Frames, Green, Rustle and Sweet Tea

Kokokan Malam

Sahabat,

Dini hari ini sekitar pukul 01.30, saya mendengar ayam jantan milik tetangga sebelah berkokok.

Tidak hanya sekali atau dua kali, kokokan itu cukup lama dan panjang.

Saya diam. Pukul berapa sekarang? Kenapa jadi tengah malam begini si jago itu berkokok?

 

Sebenarnya saya sendiri sudah pernah mendengar kokokan ayam di tengah malam buta. Tetapi sampai sekarang saya tidak tahu alasan logis mengapa mereka berkokok di malam hari. Saya bahkan  juga tidak tahu mengapa mereka selalu berkokok di pagi hari?

Ada yang bilang mereka berkokok untuk menyambut matahari pagi.

Lalu apa yang mereka sambut di malam hari?

Mengapa mereka berkokok di malam hari?

Sahabat,

Saya teringat sebuah cerita saat saya masih kecil, entah cerita atau mitos itu benar atau tidak, tetapi mitos itu menjadi alasan menarik sejauh ini untuk menjawab pertanyaan saya di atas.

Seseorang dahulu menjelaskan kepada saya, saya lupa siapa… bahwa anjing atau serigala adalah mahluk yang mampu melihat bangsa jin. Itulah mengapa anjing suka melolong pada malam hari, mereka seperti sedang menyambut jin yang sedang lewat, semakin panjang lolongannya, makin banyak jin yang dilihat oleh si anjing…

Sebaliknya, ayam adalah mahluk yang mampu melihat malaikat. Sebelum matahari terbit, banyak malaikat turun ke bumi menebarkan berkah dan doa. Cahaya para malaikat membangunkan ayam, dan ayampun berkokok menyambut malaikat yang sedang turun ke bumi, jadi bukan karena mereka melihat matahari.

Lalu, bersyukurlah jika kita mendengar ayam berkokok di malam hari, karena sebenarnya ayam itu sedang melihat malaikat yang sedang melintasi bumi di malam hari. Sinar para malaikat mungkin tidak tampak oleh mata manusia, tetapi mereka tidak bisa membohongi mata ayam. Begitu terangnya cahaya malaikat sampai dalam lelapnya pun, ayam bisa terbangun dan berkokok.

 

Mitos yang menarik bukan?

Nah, apa sahabat pernah mendengar mitos ini? atau sahabat punya mitos lain, mengapa ayam berkokok di malam hari?

Silahkan di share disini ya… :)

 

Happy Blogging!

 

About these ads

68 responses

  1. Lia

    Prim, denger ayam berkokok tanda malaikat menebarkan berkah, lo bangun buat sholat ga…?? pa tidur lagi….?? Hahahaha….. :D

    17 December 2010 at 6:45 AM

    • gw langsung pules :D soalnya gw capek parah! Wakakakakkakaak…

      17 December 2010 at 8:04 AM

  2. Ditempat baru saya kok malah sering ada ayam tetangga berkokok tengah malam.
    Menurut mitos yg saya dengar malah bukan karena ada malaikat yang turun mas,
    Tapi, (maaf) ada yang berhubungan intim yg gak halal.

    itu sih katanya ya,, :lol:

    17 December 2010 at 8:19 AM

    • Hihihihihi…mitos memang aneh2 ya.. saya baru tahu mitos yang ini :D

      17 December 2010 at 8:46 AM

  3. Pagi!!!

    Alhamdulillah, senangnya kalau begitu…
    Hampir setiap malam mendengar ayam berkokok, gimana tdk wong Hani biasa tidur jam 12 atau lebihlah dikit, he he he

    Mitos, banyak…apalagi orang Jawa…nggak boleh ini, itu…tapi kalau dipikir secara logika kadang masuk akal juga kok…..

    Meski ada banyak yang di bantah :D

    17 December 2010 at 8:31 AM

    • Hahahahha… namanya mitos memang aneh2, ambil yang positif saja, asal tidak mengurangi keimanan ya hani… :)

      17 December 2010 at 8:49 AM

  4. Saya lebih sepakat ayam jagonya melihat malaikat turun..
    meski kalau dipikir, pemikiran saya belum sampai kesana,,
    tapi namanya opini, tiap orang bolehlah beda

    17 December 2010 at 8:33 AM

    • Yup. Opini yang bersifat positif rasanya masih boleh, artinya at least kita berprasangka baik :D

      17 December 2010 at 8:51 AM

  5. Ann

    Ayamnya lagi nonton bola di RCTI :)

    17 December 2010 at 9:35 AM

    • Hihihihhihi….terus dia teriak: ggooooolllllll!!! :D

      17 December 2010 at 12:28 PM

  6. mandor tempe

    Memang yang pernah saya dengar seperti itu, ayam berkokok di malam hari artinya sedang melihat malaikat. Artinya juga mumpung malaikat datang maka kita bersegeralah bangun malam karena malaikat akan mencatat kegiatan malam kita untuk dibawa ke langit

    17 December 2010 at 9:50 AM

    • hmm…kesimpulan yang keren mas… bener juga ya… saya amsih suka males kalo bangun malem… :(

      17 December 2010 at 12:30 PM

  7. mitosnya ajiiib,…
    tapi untuk yang bilang klo ada korelasi antara kokokan ayam dan datangnya malaikat, semoga aja emang bener yah, mungkin intinya kita itu harus bisa lebih menghidupkan kembali malam – malam kita untuk menjemput keberkahan (aih,,, bahasa gw :P )

    17 December 2010 at 10:21 AM

    • ajib bagaimana?? :D
      jiaahhhhh…bener juga tuh…

      17 December 2010 at 12:30 PM

  8. Kalau di daerah saya, mirip yang dikatakan Mas Masyhury…
    Ada anak yang lahir “tanpa bapak”
    Tapi saya sich gak percaya mitos.
    Kalau ada ayam berkokok malam2 sich pastinya karena nggak bisa tidur :D
    Kalau bisa tidur kan pasti nggak berkokok

    17 December 2010 at 10:51 AM

    • Hmmm…. begitu ya…

      ayamnya mungkin kelaman tidur siang :D

      17 December 2010 at 12:31 PM

  9. Wach kalau ditmpt saya ayam berkokok dimalam hari sebagai pertanda akan ada seorang perempuan yang akan melahirkan mas,tapi ya gak tau juga itu bnr atau kgk namanya juga mitos hehehe…:D

    17 December 2010 at 11:07 AM

    • ada yang bilang berhubungan intim tapi gak halal, melahirkan anak tanpa ayah, sekarang wanita melahirkan… semua mitos, semoga kita bsia mengambil positifnya :)

      17 December 2010 at 12:33 PM

  10. menurut mitosnya memang kayak gituh ya Prim, bahwa si ayam jago ini ngelihat malaikat, dan dia berkokok dlm upayanya ikut membangunkan manusia agar bersegera utk sholat malam..

    tapi, bunda sih gak percaya mitos ini :)
    yg jelas si ayam pasti gak bisa tidur atau belum ngantuk kali ya, jadi aja dia berkokok …. :D :D
    salam

    17 December 2010 at 11:32 AM

    • Iya bunda, mungkin ingetin saya biar gak males sembahyang malem, <kok tau ya?? :P

      17 December 2010 at 12:34 PM

  11. wah belum pernah denger mitos itu sebelumnya… :)

    17 December 2010 at 12:10 PM

    • sekarang jadi tau kan…hahahahhaha… >>meskipun gak penting juga sih :P

      17 December 2010 at 12:35 PM

  12. Ayamnya gak bisa tidur..
    soalnya siang tidurnya kelamaan katanya :D

    17 December 2010 at 12:53 PM

    • ngronda gt ya… :D

      17 December 2010 at 7:01 PM

  13. Ooh,, gitu ya?? malah baru tau aku mas, hehehhe,,,
    tapi bener gak ya?? kalo menurutku sih, paling-paling tuh ayam kebanyakan ngopi, jadi susah tidur deh, daripada bengong makanya dia nyanyi2 aje, halah.. hhhaha

    17 December 2010 at 1:01 PM

    • Hheheheheeh…. kebenrananya saya gak tau mbak, kan cuma mitos :D

      17 December 2010 at 7:02 PM

  14. wah baru denger nih saya sob :)

    17 December 2010 at 1:52 PM

  15. Zizima

    salam kenal. pernah bangeeet, ibu saya mah malah sering bilang kalo pas lagi magrib jangan keliaran di luar rumah, kalaupun terpaksa di luar, jangan lupa dzikir biar engga kesambet. cz katanya pas jam-jam itu lagi banyak “makhluk” yang lalu lalang :)

    17 December 2010 at 2:36 PM

    • salam kenal. Iya mungkin banyak mitos yang sifatnya “nasihat” bisa jadi akan membawa kebaikan ke diri kita, heheheheh…

      17 December 2010 at 7:04 PM

  16. semoga ya, tiap menjelang subuh ayam belakang rumahku sering berkokok persis di belakang kamar saya. jadi sekalian bagunin saya dah

    17 December 2010 at 9:57 PM

    • Hhihihihih… iya mas, jadi kaya larm begitu :P

      18 December 2010 at 7:44 AM

  17. Wah, saya sendiri yang pecinta ayam nggak tau apa sebabnya..:)

    17 December 2010 at 10:42 PM

    • Nah lho… hahahaahah….

      18 December 2010 at 7:45 AM

  18. ikr? ikr means I know right? But Yes, roosters crow alot, even at night. Sometimes they’re annoying. There’s a barn right behind my house so I know the feeling. By the way, I speak English, my name is nayyir, and I’m in fact also a friend of andrew. I find your blog very, um….. interesting. lol. I really like it though.

    18 December 2010 at 7:15 AM

    • Hey Nayyir , IKU, I knew you, LOL….
      yup, and I don’t find an exact reason why they do that so many times…

      Interesting? You sure? :D

      18 December 2010 at 7:48 AM

  19. emang mitosnya kaya gitu y bang?? heu. baru tau sayah.

    kalau menurut saya sih, mungkin si ayam itu cuma lapar aja kali ya? he.. cmiiw. :mrgreen:

    18 December 2010 at 8:08 AM

    • Hehehheeh, ntar saya tanya ke ayamnya..:D benar tidaknya itu hanya mitos… :)

      18 December 2010 at 10:51 AM

  20. Baru denger…mitos yang beginian…

    Lagipula..jarang denger ayam berkokok tengah malam….biasanya menjelang subuh…he..he.. :D

    19 December 2010 at 12:23 AM

    • Hahhaahah…kok saya sering ya, wkakakakkaka…

      19 December 2010 at 9:13 AM

      • maksudnya…disuruh sering sholat malam kali, ya, prim ?
        ato
        bantuin ngronda..
        he..he… :D

        19 December 2010 at 8:22 PM

  21. saya pernah dengar ttg mitos anjing dan serigala, tapi yang ayam belum…

    malah saya pernah dengan mitos bahwa kalau ayam berkokok di malam hari, itu tandanya ada yang sedang (maaf) berzina di sekitar situ.

    wew, jauh amat ya gap mitosnya :p

    19 December 2010 at 8:39 AM

    • Hahhahaha…mitos emang percaya gak percaya, ambil positifnya aja kali ya :)

      19 December 2010 at 9:15 AM

  22. hmm.. ayamnya terlalu cepat tidur jadi bangunnya jg terlalu cepat… ;)

    19 December 2010 at 3:14 PM

  23. Jos tenan Gan,,,,,infonya menarik,,,,,

    11 February 2011 at 7:58 PM

  24. oh gitu.. saya baru tau.. denger2 dari temen sih katanya lagi ada yg berhubungan intim (maap) hehe.. tapi menurut saya mitos yg ttg Malaikat bisa jadi sih :)

    12 April 2011 at 9:56 AM

  25. Mama seris

    Sneng bs mampir sini…. Ada hadits shahihnya kok… (tp sy lupa hadisnya diriwayatkan oleh siapanya) bhw benar ayam yg berkokok krn melihat malaikat. Itu bkn skdar mitos tp hadis shahih.

    20 April 2011 at 8:38 PM

  26. pram

    y lau q setuju bngt lau ayam b’kokok dimlm hari tu da malaikat yg trun di bumi,,,,
    tp lau kta orang di tempat tinggal q, ktanya da hal buruk yg akan terjadi….

    14 May 2011 at 6:27 PM

  27. amore

    wah wah wah nih ada ayam berkokok jam segini.. terlalu banyak mitos ya? yang bener yang mana nih :D

    1 June 2011 at 12:55 AM

  28. ANA

    BARUSAN AKU DENGER AYAM BERKOKOK MALAM HARI……PASA AKU LAGI KERJA LEMBUR …RASANYA NGERI…TAPI SETELAH TAHU KALAU AYAM ITU KATANYA MELIHAT MALAIKAT…..NGERINYA JADI ILANG………..TAK KIRAIN DULU AYAMNYA LIHAT HANTU HEHEHE…..

    15 June 2011 at 10:34 PM

  29. pew

    saudara, boleh tolong betulkan tak kenyataan saudara..apa yg saudara sebut mitos itu bukanlah mitos..ia adalh benar ada disebut dalam hadis.

    5 August 2011 at 3:52 AM

  30. nayoka

    itu memang ada hadist shohihna bukhori n muslim.. Yg isinya kurang lebih: nabi saw bersabda, kalo qt mendengar suara kokokan ayam, maka mintalah keutamaan kpada Allah (berdoa) karna sesungguhna ayam itu sedang melihat malaikat, sebalikna jika mendengar ringkikan keledai, maka mintalah perlindungan kpd Allah, karna sesungguhna keledai itu sedang melihat setan.

    Wa Allahu a’lam bissowab..

    Keep posting :)

    26 September 2011 at 5:04 PM

  31. Ya bner di hadist jg mengatakan hal trsebut, Ada satu doa ketika mendengar kokokan ayam.. “Ya Allah, Berikanlah aku rahmat.”(HR Bukhari dan Muslim) Keterangan: Terdapat hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang bermaksud: “Bila kamu sekalian mendengar ayam berkokok, mohonlah rahmat Allah, kerana ayam tersebut sedang melihat Malaikat.” Doa ini dianjurkan kerana ayam salah satu makhluk Allah yang diberi firasat oleh Allah untuk mengenali kedatangan Malaikat. Dengan kokokan tersebut kita dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk memohon kebaikan kepada Allah… wallahualam..

    3 October 2011 at 5:52 AM

  32. selam kenal everybody…
    Ya bener banget saya jg pernah dgr itu ada hadistnya. jd kalau dengar ayam berkokok tengah mlm ataupn sblum subuh jgn mala ketakutan and tarik selimut sekujur tubuh.. Kita manfaatkan donk bwt smbahyang dan meminta keutamaan dan rahmat dari Allah SWT. Mudah2an dikabulkan… Amin

    15 October 2011 at 5:38 AM

  33. vahnfazz

    Emang ayam harus berkokok pada subuh ya gan???
    kan waktu dimana doa-doa di ijabahi itu dan pintu ampunan dibuka lebar adalah sepertiga malam gan makanya ayam itu bangunin kita untuk solat tahajud dan berdzikir
    spertiga malam itu menurut ane tidak selalu jam 3,,,bisa jam 2 karena tolok ukurnya adalah terbitnya fajar
    CMIIW

    4 November 2011 at 6:58 AM

  34. mutia,,

    Semalam,,,sekitar pukul 10.30 ayam jago saya berkokok ketika seisi rmh hampir terlelap,,,
    Dan padahal sedang turun hujan,,,
    Sontak semua terbangun karena merasa aneh ayam kami berkokok,,,
    Kami fikir ada orang masuk ke halaman rumah, namun tidak ada apapun,,
    Kami melanjutkan tidur sambil berfikir kenapa ayam kami berkokok pada jam seperti itu hehehe

    16 November 2011 at 10:27 AM

  35. putri

    yg bner mna nuii ???
    kta mamih qhuee , ayam berkokok tanda’a ada yg hamil di luar nikah ..
    qhueee jd mrinding
    tp, stelah dnger brita nuii, qhuee gx mrinding lagi
    soal’a smalem juga ada ayam berkokok

    22 February 2012 at 3:29 PM

  36. hendro

    all : Sekedar share aja kalo kata calon mertua ane, “itu bertanda ad malaikat turun yang menemani janin pada kandungan itu” .

    20 July 2012 at 9:16 PM

  37. Barusan saya mendengar suara kokokan ayam sekita jam 11 malam gitu pak. Wah mudah2an besok saya dapat rejeki yang melimpah yaa Pak. Plus dapat jodoh yang sesuai dgn keinginan saya. AMEN.

    11 August 2012 at 11:18 PM

  38. ima

    ini ada haditsnya..
    “Apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok (di waktu malam), maka
    mintalah anugrah kepada Allah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat.
    Namun apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu malam), maka
    mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguan syaithan, karena
    sesungguhnya ia telah melihat syaitan” ( Shahih Al Bukhari )

    20 September 2012 at 4:56 AM

  39. vhia

    Kebanyakan dikampungQ bilang ada wanita hamil diluar nikah, v syukurlah kalo ada hadistnya, biar orang gak befikran negatif

    23 November 2012 at 8:10 AM

  40. sy malah khawatir ayam sy berkokok tengah malam gara2 baca di geogle di negara barat kena sanksi krn ayamnya berkokok jam 3.30 pagi ,sy tutup kandang ayam sy pake kantong kresek hitam biar gk berkokok tengah malam, soalnya sy takut kena sanksi hahahaha

    12 December 2012 at 10:40 PM

  41. imeldaaureliaputri

    :)

    1 January 2013 at 2:15 AM

  42. kalo di daerah saya, ayam berkokok pas magrib berarti ada yang hamil diluar nikah. trus kalo jam 9 malem sampe tengah malem memang ada yang melakukan perzinahan. Kata orang tua ayam berkokok disaat yang ga lazim itu sebenarnya ayam sedang mengutuk perlakuan orang yang berzinah.
    Tapi memang kebenarannya demikian, ternyata di daerah tempat saya tinggal sekarang banyak janda muda kelakuannya kurang bisa di kontrol makanya tidak herann setiap malam ayam sering berkokok tapi di tempat yang berbeda…

    1 February 2013 at 2:32 PM

  43. Sulastri

    Betapa sedihnya, saat melihat umat islam tak percaya lagi terhadap hadis nabi dan malah menggangpnya sebagai mitos….
    Padhal sudah jelas2 ada sabdanya, jgn2 adanya Tuhan pun di anggap mitos…

    13 March 2013 at 7:37 AM

  44. aril

    ini bukan mitos,,,dalam hadist pun dijelaskan mengenai hal ini

    إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ، فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

    “Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim

    23 March 2013 at 5:19 AM

  45. Yusuf noermas maruliansyah

    Oh begitu toh,ayoo terus berkokok yam

    21 April 2013 at 12:50 AM

  46. gembel

    قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيكَةِ فَاسْألوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا، وَإِذَا سَمِعْتُمْ نهيْقَ الْحَمِيْرِ فَتَعَوَّذُوْا بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

    ( رواه البخاري )

    “Apabila kalian mendengar ayam jantan berkokok (di waktu malam), maka mintalah anugrah kepada Allah, karena sesungguhnya ia melihat malaikat. Namun apabila engkau mendengar keledai meringkik (di waktu malam), maka mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguan syaithan, karena sesungguhnya ia telah melihat syaitan” ( Shahih Al Bukhari )

    24 May 2013 at 11:58 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 59 other followers