bang Toyyib pulang bawa avanza, bisa pingsan kesenengan gue! Seorang laki-laki berumur dengan kumis tebal turun dari avanza merah marun melangkah ke halaman rumah Nting. Nting yang baru beres dandan malah salah tingkah. Siape sih om-om dendi itu? Mau ngapain dia ke mari?


“Permisi…” suara om-om dendi terdengar dari arah pintu depan yang emang nggak ditutup.

Nting tergopoh-gopoh keluar kamar “Iye, ada ape ye?”

“Eh.., anu Mpok, mau tanya.., rumahnya Marlina di sini?” om-om dendi sedikit kaget lihat wanita yang nyambut dia dalam keadaan menor ala emak-emak mau kondangan, lanjut sunatan.

“Oh, bukan bang, Noh yang ntu… yang atepnya biru norak noh” Nting nunjuk rumah Marlina di seberang rumahnya.

“Makasih ye mpok” Om-om dendi itu pergi melangkah ke rumah Marlina.

 

JELASSSS  Nting langsung kebakaran jenggot. Aje gile tuh Marlina, abis laki gue digodain, sekarang om-om dendi diembat juga! Nting menutup pintunya setengah sambil terus mantau gerak-gerik si om-om dendi dari pantat sampe ke jidat.

 

“Abaaaannnggg….” Marlina teriak kegirangan persis kaya waktu dia menang togel.

Om-om dendi itu senyum-kumis-naik-turun- berjalan masuk ke halaman rumah Marlina.

“Kok lama sih Bang??? Nyasar ya?” suara cempreng Marlina seolah mecahin ketenangan kampung cerewet sore itu. Ibarat dua sejoli lama gak bertemu, keduanya saling belai dan cubit.

 

 

Mata Nting semakin liar ngeliat detail adegan mesra-mesraan yang hadir di depan mata. Kupingnya cenat-cenut seketika, berusaha ngedengar setiap kata pembicaraan mereka. Nggak cuma Nting, ibu-ibu tetangga lain juga nggak kalah ribetnya abis ngedenger ada bahan gosipan baru : Marlina kedatangan tamu om-om! seperti biasa mereka akan saling telepon dan SMS nista.

 

Jeung Nting, tolong pantau rumahnya Jeung Marlina agar nggak terjadi hal yang tidak-tidak! satu SMS setengah nista barusan masuk dari Bu RT.

 

Mpok, hapdetin aye yah. satu SMS nista masuk dari Maimunah, tetangga baru belakang rumah.

 

Nting, lu tau kan yang harus lu lakuin??? Kiss, Ameh. Haiyah!

 

Nting kembali fokus pada target: Marlina, janda gatel seberang rumah.

Nggak lama, Marlina yang sedang asik ngobrol sama si om-om sampe monyong-monyong di teras rumahnya tiba-tiba terpaku sedetik ngeliat dari kejauhan Nting mencuri pandang ke arah mereka dah kaya mata-mata FBI, Forum Bibir Indonesia.

Astajim! Nting keki ketahuan.

“Eh, Mpok??? Mpok! Mpok Nting!” seru Marlina sambil bergegas ke arah rumah Nting.

Om-om dendi ngikutin Marlina ngetuk pintu rumah Nting.

“Mpooook, aye kagak ngajak berantem sumpah! Aye baik-baik mau ngasih tau sesuatu…”

Nting keluar rumah dengan pandangan super judes ngebuka pintu. “Ade perlu ape lagi lu?”

“Eh Mpok, sebelumnya aye mau ngucapin makasih ni ye, tadi ngasih tau calon laki aye ini rumah aye..” wajah Marlina dipenuhi oleh bunga-bunga kebahagiaan, nggak ada sedikitpun mimik benci-benci tahi kucing terhadap Nting yang udah mecahin cobeknya. Dendam itu seolah lunas dengan kehadiran si om-om dendi, tempat dia kini bergelanyut mesra kaya monyet nemu tiang.

 

“Ohh… jadi ini calon laki lu?” Nting masih sinis -idung kembang kempis.

“He-eh.., namanya Bang Oyyib, lengkapnya Muhammad Toyyib! Sama kaya laki Mpok, hihiihihii..”

DEG!

Nting sontak kaget! Jadi gossip itu ternyata?? Oyyib itu? Terus laki gue?

“Nah, Mpok Nting ini bininya Abang Toyyib, ntuh supir angkot nyang aye certain, nyang aye suka naekin saban hari, bang. Lumayan, aye bayar ongkos sebulan sekalian, jatohnya lebih murah, ye kan Mpok??” Marlina sumringah, masih bergelanyut.

 

Nting makin bengong. Jadi itu alasan Marlina naik angkot laki gue saban hari?? Oh May Jod!

 

Marlina permisi pulang sambil masih cengar-cengir bersama om-om dendi bernama Oyyib itu. Nting diem melempem, lemes kaya balon kempes. Pucet kaya abis ngeliat kunti. Ya Allah, gue udah fitnah Marlina…

 

 

“Nyak! Diem aje? Kata Pak Ustad jangan suka diem, ntar kesurupan! Hiiii….” Ntong tiba-tiba muncul dari kamarnya sambil ngebawa benda bulat warna item buluk.

Nting kaget ngelihat Ntong gotong-gotong cobek. “Heh, cobek siape tuh??”

“Ya elah Nyak pikun! ya punya Ncing Marlina lha. Kan Ntong pinjem kapan itu, telat dikembaliin, ini baru mau Ntong anterin.” Ntong berlalu, meraih sandal dan bergegas ke rumah seberang.

“Ntong, bentar, ntooonggg… “ Nting kebingungan ngedengar penjelasan Ntong.

 

Cobek Marlina? Terus cobek yang pecah? Aneh amat?

 

Belum sempat Nting mencegah Ntong yang keburu lari, Bang Toyyib, laki Nting manggil Nting dari samping rumah.

“Nting sayang, abang dah pulang nih… laper!”

Nting masih tertegun di depan teras, mendadak bego campur budek.

“Kok diem aja nih bini abang, masak ape hari ini?” Bang Toyyib ngelus-ngelus bahu Nting dari belakang.

Nting noleh. Liat lakinya, masih sama. Liat angkotnya, sama juga, kagak ganti avanza.

 

Bang Oyyib, bukan Bang Toyyib.

Cobek Marlina, bukan cobek pecah.

Terus punya siape ye?

 

“Seneng nggak sama cobek barunya?” lanjut Bang Toyyib cengar-cengir sambil kedip-kedip genit.

 

Nting keselek.

 

“HHHAAAAAAAAAAAAHHHH!!!! Abang yang beli????”

“Lha, emang kenape?” Bang Toyyib ikutan keselek kaget.

 

Sayup-sayup terdengar dari rumah Marlina.

…sabar sayang, sabarlah sebentar

aku pasti pulang

karna aku bukan

aku bukan bang toyyib…


Nting pingsan seketika.

 

***

 

Artikel ini diikutsertakan dalam Pagelaran Kecubung 3 Warna di newblogcamp.com.


48 responses

  1. hhihiih…lucu, kayak ibu2 di rumahku tuch…suka ngegosip yg gak jelas heheheh…..trnyata yg digosipin salah orang yachh

    31 March 2011 at 3:45 PM

  2. ha….ha….ha…ha..
    keren ..sumpah..
    keren banget…
    thanks bro..
    buat team work kita

    31 March 2011 at 3:49 PM

  3. wah keren nih ceritanya… berawal dari cobek… aku spt baca kisah dasrun yg waktu itu, logatnya sama, betawi punya, hehehe…

    good luck kontesnya ya mas prim… hehehe

    31 March 2011 at 4:28 PM

  4. hahaha, lucu, keren.
    smga sukses mas

    31 March 2011 at 5:26 PM

  5. Cobek..oh.. cobek.. membuat hatiku robek, hehehe,,,
    akhir cerita nyang OKS punya..🙂

    walaupun agak terlambat, Juri Kecub datang,, untuk mengecup karya para peserta,, mencatat di buku besar,, semoga dapat mengambil hikmah setiap karya dan menyebarkannya pada semua

    sukses peserta kecubung 3 warna..🙂

    31 March 2011 at 5:54 PM

    • Makasih juri kecup! lho kecub atau kecup??? wuakakakaak

      4 April 2011 at 8:37 AM

  6. semoga sukses brade kontesnya….. salam kenal

    31 March 2011 at 6:39 PM

  7. wah mudah2an sukses kang…

    31 March 2011 at 9:04 PM

  8. waaahhh kereennn…ini seperti kisah nyata hehehe

    31 March 2011 at 9:49 PM

  9. semangat untuk kecubung 3 warna!! hari ini terakhir kan?

    31 March 2011 at 10:30 PM

  10. ceritanya lucu,, fresh dan ga ngebosenin,, ^^ padahal aq baru baca separuh cerita niy.. good luck buat kontesnya ya,,

    31 March 2011 at 10:44 PM

  11. Pingback: Singgasana Maret 2011 « Batavusqu

  12. Salam Takzim
    Mohon izin menyampaikan singgasana kepada sahabat tersayang, silahkan dipergunakan untuk dimiliki
    Salam Takzim Batavusqu

    1 April 2011 at 1:50 AM

  13. Ha ha ha ini refleksi diri,
    jangan sembarangan berkesimpulan sebelum semua jelas .. bahaya ..

    Salam

    1 April 2011 at 2:30 AM

  14. semoga walau terakhir ikutan lomba ny. mudah mudahan seperti filem india. jagoan menang saat terakhir terakhir. semoga menang ya broo. success

    1 April 2011 at 5:00 AM

    • hihihihii… acha, acha…

      4 April 2011 at 8:34 AM

  15. Emang dah kita deadliners banget! Diobrolin dari kapan tau gakjalan2, pas udah mepet[dot]com langsung pada ON, hahahaha… Thanks a lot Sob, sori kalo ketar-ketir gara2 gw males jawab sms :))

    1 April 2011 at 5:09 AM

    • ha….ha….ha….ha…ha
      kasih tangan buat ngajak tos… (^_^)
      bener banget ya cuy,,,
      giliran di persiapin dari jauh hari malah gak kelar..kelar..
      sekalinya udah mepet bagnet,,,
      baru jadi,,
      dan hasilnya keren….
      i like it.. (^_^)

      1 April 2011 at 9:19 AM

      • kalian ngapain disini???😆

        4 April 2011 at 8:28 AM

  16. Ibu-Ibu jangan jadi bagian dari FBI yee,, itu pesan moralnya ya Prim..
    sukses ya K3Warnanya…

    1 April 2011 at 8:23 AM

  17. ternyata tuh cobek yang pecah,,,dibeliin ama bany thoyib yak…oh nooo…
    gara2 gossip ga jelas,,,oyib jadi thoyib,,,hehe,,,sukses ya prim,,,gambarnya oke banget dah,,,keren abis…satu2nya,,,

    1 April 2011 at 8:29 AM

    • Iya, wkakakak…. gak nyangka kan? Makasih mbak…

      4 April 2011 at 8:30 AM

  18. Hahaha.. akhirnya.. si Nting shock, hehe…

    Semoga sukses ya Mas PriM;

    1 April 2011 at 9:05 AM

  19. Hmmm,,ada baiknya kita mewarnai hidup ini dengan berbaik sangka..
    suka banget sama ceritanya…
    hmmm…

    1 April 2011 at 10:21 AM

  20. akhirnyaaa………………. happy ending🙂
    pesan moralnya dr Pim, jgn suka jadi legos (ledi gosip) ya Pim

    keren en lucu ceritanya Pim
    Semoga sukses di kontes K3W ini ya Pim🙂
    salam

    1 April 2011 at 10:45 AM

    • Makasih bund… wah istilah baru tuh bund: Legos! wkakakka…

      4 April 2011 at 8:28 AM

  21. yaelah…misunderstanding, toh!
    Hilang lagi deh cobeknyah!

    Gud lak, Bro!

    1 April 2011 at 12:26 PM

  22. Orin

    heuheuheu…. co cwiit bang Toyyib beliin Nting cobek baru.
    Sukses K3Wnya ya Prim😉

    1 April 2011 at 12:36 PM

  23. Ikut nyimak cerbungnya.
    Moga bang Toyib happy ending!

    1 April 2011 at 1:45 PM

  24. Gunakan asas praduga tak bersalah.. Lho.

    Semoga sukses yaa..

    1 April 2011 at 3:41 PM

  25. 'Ne

    hehe ketahuan kan kalo gosip ujung2nya gak baik, cuman fitnah aja, udah dosa kehilangan cobek pula haha.. sukses ya🙂

    1 April 2011 at 6:09 PM

    • 😀 begitulah… sudah jatoh ketiban cobek!

      4 April 2011 at 8:26 AM

  26. ceritanya menarik mas. smoga bisa jadi salah satu juaranya. saya ke tempat artikel lainnya ya.

    1 April 2011 at 8:11 PM

  27. wah ternyata istrinya cemburuan banget. tapi cemburu tanda sayang. asal ga kelewatan aja😀

    1 April 2011 at 8:18 PM

  28. beberapa istilah tidak kumengerti artinya. termasuk Cobek. :-s

    ibarat jaka sembung beli menyan
    gak nyambung ya Gan ??😀

    1 April 2011 at 8:30 PM

    • kalo bahasa ilmiahnya Cobek = mortar😀

      4 April 2011 at 8:21 AM

  29. riez

    Ada cobek buat nyambel terasi
    Sambel Terasi campur Tomat
    Lidah Rombeng Bikin panas ati
    Lebih baik Tobat

    2 April 2011 at 12:31 AM

    • ups, dia berpantun… ^^

      4 April 2011 at 8:19 AM

  30. hahaha…
    Sumprit, q ngakak baca ini. Gaya penulisannya bener2 top..
    Semoga sukses ya mas…

    2 April 2011 at 6:10 AM

  31. Juri kecub 2

    waah keren banget ternyata, mas prima sukses menyesatkan perkiraan saya dari awal. Benar-benra bagus ceritanya dan membumi. Saya terkesima dan melongo saja😀
    Cerita sudah dicatat dalam buku besar juri, terima kasih

    2 April 2011 at 11:46 AM

    • :mrgreen: makasih juri kecub!

      4 April 2011 at 8:19 AM

  32. Pingback: Di Balik Layar: Bukan Bang Toyyib « PrimeEdges

  33. gokiiiL…… kereeen abiiiiz…. hebat euy…. tiga sekawan ini (uni putri, Maz Irvan n Pak Prima) Good Luck ya u/ kontesnya….. tak doain… smoga sukses ya….. ai like bgt loch ^^

    hikmah: Selidiki secara rinci sblum mngambil kesimpulan n kputusan…. trus ati2 dng niat yg buruk…. karna bisa mnjadi bumerang u/diri sendiri…. n jng curigaaan..

    6 April 2011 at 4:44 PM

  34. salam kenal…
    ending-nya menenangkan😀

    7 April 2011 at 10:05 AM

  35. Mangkenyee… jangan suka kemakan gosip dan ambil kesimpulan ndiri:mrgreen:

    Kisah telah disimpan dalam memori untuk dinilai.
    Salam hangat selalu.

    7 April 2011 at 4:22 PM

    • Makasih juri kecub!🙂

      8 April 2011 at 6:49 AM

  36. Pingback: Ada Apa dengan April? « PrimeEdges

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s