Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Jajanan Rumah

Weekend begini kayanya enak kalo ngomongin kuliner, hehehehe…

Mama saya di rumah emang hobi bikin cemilan-cemilan yang enak dan sehat. Enak karena rasanya emang maknyus  dan bisa ambil lagi kalo kurang :P, dan sehat karena terjamin bersih dan bahan-bahannya terjamin aman. Pada dasarnya cemilan si Mama adalah cemilan-cemilan yang biasa kita temui di pinggir jalan, kaya singkong goreng, pisang goreng, tahu isi, bala-bala/bakwan, dan kawan-kawannya, tetapi kadang ada cemilan atau jajanan yang relatif “baru” buat saya. Nah, Kalau dulu saya pernah cerita tentang kedelai rebus, kali ini saya akan cerita tentang 3 jajanaan atau cemilan unik di rumah…

1. Ubi Goreng Keju!

Sebenarnya hanya ubi goreng biasa yang digoreng dengan cara biasa, cuma yang bikin special adalah parutan keju dan susu kental manis sebagai garnishnya. Rasanya? Tentu tidak biasa, apalagi kalau ubinya yang empuk dan berwarna orange, paduan rasa manis ubi, susu yang lembut, dan gurihnya keju yang melting di mulut… ihihiihhihi… lebay!

*

2. Pilus Ubi

Kirain tadinya si Mama ngasal ngasih namanya: Pilus! Bukannya pilus itu snack yang bulet putih kecil itu ya??? :lol: Eh ternyata beneran ada! wkakakakaka… Ini masih sama bahan utamanya: ubi. Contoh resepnya ada di website majalah Nova, rasanya enak, empuk-menul-menul gitu pas digigit, lembut dan manis di dalam… hati-hati ini juga addictive, alias gak bisa satu makannya, wkakakakakak…

Kecium gak aromanya sampai sana? masih anget lhooo…. mau? :P

*

3. Gorengan Kelapa

Hihihihi… ini favorite banget!

Jadi awalnya si Mama dapet hibah beberapa kelapa muda dari tetangga, setelah dicek, kelapa-kelapa itu gak semuanya muda, ada yang menjelang tua, tapi dijadikan es kelapa keras, diparut untuk santan pun gak bisa. Tring! Tiba-tiba mama punya ide bikin gorengan. Kelapa tanggung itu diserut seperti biasa panjang-panjang, kemudian diadon dengan adonan tepung pisang goreng, tetapi sedikit lebih kental. Digoreng dan jadi deh! Rasanya enak banget, manis, tepungnya lembut, dan bagian kelapanya kriuk-kriuk saat di kunyah… gak bikin bosen lho! :D

Hehehehehe…Nah bagi yang merasa lapar mendadak, dipersilahkan mencoba sendiri di dapur masing-masing ya… :D

Happy Weekend!

**

Oh iya, mumpung ngomongin tentang makanan, beberapa hari yang lalu, Si Mama dikasih buah yang katanya manjur mengobati tekanan darah tinggi. Rasanya kaya melon/timun, tapi manisnya dikit. Saya jujur gak tahu namanya, heheheheh… *anak-pertanian-durhaka.com :oops:

Ini penampakannya!

Ada yang tahu?

About these ads

44 responses

  1. tengah malem, niat BW, ada beginiiiaaaaaaaan
    ada beginiaaaann
    lapeeer, ujan, di kulkas kagak ada makanan, kagak ada ubi juga
    huaaaaaaa
    huaaaa
    keju di atas ubi goreng kejunya itu looohhhh…. mbikin pengeenn

    1 May 2011 at 12:04 AM

    • Jiakakakkakkakaak…. besok pagi ke pasar gih beli ubi! :P

      1 May 2011 at 6:16 AM

  2. mandor tempe

    kalo gak salah itu namanya buah pepino. Coba tanya mbah google aja

    1 May 2011 at 6:21 AM

  3. wah kreatif banget mama, resep ketiga sepertinya patut dicoba ne, bahan nya juga gampang cuma kelapa dna tepung, terimaksih infonya :d

    1 May 2011 at 6:35 AM

  4. Tiga jajanan itu nama dan bentuknya sama dengan ditempat saya.
    Itu berarti sudah menasional :D

    1 May 2011 at 7:48 AM

  5. Dan dari 3 jajanan tersebut, kalau diurutkan dari yang menurut saya paling enak justru dari bawah keatas.
    Jadi kalau hanya boleh pilih satu, saya ambil gorengan kelapa.
    Kalau boleh nambah, saya nambah pilus.
    Dan kalau boleh ambil semuanya, kejunya saya buang karena saya nggak doyan. :D

    1 May 2011 at 7:50 AM

  6. Bangun tidur bw ke tempat lo,, dan gw jadi laperrrrrrr
    Ayoooo tanggung jawab,,enaknya emang dimakan pagi pagi itu

    1 May 2011 at 8:05 AM

  7. haduuuhhh. enak banget nih makanan. bikin ngiler. btw, saia belom pernah makan gorengan kelapa. dimana saia bisa dapatkan ya? mao nyicipin nich. kayaknya enak

    1 May 2011 at 8:05 AM

  8. buah yang bawah sendiri itu, saya belum pernah lihat, baru pertama kali tahu. :D

    1 May 2011 at 8:35 AM

  9. iya benar di bawah itu pepino namanya,
    gorengan kelapanya itu boleh juga ya, si mama idenya dapet banget

    1 May 2011 at 8:39 AM

  10. aduh nikmat segut slurph gitu euy. di tunjang oleh kamera bagus dan fotografi yang menawan jadinya makin ngiler liat itu makanan. kirim lah ke grogol sini, hehehe..
    nyam nyam

    1 May 2011 at 10:22 AM

  11. Yum, can I have some?

    1 May 2011 at 12:37 PM

  12. zee

    Aihhh ubi goreng…. sedapnya….
    INi pas sore2… jadi lapar pengen ngemil. Msalahnya susah cari pisang or ubi di warung sini…

    1 May 2011 at 3:01 PM

  13. huwaaaaaa ngiri!!! enaknya yg masih tinggal sama mama :(

    itu-itu pilus makanan favorit aku itu, jd kangen nenekku :(
    bdw kelapa gorengnya bikin pengen nyoba deh, hebat ih idenya :D

    iya itu pepino, kyaknya banyak deh di daerah wonosobo

    1 May 2011 at 3:39 PM

  14. gorengan kelapa itu yg perlu dicoba, belom pernah bikin atau lihat yg jual ginian :)
    Mama memang hebat dgn segala kreativitas masakan yg lezat dan menyehatkan :)

    Pim…………..anak pertanian durhaka bgt sih…. masa’ gak tau itu buah namanya apa? kenalan gih sanah :D :D :D
    salam

    1 May 2011 at 4:07 PM

    • Masak sih Bunda belum pernah yang kelapa itu enak banget emang bunda….
      tapi saya lupa nama jajanannya…

      1 May 2011 at 8:14 PM

  15. itu namanya buah pepino, tiap ngeliat buah itu pengen nyobain, wlo ga punya penyakit darting. cumaaaaaa……. masih bingung, gimana cara makannya? *norak* dikerok ‘kah? atau lansung dkupas dan dijus saja? :P

    segala penganan yang digoreng itu sangat mengundang selera makan, tapi masalahnyaaa saya sedang tidak boleh makan gorengan … huhuhu Prima sudah menyengsarakanku dengan postingan ini

    1 May 2011 at 4:32 PM

  16. Saya jajan ubi goreng aja..

    1 May 2011 at 4:40 PM

  17. bikin laper aje bro.. lam kenal mas prim..

    1 May 2011 at 4:42 PM

  18. itu namanya buah pepino, mas. kalah sama anak FEMA *songong. hahahahaha piss :D
    mama pernah beli soalnya, tp aku ga nyoba
    gorengan kelapanya boleh tuh dicoba. kayaknya enak :D

    eh mama nya mas prima kasih resep roti maryam yg di aku aja, gampang kok buatnya, pasti bisa deh :D

    1 May 2011 at 5:21 PM

  19. ratansolomj9

    Wah, enak semua tuh …
    Kalo yang pilus, di tempat saya namanya timus …

    Buah itu baru liat, kelihatannya nikmat dan berkhasiat …

    1 May 2011 at 5:44 PM

  20. widii, fotona keren2 om.. hunting bareng lah kapan2 nyok..
    mm, yang terakhir tu buah apa ya? terung belanda bukan? ato udah pindah jadi terung itali? hhe

    1 May 2011 at 5:50 PM

  21. bukannya itu sejenis timun yah? di Superindo dekat rumah saya sepertinya sih ngejual…

    ngeliat photo2nya jadi pengen bikin keripik singkong dan ubi… huhuhu… :cry:

    1 May 2011 at 6:06 PM

  22. Beee ngiler mode on…Olahan Ubinya menggoda

    1 May 2011 at 6:21 PM

  23. kayaknya yang kelapa goreng enk tuh :)

    1 May 2011 at 7:44 PM

  24. masih ada ga jajanannya? (kelapaeran nih)

    1 May 2011 at 7:50 PM

  25. halaaahhh…tulisan ini sukses membuat saya berpikiran untuk mengobrak abrik lemari makanan…mudah2an masih ada cemilan tersisa…hahaaaaa….muaaaknyus sepertinya cemilan buatan mama tuh… :)

    salam :)

    1 May 2011 at 8:47 PM

  26. gorengan kelapa,, saya belum pernah coba Prim,,
    dan sepertinya ini harus dan perlu dicoba :)

    1 May 2011 at 8:47 PM

  27. Waduuuh, saya kalau liat pilus ubi nya serasa di rumah mbok ku. Jadi kepingin pulang nih….

    1 May 2011 at 9:04 PM

  28. joe

    buah itu rasanya gimana gan?

    1 May 2011 at 9:09 PM

  29. Makanan ini semuanya belum pernah saya coba. mohon ijin untuk mencatat, agar dapat menikmati di rumah berserta keluarga.

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantah’s Blog

    2 May 2011 at 4:00 AM

  30. gorengan kelapa….OMG, jadi inge masakan mama…

    Maaaahhhh bikinin buatku ya mab…(ups, bukan mamah tri ya… hehehe)

    Pim, yg pertama, hahaha…Rafif banget, segala macam gorengan dikasih susu ama keju :)

    Sing ke-2 nek nang kampunge nyong jenenge timus :)

    2 May 2011 at 7:47 AM

  31. Pilus dan gorengan kelapanya patut dicoba. Bikin ngebayangin gimana rasanya.

    Buahnya sering saya liat dipasar. Dipegang jg pernah, tapi ga tau namanya. Kirain sejenis terong. hehehe.. :D

    2 May 2011 at 8:33 AM

  32. 'Ne

    waaah mau donk Priimm apalagi kalo bikinnya dari ubi *mupeng*

    2 May 2011 at 8:52 AM

  33. kelihatannya maknyos tenan tuh mas..jadi pengen buat..mau nyoba juga lah..

    2 May 2011 at 8:56 AM

  34. wahh aku belum pernah ngrasain makan ubi ditaburi susu dan keju…..emang enak yachhh?? biasanya aku bikin persis yg sama seperti itu tp dari pisang alias pisang gencet…..

    yg no. 2 aku suka bikin juga, tapi bentuknya bulat2…..rasanya mantaff

    klo yg no. 3 belum pernah ngrasain…..pernah juga bikin dgn adonan yg sama tp digorengnya cuma pake sedikit mentega….namanya empleng….

    2 May 2011 at 10:35 AM

  35. Hadeuuuh…tadi ke tempat Pak Dhe ada resep masakan, kesini jg putu2 makanan semua. Lapaaaaaaarrr

    2 May 2011 at 10:42 AM

  36. Membaca postingan inih…langsung merasa trenyuh…
    alangkah kasihan nasibnya Kayla dan Fathir…
    Di masa depan nanti…
    Tidak akan pernah sanggup membuat postingan seperti ini nantinya…karena mamanya tak pernah sanggup untuk membuat cemilan apapun juga…hihihi…

    2 May 2011 at 2:01 PM

    • gakgakgakkkk… belajar lha mbak, belajaarrrrrrrrrr…wakakkakaka

      5 May 2011 at 7:15 AM

  37. sumpah. gw belum pernah makan Ubi Goreng Keju ama Gorengan Kelapa ama Pilus Ubi.

    ahhh pengen. apakah gw harus buat sendiri??? kalo jualan pun dimana. enak ngak bro???

    2 May 2011 at 2:29 PM

  38. salah banget dateng kesini sore2, lapeeer… xD

    2 May 2011 at 4:57 PM

  39. Silvi Anggraini

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

    3 May 2011 at 7:20 AM

  40. Ann

    Sepertinya kelapa gorengnya perlu dicoba tapi entah kenapa kalau namanya goreng-gorengan pasti tidak pernah berhasil.

    3 May 2011 at 9:44 PM

    • Jiaah… kalah dong ma Mamaku… :D

      5 May 2011 at 6:26 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 63 other followers