Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Torenia yang Rajin Berbunga

Masih ingat dengan tampilan gambar ini?

Entah siapa, dulu saya pernah ditanya oleh seorang blogger “Prim, kalau mau nanam bunga yang gak repot ngerawatnya dan berbunga banyak apa ya?” Jawabannya salah satu mungkin adalah ini: Torenia! dan seperti janji saya di postingan sebelumnya Pinching Bunga Yuk! saya akan bahas tanaman berbunga ungu yang saya tampilkan gambarnya sekilas di atas :D Yah, jawabannya adalah TORENIA.

 

Cerita sedikit asal muasal tanaman ini ada di rumah saya. Awalnya saya berkunjung ke kantor teman untuk main internet di sana saat sore. Kantor instansi pemerintah yang wifi-nya gratis dan kenceng parah, well, tiba-tiba diantara rimbunnya rumput dan semak belukar di bagian belakang gedung, saya ngeliat bunga-bunga kecil warna ungu dan pink. Dasar saya yang emang bakat ngutil, eh maksudnya mungut tanaman liar, saya belasak-belasak ke daerah rerumputan itu… Lho kok ada torenia!? Liar, kurus, daunnya kuning, pokoknya merana sekali kondisinya, dan tersebar menjadi beberapa spot.

Tanpa basa-basi saya bilang ke temen saya, boleh saya ambil gak tanaman itu?, dia bilang: Bukannya itu gulma ya? wkakakakaka… sembari mulai nyongkel-nyongkel tanaman itu pake piso dapur, saya berkata dalam ati: Gundulmu gulma, ini tanaman hias, dan berharga sekali! Kemudian saya simpan di kantong kresek kasih air dikit dan bawa pulang.

Sampai rumah saya, saya potong seluruh tangkainya kurang lebih setengah! Heheheh, sadis emang, karena melihat kondisi tanaman yang “kurang gizi” itu, saya pangkas tangkai, bunga dan daunnya, dengan harapan, cabang baru akan tumbuh dengan daun yang lebih sehat! dan akhirnya sebulan mereka sudah tumbuh segar plus berbunga TANPA HENTI! :D Mama sempet bilang: “Itu bunga yang ungu beli minta di mana? kok bagus?” dengan bangganya saya jawab: “cuma mungut di semak-semak”

Beruntungnya saya. Seminggu setelah saya pungut si torenia dari kejamnya alam liar, halaman tempat saya memungut torenia itu telah bersih-sih tanpa ada rumput sedikitpun. Wak! asli kaget! kata temen: Iya, kapan itu, ada tukang yang disuruh bersihin halaman.., jadi sekarang bersih… rumput, semak, dan sisa torenia itu telah habis! Fiuhh… hampir aja saya kalah start! :P

 

OK, langsung aja saya cerita tentang tanaman berbunga cantik ini.

Torenia adalah jenis tanaman ground-cover yang menyebar dengan cepat karena dapat berkembang dengan geragih (itu lho batang yang rebah, kemudian tumbuh akar dan menjalar ke samping). Mereka masih satu saudara dengan Snapdragons, pasti kalo pecinta bunga potong tau. Bunganya kecil, banyak dan berwarna, dari warna ungu, biru, putih, pink, dengan kombinasi kuning di bagian dalam petalnya. Ukuran tanamannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20-30 cm, sangat cocok untuk mengisi taman atau ditanam di pot untuk sekedar penghias meja.

Torenia memerlukan dua hal penting dalam pertumbuhannya: Sinar matahari dan zat hara. Tanaman ini berbunga dengan rajin pada kondisi cerah, jadi letakkan pada tempat full-sun atau dengan sedikit bayangan. Untuk hara, silahkan memberikan pupuk kandang atau pupuk apa saja. Torenia akan memberikan respon cepat, daunnya akan lebat dan bunganya akan semakin ramai. Mereka bukan penyuka air banyak atau becek, jadi siramlah setelah mereka melalui satu hari yang panas. Oh iya, ini bukan tanaman dataran tinggi, di tempat sejuk dan panas torenia bisa tumbuh, kebayang aja kalimantan panasnya gimana, dan mereka tumbuh dengan gembira di sini. Intinya, perawatan tanaman ini super gampang! Cocok bagi sahabat yang sibuk tetapi senang melihat tanaman rajin berbunga.

Ini adalah kuncup-kuncup torenia yang akan segera mekar. Bersyukurlah negeri kita mendapat sinar matahari sepanjang tahun yang membuat bunga ini akan terus berbunga sepanjang tahun! :D

 

 

Jika sudah layu, bunga ini akan membentuk Buah yang didalamnya mengandung banyak biji-biji kecil.

 

 

Biji torenia dalam buah. hehehehe, ini saya buka paksa.. :P

 

 

Ini adalah contoh buah yang sudah tua, dan pecah, entah bijinya pergi kemana, hehehehe… Biji torenia adalah biji yang tumbuh dengan lambat, jadi saya lebih suka memperbanyak dan memisahkan dengan memotong tangkainya (geragih) daripada menunggu bijinya tumbuh.

 

 

Nah ini contohnya. Saya akan potong di bagian putih itu, dan memisahkannya pada pot lain sehingga membentuk tanaman baru. Hampir mirip dengan strawberry kan? Saya rasa ini gampang sekali, semua pasti sudah tahu :)

 

Sejauh ini saya belum menemukan penyakit aneh yang merusak tanaman, kecuali hama yang satu ini.

Pak belalang ini rupanya yang membuat pola-pola pada daun torenia. Tapi tak apalah, selama masih dalam batas kewajaran… kecuali mereka membuat daun torenia menjadi botak, dah itu baru deh saya akan bertindak :D

 

Nah, sampai di sini dulu info berkebun kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan sahabat semua dan menambah list tanaman buat di halaman rumah kita. Kalau ada tanaman yang perawatannya gampang, kenapa harus milih yang repot!

 

Salam Kebun!

 

 

About these ads

74 responses

  1. Well, keren banget bunganya..
    Kayak bunga abadi aja ya.. :D
    Btw, aq suka dengan kata ini “Gundulmu gulma, ini tanaman hias, dan berharga sekali!”
    Hahaha… lucu sekali.. :lol:

    19 March 2011 at 10:54 AM

    • :D itu mah jawa banget ya…

      21 March 2011 at 10:27 PM

  2. Tak kirain juga gulma lho, prim…
    wah..ternyata tanaman hias, ya….
    Torenia….torenia…*ngingat2 nama tanaman hias :D

    19 March 2011 at 11:10 AM

    • hahahah… oke lha… :)

      21 March 2011 at 10:26 PM

  3. estherlina

    ihhhh
    keren blognya:)

    19 March 2011 at 11:47 AM

  4. ahahahahahahaha pimm kalimat yg mama juga lucu “Itu bunga yang ungu beli minta di mana? kok bagus?”

    btw always love ur blog :)

    19 March 2011 at 11:48 AM

    • thanks yen…

      21 March 2011 at 10:25 PM

  5. What gorgeous little flowers. They look a little like some that grow here. I love the photo with the tiny grasshopper.

    19 March 2011 at 1:21 PM

    • yes, I believe that Torenia can grow everywhere.. as long as you have the sunlight…

      21 March 2011 at 10:25 PM

  6. oh, itu tanaman juga langsung fotonya? mantab. hehe.

    19 March 2011 at 1:33 PM

    • THnaks mas…

      21 March 2011 at 10:24 PM

  7. riez

    warna janda euy bunganya

    I Love BeWe

    19 March 2011 at 2:48 PM

  8. Sering liat bunga ini dan baru tau namanya Torenia.

    19 March 2011 at 3:33 PM

    • :D ayo bunda, nanam juga…

      21 March 2011 at 10:24 PM

  9. lucu prim… tapi kayaknya ini bukan bunga lokal ya? pupus harapan deh…. :(

    saya punya ambisi hanya nanam bunga2 lokal prim :D

    19 March 2011 at 8:54 PM

    • no, ini sudah lokal banget kayanya… aku pernah liat kok di bogor, jadi taneman lanskap…

      21 March 2011 at 10:23 PM

  10. loh aku sering nemuin bunga ini pas ke bukit sebelah loh Mas Prim.. wah namanya Torenia yo.. enggak kepikiran aku tanem di rumah ya.. aku melu-melu ah..

    19 March 2011 at 8:58 PM

    • Nah, ada kan??? Buruna tanem mas, ntar kasih liat fotonya ya!

      21 March 2011 at 10:22 PM

  11. bagus foto2nya prim…
    gua sih gak ngerti dunia pertanaman… :D

    19 March 2011 at 11:09 PM

    • thanks mas… :) gak papa asal bisa dinikmati…

      21 March 2011 at 10:22 PM

  12. sekilas torenia itu seperti gulma ya prim, tapi gulma sebenarnya banyak yang indah lho prim…..

    kau menyebut kata gulma, pertanian bangettttt…. hahahahahaha… mengingatkanku pada menghitung populasi gulma dengan metode acak :D

    20 March 2011 at 1:06 AM

    • Hahahhaha… agro banget itu… gulma! :D

      21 March 2011 at 10:21 PM

  13. bangsa pakis-pakisan yang dibelakang torenia itu bagus juga kok kalau ditata prim…. :)

    20 March 2011 at 1:07 AM

  14. Habis baca ini langsung pengen ‘nandur nandur’ hehe…

    20 March 2011 at 4:43 AM

    • hihihiiii… masbro mah nanem-nya kelas berat, buat reboisasi kan?

      21 March 2011 at 10:21 PM

  15. lebih mudah mana sama nanam bunga desa? wkwkwkwkkwk.. piss

    20 March 2011 at 7:14 AM

  16. Wuih … bunganya berwarna biru. Bisa di dapet di mana, Mas?

    20 March 2011 at 11:18 AM

    • mungkin di nursery2 ada pak… serius deh ini gampang nanemnya… gak rewel…

      21 March 2011 at 10:18 PM

  17. wih unggu sexy gitu. iye tanaman mahal tuh. foto nya keren bro. tapi kalo tanaman gw mah suka liat aja. ngak ngerti nanam nya

    20 March 2011 at 1:15 PM

    • gak mahal kok… cuma gak terkenal aja… padahal ada di sekitar kita… ^^

      21 March 2011 at 10:18 PM

  18. Ann

    Gak pernah tahu bunga ini.
    Padahal aku termasuk yang sering munggutin bunga dijalanan

    20 March 2011 at 2:09 PM

    • serius mas… :mrgreen: aku juga tau bunga ini pas kuliah…

      21 March 2011 at 9:55 PM

  19. bunganya bagus..
    salam kenal..

    20 March 2011 at 2:20 PM

    • salam kenal…

      21 March 2011 at 9:30 PM

  20. fotonya ko kerenn keren ya…. aku baru tau ada bunga namanya torenia… owh ini ya bunganya,, :)

    20 March 2011 at 2:40 PM

    • sebagai tambahan wawasan aja mas… :)

      21 March 2011 at 9:28 PM

  21. Bunga biasa akan jadi antibiasa ketika ditangani oleh tangan ahlinya…

    20 March 2011 at 10:50 PM

    • mantep om… ini pujian atau statement biasa ya? :P

      21 March 2011 at 9:28 PM

  22. Kayaknya ada juga disemak kebun bapak saya deh, asik juga kalo ditanam dipot ya. Bunganya lumayan bagus, apalagi yang unyu itu.

    Salam.. .

    21 March 2011 at 12:37 AM

    • Iya mas, kadang kita gak sadar ada tanaman bagus disekitar kita… :)

      21 March 2011 at 9:27 PM

  23. Huhuhu… aku kok tetap kekeuh pada lidah buaya ya…
    *dasar pemalas* :mrgreen:

    21 March 2011 at 1:58 AM

    • Hhahaha.. gak papa mbak, namanya juga usaha :P

      21 March 2011 at 9:25 PM

  24. Prima! dengan ketulusan hati dan pengharapan tinggi…aku mau biji-biji bunga itu……. *sujud sungkem*

    21 March 2011 at 7:36 AM

    • I’ll send you an email!

      21 March 2011 at 9:21 PM

  25. Wah saya enggak suka melihara bunga, tapi kalau lihatin mau sih, bikin indah suasana..
    Tapi pengennya sih melihara bunga desa, eh! :)

    21 March 2011 at 10:27 AM

    • (- -’) bunga desa yang mana lagi mas yang akan kau goda…. wkakakakkka

      21 March 2011 at 9:20 PM

  26. duh…duh…
    gimana yaaaaa…
    jadi malu baca postingan di atas….

    Bunga di rumahku kok pada mati semua sih Priiiiiiim ???
    Masih menyelidiki mencari jawabannya…
    atau mungkin…

    Karena aku nyiramnya nungguin ujan gituh???…hihihi…

    21 March 2011 at 12:09 PM

    • GUbrak! so obvious… :P

      21 March 2011 at 9:19 PM

  27. aku koq belum pernah lihat tanaman itu yachh….bunganya bagus bangett….ungu lagi warna favoritnya ina hehehe…..

    21 March 2011 at 2:17 PM

    • masa sih? padahal tanaman ini lumayan terkenal, tapi emang kalo di indo kalah pamor sama yang lagi trend! :P

      21 March 2011 at 9:19 PM

  28. subhanallah, cantik banget bunganya :oops:
    pengen punya jadinya :D

    21 March 2011 at 7:18 PM

    • Ayo! banyak di bogor!

      21 March 2011 at 9:03 PM

  29. Torenia? kenapa disebut itu?
    itu sebutan org kampung situ atau memang nama nasional?
    atau malah internasional?
    gw tahunya cuman bunga mawar, melati, kamboja, …kayaknya hanya itu…

    21 March 2011 at 7:28 PM

    • Gak tau mas kenapa… tanaman ini sudah banyak di indo..buktinya di pedalaman kalimantan aja ada.. cuma aku gak tau nama lokalnya…

      Kalau Torenia itu yang jelas nama genus bunga ini… :D

      21 March 2011 at 9:00 PM

  30. yustika

    wakakakakkk, hobinya mas prim sm kyk emakku, ngutil tanaman liar! wkwkwkwkk….

    itu bunganya kecil2 ya mas?

    24 March 2011 at 1:11 AM

  31. bunganya lucu yah, imut..
    warnanya ungu..
    jadi ngebayangin deh kalau seluruh halaman ditanamin bunga ini
    pasti indah pas waktu berbunga
    semuanya warnanya unguuuu

    25 March 2011 at 2:34 AM

  32. Pingback: Ada Apa dengan April? « PrimeEdges

  33. yuli mulyani

    thx for the info……saya juga baru beli tanaman ini tadi pagi. moga2 tumbuh pesat dan banyak bunganya….saya beli warna violet juga.

    8 August 2011 at 11:03 PM

  34. yuli mulyani

    nanam bunga apa lagi? selain torenia?

    8 August 2011 at 11:04 PM

    • Coba begonia (untuk tempat yang sedikit naung)…

      8 August 2011 at 11:20 PM

  35. badia

    aku sebenernya ga sengaja nyari artikel ttg torenia, cuma yg bikin aku terus keingat aku pernah nemu semacam rumput di pematang sawah# hihihi ndesoooo bgtz# bunga nya kecilsemacam itu….ga tau itu bnran torenia pa bukan,,,,aku penasaran aj tuh rumput nama ilmiah nya apa???

    27 September 2011 at 11:21 AM

  36. Kunto

    istriku juga punya mas kecil kecil tapi.. dari polybag dicobain ke tanah.. semoga sih bisa besar… kalau mekar semua… bagus memang sih… I admit it.. warna ungunya yang tajam itu soalnya..

    21 October 2011 at 12:56 PM

  37. Mas, Torenia-nya indahhh. Lagi googling tentang bunga2 ,eh nyangkut lamaa di blog ini :D . Btw Torenia ini Kembang Telon bukan yah Mas Prima…aku nyari ke tukang kembang (bawa2 gambar ini) dia bilang ini seperti Kembang Telon (kembang yang terkenal buat mencerahkan mata bayi). Tapi Kembang Telon dan Torenianya emang ga jual sih abangnya jadi aku gatau bener enggaknya. Aku sendiri sudah lupa Kembang Telon seperti apa, jaman ke rumah Nenek di Bandung, dulu banyak…Sekarang ga ada lagi. Emang mirip mirip begini, tapi googling kembang Telon juga ga ketemu foto kembang telon sih jadi masih penasaran… Di Jakarta beli dimana ya Mas si Cantik Torenia ini..pengen banget punya…..Terimakasih banyak ya Mas Prima…vewryy nice blog :)

    4 November 2011 at 5:19 PM

  38. Mas Prima, aku akhirnya dapat Torenia kemarin di toko bibit Taman Buah Mekarsari Cileungsi, harga Torenia 1 pokok @12000 . Sudah ditanam dengan manis di pot gantung hehe, beli 3 warna; biru, putih dan pink. Terimakasih yah Mas Prima inspirasinya.. :D Ada ide lagi ga nanam bunga apa yang Bisa berbunga terus di daerah panas..Soalnya tinggal di Sunter nih, deket pantai :D

    7 November 2011 at 9:55 AM

    • @Sherry, Nice! tapi mahal juga ya… nanti bisa dipanen bijinya, kalau buahnya sudah kering, kemudian bisa disebar lagi, mudah sekali memperbanyaknya… hmmm, untuk daerah panas coba day lily (biasanya warna kuning), acalypha reptans, vinca (tapak dara) sekarang ada yang tipe creeping, bougainvillea-coba cari yang varietas berdaun dan berbungan kecil, coleus juga sekarang warna-warni, cocok buat daerah panas (tapi gak berbunga). Kalau mau coba yang agak besar bisa coba kamboja (plumeria), atau kamboja jepang.
      Sebenernya cara mudah ngeliat tanaman apa yg cocok di daerahmu adalah dengan melihat lingkungan sekitar, liat tanaman apa yang tumbuh dengan baik di sana, jadi sering liat-liat halaman rumah orang aja, hahahahah… Good luck!

      7 November 2011 at 10:39 AM

      • lupa! Coba portulaca! sekarang sudah banyak varietasnya, bagus2…

        7 November 2011 at 10:41 AM

  39. Pingback: Torenia dari Mekarsari | Sherry, Freddy and MeccaTB

  40. Iya makasih banyak Mas Prima.. Kemarin itu abis baca reply ini aku langsung browsing nama namanyah hehehe bukannya langsung say thank you yah :p….portulaca itu sutra bombay/krokot kan yah, iyahh aku dah tanam beberapa jenis sutra bombay, tiap pagi mengembang dengan ceria, murah tapi cantik dan imut…:D

    12 November 2011 at 9:22 PM

  41. Septriyana Putra

    bunganya bagus mirip kaya bunga sweetpea :D

    17 March 2012 at 10:15 PM

  42. Peny

    Weh baru tau klo namanya Torenia, selama ini meliharanya tapi ga tau nama :).
    Saya punya warna ungu, pink, n putihnya mas

    1 June 2012 at 9:06 AM

  43. fitri

    mas prim salm kenal yaa,, ak lg cari di google ‘pohon berbunga cantik’ ee… nyasar deh ke blok ini. bunganya cantik lo. bs dpt dimana? di tukang bunga jarang lht?

    13 August 2012 at 9:23 AM

  44. winnie

    Selamat siang, saya juga mempunyai tanaman torenia, ntah kenapa daunnya tiba-tiba layu dan berubah jadi warna hitam, dan tanamannya mati. Itu penyebabnya apa ya?

    28 May 2013 at 2:31 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers