Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Hujan – Hujanan

Siapa sih yang belum pernah hujan-hujanan? Hheheheheehee…

Mungkin terdengar aneh dan “gak banget” dilakukan oleh orang dewasa, tetapi bagi anak-anak, main hujan-hujanan, baik sengaja maupun gak sengaja adalah sebuah kesenangan tersendiri.

 

Kejadian tidak sengaja bisa jadi saat perjalanan pulang sekolah, tiba-tiba hujan turun, dan si anak tidak membawa payung, ada yang memang berteduh dulu, tetapi ada saja yang malah berlarian di antara hujan, memaksa pulang meskipun harus basah-basahan. Sambil menyelam minum air, sambil pulang, bisa main hujan πŸ˜€

 

Memang untuk jaman sekarang, terutama di perkotaan, kejadian di atas mungkin sudah jarang terjadi. Rata-rata anak-anak tidak mungkin dan tidak diizinkan oleh orang tua untukΒ  berhujan-hujanan untuk alasan apapun. Kalau memaksa hujan-hujanan, bersiap saja menerima hujan – hujan susulan, seperti hujan omelan atau hujan cubitan! πŸ˜†

 

Pada dasarnya saya sendiri juga gak diperbolehkan hujan-hujanan saat pulang sekolah. Si Mamah pasti khawatir buku-buku pada basah atau saya masuk angin gara-gara hujan, cuma si mamah memang typical Ibu yang fun dan gak penakut, hehehehehe… Setiap turun hujan deras saat sore hari, jika saya meminta main hujan-hujanan maka 100% si mamah akan berkata; IYA! πŸ˜€ Hore!

 

Entah apa yanga di pikiran si mamah, yang pasti sewaktu kecil saya sudah sering main hujan-hujanan dengan berbagai gaya, dari yang cuma gelungsuran di genangan, main di selokan kecil, selokan besar, mandi di bawah pancuran pembuangan air dari atap, sepedaan keliling komplek, lari-lari di jalanan komplek sampai joget-joget di halaman tetangga yang punya rumput super hijau, wakakakakaka…

 

Jika beruntung saya akan menemukan teman lain satu komplek yang juga lagi main hujan-hujanan (gak tau diizinin ortunya atau gak), yang pasti acara hujan-hujanan makin seru, kita malah cari-cari tempat asik buat main air, seperti lapangan voli di perumahan yang pasirnya putih, that’s the best place to enjoy the rain! Yihhhaaaaa….

 

Kalau sudah begini saya cuma bisa bilang dalam ati : “Sorry ye, gue ujan-ujanan dulu” ke anak-anak yang terperangkap di rumahnya masing-masing, yang hanya memandang saya dari jendela rumahnya karena tentu saja gak diizinin main hujan sama orang taunya. Jangan tanya gimana mukanya: MUPENG banget! πŸ˜€

 

Si Mamah? weis jangan salah, dia malah kadang-kadang malah ikutan hujan-hujanan lho… wkakakakakakak… :mrgreen: Tentu saja gak pake lari lari di jalanan, tapi cuma di sekitar halaman rumah, seringnya hujan-hujanan, sambil bersihkan selokan samping rumah pake sapu lidi dari kotoran-kotoran yang nyangkut-nyangkut, atau malah nyikat paving depan rumah atau belakang, alasannya: mumpung ada penyiram alami!

 

Meskipun boleh main hujan-hujanan, si mamah selalu mengingatkan untuk tidak berlama-lama, biasanya paling lama saya main hujan selama 15 menit, setelah itu pasti si mamah akan teriak-teriak manggil saya pulang. Saya sendiri sudah tahu berapa lama saya boleh main hujan, jadi dengan sendirinya saya akan pulang dan langsung mandi. Setelah mandi si mamah bisanya melumuri saya dengan minyak kayu putih dan menghidangkan pisang goreng atau gorengan lain yang masih anget. Saya biasanya duduk depan pintu sambil menikmati sisa-sisa hujan sambil menikmati sajian itu. Rasanya: Luaaaarrrrr biaasssaaaaaa….. πŸ˜‰

 

Tidak heran jika teman-teman saya menanyakan: Kok kamu boleh main hujan-hujanan sih? Dan pertanyaan itu saya pertanyakan ke si mamah, si mama menjawab: Ya kan, mama juga suka main hujan-hujanan waktu kecil πŸ™‚ Owalah, si mamah dengan kata lain mau bilang: Mamah juga pernah kecil, dan dia juga tahu rasanya main hujan -hujanan, it’s always fun! hahahahhahaa… Thanks Mom! πŸ˜€

 

Saya sekarang merasa sangat beruntung, melalui masa kecil yang indah, mempunyai mama yang pengertian, yang bisa main hujan-hujanan kaya di film india itu! *Gubrak

 

 

Nah sahabat sendiri bagaimana? Suka main hujan-hujanan?

 

Happy Blogging!

66 responses

  1. hmmm kalo gua dari kecil sampe sekarang gak pernah pengen ujan2an lho. hahaha. πŸ˜›

    4 March 2011 at 7:57 AM

    • Ups, aku pikir semua orang suka ujan2, hihihihihii…

      6 March 2011 at 9:44 PM

  2. sukaaaaaaa….malah sbenernya skr masih pengen gitu ujan-ujanan sambil lari-lari di bukit (tp takut kesamber geledek sih)

    Pas kecil juga sering dilarang sih ujan-ujanan, tp suka kucing-kucingan jg ma nenek, ato kalo gak basahin dikit-dikit, trus karna udah basah akhirnya dibolehin juga ujan-ujanan πŸ˜€

    biasanya kalo ujan-ujanan kami ngumpul di lapangan ato di sawah yg abis panen, maen lumpur n nangkepin anak katak πŸ˜€

    4 March 2011 at 8:08 AM

    • manteeeppppp! bener2 anak desa! πŸ˜€

      6 March 2011 at 9:43 PM

  3. Pundung ah gak mau comment

    Baru inget gw juga punya draft tentang mandi hujan,,
    Ntar gw posting ah :p

    4 March 2011 at 8:56 AM

  4. Rasanya emang Ruaaaarrrrrrrrrrrrrr Biaaaaaaasaaaaaaa PRim.

    Kalau Hujannya deres gitu, jamin ga bikin sakit

    tapi kalo gerimis, biasanya langsung mandi takut sakit

    Menyenangkan……

    Udah gede gini juga senang hujan-hujanan kok …..

    Tiap main hujan Buatan (Mandi Pake Shower) wakakkakakaaka

    *bletax*

    4 March 2011 at 9:09 AM

    • hihihiihhi…. ati2 mbak kepleset di kamar mandi! πŸ˜€

      6 March 2011 at 8:33 PM

  5. Wah,, asyik betul memang! aku juga dulu sering mandi hujan ma teman2 di lapangan SD. terutama main sampan kecil dari daun. (lupa namanya). Kebetulan aku juga gak dilarang, karena jarang sekali sakit gara2 gara hujan.
    Kalau sekarang wah, malu diliat hujan-hujanan.. πŸ˜€ kayak anak kecil, wkwkwk… πŸ˜†

    4 March 2011 at 9:43 AM

    • anak kampung nih berarti, tos dulu ah! πŸ˜€

      6 March 2011 at 8:33 PM

  6. mandor tempe

    Kok bisa sama sih nulis juga tentang hujan. ini pasti postingannya nyontek saya karena postingan saya keluar duluan. Kalau gak percaya lihat saja ke blog saya.

    *cara mengundang kunjungan blog yang aneh*

    4 March 2011 at 9:50 AM

    • terpaksalah aku ke tempatmu dek
      *jitak*

      4 March 2011 at 12:00 PM

    • πŸ˜› gak ya…. πŸ˜€

      6 March 2011 at 8:32 PM

  7. Hujan-hujanan itu hobi sewaktu kecil dan seiring pertambahan usia sekarang kena gerimis saja sudah meriang. 😦

    4 March 2011 at 10:46 AM

  8. gue baru mau main ujan-ujanan pas ujan duit bang huahahahahahah :))

    4 March 2011 at 11:54 AM

    • jgn.. lu kan gak bisa renang, kalo hanyut gimana???? :mrgreen:

      6 March 2011 at 8:32 PM

  9. sukaaa sukaaaa prim
    aku juga dulu seriiiing banget pas kecil sama adek dan kakak2ku
    seru seruuuu

    etapi kalo sekarang aku masih suka dengan pura2 nyaru gak bawa payung trus jalan pelan2
    maen ujannya jaim gitu yang penting kan maen hujan

    :p

    4 March 2011 at 12:00 PM

    • Jaiakakakakaka… nakal juga dia rupanya… πŸ™‚

      6 March 2011 at 8:31 PM

  10. Pingback: Sebuah kisah tentang Hujan… « Rumah nya USAGI

  11. Waaaaah…
    Mamanya Prima kereeeeeen…hihihi…

    Aku lupa lho..dulu suka main ujan ujanan apa ngga…
    Keujanan paling juga…hihihi…

    Kayla aku bolehin sih…main ujan ujanan..tapi harus pake jas ujan atau topi…hihihi…*licik*

    4 March 2011 at 12:34 PM

    • Hahahahah… biasakan anak lebih dekat dengan alam mbak, biar kuat! kaya si jago taekwondo itu… wakakkakaak…

      6 March 2011 at 8:31 PM

  12. Wah, Mamamu funky juga yaa πŸ˜€
    Seneng sih main hujan, tapi takut kesamber gledek, secara di Bogor gledeknya menyeramkan…

    4 March 2011 at 1:01 PM

    • Hahhaahha.. iya kalo di bogor, mendingan diem di kamar!

      6 March 2011 at 8:30 PM

  13. Seneng banget hujan-hujanan, bahkan sampai belepotan lumpur … brrr … segerrrr πŸ™‚

    4 March 2011 at 2:27 PM

  14. hujan bikin basah….hehe
    skrg gw udah ga pengen ujan2 an lagi

    4 March 2011 at 4:10 PM

  15. wah…kayaknya kenyang main hujan deh waktu kecil (SD)…..dibelain dijemput dan dibawain payung malah menyelinap lewat pintu belakang sekolahan….hahahaha…malah sempat suka main banjir…. padahal airnya khan kotor banget yah??…..hehehehe…
    sekarang….kalau kondisi anak2 lagi fit…saya ga larang mereka main hujan…biar punya kekebalan sendiri lah….biar lebih dekat dengan alam….jieee…
    wah skarang hujan nih diluar…nungguin reda….kasih komentar deh….yuk ah…mau main hujan2an duluuuu

    4 March 2011 at 5:11 PM

    • mantep mas… iya emang kudu begitu… πŸ™‚

      6 March 2011 at 8:29 PM

  16. i love rain, of course……..
    main hujan2 an itu paling mengasikkan, apalagi sambil mandi dibawah cucuran atap………wudih……..serasa mandi dibawah pancuran.
    bunda paling suka, adalah harum tanah pertama kali air hujan menyentuhnya………… πŸ˜›
    duh, bener2 sampai dihirup sepuasnya………….. bener2 harum……….. πŸ™‚
    salam

    4 March 2011 at 8:28 PM

    • hihihihihi… jaman bunda kecil pasti malah lebih sering main hujan ya bund…

      6 March 2011 at 8:29 PM

  17. mamanya mas prima keren πŸ™‚
    mau jd orang tua kayak gitu jg. hahahaha πŸ˜€
    dulu saya suka maen ujan2an, tp karena temennya dikit (yg ujan2an), jd ga lama ujan2annya πŸ˜€

    4 March 2011 at 8:47 PM

    • πŸ˜€ iya kalo temennya seru banget deh!

      6 March 2011 at 8:28 PM

  18. Gw suka banget main hujan hujanan (waktu kecil) sama kawan kawan sambil main bola atau lari larian aj keliling kampung.

    5 March 2011 at 3:05 AM

    • tos dulu mas!

      6 March 2011 at 8:27 PM

  19. pengennya sih hujan-hujanan sambil meluk tiang dan nyanyi,,, loh?! πŸ˜†
    *ditendang dari bollywood*

    5 March 2011 at 11:02 AM

  20. Kalau saya ikut2an hujan2an, habislah saya, Mas. Wis tuwo…! Mau keluar cari angin saja musti pakai jaket.

    5 March 2011 at 11:16 AM

    • Hahahahah… dimaklumi pak guru…

      6 March 2011 at 8:27 PM

  21. waktu kecil saya dilarang main hujan euy,
    jadi pelampiasannya pas udah gede aja,,…

    5 March 2011 at 11:20 AM

  22. Saya dulu suka ujan2…
    tapi sekarang bisa demam n pilek karna si mang ujan…

    5 March 2011 at 1:31 PM

    • heheehe… malah lebih kuat waktu kecil ya mas…

      6 March 2011 at 8:28 PM

  23. r10

    biar kutebak, si mamah langsung kasih minyak kayu putih dan pisang goreng pasti karena pengalaman masa kecilnya :mrgreen:

    * waktu kecil mamah pernah sakit batuk pilek karena main hujan2an maksudnya

    5 March 2011 at 6:03 PM

    • takut sakit dia… hehehehhe… makanya perut harus kenyang, badan anget! πŸ˜€

      6 March 2011 at 8:26 PM

  24. Beberapa taun lalau ketika musim hujan dan musim kemarau masih teratur, saya dan salah seorang tetangga saya punya hoby yang sama.
    Saat musim hujan tiba, saya dan dia pasti main hujan2an.
    Anak saya juga ikut.
    Kami sudah siap dengan peralatan mandi. Sabun, shampo dan handuk…
    Istri saya dan istri tetangga saya sudah memakluminya.
    Di awal2 musim hujan paling tidak saya melakukan hujan2an bareng ini sekitar 10 s.d 15 kali.
    Aneh?
    Tidak bagi saya, karena saya menikmatinya.

    5 March 2011 at 6:56 PM

    • serius ini bener2 anti biasa! πŸ˜€ *sedang membayangkan*

      6 March 2011 at 8:26 PM

  25. Hehehe… kalau daku sih dulu sering kehujanan. Sebenarnya sih sengaja kehujanan alias ngga mau berteduh. Syukurlah ibu tidak pernah marah. Biasanya begitu sampe rumah langsung disuruh mandi.

    Tapi sampe sekarang juga masih sering kehujanan. Maklum, cuaca lagi ngga bener nih.

    5 March 2011 at 7:33 PM

    • hihihihihiii…. iya sekarang cuaca bikin sakit je…

      6 March 2011 at 8:25 PM

  26. Eh, jangan-jangan posting ini gara-gara contoh larangan main hujan di blog saya ya?
    { GE-ER mode: ON }

    5 March 2011 at 7:34 PM

    • Hehehe… iya, Mas. Soale daku sering denger pesan dari ortu:

      “Jangan main hujan-hujanan, entar sakit”

      Syukurlah ibuku tidak pernah memarahi daku kalau kehujanan (padahal hujan-hujanan sih).

      5 March 2011 at 7:43 PM

    • benar sekali! wkakakakkaakak

      6 March 2011 at 8:25 PM

  27. Anugrha13

    hehe mamah saya juga demokratis jadi saya juga boleh ujan2an πŸ™‚

    5 March 2011 at 8:13 PM

  28. asik ya sepertinya πŸ˜† saya hampir gak boleh hujan-hujanan, tapi malah sering kehujanan πŸ˜†

    5 March 2011 at 11:54 PM

    • πŸ˜€ ya lha mbak… namanya juga anak2… asik pol!

      6 March 2011 at 8:03 PM

  29. wulanmanjol

    aku suka aku suka…
    kunjungan pertama nih, tapi udah heboh begitu. :p
    iyah, dulu pas kecil aku suka ujan-ujanan, pas udah gede juga masih suka. hahahhah
    tapi kadang si ibu ngebolehin kadang ga…
    salam kenal πŸ™‚

    6 March 2011 at 10:10 AM

    • πŸ™‚ iya mbak, kalo deres pasti boleh, kalo rintik malah bikin sakit… πŸ™‚

      6 March 2011 at 8:00 PM

  30. Aku dibolehin kalo ujannya deras…tar ada acara nyari trocohan hm apa ya…itu lo kucuran air dari atap yg paling deres (saluran air-red), buat shower gitu…

    tiduran di air yg menggenang di taman depan rumah juga favorit banget….
    ada lagi prim yg kulakukan, menyanyi2 ala penyanyi cilik acara nyanyi bersama di TVRI kala itu, sambil pegang2 pohon bunga nusa indah, bergaya menyanyi lagu bunga nusa indah, terus adikku pura2nya jadi MC-nya….oh indahnya….

    biasanya diakhiri dengan main kapal@an dari batang pohon pisang di sungai depan rumah…mama nungguin di dekat pintu airnya…

    habis itu, mandi di kamar mandi, terus minum susu, makan indomi…tidur deh…

    6 March 2011 at 11:44 AM

  31. Jadi inget waktu kecil,..
    Aku sering ujan2an..apalagi kalo pulang sekolah seruu…
    Sekarang kalo ada ujan,olive suka aku suruh ujan2 lho di depan rumah,tapi pake jas hujan..hehehhe..

    6 March 2011 at 9:39 PM

    • Harusnya dulu Bunda kayak gitu…..tapi sudahlah semua sudah berlalu :mrgreen:

      7 March 2011 at 4:57 PM

  32. wew.. mama gaul, nih. saya nggak tahan main ujan”an. soalnya punya alergi air dingin.hehhe

    7 March 2011 at 2:07 PM

  33. Dari dulu Bunda nggak ngebiasain aku main hujan-hujanan, hanya ngiler ngintip sepupu atau teman mainhujan-hujanan di halaman rumah si Mbah…sekarang? Wah….rasanya gimana gitu kalau habis kehujanan…seger… πŸ˜† meski kalauhabis kehujanan harus rela bersin=bersin dan keburu minum obat flu…hehhehe

    7 March 2011 at 4:56 PM

  34. kemaren junior pulang sekolah, hujan2 an,, pakai jaket hujan, tapi tasnya di gendong diluar,, bukunya basah semua,,
    sebelumnya,, hujan,, main hujan dulu di sekolah sepuasnya, baru pulang dengan baju basah semua ,,
    yang saya khawatirkan cuma petir kalo lagi main hujannya prim.. kalo di seputaran Jabodetabek, petir menggelegar..

    7 March 2011 at 5:26 PM

  35. Coba deh, tanyain mamahmu… mungkin kecilannya juga suka maen hujan2an ya…
    Bersih2 sekitar rumah cuma menjadi alasan aja kan…?? Haha… kok menuduh πŸ˜€
    Hujan2an memang menyenangkan banget, Prim…
    Kalau anak cewek pas mulai beranjak gedhe, tak disarankan maen hujan2an… ntar malahan jadi berbahaya kalau ada yang berpikiran jahat… πŸ˜€

    8 March 2011 at 11:44 AM

  36. Hmmm,,gak usah ditanya Mas..
    aku paling suka sa’at hujan..
    dulu sewaktu kecil, aku pernah sengaja disuruh hujan2an..
    apalagi pas hujan deres2nya..
    soalnya buat terapi sakit asma..
    nah dari itu, aku suka hujan2an..
    nah,,sampai sekarang saya suka sekali situasi yg seperti itu
    dan juga sa’at gerimis rintik-rintik..
    Hmm,,,indah sekali rasanya

    11 March 2011 at 2:16 PM

  37. wah… saya sampai SMP masih -sengaja- hujan-hujanan, karena jarak dari sekolah ke rumah 20 menit berjalan kaki, dan ga ada angkot, jadi orang tua saya gak akan -dan gak punya alasan- untuk marah πŸ™‚

    *masa kecilku indah… Alhamdulillah πŸ™‚

    11 March 2011 at 11:57 PM

  38. Hujan-hujanan itu menyenangkan loh, apalagi main bersama anak-anak kita hehe…

    2 December 2013 at 8:41 PM

Leave a comment