Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Si Cantik yang Penuh Racun

Gardening time!!!

 

Siapa yang tidak senang jika berada di antara bunga-bunga dan tanaman hias dalam taman. Keindahan dan keasriannya mampu membuat perasaan menjadi relax dan bahagia. Tidak salah banyak orang yang mau meluangkan waktu untuk pergi ke taman atau kebun raya, bahkan meluangkan uang untuk membuat taman yang indah di halaman rumah.

 

Jangan senang dulu, apakah sahabat tahu bahwa beberapa bunga dan tanaman hias juga menyimpan racun yang berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian? Kasus keracunan karena tanaman hias beracun memang sangat jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya jika sahabat tahu siapa saja para “tersangka” agar dapat melakukan pencegahan.

 

Kali ini saya merangkum dari hasil presentasi teman-teman saya masih ketika duduk di bangku kuliah, dan ditambah dengan bacaan dari berbagi sumber mengenai para “tersangka” ini. Tanaman–tanaman ini saya pilih berdasarkan tingginya popularitasnya di lingkungan kita. Perhatikan, apakah sahabat mengenali salah satunya?

 

Dieffenbachia


Kita menyebutnya Daun Bahagia. Tanaman ini sangat popular di Indonesia, tidak hanya karena mudah perawatannya, tetapi juga karena mudah dikembangbiakkan. Siapa sangka tanaman ini jika tertelan daun atau cairan tubuhnya dapat menyebabkan diare dan radang yang perih pada daerah pencernaan seperti bibir, mulut dan kerongkongan. Pada jumlah besar bahkan dapat menyebabkan kesulitan bernafas dan kematian. Selain tertelan, getah tanaman ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Kandungan kalsium oksalat dalam tanaman ini yang ternyata memicu reaksi tersebut. Konon hasil gerusan tanaman ini dijadikan racun pada panah suku–suku di Afrika. Di negara maju, mereka sudah jarang menempakan tanaman indoor ini di sekitar rumah dan perkantoran yang sering di lalui anak-anak. Mungkin mereka takut anak-anak mengira tanaman ini adalah bayam!😀

 

Oh iya, sahabat kenal dengan saudara jauh tanaman ini, Aglaonema? Meskipun tidak sedasyat si daun bahagia, tanaman ini juga tergolong beracun. Nah Lho!

 

Anthurium


Hohohohoo…. Siapa yang tidak kenal gelombang cinta? Tanaman-tanaman dalam grup ini hampir sama dengan Dieffenbachia, mengandung kalsium oksalat yang menyebakan gangguan mulut dan saluran pencernaan. Plus, adanya enzim yang menyebabkan alergi, air liur berlebih, rasa gatal dan panas. Meskipun racunnya dalam kategori sedang, tanaman ini menyebabkan gagal ginjal pada kucing dan hewan peliharaan.

 

So, kita cukup mengagumi daunnya ya, tidak perlu sampai dimakan, atau jadi pakan hewan kesayangan.😆

 

Brunflesia


Saya tidak tahu nama lokal tanaman ini, tapi saya pernah bekerja dengan tanaman ini, mulai dari angkut, pangkas, sampai memupuk. Tanaman ini memiliki keunikan yaitu warna bunga yang akan berubah seiring waktu, saat bunga mekar, warnanya akan ungu, kemudian akan memudar menjadi pink, hingga berubah menjadi putih. Saya dulu berpikir bahwa bunga ini memiliki 3 warna bunga:mrgreen: Jika bunganya bermekaran akan menghasilkan bau yang harum semerbak, hampir mirip dengan melati, tetapi sedikit berbeda.

Seluruh bagian tanaman ini mengandung racun, terutama pada buahnya. Meskipun masih dalam kategori racun sedang, gejala racun tanaman ini menyebabkan gangguan saraf motorik.

 

 

 

Lantana


Kita menyebutnya tahi ayam, tembelekan, atau telekan. Mungkin karena bau tanaman ini yang tajam dan khas. Tanaman ini pada dasarnya adalah gulma bagi orang agronomi, tetapi adalah tanaman hias bagi orang hortikultura😀 Tanaman ini memiliki banyak variasi warna, bahkan sudah ada jenis hybrida-nya.

Siapa sangka tanaman yang kini banyak menjadi tanaman lanskap ini menyimpan racun kategori berat yaitu jenis triterpenes. Daunnya sendiri dapat menyebabkan iritasi dah gatal-gatal. Jika tertelan, terutama buahnya yang masih mentah, maka akan menyebabkan meningkatnya sensitivitas kulit terhadap matahari, kerusakan hati, muntah, diare, pembesaran pupil, dehidrasi dan lemah. Kasus Lantana ini banyak menimpa ternak-ternak di Australia, maka dari itu tanaman ini diberantas dengan serius dari daerah peternakan.

 

Mirabilis


Ini dia bunga pukul empat! Pasti pernah melihat tanaman ini. Dulu sewaktu kecil saya sering bermain dengan bijinya. Bijinya berwarna hitam dan di dalamnya terdapat zat seperti tepung, lalu saya bermain dengan dioleskan ke muka seperti bedak😆

Tanaman kategorei racun sedang ini mengandung racun pada akar dan biji! Apabila tertelan maka akan menyebabkan sakit perut, mual, muntah, diare. Bersentuhan dengan akarnya akan menimbulkan gatal-gatal.

 

Nerium

Bunga Mentega, orang sunda menyebutnya kere atau jure. Mungkin adalah satu tanaman paling beracun di dunia, sehingga beberapa orang menyebutnya Tumbuhan dari neraka😯  Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis, khususnya digunakan sebagai tanaman pinggir jalan, karena bunganya yang indah dan mekar serempak.

 

Bunga mentega mengandung racun di seluruh bagian tubuhnya. Racunnya tergolong sangat tinggi hingga para ahli menggambarkan bahwa cukup satu daun dari Nerium untuk mematikan seorang anak-anak atau bayi! Banyak kasus keracunan tanaman ini dilaporkan di seluruh dunia, tetapi tidak sampai pada kasus kematian.

 

Racun paling penting dalam bunga Nerium oleander adalah oleandrin dan nerrine yang berhubungan dengan glikosid jantung terkosentrasi pada getah putihnya. Getah ini jika terkena kulit dapat menyebabkan kulit mati rasa, radang dan alergi. Sedangkan jika tertelan akan menimbulkan gejala sakit pada organ pencernaan, seperti muntah, perut sakit, diare yang disertai pendarahan, dan gejala pada organ jantung, seperti debar jantung tidak teratur bahkan pada kasus ekstrim korban mengalami sirkulasi darah tidak teratur, pucat dan kedinginan. Kasus lain menyebutkan keracunan bisa menimbulkan gangguan saraf pusat dan hilang kesadaran.

 

Nah, sahabat apa sahabat mengenal tanaman-tanaman di atas? Masih banyak tanaman hias beracun lain, tetapi ini dulu ya😀

 

Penanggulangan keracunan akibat tanaman sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah gejala tampak untuk mengurangi akibat buruk yang lebih jauh. Jika iritasi terjadi pada kulit, maka segera bilas dengan air yang mengalir segera, jauhkan dari paparan sinar matahari dan garukan. Jika gejala semakin parah dan sakit, segera bawa ke paramedis.

Jika tertelan, maka sebaiknya minum banyak air, atau jika baru terjadi dan memungkinkan sebaiknya dimuntahkan untuk mengeluarkan racunnya. Minum zat penawar racun seperti air kelapa, susu dan pil arang. Jika kondisi semakin parah, sebaiknya segera larikan ke rumah sakit. Jika terjadi pada hewan ternak atau kesayangan, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan.

 

Bunga dan tanaman hias memang banyak manfaatnya bagi manusia, tetapi kita harus tetap bijak dalam penggunaannya. Letakkan tanaman-tanaman beracun jauh dari jangkauan anak-anak, dan tentunya awasi gerak-gerik anak dan hewan kesayangan kita saat bermain dengan tanaman. Untuk mengurangi resiko iritasi dan alergi pada kulit, sebaiknya gunakan sarung tangan saat berkebun, dan tentu saja membersihkan diri sebelum makan dan minum.

 

Tentu saja sahabat tidak perlu menjadi parno atau kemudian memangkas semua tanaman di halaman, sekali lagi, ini hanya pengetahuan, selalu bijak dan berhati-hati adalah modal utama untuk keselamatan di semua bidang bukan?

 

Salam Kebun!

 

Gambar: Om google dan koleksi pribadi

48 responses

  1. wah, segar banget bunganya mas,,
    saya paling suka hunting ke taman-taman bunga buat cuci mata,,😆
    maklom di rumah gk ada bunga,,😆

    20 December 2010 at 9:30 PM

    • Lho… malah liat gambarnya…hahahhahaha… ya cuci mata, asal jangan cuci mulut ya…😀

      20 December 2010 at 9:50 PM

  2. Kalo di pikir2, seram juga ya dengan bahaya bunga2 tersebut.

    Tapi, meskipun bunga2 itu cantik, tak mungkin lah kita sampai berniat memakannya,,
    memangnya kambing apah??😆

    20 December 2010 at 9:47 PM

    • Hahahahah..sapa tau ada yang mau bunuh mas pake taneman..wkakaakka…

      20 December 2010 at 10:04 PM

      • wah!!!!

        serem pake acara bunuh2an…

        20 December 2010 at 10:48 PM

      • Hahhaah..becanda ya😛

        20 December 2010 at 10:55 PM

  3. hahh..tanaman2 yg slalu ditemui..tapi bahayanya cuma kalo dimakan khan mas??

    20 December 2010 at 10:20 PM

    • Iya, kalo dilalap pastinya…😛

      21 December 2010 at 6:22 AM

  4. klo di kampung, bunga2 tersebut banyak banget Prim..
    Bundo baru tau klo mereka lumayan berbahaya.

    hmm, baiklah..
    Bundo akan berhati2 tanpa harus merusak mereka
    abisnya cantik semua siyh😀

    20 December 2010 at 10:44 PM

    • 😛 hihihihih.. iya bundo…sekedar pengetahuan saja, jangan sampe di lalap…

      21 December 2010 at 6:29 AM

  5. Bunga2 itu familiar banget….

    Dieffenbachia, favoritnya Bundaku dulu saat aku masih kecil, Anthurium sering akulihat di floris dekat kantor, setangkai IDR 5.000 (mahal bgt!, aku sering ribut sama yg jual demi dapat harga 2500,hee), Mirabilis yang ini aku sering bat mainan….karena bijinya ada serbuk putih gitu kan….

    20 December 2010 at 10:46 PM

    • Hhahahahahah…sama ternyata, main bijinya mirabilis…

      Iya, mbah putri saya dulu suka banget sama dieffen sama kuping gajah😀

      21 December 2010 at 6:31 AM

  6. yang indah biasanya banyak memberi berkah..tapi yang ini bisa menimbulkan musibah… 😀

    20 December 2010 at 11:21 PM

    • khusus bunga bahagia, mirip sebutannya dengan tanaman sri rejeki atau sejenis aglonema, cukup banyak juga ditanam di rumah dan halaman kantor.

      21 December 2010 at 5:42 AM

      • Hohhoho… memang sangat banyak di indonesia…

        Pasti memebri berkah kok mas, hanya harus hati-hati kali ya…

        21 December 2010 at 6:34 AM

  7. duhh Prim,,, benar si cantik yang menggoda dengan bunganya tetapi menyimpan racun kalo ga sengaja ngunyah daunnya,,
    buat yang mau putus cinta di taman harus jauh2 dari tanaman ini😀

    20 December 2010 at 11:37 PM

    • Wakakakakka…bener mbak, yang putus cinta gak perlu baygon lagi😀

      21 December 2010 at 6:35 AM

    • Kalau begini jadi HOROR, Mbak….

      21 December 2010 at 7:31 AM

  8. mas prim saya ada jenis bunga yang termasuk saya suka tapi ga tau namanya apa…. udah nanya ma mbak gugel tapi dia ga tau secara saya juga ga tau namanya. hehehe

    ntar saya posting trus minta tolong kalo mas prim tau, tolong kasih tau saya nama bunganya ya…. lewat kotak koment aja hehehhe makasih sebelumnya….

    20 December 2010 at 11:41 PM

    • OK, tapi saya gak janji ya bisa jawab… ditunggu…🙂

      21 December 2010 at 6:36 AM

  9. Oh bunga yang indah, ternyata oh ternyata dibalik kecantikanmu kau menyimpan racun. Untung mampir kesini jadi tau deh tanaman mana yang beracun.
    Nice info nih Sob, thank’s lah.
    Salam.. .

    21 December 2010 at 3:21 AM

    • Hahahhahaha…sama-sama mas..

      21 December 2010 at 6:38 AM

  10. Ternyata di balik keindahannya terdapat racun yang mematikan. Yang pasti racunnya beda sama keog racun he he

    21 December 2010 at 4:54 AM

    • yang satu goyang, yang satu kejang, hahahahhaha…😀

      21 December 2010 at 6:39 AM

  11. Prima, emang kamu dulu kuliahnya jurusan apa? Saya juga dulu sering bersentuhan dengan tanaman karena saya kuliah di jurusan biologi.

    Kalau di ilmu survival, orang justru sengaja makan Lantana camara supaya bisa muntah. Jadi kalau kita ga sengaja makan tumbuhan beracun, dan baru sadar belakangan, disarankan untuk makan si Lantana camara ini.

    Di Bandung beberapa tahun lalu pernah heboh tentang Nerium oleander. Gara-gara ketauan beracun, akhirnya walikota (apa gubernur ya?) ngeluarin keputusan untuk memberangus tanaman-tanaman ini dari jalan raya. Ya elah… emang siapa sih bakal makanan taneman ini? :p

    21 December 2010 at 6:17 AM

    • Mayor saya hortikultura mbak…ambil skripsi specifik ke floriculture…

      Mungkin makan lantana niatnya merangsang muntah, racun lawan racun, hahahahah… kurang tahu saya pastinya, cuma ternak-ternak yang makan tanaman ini kulitny melepuh kena sengatan matahari, kemudian nafsu makan turun, dehidrasi dan lemas… nah lho…

      Iya sebenarnya, perlu adanya tag atau publikasi ttg “tanaman beracun” sehingga juga mendidik masyarakat. Karena memang salah kalau hanya karena hal tersebut kemudian malah merusak kehijauan lingkungan, semua hal akan baik jika digunakan sesuai fungsinya. atau mungkin walikotanya terpengaruh istilah “tanaman dari neraka” yang disebutkan di Quran?

      21 December 2010 at 6:46 AM

      • jyaahahahaha, emang ada kata-kata “tanaman dari neraka” ya di Al-Qur’an? (maklum lah, belum khatam baca terjemahannya, apalagi tafsir :p)

        Mungkin yang Lantana camara itu cuma boleh dimakan sedikit, kalau ga mau mati konyol🙂

        21 December 2010 at 7:13 AM

      • Hahhaha…saya juga tau baca artikel di internet😀
        katanya di quran di sebutkan nama tanaman dari neraka, bahasa itu di turki dan timur tengah mengacu pada nerium… Kalo pastinya saya gak tahu surah apa, hahahhaah….

        21 December 2010 at 7:27 AM

  12. wew ..getahnya serem juga ya. ..

    21 December 2010 at 6:53 AM

  13. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——
    yes. Kejbak lagi di kepribadian ganda ane..udah bukan ganda lagi. tapi tinda. hahahay.

    Insya ALLAh mau beli kamera..pengin mengembangkan potensi fotografi ane (wkwkwkwkkwkw…) Tp gtw bisa belinya kapan. Ni sih lagi coba ikut lomba foto unik hadiahnya akmera …hehehhe.

    Nerium bagi ane seperti dunia yee…indah..tapi kalau dicium aduh keblek dah..ckckkc

    Ka, saya lgi stres ini..hahahha.

    Kyknya 26-27-28 gak bisa BW. maklum juga mau ke Jakarta.. Gak punya laptop..jd ya vacuum BW dulu. nanti malam 27 nonton di TV One ya,,barangkali wajah ane nongol di TV..hehehhehe

    ^^^^^^^^^^ ^^^^^^^^^^
    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    21 December 2010 at 9:58 AM

    • Tunggu. Emg udah pada tahu ya penampakan wajah ane kyk apa?

      Hahahaha. Kalau pun muncul mana mungkin sadar ya…

      21 December 2010 at 10:00 AM

      • Hhahaha…baru mau tanya itu…wkakakakka…😛 kayanya yang mukanya cupu dan sok serius deh..gakgakgak….

        kok jadi “ane-ane” gitu… itu budaya arab bukan? arab ma islam kan beda????

        21 December 2010 at 10:31 AM

  14. si cantik ini ternyata beracun ya ………..

    tapi……….siapa juga ya yg mau bikin lalapan dr daun2 ini,
    kecuali nekat ya Prima 🙂

    terimakasih Prima, krn telah berbagi ilmu yg bermnafaat ini,
    jadi kalau ketemu pohon bunga seperti diatas, gak akan dijadin lalapan deh🙂
    salam

    21 December 2010 at 10:37 AM

  15. Prima………………semoga segera sehat segar lagi seperti sedia kala…..amin
    dan yang sabar ya ……..🙂
    bunda hanya bisa bantu doa, amin
    salam

    21 December 2010 at 10:40 AM

    • makasih bunda, amin, amin, amin,,,,

      prima akan tetap eksis walopun sakit…halah…wkakakakkaka….

      21 December 2010 at 7:58 PM

  16. he…he…he..
    kagan ngarti bunga..
    eh tapi ada satu bunga kan..
    yang waktu gw kecil..
    gw kumpulin daunnya..
    trus gw ulek..
    nah abis ntoh…jadi dah main gelembung sabun..
    itu namanya apa yakk😀

    21 December 2010 at 11:48 AM

    • Wah Say,..akudulujuga pernah, kayanya itu yang daunnya kaya piring apa mangkok gitu yah…

      sama bunda sering dijewer karena baju jadi basah semua kalau mainan itu…

      21 December 2010 at 3:54 PM

      • Hibiscus rosa-sinensis kali ya, aka bunga sepatu.🙂

        21 December 2010 at 7:57 PM

  17. Mas Prima…tadi Hani e-mail, coba di check yah…

    Thanks.

    21 December 2010 at 3:53 PM

  18. wah, dulu saya sering main2 di dekat tanaman Daun Bahagia itu…
    untung dulu saya gak pernah coba2 makan tu tanaman…

    21 December 2010 at 6:46 PM

    • Hohohohho… semoga nambah wawasan ya mas…

      21 December 2010 at 8:10 PM

  19. Yang pertama ama Anthurium sering lihat, dan ternyata beracun yaaaa…!!!😛
    Wow… saya gak menyangka….😀

    21 December 2010 at 9:05 PM

    • Hahahahha…. sekarang jadi tau kan…😀

      21 December 2010 at 10:17 PM

  20. Pingback: Cantik, Wangi, Memikat, Layak Pilihkah? « Kisahku

  21. Veve

    Wahh,, makasih banget info nya mas,,,

    Di rumah saya menanam salah satunya Daun Bahagia, saya sempat galau ketika mendapatkan info BBM kalo Daun Bahagia itu beracun dg kata2 yg mengerikan. Bbrp hari ini saya cari tahu via internet,,, untung saya menemukan blog ini,,, jadi agak lega dah.
    Yang penting tidak termakan oleh kita kan mas point nya.
    😀

    28 February 2013 at 2:53 PM

    • agian

      Saya baru kena getah nya bunga bahagia…pedih sangat…ada yg tau gk obat nya apa??? Tolong teman info nya thx…

      22 July 2013 at 11:16 PM

  22. Wahh,, makasih banget info nya mas,,,

    Di rumah saya menanam salah satunya Daun Bahagia, saya sempat galau ketika mendapatkan info BBM kalo Daun Bahagia itu beracun dg kata2 yg mengerikan. Bbrp hari ini saya cari tahu via internet,,, untung saya menemukan blog ini,,, jadi agak lega dah.
    Yang penting tidak termakan oleh kita kan mas point nya.😀

    28 February 2013 at 2:56 PM

  23. lidya novita

    beberapa waktu saya juga dapt bc ttg bunga ini, eh gak di sangka ternyata setelah beberapa hari justru anakku makan daun ini, di kiranya bisa buat mainan, karena dia melihat di tv ada org makan daun, akibatnya mulutnya jadi bengkak, ada yg tau gak apa obatnya dan penawarnya?

    25 June 2014 at 5:38 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s